Converting to Clodi

otty

Saat hamil saya sudah bertekad untuk tidak menggunakan disposable diaper selama 24 jam bagi Nara, karena takut dengan bahan kimia yang terkandung di dalam diaper tersebut. Makanya setelah Nara lahir saya memutuskan untuk menggunakan popok tali dan celana pop kecuali saat tidur malam. Ternyata Nara sangat mudah risih dan terbangun kalau celananya basah, akibatnya tidurnya sering terganggu. Karena hal ini saya pun mulai mencari produk yang bisa berfungsi sepert disposable diaper tanpa kandungan kimianya, karena berdasarkan informasi yang saya baca, kandungan kimia dalam disposable diaper dapat bereaksi dengan urine bayi dan menyebabkan ruam.

Alasan lainnya saya kurang suka terus menerus menggunakan disposable diaper adalah jumlah sampah yang dihasilkan. Dalam 1 hari saja sampahnya sebanyak 1 kantung, terbayang berapa banyak sampahnya jika diakumulasi selama bertahun-tahun.

Lagipula setelah saya hitung-hitung, kebutuhan untuk membeli disposable diaper setiap bulan cukup besar. Nara menggunakan 6 buah disposable diaper setiap hari, berarti dalam sebulan membutuhkan minimal 180 disposable diaper. Kalau dikonversi ke dalam rupiah, berarti pengeluaran dalam sebulan untuk disposable diaper sekitar Rp 500.000,- dan pengeluaran total sampai lulus toilet training (misalnya umur 3 tahun) sebesar Rp 18.000.000,-. Jumlah yang cukup besar dan rasanya sayang kalau harus berakhir di tempat sampah.

Akhirnya saya mendapatkan informasi tentang cloth diaper modern dan mulai mencari lebih jauh merk apa yang kualitasnya baik tapi harganya masih terjangkau. Saya mencari produk yang memiliki daya serap bagus, inners yang dapat menjaga kulit bayi tetap kering, serta potongan yang bisa digunakan sejak bayi hingga balita.

Produk yang menurut saya sesuai dengan kriteria di atas adalah Moo Moo Kow yang saya dapatkan di Clodi.Net. Harganya terjangkau dan kualitasnya sama dengan produk yang harganya lebih mahal. Setiap diaper Moo Moo Kow sudah termasuk 2 insert (ukuran infant dan toddler) sehingga harga yang ditawarkan terasa lebih murah karena tidak usah membeli insert tambahan. Jika volume pipis anak cukup banyak atau diaper akan digunakan untuk waktu lama, kedua insert tersebut bisa ditumpuk sehingga memberikan daya serap lebih tinggi ditambah lagi dengan inners yang terbuat dari suede cloth yang cukup menjaga kulit bayi tetap kering. Nara sering menggunakan Moo Moo Kow untuk tidur malam hari tanpa insiden bocor dan pagi harinya saat dibuka, bagian dalamnya masih terasa cukup kering. Potongannya juga cukup besar dan saya yakin bisa digunakan hingga Nara lulus toilet training karena sekarang berat badan Nara 12 kg dan masih menggunakan pengaturan kancing medium, jadi masih bisa diatur lagi kalau Nara bertambah besar.

    

Perawatannya juga sangat mudah, cukup dibilas dan dimasukkan ke dalam mesin cuci dan diaper siap dijemur. Pemakaian listrik dan air juga bisa dihemat dengan mencuci 2 hari sekali, sehingga kita tidak bolak-balik mencuci diaper dalam jumlah sedikit.

Jika saya bandingkan antara pengeluaran cloth diaper (ditambah air dan listrik) dan pengeluaran untuk disposable diaper, tetap jauh lebih hemat pengeluaran untuk cloth diaper. Untuk pencucian setiap 2 hari sekali saya membutuhkan 18 buah cloth diaper dengan total harga sekitar Rp 4.500.000,-. Cloth diaper ini dapat digunakan selama 3 tahun atau lebih lama lagi karena dengan perawatan yang tepat cloth diaper dapat “diwariskan” untuk anak selanjutnya. Pengeluaran air dan listrik untuk mencuci cloth diaper kira-kira Rp 80.000,- per bulan berarti Rp 2.880.000,- selama 3 tahun.

Total pengeluaran selama 3 tahun adalah:

Rp 4.500.000,- + Rp 2.880.000,- = Rp 7.380.000,-

Penghematan yang sangat jauh dibandingkan dengan penggunaan disposable diaper terus menerus.

Memang pada akhirnya tergantung kepada gaya hidup tiap keluarga untuk menentukan mana yang lebih cocok, menggunakan disposable diaper atau cloth diaper atau kombinasi dari keduanya.

Saya pribadi sebisa mungkin selalu menggunakan cloth diaper, dan Moo Moo Kow jelas merupakan merk yang selalu saya rekomendasikan karena kualitasnya bagus dengan harga yang terjangkau.

38 Comments

  1. ninit
    ninit yunita November 11, 2010 at 6:49 am

    hi otty,
    sama! gw juga pas beli clodi bikin hitungan kayak elo. eye opener banget soalnya kalo diliat jangka panjang. dan bener deh yg alde sekarang bisa diwariskan ke arza. kemaren gw juga beli moo moo kow dari clodi.net ini. suka bgt sama moo moo kow :) gw juga suka rekomendasi moo moo kow ini ke mama-mama yang cari baru kenal clodi.

    TFS ty!

  2. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 7:40 am

    waaah, sama mbak otty… saya juga mulai dari hamil pingin lepas dari yg namanya disposable diapers (pengalaman boros pas anak sebelumnya).
    Alhamdulillah, sekarang Ukasyah udah full pake clodi, bahkan dipake bwt jalan sekalipun ^^
    kalo MMK ini emang favorit-nya Ukasyah bwt jalan-jalan,hehehe…
    oiy, MMK ini juga ngeluarin insert Hemp, kualitasnya TOP loh.
    Tfs ^^

  3. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 7:50 am

    Busyeeet.. cost and benefit analysis-nya oke bgt tuh :)
    tfs

  4. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 8:36 am

    Perhitungannya mantapz bgt mba Otty, TFS y :)
    Aku jg punya MMK 3pcs (kl merk lain cukup 1 saja bwt ngilangin penasaran he3x) n mang kualitasnya ok dgn harga lbh terjangkau dibanding clodi import lainnya

    ummu salamah : wah blm pnh coba yg insert hemp punya MMK nih, ntar coba ah. Thanks infonya mba

  5. rinasempula
    rinasempula November 11, 2010 at 9:24 am

    mba… anakku udah 1th 2bln, telat gak ya kalau baru sekarang aku Converting to Clodi…???

    tmks

  6. adistybudiman
    lilmissclueless November 11, 2010 at 10:11 am

    TFS … dah lama sih penasaran bgt ama si MooMooKow, cuma dgn pertimbangan:

    1) stash anak2 dah mencapai +/- 47 cloth diaper, blm termasuk sekitar 2-3 lusin popok kain tradisional seperti tetra dan katun bertali (which surprisingly I find them can still be helpful) utk anak2ku (a 1yo + a 2,5yo); and

    2) aku agak kurang sreg dgn fitting Bumwear yg bermasalah dgn wing-drop dan setelah pemakaian 2thn performa pocketnya mulai menurun drastis (walaupun sdh dijaga dgn rotasi cuci-pakai dan deterjen khusus cloth diaper), and since MMK negeri asalnya sama dgn Bumwear, I instantly relate the 2 of them as the same.

    yet right now am considering to get a few extra brand new diapers for baby #3 (who’ll be arriving in our home early next year) and MMK is definitely on my shopping list :)

  7. siska.knoch
    Siska Knoch November 11, 2010 at 10:16 am

    Kereeen bgt reviewmnya mama Otty.. Miguel juga pake clodi tapi emang belum full sih.. jd pgn nambah koleksi lg nih tampatknya biar bisa full clodi kayak Nara ganteng :p

  8. sLesTa
    shinta lestari November 11, 2010 at 10:19 am

    dengan alesan itung2an ini nih makanya gue beralih ke clodi. kebetulan waktu itu gue ditanya ama bos gue, kenapa gue ga pakein anak clodi trus dia cerita kalo dgn pake clodi si anak akan terbiasa dengan konsep wet & dry, which eventually bikin si anak cepet di toilet train. gue pikir, wah iya ya? bener juga! langsung cek sana sini, dan nemu itung2an ini and i’m sold!! langsung beli clodi deh.

  9. elvaza
    Elva Habidi November 11, 2010 at 10:27 am

    Thx review n infonya mba otty, lagi mulai giat niyh nambahin clodi lagi biar bebas dispo

  10. liactk
    Lia Rosliany November 11, 2010 at 10:28 am

    alhamdulillah gw udah full clodi kalo di rumah kalo pergi pergi masih pake disposable diaper karena masih ‘males’ soalnya Ghiffari masih suka pup di waktu yang tidak terduga..

    Dan yaa seperti cost analysisnya otty i found it very interesting. It saves a lot!

  11. November 11, 2010 at 10:40 am

    Setujuh ama otty..
    Alasan pake clodi dari pas hamil karna itung2an di atas dan ga rela duitnya dibuang ke tong sampah..
    Dulu pernah baca itung2annya di blognya teh ninit :)
    Btw, very informative review, tfs ya :)

  12. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 10:52 am

    Nice info!
    Kebetulan aku baru niat pakein clodi for my becoming first baby.. Dan lg banyak2 browsing soal ini. Ehh,, ini ada itung2annya segala. Jadi senang…. :)
    Tfs ya mba otty..

  13. eka
    Eka Wulandari Gobel November 11, 2010 at 10:55 am

    setuju ty, sepakat sama suami beli clodi aja, nyicil dikit2.
    malah waktu zaman enzo lahir gw gak gaul, jadi kalo beli clodi titip temen yg di spore (jauh amat).
    kalo dia pulang, suami gw ktemuan sama temennya itu buat serah terima clodi, tengsin banget itu bapak-bapak gw titipin clodi :)
    dan sekarang, clodinya enzo diwariskan semua untuk dante.
    kerasa banget hematnya!

  14. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 11:30 am

    aku baru baru aja dapet kado clodi, tadinya memang mau beli…cuma lagi pilih2 mana yg ga menguras kantong, utk sementara dah ada beberapa review, memang pake clodi jauh lebih murah drpd pospak, clodi pun sampe sekarang cuma dipakai buat keluar rumah, didalam rumah aku dan suami tetep keukeuh pake popok tali n celana bob, ga tanggung2 popok tali yg dipunya naufal hampir 4 lusin plus celana bob hampir 2 lusin, hujan badai tetep ga ngaruh karena stoknya banyak, apalgi sekarang dia lg rajin2nya pipis (1m17ds), kalo malem ya…memang harus bangun krn dia risih, tp itu “part” of toilet training juga kan??..lebih menikmati menjadi ibu..papa nya juga udah mulai bangun walopun cuma ngeliat doang…

  15. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 12:46 pm

    Kl MMK biasanya tahan brp lama ya mom? Kmrn sempet nyoba clodi lain yg super extra serap tp 1 jam ud basah (apa sy yg masangnya salah ya??). Trus sempet jd ruam popok niy.
    Tp kl ngliat dr itung²annya ya ga rela jg duit jutaan lenyap gt aj.
    Jd skrg Safa (1yo) cm pake disposable pampers kl abis magrib doank,kl ud siang pake clana biasa doank ;-)
    Thx 4 info mom.

  16. sefa
    Sefa Firdaus November 11, 2010 at 1:34 pm

    otty, tfs..
    berhubung inshaallah bakalan tinggal sementara di indonesia, sptnya bakalan pakein clodi utk kareem.. dan bakalan coba mmk ini :)
    kalo masih tinggal di jerman, dispo lebih murah dp clodi :)
    temen gue udah pernah ngitung soalnya.. masalah utama adl penggunaan air, krn kita disini harus bayar both air bersih dan air kotor; plus penggunaan listrik (utk mesin cuci dan pemanas, soalnya gak punya halaman utk jemur.. mau jemur dibalkon bakalan percuma, hujan terus dan mataharinya jarang)

    btw, itu foto kanan yg terakhir foto terbaru nara ya? terlihat meninggi ya.. *cium gemes*

  17. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 1:54 pm

    heeeehmm.. thx y Otty, bwt review MMK. Sempet mo nyoba tp mundur trus he3.. *jd kepikiran bwt beli ho3*

  18. nyanya
    almaviva landjanun November 11, 2010 at 2:28 pm

    Rinjani blm full clodi.Kalo pergi masih pake dispo.Tp lumayan bgt,pengeluaran cuman 100rb perbulan buat dispo.Itu karna gue sering bawa Rie jln.Gmn kalo gue ga kenal clodi ya.Untung kenal clodi pas hamil,jd bisa nyicil.Huhuhu,pasi penasaran ama MMK.Lupa mulu mo beli!TFS,Ty! Sekarang inget MMK jd inget Nara :D

  19. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 3:00 pm

    Fofo juga blum full clodi nih..pake pospak kalo malem.
    Tapi bener deh,puas banget sama yg namanya MMK ini. Sampe punya 6.hihihi

  20. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 4:22 pm

    ih, makasih yah atas infonya ma Otty. Hitung2annya mantap. Pertanyaannya MMK itu brp kali pipis bisa ditampung, ngeceknya gimana yah kalo pake cloth diaper ini? anak pertamaku pernah kupakein clodi, tapi sekali pipis tembus..huhuhu…

  21. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 4:48 pm

    Salah satu clodi favorit nih! Bisa diatur jadi 4 size, insert panjang dan lebar, dan performa oke. Mama yg mau beli, bisa cek di Iqlima Shop di Mama’s Mall juga yaa :)

    Btw Ty, Nara di foto terakhir kok ga se-gembil foto lain yaa?

  22. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 4:57 pm

    ahaaaaa gawaaattt, baca ini kok jadi malahan tergiur beli si moo moo kow yah….
    Harus kuat iman nih, stash clodinya Faza (1year) udah ada 18 heheh… Udah cukup bgt deh…
    Awalnya aku baca tentang perbandingan cost pake clodi and dispo di salah satu web perclodian yg akhirnya membuat aku membulatkan tekadku untuk beralih pake clodi. Dan nilai tambahannya, clodi jauuh lebih lucu dibanding dispo diapers :)

  23. metariza
    Meta November 11, 2010 at 8:25 pm

    Pengakuan
    - Gw tau clodi dari TUM :) sebelumnya ga pernah denger :p
    - Bikin itung2an juga kaya di atas buat ngajuin proposal buat beli clodi ke suami…dan diapprove!¬†
    - Tau MMK dari Otty, langsung beli 2 *yaiyalah,modelnya Nara-Otty gitu, siapa yang bisa menolak pesona paha montoknya?*
    - Puas banget pake MMK karena kualitasnya sama kaya clodi yang harganya lebih mahal :D

    Btw, klo kata Otty untuk full clodi perlu 18clodi, gw cuma punya 13 dan bisa full clodi juga tapi…emang nyucinya sehari sekali –> horee punya alesan buat beli clodi lagiii, tenkyu Otty :D

  24. otty
    Pangastuti Sri Handayani November 11, 2010 at 10:49 pm

    @Martina – Berdasarkan pengalaman sih MMK dengan 2 insert tahan dipake tidur malam, berarti bisa dipake sekitar 11 jam.

    @Sefa – Iya itu foto kemaren pagi, emang udah tinggi jadinya ga terlalu bulet lagi :)

    @Pusparin45 – Biasanya sih setiap 3-4 jam diganti aja, jadi ga pernah ngecek tahan berapa kali pipis. Harusnya sih kalo masangnya udah bener ga mungkin 1x pipis langsung tembus, mungkin dulu ada settingan ukuran yang kurang pas.

    @Mira – Hihi iya itu foto Nara umur 15 bulan, yang lainnya foto sebelum 1 tahun jadi dulu masih lebih gembil.

    @Meta – Gue malah cuma punya 12 dan tetep bisa pake clodi bahkan kalo pergi juga pake clodi :) Tapi sama kayak elo, cuci mulu tiap hari…

  25. myson
    myson November 11, 2010 at 11:22 pm

    asiiik ada itung2annya! ini perlu banget buat ngeyakinin temen! thanks ty! :) clodi toto cuma 9 biji yang berfungsi dengan baik, tapi untungnya tetep bisa full clodi *dispo untuk back up*.

    seperti yang udah saya pamerin ke otty, si kushies udah hancur berantakan. smart nappy juga hancur, tapi yang paling shock, inserts-nya blueberry minky! akhirnya hari ini sampe keluar kapas2nya. pensiun dini :(

    mau dong order MMK!

  26. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 10:31 am

    Aduh dari hamil udah sering baca2 ttg clodi, tp ga ngerti2, abis teman2 sekitarku ga ada yg mau pake krn katanya klo udah kena pipis lsg basah, jd hrs lsg ganti.
    Tapi aku msh penasaran banget, secara pake dispo boros nih.
    Pertanyaan ku ke mamas yang pake clodi, apakah stlh kena pipis clodi akan lembab? atau kering kayak pakai dispo? Mohon pencerahannya mamas semuanya!! *mamayangbingungtentangclodi*

  27. Mirza Resita
    November 12, 2010 at 11:51 am

    mbak otty,
    jadi clodi2nya Nara sebagian besar Moo Moo Kow ya ?secara aku baru di dunia perclodian, untuk anak ke-2 ini, lagi mulai nyetok…
    btw, analisa hitungannya mantep tuh…aku juga ngasih itungan kayak gitu ke suami, hehehehehe…thanx for sharing..

  28. IntanDian
    Dian Sarwono November 13, 2010 at 1:24 pm

    Otty,
    Gw jg mau beralih ke clodi nih, apalagi Kai sejak 7 bln udh bisa pup di toilet (skrg mau 9 bln). Kalau Moo Moo Kow mendingan beli yg Aplix atau Snap ya?

  29. otty
    Pangastuti Sri Handayani November 15, 2010 at 10:13 am

    @Dian – Nah kalo ini jawaban gue mungkin kurang objektif karena gue adalah snap mania :) Pernah nyoba aplix tapi merk lain, dan gue ga suka…

  30. Mirza Resita
    November 16, 2010 at 2:22 pm

    wah pengen juga niy hijrah… jadi kalau MMK ini fungsinya sama dengan diapers ya? cuma bisa dicuci. terus kalau pup gimana? mau juga niy jadinya. tolong pencerahannya donk. makasihhhhh

  31. Mirza Resita
    November 23, 2010 at 11:42 am

    Rafa (18m), telat ga ya kalo dikenalin clodi?
    denger2 clodi suka bocor? bener ga sih? soalnya Training Pants Disneynya Rafa tuh tak kuasa untuk menahan laju pipisnya, jadi sebentar aja ganti….
    jadi rada mikir pake clodi, takutnya nasibnya sama kaya si Te Pe Disney

  32. sLesTa
    shinta lestari November 25, 2010 at 6:09 pm

    @renny: kalo udah umur segitu, sayang kalo pake clodi. clodinya udah ga sanggup nampung krn harusnya pipis anak umur segitu udah banyak. mendingan mulai di potty-train aja.

  33. January 26, 2011 at 10:08 am

    hmm…setelah banyak mereview sana sini.. akhirnya radit pake clodi diumur yg 3,5 bln…
    lumayan irit dispo… so far skrng sih br punya 3, masih mo nyicil beberapa lg…
    pengen nyoba ah beli MMK… ^^

  34. herlina achmad
    herlina achmad January 26, 2011 at 3:00 pm

    nadya (12m) baru saya pakaikan cloth diaper setelah umur 10m karena ternyata kulit nadya sdh sangat jenuh dgn bahan kimia di pospak, dan muncullah ruam2 yg ga bisa sembuh hanya dgn salep rash diapers yg dijual bebas di apotek, tapi kalo ga pake pospak….mana tahaaaaan. akhirnya setelah browsing sana-sini ketemulah yg namanya cloth diaper one size pocket….taraaaaa….ilang deh ruam popoknya :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.