Colic Calm Gripe Water

metameta

Saat Nayara tumbuh gigi merupakan saat yang cukup menegangkan buat saya. Bagaimana tidak, panas badannya bisa mencapai suhu setinggi 39,7 derajat.

Karena suami saya sewaktu kecil punya riwayat kejang saat demam, saya pun harus ekstra waspada. Sewaktu Nayara tumbuh gigi kali pertama, untunglah saya masih dalam masa cuti. Demikian juga dengan gigi kedua. Saya selalu di sampingnya untuk menenangkan Nayara yang rewel dan siap dengan obat penurun panas. Rasanya lega sekali waktu akhirnya masa tumbuh gigi itu lewat.

Begitu giliran gigi ketiga yang mulai tumbuh, saya kelimpungan karena masa cuti saya sudah habis. Inginnya sih tetap bisa mendampingi Nayara tapi untuk minta ijin sudah tidak mungkin. Di tengah kebingungan, seorang teman memberikan Colic Calm Gripe Water untuk Nayara.

Colic Calm Gripe Water ini sebenarnya merupakan ramuan herbal yang dapat digunakan untuk ‘menyamankan’ sakit perut bayi karena kolik, refluks, kembung, bahkan untuk meredakan sakit saat tumbuh gigi alias teething.

Wah, sepertinya kok hebat sekali ya ramuan ini. Apakah aman untuk bayi? Saya pun mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memberikan Colic Calm Gripe Water ini pada Nayara. Ternyata, selain tidak ada efek sampingnya, Colic Calm Gripe Water ini tidak mengandung alkohol, gula, gluten, soya, produk dairy perasa buatan ataupun pewarna buatan.

Lalu apa saja kandungannya?

    1. Chamomile, mempunyai efek menenangkan.
    2. Caraway, dapat menghilangkan kembung dan dapat mengurangi spasme saluran cerna bayi.
    3. Peppermint, mengeluarkan gas dari perut dan mengurangi nyeri saat tumbuh gigi.
    4. Jahe, mengurangi mual.
    5. Lemon, membantu kualitas tidur bayi.
    6. Lidah buaya, menyembuhkan kembung dan kram perut.
    7. Blackthorn, mengurangi tekanan dalam perut.
    8. Vegetable Carbon, menyerap gas pada perut.

Menurut saya, dengan segala yang terkandung di dalamnya, sangat masuk akal kalau Colic Calm Gripe Water ini dikatakan bisa mengurangi nyeri saat teething. Akhirnya, saya coba berikan ini untuk Nayara.

Cukup 5 cc dan voila! Benar lho! Nayara tidak rewel sama sekali, dan juga tidak demam seperti sebelumnya. Padahal dari hasil browsingan saya, Colic Calm Gripe Water ini tidak mengandung bahan yang dapat mencegah demam. Entah kalau ada yang terlewat. Saya jadi merasa tenang sekali meninggalkan Nayara di rumah saat tumbuh gigi. Berkat Colic Calm Gripe Water, teething? Ah, engga takut!:)

Untuk urban Mama yang anaknya punya masalah kolik, atau sering kembung, atau seperti saya, rewel dan demam saat tumbuh gigi, saya merekomendasikan Colic Calm Gripe Water ini. 100% natural, 100% aman.

29 Comments

  1. alkeu
    Alke Niera Amelia December 6, 2011 at 7:07 am

    Wuaaahh,, beli dimana ini obatnyaa? Kayaknya a must have item for our baby nih..

    TFS ya, mbaak..

  2. vee_chan
    vera dp dewi December 6, 2011 at 7:45 am

    Waduw mbak, kyknya mujarab n aman yah..dmana belinya?? Anakku blm tumbuh gigi si, tp kadang suka nangis kejer..kayaknya kolik deh..tfs yah.. :)

  3. anggi81
    anggi December 6, 2011 at 7:46 am

    Must have item neh, beli dimana ya or ada olshop yg jual ga?ini bisa dipake dr umur berapa n s.d umur berapa ya mba?thx.

  4. bundanyaraffa
    devi wardhani December 6, 2011 at 7:50 am

    Waah hrs pny niy..bt si raffa..belina dmn ya mbak?
    TFS :)

  5. donna_2d
    Arvianty Donna December 6, 2011 at 8:32 am

    mbaakkk,

    makasih banyak ya infonya, btw beli dimana ya? mau donk diinfo (^_^)

    TFS mbaa..

  6. bundanadiandra
    bundanadiandra December 6, 2011 at 10:13 am

    *Tuk tuk tuk.. mba Metameta..
    mba dah banyak yg nanyain tu belinya dimana?
    (aq jg mau ikut antri soalnya) hehehehe…

    TFS, mba.. :)

  7. mabhy24
    sarikembang December 6, 2011 at 10:37 am

    meta yang aku beli botolnya ga gt…mana ga ada pipetnya huhuhu jd susah ksh minumnya ><

  8. desy masruri
    desy umi rama December 6, 2011 at 11:18 am

    apa di apotik biasa jg ada?

  9. mamaqilla
    sari December 6, 2011 at 12:51 pm

    selama ini kebingungan klo anak demam kala gigi nongol,& klo perutnya suka kembung, kdg aq pakein bawang merah ma kayu putih,infonya berguna bgt, tapi tapi,,,kemana ini jeng Meta banyak yg nanya belinya dimana?

  10. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 6, 2011 at 12:55 pm

    waa… ini nih kayaknya solusi buat kira. Bisa buat toddler juga gak sih? gimana kalo kembung waktu mabok perjalanan (naik mobil/kereta)? ngaruh juga gak sih? heuheu… great article. TFS metameta

  11. metameta
    Meta Hanindita December 6, 2011 at 6:01 pm

    Waaa br ngeh banyak yg komen:D

    Duh, dimana ya belinya.. secara dapet dr temen nih. Mungkin di century/guardian ada deh. Katanya ga mahal kok harganya.

    @mabhy: dulu dapet dimana? Century ya?

  12. mommyK
    kiki December 6, 2011 at 10:10 pm

    wah iya bener nih, kayanya banyak fungsinya… Ntar bisa cobain cari di century/guardian deh.. tfs yaahh

  13. elseria
    elseria December 7, 2011 at 10:37 am

    whuaaa, tks bgt infonya, bs jadi referensi bwt anakku nanti kl tumbuh gigi, tlg info bisa dibeli dmn mba,
    tfs mba metameta

  14. enfi
    enfi December 13, 2011 at 3:26 pm

    Mbak meta, dah coba cari di Century kok gak ada yang persis kyk gini ya? Adanya Woodward’s Gripe Water dengan kandungan Terpeneless Dill Seed Oil dan Sodium Bicarbonate (B.P)..Ini dua barang yg sama dengan kemasan yang beda gak sih?

  15. ind26s
    ind26s January 6, 2012 at 11:03 am

    aku beli gripe water di singapore, kalo di jkt ga tau dimana. kalo mau beli online saja, Facebook nya Bambini Corner jual tuh http://www.facebook.com/theurbanmama?sk=wall#!/bambini.corner

  16. hanum_df
    hanum_df January 22, 2012 at 9:27 pm

    Ini beli dmana yah Colic calm gripe waternya? dah cari dmana dmana (indonesia only) gak ada yg jual, adanya via Ol shop, tp international kurir, fee deliverynya lebih mahal dari harga barangnya sendiri T__T

  17. busylikebee
    cing cing February 1, 2012 at 1:16 pm

    hai moms , walau bayiku blom lahir , masih di perut tapi karena article ini , aku jadi udah beli di US hihihi ga tau kapan di pake nya tapi untuk persiapan ajah deh.

  18. widiana
    widiana February 1, 2012 at 6:35 pm

    @buysbee:boleh tdk saya beli satu colic gripe waternya? thanks before

  19. bunda bevan
    taradea septiawan February 6, 2012 at 4:35 pm

    wah, untung baca thread ini, langsung ngemail temen di US yg mau balik ke indo. iya, disini ga ada ya kayanya, aku udah nyari kemana2. hopefully, barangnya available yah… thanks ya mbak @metameta infonya.

  20. metameta
    Meta Hanindita March 23, 2012 at 12:48 pm

    Mamas, stelah cek sana sini, ternyata ada kok online shop yang jualan si colic calm ini. A bit pricey sih emang, tapi kalo ada yang mau tau dimananya, pm ajah ya:D takut disemprit mamods kalo lgsg tulis disini:D

  21. April 9, 2012 at 11:51 am

    jadi ingin sumbang testimoni atas product colic calm gripe water ini, dulu saya baca soal GRIPE WATER dari buku “what to expect the first year”, ada chapter mengenai colic, disana ada ditulis mengenai colic remedy yaitu gripe water, sejak itu saya coba cari info mengenai gripe water ini, ternyata banyak merk dan harga dari yang cuma $5 sampe $20, kok busa beda, ternyata yang paling mahal ini ($20) adalah merk COLIC CALM GRIPE WATER, dia claim cuma satu2nya gripe water yang diapprove ole FDA Amerika, mungkin gara2 itu mahal wkwkwkwkwkwk, setelah baca2reviewnya dimana-mana (gakmada neg review) akhirnya putuskan beli…
    singkatnya titip 1 sama temen di us ya inc shipping sampe sini kira2 $30, beli 1 doang bo, dah mahal belom tau manfaatnya kan nyesek juga wkwkwkwk..
    melihat tulisan metameta, i would concur yes this is bit pricey! dan apabila ada yang jual di indo saya pikir harganya minimal 300k kayaknya,
    back to testimonisaya simpan ini colic calm sampe akhirnya hari ini saya pakai, bayi saya menurut suster yang merawatnya kembung, yeah, mamanya dan saya liat si kecil rewel banget dah beberapa hari susah tidur, harus di empo sampe gempor + nagis mulu, baru bisa tidur, akhirnya pikir ya sudahlah, coba aja colic calm gripe water, toh dah beli dan baca2 emang bisa buat excessive gas, saya kasi aja 0,5 ml (recommended dose untuk bayi below 10 pounds ada 1/4 sendok teh), hasilnya ? si kecil kentut kentut , sendawa, dan gak lama kriyep2 dan langsung tidur!!!

    well pricey, but my boy well being is priceless for sure

    oh iya, botol punya saya gak sama seperti metameta , sekarang colic calm gripe water jadi botol biasa + plastic droplet (ada ukuran per 0,5 ml, juga 1/4 dan 1/5 tea spoon), juga patut dicatat, colic calm gripe water gak ada tangga kadaluarsanya, saya sampe tanya ke [email protected] jawabnya yes colic calm doesnt has expiryndate, its good to be stored 2 years on unopen bottle and open bottle will be good up to 6 months..

    sekian sharing saya :)

  22. kappachan
    Retno Nindya July 16, 2012 at 12:38 pm

    Wah, baru nemu entri ini; jadi pengen sharing juga.

    Aku juga pake produk Colic Calm Gripe Water ini. Memang harganya lumayan mahal (US$20) dan waktu itu suami yang mesen lewat Internet karena pas itu Wira (saat itu usianya masih 1 bulan lebih sedikt) sedang rewel luar biasa. Perutnya kembung dan hidungnya berlendir. Udah coba pijet perut dan punggungnya pake minyak telon biar anginnya keluar dan badannya anget, tetep ngamuk. Tidur harus sampe ditaro di atas dada dan dipeluk supaya badannya ga kedinginan. Udah ngasih ASI, dia juga mungkin karena badannya ga enak jadi minta menyusu terus, akibatnya muntah. Makin jengkel lah dia.

    Pas pertama, agak ragu ngeliatnya. Soalnya aku takut ngasih obat ke bayi, takut kenapa-kenapa gitu. Mana larutannya warna item pekat gitu pula, hahaha. Udah keder duluan liatnya. Tapi daripada Wira nangis ga nyaman terus (dan ortunya susah istirahat juga, hihi) jadi nyoba deh.

    Di pamfletnya ditulis kalo rasanya enak buat bayi. Lagi-lagi ragu, hahaha. Soalnya mikirnya, “emang bayi tau rasa yang enak tuh gimana?” Maklum emak-emak newbie, hihi. Yang kepikir dan takutnya ntar Wira dikasih tu obat malah dilepeh atau tambah nangis karena rasanya ga enak (mentang-mentang emaknya ini susah banget minum obat dari jaman kecil, hihihi.)

    Disarankan untuk ngasih obatnya ini 1-2 jam setelah memberikan ASI/susu supaya ga ikut keluar lewat gumoh. Jadi pas Wira udah selesai nyusu, setelah 2 jam aku kasih gripe water ini. Ga nyangka, dia ngecap larutannya sambil senyum-senyum. Berarti emang enak ya? :D

    Abis itu, dia kentut-kentut, sendawa, langsung tidur. Alhamdulillah tidurnya juga nyenyak. Setelah itu kerasa perutnya udah ga keras lagi. Insya Allah udah ga kembung lagi :)

    Oh iya, di pamfletnya juga ditulis kalo pup-nya si bayi akan berwarna agak kehitaman; tapi itu ga perlu khawatir karena itu ampas herbalnya. Waktu Wira pup, ternyata emang di pupnya ada seperti serat-serat berwarna hitam. Tapi selain itu, Insya Allah ga ada efek samping apapun :)

  23. pheigy
    pheigy August 24, 2012 at 3:12 pm

    Dear Bunda Bevan & Kappachan..

    aq lagi cari colic calm gripe water ini, krn anakku (17mos) kebetulan lg tumbuh (3) gigi, rewelnya minta ampun karena gusi belakangnya bengkak dan susah makan.. skr dia masuk angin kurasa, smlm smp mual-mual dan perutnya bunyi2 gt, dannn sudah 4hari tidak pup (sorry)..

    biar ga disemprit oleh bumod, Bunda Bevan dan Kappachan klo ga keberatan info ke [email protected] yaa belinya dmn..

    tq

  24. indrarani
    indrarani December 19, 2014 at 10:12 am

    Dear Mamas, saya baru beli colic calm dan lihat di box-nya ada tulisan treats hiccups, mama sudah ada yg pernah coba kasih colic calm saat bayinya cegukan? Soalnya bayiku (2 mo) alergi dan sering banget cegukan..kasian liatnya,Brynn sampe kayak capek kalo lagi cegukan..

  25. mrspandapanda
    mrspandapanda June 16, 2015 at 7:12 am

    Dear mamas, aku baru beli colic calm grupe water, soalnya si kecil perutnya kembung dan keras trus kalo mau buang gas sama pup agak susah sampe nangis gitu.. Hidungnya juga meler kalo malem.. Makanya aku cobalah beli gripe water itu.. Pas dikasih sekali (naia umur 3 minggu, aku kasih 1/4sdt dipipet bawaannya) kok ya ga ngefek ya.. Akhirnya aku kasih 2x tetep ga ngefek.. Hidungnya tetep meler, perutnya tetep kembung dan buang gas sama pupnya tetep susah.. Jadi curiga palsu, tapi masa iya.. Soalnya baca rekomen dimana-mana gripe water itu lngsng berfungsi.. Ada yg pernah ngalamin gripe water ga ngefek kah? Kenapa ya itu kira2?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.