Suka (Duka) Exclusive Pumping

coffee_mix

Sebentar lagi Marsha akan berumur setahun, artinya selama itu juga saya telah memilih untuk melakukan E-ping. Dari TUM saya tahu bahwa ibu yang menyusui bayinya dengan memberikan ASIP dan tidak menyusuinya secara langsung istilanya adalah Exclusive Pumping (E-ping). E-ping bukan hal baru di lingkungan keluarga saya karena sebelumnya kakak ipar saya juga memilih E-ping dengan alasannya sendiri. Sewaktu kakak ipar melakukan E-ping, saya baru hamil 2 bulan dan saat melihat peralatannya, saya merasa hal itu ribet dan sama sekali tidak praktis. Saya langsung bertekad untuk menyusui langsung bayi saya, kecuali saat saya tinggal kerja.

Menjelang saat-saat melahirkan, saya sudah menyiapkan berbagai peralatan menyusui dan memompa ASI, mulai dari breastpump, cooler bag, ice gel, dll. Saya memang sudah bertekad untuk mengumpulkan ASIP sedini mungkin. Bahkan selama hamil saya sama sekali tidak berpikir bahwa puting saya yang datar akan menjadi tantangan utama dalam menyusui.

Pada tanggal 28 September 2011, Marsha lahir, langsung diberi kesempatan untuk IMD, walaupun tidak berhasil karena ia tidak menemukan puting saya. Hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk menyusui, dan Alhamdulillah, ASI saya langsung keluar selama menyusui di RS.

Pulang ke rumah ternyata Marsha mengalami jaundice sehingga terpaksa disinar selama tiga hari di RS. Saya memerah ASI dengan breastpump yang dipinjamkan oleh RS. Karena stres dan kondisi fisik yang belum pulih sehabis melahirkan membuat hasil perahan ASI sangat tidak memadai. Dengan berat hati saya menyetujui agar RS bisa memberikan sufor kepada Marsha.

Sepulang dari RS, atas saran Mama, saya memberikan ASIP melalui botol. Marsha minum dengan sangat lahap dan ia makin sulit menyusu langsung di puting saya yang datar. Sayangnya hal ini saya biarkan dan terus-menerus memberinya ASIP melalui botol sehingga saya menjadi Bunda E-ping. Pagi, siang, sore, malam saya selalu memompa setiap 2 atau 3 jam sekali. Tentu saja banyak orang yang menganggap saya aneh karena saat tidak bisa menyusui Marsha secara langsung, saya memilih repot-repot memompa ASI. Untung Mama selalu mendukung dan produksi ASIP bahkan bisa melebihi kebutuhan Marsha sehingga saya bisa membantu bayi lain yang membutuhkan. Saya akhirnya menyewa freezer untuk menyimpan ASIP.

Kumpulan Asip saat Marsha 2months

Stok ASIP saat Marsha 2 bulan

Saat Marsha meminum ASIP yang dipompa saat saya sakit, ia jadi lebih banyak tidur. Oleh karena itu, selama sakit seminggu ASIP yang saya hasilkan terpaksa dibuang dan Marsha sendiri minum ASIP yang sudah saya kumpulkan sebelumnya. Sakit juga membuat tubuh saya lemas dan tidak kuat untuk berlama-lama memompa ASI, sehingga sudah bisa ditebak, produksi ASI pun menurun jauh. Namun saya tetap bertekad untuk bisa memberikan ASI pada Marsha, sehingga saat sembuh saya benar-benar berdisiplin memompa ASI, satu atau dua jam sekali. Alhamdulillah dalam waktu dua minggu produksi ASIP kembali normal.

Saat Marsha mulai MPASI, saya mulai merasa malas merotasi stok ASIP di freezer dan membiarkan Marsha lebih sering minum ASIP hasil perahan hari itu. Saya pun mulai mengurangi frekuensi memompa ASI dan hal ini kembali membuat produksi ASI berkurang. Akhirnya saya mencoba untuk kembali disiplin memompa. Menurut saya, bagi urban mamas yang menjalankan E-ping, disiplin adalah hal yang mutlak.

Selain disiplin, kendala yang saya hadapi adalah faktor eksternal, yaitu listrik. Saya jadi deg-degan tidak karuan kalau listrik mati berjam-jam. Saya berpesan pada tetangga agar diberi tahu jika listrik mati lebih dari dua jam. Pernah listrik mati sampai lebih dari tujuh jam dan saya sampai mulai memindahkan sebagian stok ASIP ke rumah orangtua. Untungnya setelah mati listrik selama tujuh jam lebih, ternyata ASIP saya masih tetap beku di freezer.

Perjalanan saya masih panjang untuk tetap memberi ASIP ke Marsha, mudah-mudahan bisa selalu lancar. Kalaupun ada kendala, mudah-mudahan masih bisa diatasi.

Bagi urban mamas yang juga menjalani E-ping, tidak perlu berkecil hati karena tidak bisa menyusui langsung bayi kita. Menurut saya, kunci terpenting menjalani E-ping adalah:

  • DISIPLIN
  • YAKIN bisa memompa ASI sampai 2 tahun
  • Menciptakan suasana senyaman mungkin saat memompa ASI
  • Meminimalkan tingkat stres
  • Jangan mudah merasa puas dan malas memompa saat stok ASIP berlebih

 

23 Comments

  1. mommyreyhan
    mommyreyhan July 24, 2012 at 12:25 am

    Sunggguh luar biasa , saluttt…. Saya hanya betah3bbln mompa asi karna “waktu” menjadi alasan, (˘̩̩̩.˘̩ƪ)​…. Disaat harus memompa, banyak “tgs” yg tak bs ditinggalkan, disaat bekerja, sudah waktunya mompa, pasien dtg ..pompa pun batal :( smoga lancarrr terus ya mom asinya , dan marsha selalu sehat :)

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani July 24, 2012 at 8:57 am

    Saluuutt banget sama ibu2 yang e-ping! Gue yang mompa cuma waktu di kantor dan waktu dini hari aja rasanya mulai malas, padahal Niska baru berumur 4 bulan lebih dikit. Apalagi kalo yang harus terus2an mompa, ga kebayang deh. Bisa bertahan sampai 1 tahun dengan e-ping itu hebat banget :) Semoga bisa lanjut sampai 2 tahun ya…

  3. felisitas_shinta
    felisitas_shinta July 24, 2012 at 9:46 am

    Mantap sekali artikelnya. Keep trying..Mom..Setuju sekali sama artikel ini….

    Saya juga WM, dikantor terus merah ASIP..Seringkali kalau deadline kerjaan, pasti jadi ga sempet.. Tapi tetep saya sempet2in..walopun cuma sebentar…Untuk menjaga produktivitas ASI.

    Syukurlah, saya bisa kasih ASI anak saya 2 tahun lebih sampai sekarang..(2.5 tahun). Memang sih sudah dicampur UHT sejak 18 bulan. Namun saya tetep kasih ASI sampai sekarang…Untuk imun-nya dia..

    Semangat terus ya Mom….:)

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit July 24, 2012 at 11:41 am

    all I can say is, “keren…” Salut.. :D

  5. andinigelar
    andini ardani July 24, 2012 at 2:39 pm

    You are not alone..ada beberapa teman-temanku yang e-ping juga mereka tidak kalah mulianya dengan Ibu yg DBF. Semangat ASIX WM walaupun harus tetap bekerja di kantor :)

  6. coffee_mix
    coffee_mix July 24, 2012 at 3:04 pm

    mamaaaaa… maapkeeeuunn kyknya aku salah tulis.. marsha baru 10bln.. taget menuju 1 th maksudnya :D terima kasih semangatnya.. selalu terus berusaha wlwpun dgn eping :)

  7. mama abim
    Dwi Setianingsih July 25, 2012 at 4:34 am

    selalu terharu tiap baca apapun soal pengalaman memberikan asi. Mbak termasuk beruntung, walaupun e-ping tapi keluarga full support. saya menyusui anak saya (sekarang 28bln) tanpa ada dukungan dari keluarga, hanya suami yang selalu setia dan memberikan supportnya.
    Tetap semangat ya mbak, i’m sure you can do :)

  8. mommy nizam
    ivna prawesti July 25, 2012 at 9:14 am

    3 bulan pertama nizam lahir sy juga e-ping dan memang butuh kedisiplinan buat pumping,,sebulan terakhir ini lg belajar nyusuin langsung tp cm berhasil pas lg bobo aja alias bebito lg ngantuk2nya aja jd tnggal masukin aja deh :p,,,semangat deh buat mommy2 e-ping smuaa

  9. Niniek Rofiani
    niniek rofiani July 25, 2012 at 1:28 pm

    yay pasti bisa sampai 1 tahun bahkan mudah2an lebih ya, kalo aku dulu bikin target, pendek2, pertama hrs bisa 6 bulan, trus 9 bln, 1 thn, trus akhirnya berakhir pada saat usia Edo 15m2w.he he, sdh capek banget dan malas hi hi. jangan ditiru ya

  10. Honey Josep
    Honey Josep July 25, 2012 at 2:01 pm

    tfs mamanya Marsha :)

    beruntung sekali pastinya karena Marsha tetap bisa ASI walau melalui ASI perah.

    Tetap semangat!

  11. umi farhat
    Yayu Romdhonah July 25, 2012 at 8:21 pm

    Mama Marsha.. SEMANGAT ya!

  12. nidafauzi
    nida fauzia July 25, 2012 at 10:16 pm

    Senangnya gabung disini, jadi ngerasa banyak temen seperjuangan :) Aku juga harus disiplin pumping kalo pas nasabah lagi sepi. Walopun sebenernya juga capek, tapi kalo inget Aliyya dirumah jadinya semangat lagi..

    Semangat juga ya mama Marsha ^^/

  13. honeybund
    Sri Hadzriati July 26, 2012 at 2:21 pm

    semakin memompa semangat untuk memompa ASI :), TFS mom…

  14. mama fadhli
    Fitria Ramadhini August 8, 2012 at 8:48 pm

    salut sekali…. saya aja yang mompa kalauasi saya sampai bengkak, itu rasanya malas sekali… akhirnya saya pake manual peras tangan aja. jd ngak ribet sm alat pompaaaa…. super duper rajin!!! SALUTTT!!!!

  15. hani wahab
    Hani Wahab September 14, 2012 at 2:00 pm

    whaaa mbak, makasih ya tulisannya, saya malah baru tau kalo yg saya alamin ini ada istilahnya, e-pumping, karna ditinggal kerja dan beberapa kegiatan lain, anak-ku bingung puting kambuhan, hehe, kemarin sempet dirawat karna dehidrasi, akhirnya aku menyerah untuk full pumping, smart stubborn lil boy, rrrr, 2 minggu lagi anakku 6 bulan, dan sumpaaahhh deh tergiur kasih sufor teruuus :(, smoga kita slalu dikasih kesabaran dan smangat berlimpah ya mbak, mari bersemangaaaat \^_^/

  16. pupuu
    Putri Siregar December 14, 2012 at 1:49 am

    Mommy Marsha.. semangat mompanya :)

    Aku juga hampir sama kasusnya, Ayanna kena kuning dan harus disinar 2×24 jam. Karena pisah kamar selama 2×24 jam, Ayanna minum asinya lewat botol, dan bener aja setelah sembuh, Ayanna jadi bingung puting :(

    Bedanya pumping aku ngga sebanyak mommy Marsha, jadinya selalu kejar tayang :( Pernah belom ada sebulan hasil pumping pd kiri kanan cuma 50ml, rasanya sedih minta ampun. Opung nya Ayanna sempet nyaranin buat dikasih sufor, saat itu juga aku langsung nangis kejer, tetep mau kasih asi gimana pun caranya. Akhirnya rajin pumping, dan Alhamdulillah hasil perahan udah mulai banyak meskipun ga sebanyak mommy Marsha dan masih kejar tayang :p

    Yang penting semangat mommies, jangan merasa bersalah meskipun kasih asi melalui botol. Karena ngga dikit juga yg suka sinis kalo aku ngga nyusuin lgsg dr PD :( yg penting kita udah berjuang, sekali lagi SEMANGAT :D

  17. coffee_mix
    coffee_mix December 14, 2012 at 3:58 pm

    baru mampir lagiii ke article ini ^_^

    sekarang marsha udah 15bulan.. asip udah ga mencukupi..sehari cm dapet max 4 botol.. sisanya minup uht/sufor.. tp gpp tetep semangat pumping..

    sampe kapan?? sampai rasanya udah bosen bangett.. tapi tetep weeehhh ngambil breastpump :D

    semangaattttt…. ^_^

  18. Dian Sigit
    Dian Sigit February 21, 2013 at 4:42 pm

    Emg kuncinya mesti DISIPLIN yaa!! aku baru masuk kerja lg, seminggu ditinggal kerja stock asip di kulkas amblas..selama di rumah krn lsg clep jd gapernah tau kebutuhan konsumsi bayi buat sehari brp ml, stl minum dr botol baru ketauan. Nah skr ngebut kejar setoran, apalagi aku jg abis sakit sminggu stock asi tiris T_______T untg nemu forum e-ping disni jadi semangaaattt!!

  19. Yuni Yuli Yanti
    Yuni Yuli Yanti June 10, 2013 at 1:48 pm

    Terharu sekali baca kisah E-Pingnya Mama Marsha…
    Makasih ya Mam, sudah berbagi pengalaman.. :D
    tetap semangaaatttttt, cayoo Mama Marsha..
    Oia aku bisa minta nama YM’y Mam? :D

  20. Lovelyra
    Lovelyra September 10, 2013 at 1:32 pm

    TFS Mama Marsha… Saya juga termasuk mama e-pumping. Lovelyra bayiku skrg 9 bln, bingung puting sejak 5 bulan :((. Smoga bisa mengikuti jejak mama marsha tetap konsisten n semangat pumping :)

  21. ermabirantika
    ermabirantika November 29, 2013 at 12:19 pm

    senengnya dapat temen senasib, selam ini rasanya bosan dengerin dan di comenin “nanti ASi nya kering klo dipompa terus, ”
    saya juga mama e-ping, bayi 4 bulan, ngedot dari umur 8 hari, ditambah ga mau mik ASIP yang udh dibekuin karena tengik (lipapse tingi), jadinya nambah 1 predikat lagi “Kejar TAyang”, dalam 24 jam asip saya sudah mulai berubah rasa

    mohon doa nya ya para mommies e-ping, supaya saya dan anak saya bisa sukses ASI 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, dst….

  22. mama omar
    mama omar August 5, 2014 at 2:30 pm

    salute mama marsha…
    anakku 15,5 bulan & sudah 1,5 bulan ini tidak mau menyusu langsung krn kutinggal dinas luar pulau hikss.. sedih bgt.. Terpaksa jd mama e-ping. Stok ASIP 2 freezer menyusut pesat…padahal dlu aq bisa stok sampai 3 deep freezer lebih. soalnya seharian kutinggal kerja aq biasa dpt 1 liter (10 botol 100ml-an)..sekarang hasil perahan sehari semalem cuma 100ml..akhirnya hrs ikhlasin unt campur uht..runtuh sudah idealisme selama ini…huhuhu…

    bener bgt tu point terakhir :
    “Jangan mudah merasa puas dan malas memompa saat stok ASIP berlebih”
    tetep smangattt!! mama2 e-ping!!

  23. Wahyu Prasetiawati
    Wahyu Prasetiawati December 2, 2014 at 9:57 am

    Halooo, saya mom eping juga, hihii
    Dimas 1y+, stok? Menyusut parah..!!! Lulus s1 s2, alhamdulillah..masuk s3, sudah pakai bantuan UHT :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.