Eco Green Park Malang

soRella

Ada berbagai cara menumbuhkan cinta lingkungan hidup pada anak. Salah satunya melalui pengenalan. Itulah tujuan kami sekeluarga mengunjungi Eco Green Park, yang berlokasi di Jatim Park 2, Kota Wisata Batu, Malang, masih satu area dengan Secret Zoo. Anak-anak memang masih batita, tapi mengisi memori mereka dengan nilai-nilai positif seperti mencintai bumi dan makhluk hidup seisinya bisa melekat hingga dewasa. Nanti, kalo mereka sudah agak besar, sudah bisa mengingat dengan jelas, pasti saya ajak ke sini lagi biar makin cinta alam.

Sesuai tagnya, fun and study, Eco Green Park (EGP) menyajikan petualangan alam yang menyenangkan tapi juga mendidik. Suasana alam langsung terasa begitu memasuki area ini, ada persawahan mini, kolam ikan koi besar di depannya, lalu di belakangnya ada miniatur candi-candi se-Indonesia, yang lucunya, ada ‘robot-robot’ modern di sela bebatuan candi.

Selanjutnya, kita memasuki wahana Walking Bird. Berjalan menyusuri jembatan kayu yang di sisi-sisinya terdapat banyak macam burung yang tidak bisa terbang. Tidak hanya sampai situ, ada juga sangkar besar berisi burung tertentu misal World of Parrot, World of Pheasant, The Duck Kingdom dan Pasar Burung bagi yang ingin beli burung untuk dibawa pulang. Kita juga bisa berfoto sambil pegang burung, jangan khawatir karena burungnya jinak dan baik, petugasnya pun sangat membantu menempatkan burung di tangan kita. Dan yang paling disukai anak-anak adalah memberi makan burung merak putih. Kakak senang sekali ketika sekumpulan burung merak menghampiri, mematuk-matuk makanan dari sendok yang dipegangnya.

Selesai area burung, ada Insectarium. Hewan insektaria di sini ditampilkan begitu indah, ada jutaan kupu-kupu dan serangga dari seluruh dunia yang dikelompokkan sesuai jenis dan habitatnya. Salah satu yang menarik adalah kumpulan kupu-kupu diawetkan yang dibentuk seperti lukisan ini. Bagus, ya?

Wahana lain yang masih menampilkan satwa-satwa unik ada Walking Animal, Animal Farm, Akuarium Araphaima besar dan kolam bebek. Kalau tidak kelewatan, setiap pukul 11 dan 16 ada Bird Show, di situ kita bisa lihat bagaimana burung seperti rangkong dan rajawali mencari mangsa secara naluriah, indahnya kepakan sayap saat terbang, dan bisa berfoto sama burungnya juga.

Selain satwa, aneka ragam tumbuhan juga bisa dilihat di sini. Di sepanjang jalan menuju setiap wahana, kita akan menemukan mini farm yang isinya tumbuhan bumbu dapur dan sayuran. Jika kita masuk ke wahana Pembelajaran Hidroponik Strawberry dan Jamur, di situ saya baru lihat sendiri ‘gudang’nya jamur tiram yang minim cahaya dan lembap, ternyata tidak mudah ya membudidayakan jamur tiram itu.

Ada juga Carnivor Garden, isinya tumbuhan-tumbuhan pemangsa. Hii, ngeri ya. Kita juga bisa beli tanaman hias seperti bunga anggrek, kaktus, dan lain-lain di herbarium ini.

Wahana-wahana lain yang tidak kalah menyenangkan juga ada di EGP ini. Antara lain Music Plaza, di mana terdapat kolam besar dengan berbagai alat musik yang terbuat dari barang sehari-hari. Di situ kita bisa main tembak-tembakan air, ketika airnya menyentuh alat tersebut akan memunculkan bunyi-bunyian seperti musik.

Ada juga Water Track, permainan yang membutuhkan keseimbangan saat kita menyusuri balok-balok di atas air. Permainan serupa ada juga di sebelum pintu keluar, Boom Boom Boat Basmi Hama. Ceritanya kita naik perahu menyusuri danau dimana terdapat patung-patung hama yang menembaki kita dengan air, sebaliknya, kita juga bisa ‘melumpuhkan’ mereka terlebih dahulu dengan menembaki mereka dengan senapan air yang ada di perahu. Sayangnya tidak ada yang bisa luput dari tembakan air, jadi kalo mau main ini, pastikan dulu siap basah-basahan ya.

Selain permainan air, ada Jungle Adventure. Diibaratkan kita menyelamatkan hutan dari keserakahan para pemburu yang digambarkan dengan patung-patung membawa senjata di antara semak-semak. Tugas kita menembaki patung-patung tersebut dengan pistol laser yang terdapat di mobil yang membawa kita berkeliling ‘hutan’. Seru sekali!

Yang juga tidak kalah menarik, ada Rumah Terbalik. Dikisahkan ada badai Sandy yang saking dahsyatnya sampai bisa membalikkan sebuah rumah, jadi isi rumah yang biasanya ada di bawah, semuanya ada di atas. Ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dapur, sampai kamar mandipun semua terbalik. Ternyata di rumah itu juga ada sensasi tersasar di ruangan kaca, lorong-lorong dan lukisan-lukisan unik tapi terbalik.

Buat wahana santai-santai, ada Dome Multimedia yang menampilkan pertunjukan cerita Hanoman The *** . Film 3D berdurasi 15 menit yang bercerita Hanoman yang menyelamatkan ekosistem Bumi dari kejahatan Rahwana raksasa perusak alam. Di sebelah bioskop, ada Eco Jungle, tapi karena di sini wahananya menggunakan listrik, kami nggak bisa masuk dengan baju basah habis main air.

Selanjutnya kami masuk ke wahana Pembelajaran Eco Sains Center. Ada layar lebar dan multimedia menjelaskan bagaimana terjadinya bumi, geologi bumi, dan animasi hologram bagaimana cuaca terjadi di bumi. Kita juga bisa merasakan beberapa cuaca melalui ruangan-ruangan simulasi seperti angin, salju dan gempa.

Wahana pembelajaran lain pengolahan limbah, perkebunan sayur, pengolahan susu, penangkaran burung, totalnya sebetulnya ada sekitar 25 wahana di EGP ini tapi berhubung sudah capek sekali jalan selama berjam-jam dan pegal gendong anak, tidak semuanya kami masuki.

Oh iya, karena areanya besar sekali dan bikin capek, di sini juga tersedia sewa e-bike, tarifnya 100rb/3 jam. Cocok buat para orangtua yang sudah tidak kuat jalan lama dan ibu-ibu yang bawa bayi kecil agar tidak terlalu capek.

Kalau capek dan lapar setelah berkeliling, ada Snack Corner di dekat Music Plaza dan ada food court di dekat Bird Show. Food courtnya berkonsep natural garden dengan tanaman-tanaman gantung di atasnya, kalau ingin rileks sejenak, tersedia fish therapy gratis, sepuasnya.

Beberapa yang saya sukai dari tempat wisata ini: Pertama, petunjuk jalan dan rute sangat jelas, jadi sudah pasti kita melewati dan melihat semua areanya dari A sampai Z karena tidak ada rute lain yang belok-belok. Kedua, smoking-free area! Jadi hanya boleh merokok di spot-spot khusus yang sudah ditentukan. Ketiga, toiletnya bersih dan toilet di sini tidak ada tisunya lho, eco-friendly banget. So, prepare your own tissue aja ya tapi jangan lupa bekasnya dibuang ke tempat sampah anorganik.

12 Comments

  1. ninit
    ninit yunita May 9, 2013 at 7:56 am

    ih bagus banget yaaa eco green park ini!
    wajib ke sini deh kalo ke malang.

    TFS yaaah rella…

  2. Dina Kartika
    Dina Kartika May 9, 2013 at 8:11 pm

    Harga tiket masuknya berapa mom Rella? Termasuk tiket masuk utk batu secret zoo dan museum satwa gak?
    Wah jadi ngiler pengen ke malang…

  3. almostabum
    citra kusumaninghati May 10, 2013 at 4:50 am

    Aaah serunya [b]soRella[/b] jalan2 d ecogreenpark jatimpark 2? aku wong malang asli tp blm pernah k sana samsek, hahaha *nyengir miris* tp emg seru yaa buat rekreasi dan pembelajaran anak2, jd pengen mudik niii..

  4. agitacake
    agitacake May 10, 2013 at 3:02 pm

    Eco green park bagus sekali ya,, wajib kesana ketika ke malang. berapa tiket masuknya?.

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 10, 2013 at 3:16 pm

    asik nih kayaknya buat rencana liburan bulan depan. TFS!

  6. Rosalia
    Rosalia Surya Budi May 10, 2013 at 9:39 pm

    Duh, udah gak sabar pengen ke Eco Green Park di acara Family Gathering kantor suami bulan Juli nanti, bagus banget ya, Nendra pasti kegirangan di sana! :)

    Moms, harga tiket masuk-nya dipatok Rp. 30.000,- untuk hari Senin-Jumat (weekday) dan Rp 40.000,- untuk hari Sabtu, Minggu (weekend). Ada juga harga tiket PAKET, combine dengan tempat wisata lain di Batu, keterangannya ada di sini : http://jawatimurpark1.com/info.php?id=7

  7. soRella
    Rella Shaliha May 11, 2013 at 10:34 am

    Iyaaa…asik banget ini tempatnya. Lengkap!
    Iya itu info HTM dari Rosalia Surya Budi, tapi kemarin aku masuk hari sabtu HTM nya 45ribu. Bisa paket sama Secret Zoo-Museum Satwa, bisa juga lepasan.

  8. Lika Dassi
    Lika Dassi May 15, 2013 at 12:40 pm

    Mbak, berapa lama waktunya muter2 di EGP ini?

  9. thalia
    thalia kamarga May 16, 2013 at 1:13 pm

    wah, tempat ini bagus banget ya… mesti masuk ke daftar “must-visit”, nih. itu merak putihnya banyak bangeeeet! kemaren ngeliat satu di bali aja udah seneng banget… ini bisa rame2 gitu!

  10. adisanita
    adisanita May 17, 2013 at 12:00 pm

    Jatim park jadi salah satu destination liburan saya dan keluarga berikutnya, Insya Allah tahun ini, semoga.. aamiin.
    Soalnya pingin banget, dapat cerita dari adik ipar yg sdh ke sana, bikin ngiler deh,.. ada hotel yg bentuknya seperti rumah pohon segala.. iih ngebayanginnya aja, anak2 pasti seneng bgt deh.

    TFS ya.

  11. soRella
    Rella Shaliha May 18, 2013 at 1:03 am

    Lika Dassi : kemarin saya masuk jam 1-an, keluar jam 4. Total 3 jam udah hampir semua diputerin. Puas banget deh!

    Thalia : iyaaa seru banget di kandang merak itu, bayar pakannya cuma 3000 bonus bisa elus-elus si merak hehehe

  12. Kikipriskiana
    Kikipriskiana May 27, 2013 at 9:38 am

    waaahhh boleh juga tuh.. biaya masuk brp ya.. kebetulan bulan depan planning mau ke jatimpark II

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.