Boys Bake Too

thelilsoldier

Salah satu aktivitas dapur favorit Raka adalah membuat kue. Raka biasa membuat kue bolu dan brownies. Resep kali ini lebih seru, yaitu membuat Kukis Hias.

Yang Raka suka di sini adalah menghias kukisnya, bukan memangganggnya.

Resep kukis (bisa beli biskuit yang udah jadi atau bikin sendiri sehari sebelum menghias).

Bahan-bahan:

  1. 150 gr mentega.
  2. 125 gr gula bubuk.
  3. 225 gr tepung terigu protein rendah.
  4. 1 sdm susu bubuk vanilla.
  5. 1 sdt vanilla essence.

Cara membuat:

  1. Dalam mangkok besar, ayak tepuk, masukkan mentega, aduk dengan tangan hingga berbutir.
  2. Masukkan gula bubuk, essence vanilla, susu bubuk aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.
  3. Gilas adonan setebal 2,5 cm (bisa diukur seimbang kanan kiri dengan menggunakan alas setinggi itu).
  4. Atur kue dalam loyang yang sudah diolesi mentega, panggang kurang lebih 15-20 menit (suhu 180 derajat) hingga matang.

 

Resep icing (biasanya bikin banyak supaya bisa disimpan dan berwarna-warni).

Bahan-bahan:

  1. 100 ml putih telur.
  2. 500 gr Gula bubuk (tepung gula).
  3. 1 sdt cuka masak atau air jeruk lemon.
  4. 1-3 tetes essence (pewarna makanan).

Cara membuat:

  1. Kocok semua sampai kental.
  2. Baru masukkan pewarna, aduk-aduk.
  3. Hias kukis.
  4. Panggang lagi 5 menit supaya icing mengeras.

 

Biasanya Raka jadi percobaan nih kalo mamahnya abis kursus :). Kalau Raka bisa, masa Mamahnya ngga bisa?

16 Comments

  1. myson
    myson April 2, 2010 at 12:48 am

    Inga, Raka abis nghias langsung nyam nyam kukis nya nggak? :)

  2. shinod
    Shinto Husnul Khotimah April 2, 2010 at 12:49 am

    Raka hebaaat! Mukanya serius bgt lg ngias2nya :)
    Aku aja ga telaten deh.. hihi
    Hmm makanya chef itu kebanyakan pria yaa

  3. puspita_jewel
    Sitha April 2, 2010 at 3:26 am

    Semangat ya, Raka! Biar jago bikin kue. Nanti Tante pesen deh sama Raka… ^_^

  4. Liz
    Liz April 2, 2010 at 4:30 am

    Huebad Raka, serius banget penampakannya :-)

  5. ipeh
    Musdalifa Anas April 2, 2010 at 5:14 am

    Kukis hiasan Raka pasti bagus karena Raka buatnya serius gitu. Kompak banget sepertinya ya Nga ma Raka? TFS ya..

  6. eka
    Eka Wulandari Gobel April 2, 2010 at 6:04 am

    raka pinter..
    tfs inga, resepnya mudah ya kayaknya.. Mau nyoba bikin ah :-)

  7. ninit
    ninit yunita April 2, 2010 at 6:32 am

    wahhh raka keren & hebat deh. ngehias kuenya serius banget & hasilnya bagus :)
    keren! keren!

  8. thelilsoldier
    inga April 2, 2010 at 7:49 am

    @Toto: pas udah dingin yah dimakan. nyam nyam

    @Shinod: iya kenapa ya Chef banyakan cowok?

    @mba Sitha: heheheh boleh pesen.

    @Liz: serius, ngga mau keluar garis katanya

    @Musdalifa: sama-sama.

    @Eka: gampang kok. yang males bikin kukisnya. mm emaknya males.

    @Ninit: makasih tante Ninit.

  9. April 2, 2010 at 11:57 am

    waaa, hiasannya raka rapi sekali!! kayak ngegambar, tapi di kue ya… kapan2 mo nyoba ah, kayaknya seru nih :)

  10. sLesTa
    shinta lestari April 3, 2010 at 7:19 am

    waa raka pinter yaaa… keren banget deh activities nya ngebantu mama nya baking! dan hiasannya juga rapi sekaliiii.. mesti dicoba nih kalo naia udah mulai bisa gambar dengan rapi. sekarang mah masih benang kusut!! :P

  11. thelilsoldier
    inga April 3, 2010 at 11:34 am

    @Thalia: Aina juga pasti rapi menggambarnya :)

    @Slesta: hahaha benang kusut. yang penting warna-warni..

  12. metariza
    Meta April 4, 2010 at 10:08 am

    Raka hebat deh…mukany serius banget menghias kue. Hasilnya juga rapi…not to mention raka ganteng dehhh

  13. djemima
    Jemima Iskandar April 5, 2010 at 12:00 am

    Wah asik banget deh ini. Jadi makin sebel oven dirumah ngga jelas.

  14. superpippo
    Astrid Lim April 5, 2010 at 7:50 am

    aaahhh…i love boys who bake/cook =) hopefully yofel would do the same thing once he’s old enough..raka..ngegemesiinnnn =)

  15. ditut
    Dita W. Ichwandardi April 5, 2010 at 2:48 pm

    keren Raka!

    OOT, buat gw cowok yg suka masuk dapur itu sexy :D

  16. sasa_mommytwinnie
    Elisa Darmadi April 6, 2010 at 12:02 pm

    waaah raka hebat….chef bara…ati” nih uda ada calon pengganti hehe

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.