Dadidu ke Posyandu

neena_aime

Masih ingat dengan lagu ‘Anak Sehat’ yang dulu sering ditayangkan pada iklan layanan masyarakat di televisi nasional?

“Aku anak sehat tubuhku kuat, karena ibuku rajin dan cermat,
Semasa aku bayi selalu diberi ASI, makanan bergizi dan imunisasi,
Berat badanku ditimbang selalu, Posyandu menunggu setiap waktu,

Ya, saat ini Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) masih menjadi pilihan kedua bagi para Ibu untuk memantau tumbuh kembang anak terutama di daerah perkotaan.

Saya memang masih memilih berkunjung ke dokter. SpA untuk berobat dan vaksinasi/imunisasi Ayesha (3 tahun 7 bulan), namun begitu saya tidak pernah absen mengajak dia pergi ke Posyandu setiap bulan. Kebetulan Posyandu di daerah saya, yang dikelola oleh ibu-ibu PKK RW setempat, lokasinya tidak jauh dari rumah.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tanggal 8 setiap bulannya. Begitu datang dan mendaftar, Ayesha ditimbang berat dan diukur tinggi badannya, lalu semuanya dicatat pada Kartu Menuju Sehat (KMS). Petugas kesehatan dari dinas pemerintah terkait juga ada untuk mengecek kesehatan anak, apakah imunisasinya tidak tertinggal atau giginya sehat tidak ya? Kapsul vitamin A juga bisa didapatkan secara gratis setiap bulan Februari dan Agustus di sini.

Di usia Ayesha sekarang, dimana jadwal kunjungan ke RS sudah tidak rutin seperti waktu dia masih bayi, saya memilih Posyandu untuk memonitor tumbuh kembangnya setiap bulan.

Sebelum pulang, nggak lupa dikasih bubur kacang hijau dan pisang. Menyenangkan sekali berkunjung ke Posyandu.

26 Comments

  1. fanny
    Fanny Hartanti September 21, 2011 at 12:41 am

    ah tyt masih ada yah posyandu, jadiinget dulu suka anterin sodara ke sana:)
    di sini gue juga bawa alyssa ke posyandu waktu msh bayi.. seruuu! tapi gak dapet bubur kacang ijo dan pisang.. hihi TFS yah!

  2. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati September 21, 2011 at 7:37 am

    jadi inget posyandu yg dikelola ibu di ngawi :)
    bikin bubur kacang ijo, sop dll gantian antar ibu2 perangkat desa

    1. September 21, 2011 at 2:16 pm

      wah… mama sidta dari ngawi juga yaa?? hehehe…

      KIRA-KARA juga hampir gak pernah absen ke posyandu. Seneng ke posyandu karena banyak mainan dan banyak teman sebaya. Awalnya KIRA-KARA selalu nangis kalo mau ditimbang, tapi lama-lama udah biasa. Malah minta duduk sendiri. Posyandu memang sarana mudah dan murah untuk memantau tumbuh kembang balita setiap bulan. Kalo di luar negeri sono gimana ya cara memantau tumbuh kembang balita setiap bulannya? Ada posyandunya juga gak yaa??? (emak norak mode on. hehehee..)

    2. adhya
      adhya pramono September 21, 2011 at 6:18 pm

      mbak Sita.. mertua juga orang Ngawi :D

      ALmira juga hampir tiap bulan ke Posyandu, karna itu satu2nya acara utk bikin saya bisa ketemu ibu2 di kampung sini. skalian Almira belajar sosialisasi :D yah walopun datengnya selalu diusahain awal2 supaya ga terlalu desak2an >> jadi tujuan sosialisasi ngga selalu tercapai :))

      tapi sejak dulu Almira ga pernah makan makanan dr posyandu. sebelum 6 bulan pasti masuk perut bundanya karna belum makan MPASI. nah stelah 6 bulan jg ga makan makanan dr posyandu karna hampir selalu bubur2an sedangkan Almira makannya pake metode BLW. plus ga yakin tu bubur pake gula/garem apa nggak.

      yah intinya cuma murni numpang nimbang dan dapet vitamin A, karna walo tersedia imunisasi, tp tetep perginya ke klinik kantor ayahnya.

  3. rachanlie
    mira a September 21, 2011 at 8:05 am

    Hehehe.. Samaa.. Dirumah pun Kana masih suka di ajak ke Posyandu *kalo mamanya gak kelupaan*. Kalo udah selesai dikasihnya beda-beda.. Pernah sop, kacang hijau, susu kedelai, susu uht, biskuit, macem-macem deh.. Untungnya belom pernah dikasih makanan snack ber-msg.. :)

  4. emaknya danish
    emaknya danish September 21, 2011 at 9:41 am

    sama…danish juga ke posyandu tiap bulan (klo emaknya lg ga dines or lupa ^^ ). lumayan tiap bulan jadi terpantau BB nya n jadi kenal teman2 seumuran di sekitar rumah. oleh2 dari posyandu juga macem2 n tentu saja makanan yg sehat n bergizi. di posyandu juga bisa imunisasi. yg nyuntik dokter/ bidan dari puskesmas setempat biasanya. gratis lho.
    hidup posyandu….. :D

  5. Ndo Tika
    Tika Aprilianti September 21, 2011 at 9:46 am

    yaaayyyy….
    karena nyokap salah satu kader Posyandu, dan terkadang kebagian jatah untuk membuat snacknya…. jadi Berlynn ga pernah absen dateng ke pelayanan gratis ini, walau kadang harus nangis ketika naik timbangannya…. ga jamin juga yaaa cucu kader bisa anteng pada saat si bocah di timbang!!! hehehehehe

    Ayooo para urban mama, kita ke posyandu…. ;P

  6. dinda permata
    dinda permata sumantri September 21, 2011 at 10:26 am

    Ke POsyandu selalu menyenangkan. Ketemu dg ibu2 dan anak2 lainnya, jadi tahu perkembangan berita satu sama lain. Program pemerintah ini masih ada juga bukan cuma di kota kecil, di Surabaya juga masih ada di tiap RW minggu kedua tiap hari rabu. Pembagian kapsul vitamin serempak seIndonesia tiap Febuari dan Agustus. Anak juga happy pulang bawa tentengan makanan bergizi ;)

  7. riekao
    rieka haris September 21, 2011 at 10:51 am

    I love u posyandu…daanish yg baru 2 bln udah suka sama posyandu, kebetulan neneknya daanish juga kader posyandu, jd 2 bln ini ga pernah absen ke posyandu, di posyandu juga terpantau kesehatan daanish lewat kartu KMS n bisa imunisasi yg ditangani oleh ibu bidan dan gratis! (Perlakuan ibu bidan dengan dokter SpA daanish juga sama kok), jd selama dua bulan ini, daanish udah di imunisasi polio,hepatitis 2kali serta BCG dan semuanya alhamdulilah gratis jadi uangnya bisa ditabung deh :D,nanti kalo bundanya dah kerja, daanish lanjut ke posyandu ditemenin nenek :D.Setelah pulang dari posyandu juga dapet oleh-oleh (pisang,bubur kacang ijo,sop kacang merah dll),berhubung daanishnya masih ASI,jadi oleh olehnya buat bunda nya deh :D. Yuuuuk mari ke posyandu yuuk

  8. mamafathir
    Tutik Sriyati September 21, 2011 at 10:53 am

    Kirain urban mamas ud ga ada yg mau ke posyandu kecuali sayah heheh :) Fathir anakku (4yr8m) dulu jg sering ke posyandu, lumayan dapat vitamin gratis :) selain itu kader posyandu di kompleks rumah jg aktif nyamperin kerumah2 yg py balita untuk diajak ke posyandu…tp kemana ya buku KMS fathir skrg ud jarang ditimbang soalnya hihihi

  9. sLesTa
    shinta lestari September 21, 2011 at 11:36 am

    ih seru banget, pulang2 dapet bubur kacang ijo & pisang. gue belom pernah nih ke posyandu, disini ga ada. tapi pasti seru banget yaa.. bisa kenalan ama mama2 dan anak2 lainnya yang seumur.

  10. Dian Sigit
    Dian Sigit September 21, 2011 at 12:00 pm

    Hueeee ini mba Nina yaaaa…dulu kita temen sekantor :D *peluk2an* biar ga OOT dulu waktu kecil aku juga hoby ke posyandu, seneng mintain bubur kacang ijonya ato bubur jagung nya. Klo skr di deket rumah ngga ada posyandu (ato aku yg ga gaul ya) jadi klo anak2 kenapa2 mesti ke dsA deh.

    1. neena_aime
      neena_aime October 2, 2011 at 5:17 am

      Iya Di, ini aku :-))
      Eh, ada temen yang baca juga. Salam buat si kecils.

  11. tari quennell
    lestari yudiastuti September 21, 2011 at 12:09 pm

    timbangannya itu loh lucu deh, klo aku jadi ingat di desa biasanya buat nimbang gabah ( beras ) :))
    kacang hijau menu andalan deh klo ke posyandu

  12. Mommyummy
    della marianka masrah September 21, 2011 at 3:08 pm

    waah gw juga seneeng ke posyandu.. *lho koq gw?*

    tiap tengah bulan di kompleks gw posyandu buka.
    naah kalau syasya 2y 8m dan umar 4m 20d sudah selesai ditimbang, gw juga suka ikutan nimbang badan..hehehe

    di posyandu RW gw malah disediakan mainan, jadi anak-anak ga langsung pulang setelah selesai ditimbang. yg mau main hayoooo main bersama-sama. serruuu…

    yg menyenangkan juga, mamanya suka dikasih makanan posyandu lhoo..jadi pulang suka bawa 3 porsi..hihihhi..padahal yg resmi boleh makan kan cuma syasya, umar masih asix.. ;p

  13. agis
    agis September 21, 2011 at 6:16 pm

    toss ah..hansa juga suka ke posyandu tiap bulan dan sama kayak della, bundanya juga suka ikutan nimbang, hehe…
    yang suka bikin semangat adalah makanan yang suka dikasih tiap bulan beda-beda, ada puding, roti, biskuit, susu UHT, agar2, bubur sumsum, dll. hansa jadi tambah semangat deh ditimbangnya :)

  14. vinnyarkana
    vinny rahmalia September 22, 2011 at 7:26 am

    Waaah, TFS ya mbaa…ini bener2 info yg bguna banget, arka (3y3m) blm pernah kubawa ke posyandu n aku mau ah coba ke posyandu yang terdekat…:)

  15. Eka Budi Hastuti
    Eka Budi Hastuti September 22, 2011 at 8:32 am

    wahh sama ky Amira (2y) dong.. setiap hari senin minggu kedua Posyandu selalu diadakan di RW tempat aku tinggal. menu yang didapat sepulang dari situ jg macem2. kadang bubur kacang ijo, pisang, menu lengkap (nasi, lauk, sayur), atau agar2. Di situ jg banyak mainannya, jd klo pas nunggu atau emang si kecil lg pgn main2 dulu sm tmn2nya, nggak bosen deh…

  16. Ayu Suryawan
    Ayu Suryawan September 22, 2011 at 1:50 pm

    Wow surprise ternyata banyak yang suka ke posyandu. Mama mertua saya pengurus posyandu juga. Dulu saya dan suami suka bercanda nanti kalo punya anak mau dibawa ke posyandu mama. Mama no comment cuma senyum-senyum aja, soalnya dari semua cucu ga ada yang pernah dibawa ke posyandu, semua imunisasi & mantau kesehatan ke dsa. :)

  17. nadsjaugi
    nadsjaugi September 23, 2011 at 11:14 am

    Salma sm omar jg gak pernah ketinggalan setiap tgl 20 ke posyandu..kalau salma imunisasi pun di posyandu jd gak ke rmh skt..

  18. marce febriyanto
    marce febriyanto September 24, 2011 at 2:01 am

    sama… Quinsha(16bln) juga tiap bulan k posyandu,untuk memantau perkembangan kesehatan’y cuma klo imunisasi masih k dsa… Posyandu tempat yg menyenangkan dimana para ibu “kontes anak” ha..ha… nyari tau anak si a naik bb/tb brp?sarana sosialisasi yg menyenangkan.cuma sayang mpe sekarang Quin waktu ditimbang masih nangis kejer(norak.org) he..he..

  19. irdhelia
    Irdhelia H September 28, 2011 at 12:12 am

    Ihh potonya lucuu…trutama yg ditimbangan kain. Hihihi saya jg dulu anak posyandu niy. Tp anak saya sendiri blm pnh ke posyandu..ga ada soalnya. Kangen de ih sama makanan gratisannya….excitednya itu loh pas bawa tuh makanan ke rmh…ngangenin!

  20. irdhelia
    Irdhelia H September 28, 2011 at 12:13 am

    Waduhh poto bayi lucu di icon saya ini ko bukan avatar saya ya? Hihihi oot maap :D

  21. jasminetea
    Sinta Kurniawan September 29, 2011 at 8:39 pm

    lho avatarnya mbak irdhelia kok foto nya brielle? Knp bisa terjadi –>emaknya bingung
    Maaf OOT, brielle blm pernah k posyandu, tp jadi pengen deh, cari informasi posyandu terdekat ahh

  22. irdhelia
    Irdhelia H October 1, 2011 at 10:58 pm

    Jasminetea..huaaa itu poto anak ba ya? Maap saya jg ga ngerti knp bisa bgini….baru kali ini eror avatarnya hihihi. Cium & towel2 buat si cantik brielle ya ;)

    Maaf ya moms oot disini hihihi

  23. neena_aime
    neena_aime October 2, 2011 at 5:15 am

    Aih, ternyata para TUMs masih banyak yang ke posyandu ya.
    Murah dan manfaat :-))

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.