DIY Tote Bag

puspita_jewel

Ayo kita membuat proyek DIY sederhanya: tas dari kain. Tas ini bisa digunakan untuk berbelanja ke supermarket atau sekedar membawa keperluan si kecil saat bepergian seperti boneka, mainan, serta buku-buku. Mau digunakan sebagai goody bag? Bisa. Yang penting, sesuaikan isinya dengan kekuatan bahan tas itu. Jangan sampai isinya terlalu berat sehingga tasnya sobek.

Kenapa tas kain? Karena bisa dicuci dan dipakai lagi. Sobek pun masih bisa ditambal. Jadi, tidak perlu menambah sampah plastik. Kelebihan lainnya, kalau kita bikin sendiri, kita bisa membuat sesuai dengan apa yang kita mau dan apa yang kita butuhkan, baik motifnya, ukurannya maupun hiasan-hiasannya.

Pola dan tutorial tas, khususnya tote bag, cukup banyak di internet. Beberapa yang saya suka:

Untuk tas kain di bawah ini, saya berdasarkan pada tutorial Classic Tote di Sew Mama Sew karena tidak perlu menggunakan mesin obras maupun overcasting stitch untuk bagian pinggir kain. Namun saya memodifikasi ukuran-ukuran yang ada sesuai kebutuhan saya.

Kain yang digunakan sebaiknya agak tebal atau sekalian tebal (misalnya kanvas). Dan jangan lupa menyesuaikan ukuran jarum mesin jahit bila menggunakan kain tebal. Di sini saya menggunakan kain katun yang agak tebal.

Ukuran tas bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau hendak dipergunakan sebagai tas belanja, buatlah yang agak besar (dari bahan yang tebal). Kalau rencananya untuk membawa buku-buku ke perpustakaan, ukuran sedang sudah memadai, tapi jangan lupa bahannya harus kuat. Bisa juga membuat satu versi kecil untuk anak balita kita. Pasti mereka akan senang menerima satu tas yang serupa dengan milik mamanya.

Bahan yang dipergunakan bisa dari satu kain yang sama atau beberapa kain yang matching, apalagi bila kita membuat reversible tote bag. Bila ingin lebih personal, kita bisa menambahkan aplikasi tertentu atau hiasan bunga dari kain. Ingin memakai gambar (atau foto) tertentu di permukaan tas? Coba pakai heat transfer paper. Contohnya ada di sini dan di sini.

Pada gambar di bawah ini, tote berukuran medium dibuat berdasarkan tutorial Reversible Tote Bag dari Skip to my Lou. Demikian juga tas yang kecil, tentunya dengan penyesuaian pada ukuran. Biasanya tas yang kecil itu digunakan oleh si kecil untuk membawa boneka kesayangan ke rumah neneknya atau sekadar untuk berjalan-jalan. Sedangkan tas medium digunakan oleh si sulung untuk membawa buku-buku bacaan saat bepergian.

Ayo kita coba membuatnya!

12 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit October 26, 2012 at 7:55 am

    kereenn… ki-ka mau dibuatin jg dunk tante.. :) mama yg kreatif…

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel October 26, 2012 at 8:21 am

    aih lucunyaaa :)
    Girlie banget deh warnanya. Suka!

  3. mamarini
    rini October 26, 2012 at 5:47 pm

    Mbak sitha tanya dong,
    Kalo jahit2 bhn tebal (ex/ kanvas) pake mesin jahit portable bisa ga, yg harus disiapin ato diganti apanya?Ato harus pake mesin jahit khusus? Aku taunya cuma pke mesin jahit biasa dgn jarum biasa..hehehe
    Suka liat hasil dan ide tas yg sama buat mama dan si kecil.. :)

  4. puspita_jewel
    Sitha October 26, 2012 at 6:44 pm

    @Kira Kara: Thank you… Aduh, gimana ini buatinnya… Jauh… :( Mamanya pasti bisa bikin sendiri. Gampang kok… :)

    @Eka: Thx… Girlie sesuai permintaan dan preferensi anak2 :D

    @Rini: Mesin jahit portable, maksudnya home sewing machine yg biasa kita pakai yah? Sama ndak? *maaf, takut salah :(* Setahu aku, mesin jahit spt itu bisa utk jahit bahan canvas or jeans. Kalau ngga salah (bukan pakar nih soalnya), jarum utk jahit bahan canvas or jeans biasanya yg ukurannya 90/14 atau 100/16 (universal needle). Tapi ada juga needle tersendiri utk bahan jeans (yg aku pingin pakai juga utk jahit canvas, someday kalau punya bahannya, :D ). Aku punya teman yg jahit kain horden tebal dgn mesin jahit Brother yg dia punya. Hasilnya bagus.

    Iya itu, emak dan anak2 kdg pingin kembaran ;D Thx ya, Rini…

  5. October 26, 2012 at 7:53 pm

    ihiy, lucu banget totebagsnya! bahannya juga cantik yaaa…

    dulu pernah bikin reversable totebag pake fake leather handle, ehh, digigitin ama anjingku… hu hu hu. abis itu blum bikin lagi. tapi ini perfect project ama aina nih… dia bisa bikin versi kecilnya :)

  6. puspita_jewel
    Sitha October 28, 2012 at 4:00 pm

    @Thalia: Ah, aku baru nyoba jahit fake leather bbrp hari lalu. Love it! Buat handle totebag pasti cakep banget ya… *considering to try*

  7. ninit
    ninit yunita October 28, 2012 at 7:21 pm

    ihhh lucu banget tote bag-nya :)
    sukaaa…

  8. puspita_jewel
    Sitha November 6, 2012 at 6:41 pm

    Merci, Teh Ninit… :D

  9. Honey Josep
    Honey Josep November 12, 2012 at 12:11 pm

    i love pink!

    baguuuuus :D

    tfs Sitha :)

  10. puspita_jewel
    Sitha November 16, 2012 at 6:38 pm

    @Honey Josep: You’re welcome!

  11. yuniastuti
    yuniasih dwi astuti June 13, 2013 at 3:50 pm

    mbaaak….heat transfer paper kira2 bisa dibeli dimana ya?tau ga?thx b4…:)

  12. puspita_jewel
    Sitha June 13, 2013 at 11:43 pm

    @yuniasih: Barusan googling kilat, ada yg jual online di sana, merk Data Print. Nanti aku kasih linknya via PM.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.