Calzone

Urban Papa

Ini adalah masakan saya yang sangat disukai anak sulung saya, Vira.

Bahan-bahan:

  •     3 cangkir tepung terigu.
  •     1 sdm yeast (ragi).
  •     2 sdm mentega.
  •     1/4 gelas air (+80 ml).
  •     1 sdm minyak zaitun.
  •     1/5 botol saus tomat.
  •     2 buah tomat.
  •     4-5 buah jamur champignon.
  •     1 paha ayam.
  •     1 bawang bombay.
  •     1 sdt garam.
  •     2 siung bawang putih.

 

Let’s get cooking!

Campurkan tepung terigu, yeast, garam, minyak zaitun dan air dalam sebuah mangkok besar lalu aduk hingga menjadi adonan. Bikin menjadi bola dan biarkan dalam mangkok yang ditutup clingwrap atau tutup mangkok (jika semacam tupperware atau lock&lock) dan biarkan mengembang selama 30 menit.

Lepaskan tulang dari paha ayam dan potong dagingnya kecil-kecil seperti dadu. Lebih baik anda merebus 1/2 matang dulu daging ayamnya sehingga yakin 100% matang setelah keluar dari oven. Cuci dan kupas jamur lalu rebus atau goreng selama 5 menit. Iris bawang bombay, jamur dan tomat, lalu campurkan dengan saus tomat (atau pomodoro sauce jika sempat membuatnya).

Giling adonan roti yang sudah mengembang menjadi kotak, letakkan seperti wajik sehingga mudah untuk melipatnya, lalu oleskan saus tomat pada 1/2 bagian adonan serta tambahkan daging, jamur, tomat, bawang bombay pada sisi yang sudah dioleskan saus tomat. Lipat bagian adonan yang tidak terkena saus tomat keatas bagian yang penuh dengan saus tomat, bawang, jamur dan daging (dan banyak keju jika anda mau) hingga tertutup, lalu cubit semua sisi ujungnya hingga menyatu, beri lipatan kecil di tiap sisi kalau perlu.

Panaskan oven 250 derajat celcius. Lelehkan 2 sdm mentega dan oleskan pada nampan oven. Letakkan calzone pada nampan oven dan oleskan sisa mentega pada bagian atasnya. Masak selama 15-20 menit dan Calzone siap dihidangkan.

Enjoy :)

8 Comments

  1. superpippo
    Astrid Lim September 24, 2010 at 7:46 am

    Baru nyampe kantor liat beginian langsung laperrr beraaat =) tfs urban papa!

  2. Mirza Resita
    September 24, 2010 at 8:07 am

    Hmmm… Yummyy… Klo didiemin kurang dr 30 menit maksimal ga ya?

  3. indrilicious
    Indri "Licious" Wulantrisna September 24, 2010 at 8:51 am

    Hmmm nampak enyaaakk, daripada mahal2 beli mending bikin calzone sndiri nich.. TFS ya urbanpapa!

  4. cittacitta
    citta September 24, 2010 at 11:56 pm

    waduuwww ini enak bgt keliatannya,,tp bl sempet2 buat euyy tfs

  5. Mirza Resita
    September 24, 2010 at 11:56 pm

    wuah urban papa hebat nih. mau dong dibuatiiiinnnn…. huihihihihi

    aku & hubby biasanya beli di tukang pizza. :D
    nggak bisa masak niiyyy…

  6. rachanlie
    mira a September 29, 2010 at 7:27 pm

    slurrrppp.. jadi laper… :D

  7. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 11:48 pm

    wajib coba ni,.tanya dunk, itu bagian kulitnya jd garing ato ga? ga pnya oven, seperti biasa bakal dimasak pake wajan teflon biasa..

  8. Urban Papa
    Chandra Marsono October 13, 2010 at 7:55 am

    @nia triwijanarko:
    Itu pakai adonan kue, jadi kalau pakai wajan teflon aku kurang tau gimana bakal ngembangnya. Mungkin coba dengan kulit pizza yang sudah jadi atau adonan kuenya di kukus hingga semi-matang baru dimasukkan isian calzone baru di taruh di wajan teflon.

    Selamat mencoba :-)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.