Dian Sarwono

The Urban Mama

Dian Sarwono, 35 years, a freelance writer. Married to Irsan Junir, 36 years, they have a son, Makaio Dakara Irsan (Kai) who was born in Jakarta, 15 Februari 2010.

Hampir semua peristiwa besar yang terjadi dalam hidup saya terjadi secara tak terduga atau di luar rencana. Walaupun begitu, semuanya tidak saya sesali karena membuat hidup saya lebih bermakna dan bahagia. My Unexpected Miracles!

Contohnya saja waktu sekolah dari SD sampai SMA, rapor saya tidak pernah absen dari angka merah. I hated schools. Waktu lulus SMA saja orang tua saya sudah pasrah, terserah saya mau melanjutkan kuliah atau hanya mengambil short course saja. Tetapi akhirnya dari tiga bersaudara, saya satu-satunya yang berhasil mendapatkan gelar S2. Walaupun saya tidak lulus dengan Cum Laude tetapi bagi saya ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Membuat saya percaya diri dan memberanikan diri untuk mengirimkan lamaran ke sebuah majalah perempuan sebagai penulis. Pengalaman kerja saya punya, tetapi bukan sebagai penulis dan bukan di dunia media. Tetapi tanpa disangka lamaran saya dijawab, saya dipanggil untuk tes, ada sekitar sepuluh orang waktu itu dan saya satu-satunya yang belum pernah bekerja di majalah. Tulisan yang pernah diterbitkan pun saya tidak punya, ketika diminta membawa tulisan yang pernah dibuat, yang saya tunjukkan adalah  hasil tugas kuliah dulu karena hanya itu yang saya punya. Saat itu saya pikir tidak mungkin akan diterima, tetapi beberapa hari kemudian saya dipanggil kembali. Saat pemimpin redaksi bertanya, “Sejak kapan kamu tahu bisa menulis?” Saya jawab, “Saya tidak tahu, yang saya tahu waktu sekolah dulu nilai paling lumayan kalau disuruh mengarang cerita.” Jawaban bodoh, pikir saya waktu itu, terlalu jujur! Tetapi si pemred malah bertanya, “Jadi kapan kamu bisa mulai kerja?” Itu adalah cerita sembilan tahun yang lalu, disitulah awal karier saya sebagai penulis dan editor.  Suatu profesi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Urusan jodoh juga terjadi secara tidak terduga. Ketika bertemu suami pertama kali, saya baru saja putus dari hubungan yang telah saya jalani selama lima tahun. It was a very bad break up! Saat itu saya berkata pada diri saya, “I need a break from men!” Tetapi sekitar sebulan kemudian saya bertemu Irsan dan ketika Irsan mengajak kita pacaran saya tidak menolaknya. Saya bilang,”Oke kita pacaran, tapi santai saja ya.. let’s take things slow.” Ketika beberapa bulan kemudian Irsan mengajak saya menikah tanpa ragu dan berpikir panjang saya langsung mengatakan, “Saya siap!” Dan dalam masa enam bulan setelah kita bertemu saya pun menjadi Mrs. Irsan Junir.

Tetapi kejadian tak terduga terbesar buat saya adalah ketika mengetahui kalau saya hamil di saat kami berdua sudah berpikir untuk tidak punya anak. Bukannya tidak percaya atas mukjizat yang diberikan Allah SWT, tetapi setelah lima tahun menunggu dan berusaha, kami juga harus memikirkan kemungkinan terburuk yang mungkin kami hadapi. Setelah mempertimbangkan beberapa pilihan, akhirnya kami berpikir jika tidak dipercaya untuk memiliki anak, kami memilih untuk menjalani hidup berdua saja. Selama ini kami ‘berpetualang’ berdua, we’re happy and that’s  the most important thing.

Sebulan setelah merayakan lima tahun pernikahan kami, saya merasa badan saya berubah, saya cari-cari test pack yang sepertinya sudah tersimpan tiga tahun di dalam lemari. Ketika test pack menunjukkan tanda positif, saya tidak loncat-loncat kegirangan atau meneteskan air mata bahagia. Respon saya ya biasa saja. Ketika Irsan saya beritahu, responnya juga tidak seperti bayangan saya. Selama ini saya membayangkan dia akan loncat-loncat ditempat tidur atau menari-nari bodoh kesenangan jika mengetahui saya hamil. Tetapi dia hanya mengelus kepala saya dan mengatakan,”Alhamdullilah.” Sepulang kantor saya beli dua test pack yang berbeda, dan ketika dua-duanya menunjukkan tanda positif, saya tetap masih biasa saja! Sebagian diri saya masih tidak percaya dengan hasil tes tersebut, masih kaget kalau saya ternyata bisa hamil juga. Saya baru percaya ketika seminggu kemudian kami bertemu dokter kandungan saya. Saat di USG dan mendengar detak jantung bayi kami, saya langsung menangis (saat menulis ini dan mengingat saat itu saya juga masih meneteskan air mata). Ada mahluk kecil dalam perut saya, dan dia milik saya! Keajaiban yang sudah kami berdua tunggu-tunggu selama ini.

Pada 15 Februari 2010, kami menyambut kehadiran anak kami. Seorang lelaki yang kami beri nama Makaio Dakara Irsan (Kai), artinya hadiah yang membawa kebahagiaan. Buat kami berdua Kai adalah hadiah terbesar dari Allah SWT yang selalu kami syukuri dan membuat kebahagiaan kami semakin lengkap.

Tanpa terasa usia lelaki kecil kami sudah tiga bulan. Sejak kelahirannya banyak sekali kejadian tak terduga yang membuat hidup kami berubah. Kami capek, kurang tidur, pegal (Irsan sudah dua kali sakit pinggang haha) tapi diatas semua itu, kami belum pernah merasa sebahagia sekarang ini. Kami tahu, akan banyak kejadian tak terduga lainnya yang bisa saja muncul, dan mungkin tidak semuanya menyenangkan. Untuk Kai, Insya Allah kami bisa menghadapinya.

Jika melihat Irsan menggendong atau bermain bersama Kai seringkali air mata saya menetes (saya memang jadi gampang nangis sejak Kai lahir), my two unexpected miracles, I thank God everyday for sending them into my life. 

44 Comments

  1. June 1, 2010 at 4:59 am

    Hi dian, salam kenal ya :)
    Nice writing sampe terharu bacanya, pas di bagian di usg dan denger detak jantung bayi kita (gw juga terharu pas denger detak jantung el pertama kali)..
    Emang bener ya kalo kata orang “something will happen when you least expected”..
    Btw, kai lucu bgtt! Gemes.. Kiss kiss buat kai ya, oh iya el lahirnya deketan ma kai (tgl 27 feb) hehehe..

  2. ninit
    ninit yunita June 1, 2010 at 6:29 am

    hi dian,
    terharu banget deh baca ini :) duuuh! (ngelap mata yg berkaca-kaca). kebayang udah 5 tahun nikah… hebat deh dian & suami :) alhamdulillah kai dateng yaaa :) lucu banget deh liat difotonya (bergaya topang dagu gitu, so cute!).

  3. superpippo
    Astrid Lim June 1, 2010 at 7:57 am

    tan-taaannn….kaget dan seneng ngeliat profilmu disini haha..the three of you really make a great team..Very happy for your family..kisses for kai dari yofel yah, hopefully bisa ketemu lagi dalam waktu dekat =)
    oiyaaa..gimana ngerayain anniversary pertama bertiga kai? hihi…

  4. otty
    Pangastuti Sri Handayani June 1, 2010 at 8:20 am

    Bacanya terharu banget… Ikut senang sama kebahagiaan yang didapatkan sama Dian sekeluarga :)

    Oya, foto Kai yang paling bawah itu lucu banget deh :)

  5. IntanDian
    Dian Sarwono June 1, 2010 at 8:31 am

    All: thank you ya…
    @Chrisye: Hey mama dan baby El, salam kenal juga.
    @Ninit & Pangastuti: gaya favorit-nya Kai tuh, Hehe.
    @Astrid: See you and baby Yo soon ya…

  6. metariza
    Meta June 1, 2010 at 8:41 am

    Bacanya sampe ikut terharu…Alhamdulillah, ikut seneng dengan kehadiran Kai *ngelap air mata*

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel June 1, 2010 at 9:14 am

    Hi Dian, salam kenal yaa..
    Terharu iiih, berkaca2 mode on.
    Baca ceritanya jadi ngebayangin novel ‘Test Pack’-nya Teh Ninit :-)
    Kiss kiss buat Baby-K ya!

  8. Kenny
    Kenny Wiani June 1, 2010 at 10:25 am

    “.. paling lumayan kalau disuruh mengarang cerita ” indeed :)

  9. restya
    Neneng Restiana June 1, 2010 at 10:58 am

    Membacanya dr awal,saya msh trs berpikir ke mana cerita ini akan dibawa,apa sih miracle yg bakal diceritain itu & ternyata…Kehadiran seorang anak yg ditunggu2 selama 5thn..emang bener yah secepat or selambat apapun waktu itu,anak benar2 anugerah yg terindah,it’s more than everything..glad to know that you both finally can have such a healthy&handsome boy,semoga bahagia selalu yah…

    setuju sama yg lain,ceritanya mengharukan…

  10. Mirza Resita
    June 1, 2010 at 11:44 am

    Hi Dian salam kenal,
    Terharu bacanya, :’) idem nih lebih gampang nangis sejak punya anak (hmm,terharu mungkin ya lebih tepatnya hehe…)

  11. aileenapriliana
    aileenapriliana June 1, 2010 at 11:55 am

    Intannnn jadi terharu bacanyaaa hiks hiks….
    Kai lucu banget yaa n Irsan jadi Urban Papa dehhh..
    Semoga Happy terus ya Tan..

  12. tiaaja
    tia June 1, 2010 at 11:55 am

    wah ceritanya bikin terharu dan merinding (lho kok?) :)

  13. sefa
    Sefa Firdaus June 1, 2010 at 12:20 pm

    *berkaca-kaca* salam kenal dian
    alhamdulillah, Allah memang Maha Baik.. selamat utk kelahiran Kai yang lucuuuu *gemes*

  14. Medy
    medy June 1, 2010 at 1:23 pm

    Hi..sama nih..chaca juga baru nongol setelah nunggu 5 thn dan waktu test pack positif juga biasa aja, ga loncat2 seperti yg gw bayangin he..he.. Tapi begitu denger ‘selamat bu anda hamil’ dari dokter baru deh rasanya bersyukur..bgt sampai mau nangis. Dan sejak jadi ibu emang jadi gampang nangis (bahagia)ha..ha..

    Semoga happy terus ya..hugs for Kai

  15. sLesTa
    shinta lestari June 1, 2010 at 1:34 pm

    indeed, you’re a good writer! :) bacanya sampe ikutan berkaca2 deh.. dan gak kebayang gimana rasanya menunggu selama 5 tahun itu.. hebat deh dian & irsan! tetap semangat untuk terus menemukan miracles ya.. kai lucu banget!! i’m sure he’ll be showered with lots of love.

    share2 cerita lagi dong di TUM yaa.. seneng bacanya :)

  16. IntanDian
    Dian Sarwono June 1, 2010 at 3:43 pm

    Salam kenal semuanya… Seneng banget bisa ketemu di TUM. Thanks sooo much utk comment-nya. Maaf ya jadi bikin pada terharu, tp bener kan, sejak jadi ibu jadi gampang nangiiisss.. :)

  17. sukie
    Sukma Pertiwi June 1, 2010 at 3:47 pm

    awww so cute! Si kai gayanya tu lo..(udah banyak yang komen juga sih di atas..hi9)..
    btw aku juga amazed dengan cerita mba Dian hingga jadi writer and editor sampe sekarang..kok bisa yah begitu??!?? heran…emang udah jalannya kali ya..atau gimana sih cara si Bos ngeliat bakatnya mba Dian saat itu(hanya dengan interview..hi9)..Sukses selalu ya mba Dian..:)

  18. IntanDian
    Dian Sarwono June 1, 2010 at 5:34 pm

    @Sukma: thanks ya.. Dulu di test nulis dulu, ada banyak test nulisnya. Abis itu baru deh interview.. Sampe sekarang jg kadang2 msh suka bingung, kok bs ya dierima :). Tp kl kita emg niat dan usaha.. dreams will come true..All the best juga buat Sukma ya…

  19. June 1, 2010 at 10:12 pm

    aduh, ceritanya bagus… seneng bacanya. uplifting dan mengharukan at the same time :) selamat ya atas kedatangannya Kai :)

  20. yenarosa
    yenarosa June 2, 2010 at 1:39 am

    Salam kenal Dian…amazing story, gak salah kamu diterima jadi writer. bacanya sambil nahan napas biar gak nangis :) Bener kata Mbak Shinta’slesta’, gak kebayang juga rasanya penantian slama 5 thn itu. kalo yg lain lebih gampang nangis stelah jd mom, kalo aku gampang nangis sjk ketauan hamil. cengeng bwanget kan.. :D

  21. dadidedo
    Anggraini Karimuddin June 2, 2010 at 8:12 am

    Salam kenal Dian.. Aduuh itu Kai ganteng banget.. Ceritanya bagus dan gak heran dirimu jadi penulis.. :) Selamat berbahagia selalu dengan dua keajaiban hidupmu yaa.. :D

  22. dindai
    Dini Setyowati June 2, 2010 at 9:26 am

    Terharu bacanya. ngga kebayang menunggu kedatangan Kai selama 5 tahun. Turut berbahagia untuk Dian sekeluarga. Selamat yaaa..

  23. IntanDian
    Dian Sarwono June 2, 2010 at 10:55 am

    @Yenny,Anggraini, Thalia, Dini: salam kenal juga… Trimakasih untuk comment-nya.
    @Medy: abisnya selama ini test-nya negatif terus ya.. med… Jdnya takut berharap, pas beneran positif jd bengong deh hehe… Congrats to you too ya… Skrg Chaca umur brp?

  24. Medy
    medy June 3, 2010 at 9:38 am

    ha..ha..yap betul sekali..chaca jalan 7bln-lahir november skrg lg hobi mimicking aka niru..kocak.. Tunggu sampai kai 5 bln pasti bakal byk ketawa deh..ud bisa diajak main soalnya..aih sori..malah ngobrol..he..he..

  25. bundadiba
    Ann Sjamsu June 5, 2010 at 10:49 am

    Dian salam kenal ya…setuju ama mama2 yang lain, it’s so touching dan bikin berkaca2 (tapi emang kayaknya setelah punya anak jadi jampang berkaca2 ya hehehe). Thx for this ya, life is indeed full of miracles and sometimes when you least expect it.
    I also love Kai’s name, pinter banget pilih nama…ntar kalo Diba punya adik (kapan pun itu), boleh minta ide nama ya tante Dian :)
    Hugs and kisses for adik Kai from kakak Diba ya…

  26. yufinats
    yuni yuliawan June 5, 2010 at 11:28 am

    Selamat yah…akhirnyah :) :) :)
    terharu menbaca ceritanya.
    terutama yang ini –> “Setelah mempertimbangkan beberapa pilihan, akhirnya kami berpikir jika tidak dipercaya untuk memiliki anak, kami memilih untuk menjalani hidup berdua saja. Selama ini kami ‘berpetualang’ berdua, we’re happy and that’s the most important thing”

  27. IntanDian
    Dian Sarwono June 6, 2010 at 4:26 pm

    @Ann: Hey Mama Diba.. Thanks ya.. I looove giving name ideas to friends or family, tp begitu nyari utk anak sendiri.. Ya ampuuun PR bgt haha.. Sebulan sebelum lahir akhirnya kita mantab dg nama itu :). Kiss kiss jg buat kakak Diba yg cantik.
    @Yufinats: Terima kasih ya… Kita ambil keputusan itu krn dr awal tujuan kt nikah bukan cm utk pny anak, tp melengkapi satu sama lain. Eh, udh diksh hadiah Irsan sama Yang Di Atas, tau-tau kita diksh bonus Kai :).

  28. sasa_mommytwinnie
    Elisa Darmadi June 7, 2010 at 9:04 am

    hi dian..selalu terharu denger cerita awal kehamilan..jd inget waktu usg twinnie pertama x..diblgnya hanya ada 1 janin n 3w kemudian saat usg ada 2 janin..n lsg mewek pas denger detak jantung twinnie…
    selamat yah…Kainya cakep….semoga sehat” selalu

  29. IntanDian
    Dian Sarwono June 8, 2010 at 3:17 pm

    Hey Elisa, terimaksh ya… Selamat juga dpt si kembar.. Moment denger detak jantung pertama kali itu memang bikin jd cengeng ya… Rasanya ajaib bgt ya..

  30. Mirza Resita
    June 9, 2010 at 10:37 am

    Hey mba dian…
    Salutt..luar biasa! Aku sampai berkaca2…
    Aku baru sbulan menikah rasanya sudah tidak sabar untuk hamil, tapi mba dengan sabar menunggu sampai 5 tahun….
    Subhanallah..Salute for you Mama, Papa, n Kai…

  31. puti
    Dian June 9, 2010 at 2:57 pm

    hai dian
    salam kenal (nickname sama)
    seneng baca nya ,berharap your Unexpected Miracles sending in to my life too. sungguh mengharukan !

  32. Mirza Resita
    June 10, 2010 at 12:52 pm

    Hi Dian,
    salam kenal yah..baca ceritanya jadi berkaca2 deh..salut banget buat dian & hubby, bisa sabar nunggu sampe 5 taun :) Kai ganteng banget deh..pinter gaya pulak :D kiss kiss buat kai yah, salam kenal juga dari zaky :)

  33. IntanDian
    Dian Sarwono June 10, 2010 at 2:41 pm

    @Ajeng: dulu wkt br nikah jg pinginnya cepet hamil dan takuuuttt bgt kl ga bs punya anak. But it’s not the end of the world :). Sambil usaha nikmatin aja masa masa berdua..
    @Puti & Sindi: salam kenal jugaaa… Thanks utk comment-nya ya… Sindi, kiss kiss juga buat Zaky.

  34. Mirza Resita
    June 18, 2010 at 4:41 pm

    Salam kenal mbak…
    hmmm Irsan nama fam keluarga suami, jangan-2 sodaraan tapi gak kenal..;))

  35. Mirza Resita
    June 19, 2010 at 12:21 am

    Met kenal yaa mba dian…klo kami udah mo 3taon menikah, blm dikarunia seorg anak. Aku baca bareng suami…Hikss haruuu banget. Aku mpe berkaca2 nahan nangis, ga mo suami tau. Smoga kami bisa lbh sabar lg sprt mba & suami. Amin. Baby kai lutcuuu, guemees dee..Congrats! ;)

  36. IntanDian
    Dian Sarwono June 21, 2010 at 3:27 am

    @mmi: salam kenal juga… Irsan sih nama dpn suami, dia ga mau Kai pake nama belakangnya hihi…
    @windi: sabar aja win… Tetap usaha tapi ga usah terlalu ngoyo juga nikmatin masa-masa berdua yang seru dan menyenangkan.

  37. Mirza Resita
    June 22, 2010 at 10:23 pm

    hi dian salam kenal yah,
    terharu baca storynya..5 taun yah?wow..akhirnya keajaiban itu dateng juga ya:) bisa jadi inspirasi buat mamas and papas yang belum dikasih momongan juga…
    big hug buat baby Kai yah..Congrats!

  38. IntanDian
    Dian Sarwono June 24, 2010 at 5:28 am

    Salam kenal juga mammia… Terima kasih comment-nya ya…

  39. heymai
    Maysi Amalia Sanjaya June 24, 2010 at 11:08 am

    terharu baca tulisan Dian…

    same thing happens to me too. only mine works a lot faster.

    *kisses&hugs*

  40. IntanDian
    Dian Sarwono June 26, 2010 at 6:10 am

    Hey Maysi… ThankU for the comment, hugs and kisses :)

  41. Mirza Resita
    July 2, 2010 at 10:11 pm

    Its so touching Dian… sedikit ada kesamaan dgn kisahku tp ku masih in processing untuk bisa nulis2…
    Welcome to Motherhood sist.. Ku juga a new mom of 5 months old baby name EROL… tgl lahirx ampir sama tuh ama Kai.. Erol 01 Februari 2010.. JAdi gampang nangis juga, hiks…

    Salam kenal ya.. juga salam kenal dari Erol to Kai
    Salam persahabatan dari Jogja

    lots of love
    andie xxx

  42. IntanDian
    Dian Sarwono July 5, 2010 at 7:22 am

    Salam kenal juga Andi… Wah… Erol beda 2 minggu sama Kai ya… Ayo share juga dong ceritanya disini…

  43. mimut
    mimut February 10, 2012 at 6:32 pm

    terharu banget bacanya, sampe nangis bombayyy… emang pinter nulis niyh mbak Dian (hehehe). Alhamdulillaah ya Mbak, sabar itu indah…

  44. farahfaizah
    Farah Faizah May 25, 2012 at 7:40 pm

    terharu yah ceritanya, sungguh membuat saya nangis, haha

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.