Eczema Pada Anak

bundawinny

Pernah ngga urban mama mendengar kata “eczema”? Atau lebih sering disebut eksim ya kalo di Indonesia. Eczema ini merupakan kondisi kulit luar yang memerah dan gatal karena inflamasi. Beruntunglah keluarga yang tinggal di Indonesia, karena kondisi cuaca yang bagus (ngga terlalu panas ataupun dingin) ditambah dengan kelembapan yang tinggi, eczema jarang terjadi pada anak. Namun, untuk keluarga yang tinggal di negeri 4 musim, sekitar 20% bayi biasanya terkena eczema.

Penyebab eczema ini bermacam-macam, mulai dari karena gen keturunan, kondisi cuaca yang ekstrim (panas atau dingin), dust mite (sejenis kutu ukuran mikron yang ada di tempat tidur dan karpet), alergi, juga kelembapan yang rendah. Anak saya waktu umur 4 bulan juga terkena eczema. Dengan suasana winter yang dingin, udara yang kering, kulit Affan merah-merah di daerah leher, muka, tangan dan kaki. Untuk new parents, punya baby yang ber-eczema merupakan nightmare. Bayi akan menangis terus siang dan malam, ditambah lagi kalau digaruk, kulit yang ber-eczema akan luka dan bisa infeksi. Oleh dokter, kami diberi resep moisturizer yang hanya terdiri dari paraffin, dan juga salep hydrocortisone. Setelah diberi treatment, baby Affan saat itu lebih baik. Namun, kondisi bisa berulang seminggu kemudian. Affan memang didaftarkan ke dokter spesialis kulit di Royal Children Hospital, tapi waiting listnya lama sekali, bisa berbulan-bulan.

Penjelasan yang sangat tepat baru saya rasakan ketika Affan berumur satu tahun. Saat itu Affan panas. Lalu kami membawa Affan ke emergency Royal Children Hospital, Melbourne. Soalnya kami ngga bisa langsung ngetok pintu dokter, harus bikin janji satu dua hari sebelumnya. Karena kondisi badan yang panas, eczema Affan pun kambuh. Emergency nurse yang memeriksa mengajak kami untuk ikut Eczema Nurse Project, sebuah program edukasi keluarga. Walaupun program ini hanya diberikan oleh nurse, namun ternyata jauh lebih efektif daripada bertemu dengan GP (General Practicioner). Di program ini, kami diberikan pengetahuan tentang penanganan eczema (link videonya ada di http://www.rch.org.au/derm/eczema.cfm?doc_id=4596#1). Penanganannya bisa dilist sebagai berikut:

  • Saat eczema anak kambuh, treatment terbaik adalah dengan wet dressing atau kompres dingin. Kulit anak yang terkena eczema dibeli salep cortisone dan moisturizer, lalu dibalut dengan handuk tipis yang basah. Setelah semua kulit dibalut, diamkan selama sekitar 1 jam. Memang saat dibalut, anak bisa menangis. Namun, setelah 2-3 kali treatment, kulit anak bisa sembuh dan lembap, sehingga mencegah eczema kembali datang.
  • Hindari pemakaian produk bayi yang biasa ada di pasaran, karena mengandung bahan-bahan kimia yang cukup sensitive untuk bayi yang alergi eczema. Saya disarankan memakai QV range. Produk lainnya yang eczema friendly misalnya Cetaphil, Aveeno, Hydraderm, dll.
  • Kulit anak harus senantiasa diberi moisturizer. Eczema dimulai dari kulit yang kering, jadi kelembapan kulit paling utama.
  • Karpet di rumah mesti divacuum seminggu sekali untuk meminimalisir dust mite. Begitu juga boneka sebaiknya dicuci secara periodik. Baju anak sebaiknya dicuci dengan deterjen yang cukup mild. Bahkan nurse menyuruh kami menggunting label kaos di leher, karena gesekan label dan kaos bisa bikin gatal.
  • Mandi dengan air dingin. Setelah mandi, kulit anak cukup ditepuk-tepuk dengan handuk sampai kering, jangan digosok. Baru setelah itu diberi moisturiser.

Dan masih banyak list lainnya. Intinya, saya mesti melakukan berbagai hal untuk mencegah timbulnya eczema. Ketika kulit Affan sedikit memerah, kami langsung memberi wet dressing. Namun, memang pencegahan lebih baik dari pada mengobati, bukan? Eczema biasanya akan hilang sering anak beranjak besar. Saat ini usia Affan 3,5 tahun, namun masih ada beberapa tanda eczema di badannya, terutama di belakang lutut, di lipatan tangan dan leher. Mudah-mudahan suatu saat eczemanya akan sembuh. In the mean time, perawatan khusus tadi cukup membuat Affan menjadi happy boy yang tidur nyenyak di malam hari.

Ini pengalaman pribadi saya. Kalau baby/toddler urban mama ada yang kena eczema juga, konsultasi ke dokter ya untuk penanganannya.

36 Comments

  1. sefa
    Sefa Firdaus October 3, 2011 at 6:06 am

    waktu kareem 5bulan, dia juga kena eczema – alhamdulillah hanya 3 spot kecil diwajah dan disiku, alhamdulillah lagi, kareem gak pernah garuk-garuk, kata dokter sih usia segitu dia belum merasakan gatal
    di Jerman yg namanya eczema itu biasa aja, sementara bibunya kareem udah nangis mikirin anaknya will grow-up with eczema :D
    sama DSA-nya dikasih salep dg bahan-bahan natural dan sejak hari itu kareem resmi jadi pemakai produk kulit Weleda (ini juga natural), mahal tapi ampuh

    oiya sama DSA-nya dikasih tau utk menaruh campuran minyak zaitun dan susu segar diair mandinya

    alhamdulillah waktu umur 6bulan liburan ke Indonesia, eczemanya sembuh dan tidak kambuh lagi sampai skg

  2. MithaNasimova
    Paramitha Nasimova October 3, 2011 at 6:30 am

    Morning Bunda Winny,

    Kita mengalami hal yg sama, anak saya saat ini berumur 15bln jga trkena Eczema. Jujur berat skali dlm perawatannya :( I blame the season when we first came here (Perth) which is winter and he was 9months. Sangat aneh buat saya krn wktu di Indonesia, anak saya Andrew tidak mengalami tanda2 yg dsebabkan oleh Eczema. Dan diawal pun saya masih menganggap merah2 pada kulit dsebabkan alergi (dan belakangan saya mengerti bahwa sbnernya anak saya tidak memiliki alergi pda mknan tertentu). Saya akhirnya tahu bahwa gejala spt ini adalah Eczema, krn setiap pharmacy mengatakan demikian dan dokter yg pada akhirnya kami temui jga mengatakan hal yg serupa. Tp masih gak ngerti darimana asalnya, and your article gave me a bit enlightenment :) And for now we just do as much as we can to make him stop scratching especially, Summer will come soon, I hope nothing hard will be cos I’m so sad each time looking he feels itchy :((( Mungkin utk di Indonesia pertam

    Saya dan suami jga rutin memberikan Andrew yogurt (yang katanya Eczema bisa disebabkan krna pencernaan pada lambung) dan juga prebiotic powder. Semoga saja semua usaha bisa berakhir baik :)

    Hug and Kiss to Affan,
    and I FEEL you Bunda Winny! (hugssssss)

    1. bundawinny
      bundawinny October 3, 2011 at 12:36 pm

      salam kenal mom Mitha, pas summer juga bisa kambuh lagi lo eczemanya.. hati2 aja, keep Andrew cool during summer

  3. charissarhanie
    rani nurcharissa October 3, 2011 at 6:55 am

    bukan cuman di negeri 4 musim aja, keira yg tinggal di singapura juga sekarang punya masalah dgn eczema ini di lipatan sikunya. dugaannya sih kalau bukan dari alergi makanan atau dari debu/ gigitan serangga. masih blm tau kenapa krn tiba2 aja muncul pas umur menjelang 3thn. sekarang masih diobservasi sih penyebab aslinya dari mana sementara kulitnya terus2an dikasih moisturiser dan ganti sabun yg lebih mild.

  4. bionique
    Monique Carolina October 3, 2011 at 8:48 am

    yup, bukan cuma di negara 4 musim aja eczema bisa timbul. Di negara kita pun bisa. Penyebabnya multifaktorial, di antaranya faktor genetik. Pada anak terutama bayi jika timbul rash pada lipatan2 tubuh biasanya disebut atopi. Nah saya share pengetahuan saja, jika salah satu orang tua mempunyai riwayat alergi, anak akan mewarisi bakat atopi tersebut. Cara mencegah atopi itu timbul, orang tua dianjurkan memberikan ASI, sebisa mungkin selama mungkin, krn dalam ASI terkandung sIgA yg penting untuk pencegahan timbulnya atopi. Tapi jika atopi itu sudah muncul, sebaiknya kita menghindari faktor pencetus seperti yg sudah dijelaskan di atas, dan cara meredakannya dengan kompres dingin (bukan panas atau hangat) dan mencegah kulit dari kondisi kering dengan menggunakan pelembab dan gunakan sabun yg mild. Mengenai probiotik banyak penelitian yg menunjukkan hasil yg baik, krn prinsipnya kesehatan itu berawal dari pencernaan yg sehat. Prebiotik bisa didapat dari bahan makanan sumber serat larut, seperti buah2an.

    Salam sehat…

  5. rianaibrahim
    Riana Garniati Rahayu October 3, 2011 at 10:54 am

    Raya, 5 bulan, lahir di Swedia waktu Spring (not even winter yet!) dan sekarang masih “berjuang” melawan eczema. Ditambah ada kecenderungan craddle cap juga yg membuat tidurnya sering gak nyenyak karena gatal. Gak tega rasanya harus pake cortisone terus yg akhirnya membuat kulitnya belang :(
    Sebulan lagi kita mudik ke Indonesia (escaping from winter), semoga bisa sembuh total disana (amiiiiiiin!).. Aku pingin nyoba pake VCO/Virgin Coconut Oil ato minyak alami apa lah yg bertaburan di Indonesia.. Bener2 pingin lepas dari zat kimia,, even moisturiser kok ya tetep rasanya gak tega, she’s such a little baby and I already gave her a lot of chemical thingy on her skin :’(

    1. bundawinny
      bundawinny October 3, 2011 at 12:46 pm

      wah, sama dulu juga awalnya setelah browsing2, agak takut pake cortisone untuk anak. Namun, sebenernya asal sesuai dengan dosis yg diresepkan dokter, mudah2an ngga ada efek sampingnya. Begitu rash/merah2nya ilang, baru kita jaga biar ngga kambuh lagi. mudah2an pas mudik sembuh ya :), dulu Affan juga pas pulang (7months) langsung bersih kulitnya.

  6. BunDit
    BunDit October 3, 2011 at 11:49 am

    Mom, Eczema itu sama dengan DKA (Dermatitis Kontak Alergi) gak ya? Dita (3y3m), duluu waktu masih bayi tiba2 sekujur tubuhnya (terutama perut dan dada) merah, gak saya apa2 in hilang sendiri. Skr semakin beranjak besar dan gerakan makin aktif, kalau keringetan di punggung, dada, perut, lipatan ketek, langsung gatel. Ke dokter kulit, dibilang DKA dan dikasih salep. Kalau pas lagi gatel banget, kasihan juga boboknya gak nyenyak. Cuma memang namanya di jakarta (khususnya di bekasi) kan hawanya puanas banget plus ditambah keringatnya banyak krn aktif, jadi saya sebisa mungkin sering2 ganti bajunya aja. Kalau Weleda yang disebut mam Sefa itu dijual di Indonesia gak ya? Bisa kah untuk DKA? Thanks :-)

    1. sefa
      Sefa Firdaus October 3, 2011 at 4:56 pm

      setau saya belum ada di indonesia. kalo utk DKA saya kurang tau juga..

      moms memang sebaiknya jangan memakai cortisone, kalau utk DSA kareem yg di bremen, cortisone is a big no no utk eczema

      biasanya eczema ini karena cuaca yg terlalu kering, itulah kenapa terapinya harus dilembabkan, bahkan ada yg dibungkus spt mumi dg perban yg lembab..
      eczema pada bayi ini biasanya akan hilang seiring dg waktu

      nah biasanya yg tinggal di eropa kena eczema, begitu ke indonesia akan sembuh.. siapa tau yg kena di indonesia harus ke eropa biar sembuh :D

    2. MithaNasimova
      Paramitha Nasimova October 3, 2011 at 6:55 pm

      Kalau di Australia, ada namanya Eczema Cream (colloidal oatmeal) keluaran DermaVeen, bisa untuk DKA. Pelembab ini sih yg saya pake ke anak saya Andrew. And it helps! ;)

    3. bebehaven
      bebehaven November 30, 2011 at 8:51 pm

      Untuk Bundit, aku ngerti banget di Indonesia masih jarang produk perawatan kulit untuk Eczema, kebetulan aku juga ibu yang sangat perduli dengan perawatan bayi (terutama yang natural bahan2 nya & no chemical) makanya aku akhirnya jualin produk2 yang aku udah tau keampuhan nya & aman untuk anak kita, kalau berminat untuk beli produk Weleda & perawatan eczema / perawatan kulit bayi lain nya, aku ada beberapa merk yang langsung di import dari USA/ German/ Malaysia, dll. Boleh contact aku kalau masih pingin beli ya Bundit :) Mudah2an berguna.

  7. bundawinny
    bundawinny October 3, 2011 at 12:43 pm

    @ rani n bionique, iya memang ada juga ya di negara tropis. tapi kasus di negara subtropik jauh lebih banyak kynya. dan cukup lama untuk tau penyebabnya, tugas orang tua n dokter. kalo anak saya penyebabnya cuaca n kondisi udara, kalo anak temen ada juga yg karena alergi ASI ibu.

    @BunDit, iya mirip2. bagus dong kalo dah ketauan penyebabnya, lebih mudah dicegah dan dikontrol.

    1. mama_riggy
      mama_riggy October 12, 2011 at 5:54 am

      hai bunda sama nih aku juga kena dermatitis atopi sejak umur 8 thn dan baru tau cara nanganinnya sejak beberapa tahun belakangan ini.mungkin karena gen juga, jadi ga bisa hilang tapi bisa dihindari, alhasil dua anakku smuanya kena dermatitis juga.
      yang penting sih kulit kita tetep lembab, say no to antiseptic n produk sabun yng wangi soalnya bisa buat kulit kita kering.pake sabun yang mild,jgn lupa pake lotion, biasanya aku pake produknya QV.

  8. Imel17
    Imelda Sinaga October 3, 2011 at 2:18 pm

    Bunda, sepertinya aku dan anakku mengalami hal yang sama.
    Aku kebetulan juga dermatitis atopi ya namanya? Tapi kata dokter belum sampai eksim, Mskpn mirip2,Aku kena baru sekitar setahun lalu setelah punya anak bbrp bulan (di daerah tangan dan jari2).
    Krn sejak punya anak pengennya selalu bersih, jadilah aku selalu pakai sabun antiseptik merk d*t*o* setiap cuci tangan. Aku menduga krn sabun antiseptik itu plus air di rumah kandungan kaporitnya tinggi. Ini dugaanku. Karena efeknya jd gatel banget dan klo ga tahan aku garuk jadi kadang luka :(
    Bbrp kali ke dokter kulit, dikasih obat salep racikan, sembuh tp akhirnya kambuh lagi.
    Kata dokter ini tdk menular, tapi menurun. Dan bener, Joshua anakku akhirnya ada juga merah2 dan gatal di lipatan dengkul kaki belakang, lalu lipatan tangan.
    Memang bener, kuncinya kulit harus selalu lembab supaya gak kering lalu gatal.

    Untungnya sampai Josh mau 2 tahun (besok), masih asi sampai hari ini.
    Bener yg dibilang @ bionique, asi cukup ampuh. Merah dan gatal2 Josh hanya di daerah2 itu saja ga sampai kemana2 meskipun kalau cuaca lg panas bgt, bisa ke badan juga.

    Mau nanya ke @ sefa, produk kulit Weleda itu berbentuk salep juga? Pengen coba, krn Josh blm pake salep kecuali bedak dingin aja (ga pengen nyobain yg berbahan kimia, kasian…)
    Pengen coba buat aku juga, siapa tahu cocok. Krn salep dari dokter masih suka kambuhan juga.

    Ada yg tahukah? kalau produk seperti EMAB atau california baby atau burt’s bees, ada yg bisa dipakai ga ya? paling ga ngurangin gatal dan melembabkan..

    Terimakasih sharing nya ya Bunda Winny :)

    1. sefa
      Sefa Firdaus October 3, 2011 at 4:49 pm

      weleda itu produk perawatan kulit (ada yg utk bayi dan juga orang dewasa), nah utk penanganan eczema, saya pakai yg weleda calendula (shampoo, diaper cream, body lotion, baby soap, baby oil, face lotion) – setau saya sih kalo di indonesia produk ini belum ada karena teman saya pernah ada yg nitip utk dibawakan

      @rianaibrahim: coba aja pake weleda itu, kalo di swiss harusnya ada ya. di jerman produk ini dianjurkan oleh banyak dokter dan bidan

    2. bundawinny
      bundawinny October 4, 2011 at 5:12 am

      sama2 Mom :). iya, burt’s bee bagus buat menjaga kelembapan tangan (tp rada mahal ya, hehe). untuk tangan, memang mestinya lebih ekstra dikasi lotion terus ya. biasanya kalo udah nyuci2 atau dah cuci tangan lgsg aja dikasi hand cream/lotion biar ngga kering.

    3. bebehaven
      bebehaven November 30, 2011 at 8:58 pm

      Hallo Moms, aku bacanya jadi ga tahan mau ikutan komen sekalian jualan nih hihihi. Aku jualin produk perawatan eczema mulai dari Weleda, Caliornia Baby dan merk2 lain yang ngga ada di Indonesia, banyak sekali yang selalu order sama aku karna aku ngga ambil untung banyak (hanya karna aku juga dulu tinggal di Indonesia sering kesulitan cari produk2 tersebut, kalaupun ada sangat mahal harganya jadi males deh). Nah kalo Moms ada yang mau beli produk perawatan mulai dari eczema, cradle cap, iritasi kulit, sampe 1st aid lotion, dll yang natural bahan2 nya, boleh contact aku ya disini, nanti aku kasih infonya di message. Thank you :)

  9. BunDit
    BunDit October 3, 2011 at 3:35 pm

    Komen lagi. Mhn infonya atas pertanyaan mam Imelda. Selama ini Dita pakai salep racikan dari dokter, agak berkurang sih, tapi kok kambuhan ya. Kemarin penginnya pakai yg non kimia, tapi krn belum dapet infonya, ya terpaksa ke dokter kulit dulu. Kalau ada produk obat kulit dari bahan2 natural mau banget nih. Pls ya…infonya. Soalnya baru ke dokter kulit 2 minggu lalu nih, jadi pas banget postingan hari ini dengan masalah anak saya. Thanks :-)

    1. bebehaven
      bebehaven November 30, 2011 at 9:00 pm

      Bundit, boleh minta email nya ngga? Nanti aku kirimin brosur sekaligus info ttg produk2 yang bahan nya natural yang ada di toko aku ya. Semua nya produk import yang masih sulit dicari di Jkt, kalaupun ada di Jkt masih mahal biasanya, kalo aku ngga jual mahal, asal berguna & ampuh untuk baby yang butuh perawatan aja :)

  10. metariza
    Meta October 3, 2011 at 3:49 pm

    Hai BundaWinny,
    makasih yaa artikelnya…jadi lebih banyak tau soal eczema ini. Ternyata di negara 4 musim eczema ini cukup banyak terjadi ya. Leandra waktu umur 5 bulanan juga kena eczema. Awalnya kulitnya terasa kering, lama-lama mulai merah dan digaruk. Kasian sampe tidurnya ngga nyenyak. Waktu ke dsa tidak sampai disarankan melakukan wet dressing, apa karena ‘hanya’ di leher ya? tapi memang disarankan agar menyeka dengan air sejuk dan mengeringkan dengan cara ditepuk-tepuk handuk. Leandra diresepin pelembab dan steroid (hydrocortisone) jika pelembabnya tidak ampuh. Saya agak bergidik denger kata steroid, lalu dijelaskan bahwa memang ada efek sampingnya yaitu bikin warna kulitnya lebih putih dari area sekitarnya, tapi tidak permanen..dalam beberapa minggu akan kembali seperti semula.

    Akhirnya hydrocortisonenya sempat saya oleskan beberapa kali karena pelembabnya (saya pakai Ezerra) kurang ampuh. Memang cepat sekali hilangnya, jadi bisa balik pakai Ezerra lagi sampai benar-benar hilang. Alhamdulillah sampai sekarang belum kena lagi. Mudah-mudahan nggak deh, kasian liatnya…plus saya juga nggak suka pakein zat kimia ke Leandra…soalnya dari bayi juga nggak pernah dipakein lotion/bedak/minyak telon dll (minyak telon kadang-kadang pake sih).

    1. bundawinny
      bundawinny October 4, 2011 at 5:00 am

      Alhamdulillah.. mudah2an ngga kena lagi mom Meta :)

  11. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly October 3, 2011 at 4:17 pm

    waah ngeri dan kasian juga yah ternyata eczema bisa menyerang bayi2. Aku ngerasain bener tuh gimana tersiksanya kalo udah gatal. Pertama kena dulu kelas 3 SMU umur 17th, cuma dikasih salep gatel (lupa namanya) tapiii ternyata kambuh-kambuhan :(
    spot punyaku di ketiak, kalo abis garuk dasyat trus kena air rasanya periiih banget. Tapi emang kulit jd kering sih trus kalo lg kambuh bisa sampe ‘blonyoh’ berair gitu (skrg udah ga sampe segitunya lg)
    Sampe dibawa ke laboratorium memang hasilnya eczema. Tapi beberapa dokter kulit yang melihat jadwal kambuh2nya eczema-ku bilang itu akibat stress. Misal pas mau ujian dan kambuhnya memang pas aku lg ujian terus :p
    Alhamdulillah (ga tau ini ada hubungannya apa ngga) semenjak nikah udah ga pernah kambuh lagi meskipun bekasnya masih nempel jd menghitam ga bisa ilang :(
    Semoga aja ga nurun ke anakku, kalo memang ASI bisa jd salah satu pencegah penularan.
    Semoga cepet sembuh yaa semuanya dan tidak berkelanjutan.. Aamiin..

    1. bundawinny
      bundawinny October 4, 2011 at 5:04 am

      wah, bener juga.. taun lalu saya juga pernah kena, gara2nya stress kuliah/riset :D.. Bekas lukanya mungkin bisa pake Bio Oil atau sejenis penghilang scratch gt kali ya

  12. rianaibrahim
    Riana Garniati Rahayu October 4, 2011 at 3:14 am

    weleda termasuk produk yg Raya pake waktu awal kena eczema.. dan gak mempan, hiks.
    tapi aku pake cortisone kalo lg kambuh aja. sehari2 sih moisturiser dan zaitun. bahkan ke kepalanya jg kupakein zaitun karena dia ada craddle cap (kulit kepala kering dan gatal).. sampe kata bapaknya, Raya wanginya kaya salad dressing, halah.
    ini lg nunggu kiriman burt’s bees dateng, semoga cocok. dan semoga begitu sampe ke indonesia juga sembuh total seperti kareem, aamiin! :)

    1. bebehaven
      bebehaven November 30, 2011 at 9:02 pm

      Hallo Riana, aku ada produk buatan Malaysia khusus untuk Cradle Cap, juga banyak merk2 import lain untuk cradle cap atau eczema, kalau berminat, kasih email nya ke aku nanti aku kirim brosur & infonya ya. Dijamin lebih murah deh :)

  13. astri
    astri October 4, 2011 at 7:26 am

    Dear all
    Keponakan saya lahir di US,pulang ke indo umur 6 bulan.sedih sekali lihat kondisinya karena kulitnya gatal2,sampai luka.Adik saya sudah membawa berobat kesana kemari,berbagai salep dicoba,tapi paling hanya sementara hilang lalu muncul lagi.

    Sampai kemudian seorang DSA menyarankan keponakan saya minum susu neocate.susu yang diformulasi khusus untuk anak2 dan bayi alergi.Hasilnya dahsyat sekali,dalam waktu seminggu gatal-gatal berkurang,lalu sebulan kulitnya sudah mulus.susu ini ada tahapannya,jadi ada maksimal jumlah yang dikonsumsi.detailnya saya lupa.

    Saya tau beberapa ibu munhkin enggan mencoba susu formula,tapi kalau lihat penderitaan keponakan saya dulu,pilihan minum neocate rasanya pilihan terbaik.sekarang Bima sudah hampir 3 tahun,kulitnya mulus, dan sudah tidak lagi mengkonsumsi neocate.

    1. MithaNasimova
      Paramitha Nasimova October 4, 2011 at 8:29 am

      Keponakannya Eczema? Anak saya 15bln masih ASI, dn lg nyoba ngenalin sedikit ke susu pengganti. Susu Neocate itu drmana ya asalnya? Bisa dibeli dmn? (desperately wanna know)

      Thanks so much for info, Astri.

  14. MithaNasimova
    Paramitha Nasimova October 4, 2011 at 8:36 pm

    Klo kadar kelembapan udara sngt mempengaruhi, knp gk prnh kpikir utk pake Air “cool mist” Humidifier yaa??! (just had this thought in mind)

    1. bundawinny
      bundawinny October 5, 2011 at 7:52 am

      iya, bisa juga Mitha. Tapi anak kan dah ke sekolah/day care, playground, trus ngga terusmenerus dikamar.. susah kalo humidifiernya dibawa kemana2, hehe.. tapi humidifier lumayan membantu kalo tidur malem.

      1. MithaNasimova
        Paramitha Nasimova October 5, 2011 at 10:11 am

        Iya kyknya hrs mulai search air humidifer niy di ebay hihihi… Lumayan bntu bwt tidur malem yaa biar gk sering kbangun, mudah2an deh, inshaAllah, amiiiiiinnn!

  15. widawida
    Wida Kusumaningtyas November 26, 2011 at 4:57 pm

    Bunda Winny, anak saya Kyanna (sekarang 8 mos) juga eczema hampir seluruh badan, waktu dia usia 6 bulan sempat dirawat 3 hari di Bunbury Regional Hospital – Western Australia. Perawatannya sama persis sama yang Bunda Winny paparkan diatas, wet dressing. Jadi pada saat itu tahapannya: dioleskan advantan steroid, dibungkus dengan old pajamas, lalu dibungkus lagi dengan plastik. Setelah wet dressing dilepas, dioles dermeze ointment ke seluruh tubuh. Keluar dari hospital sempat mulus beberapa hari, tapi setelah itu eczemanya balik lagi. Akhirnya saya pulang ke Surabaya, disarankan mama ketemu sama profesor spkk disini. Alhamdulillah beliau bisa bantu Kyanna, sekarang Kyanna steroid-free walaupun masih tetep harus rajin kasih moisturizer minimal 3 kali sehari :D. Baca artikel ini membuat saya merasa tidak sendirian :) Thanks Bunda Winny.

    1. bundawinny
      bundawinny November 29, 2011 at 8:35 am

      sama2 Wida. Iya ni, kemaren karena cuaca panas, Affan juga kambuh lagi, kalo dah gede merah2nya ada di lipatan belakang lutut n lipatan tangan. Harus sabar memang ya, kalo lengah sehari aja besoknya bisa rash lagi..

  16. kappachan
    Retno Nindya November 11, 2012 at 9:55 pm

    Baruuuuuuuu ngeliat entri ini; dan baru tersadar kalo Wira (6m3w) kayanya kena eczema juga nih :| Pertama di kaki kiri, terus dikasih salep hibahan dari nyokap (mereknya Ikaderm.) Sembuh. Eh, kaki kanan juga kena! Terus tadi liat di lengan kanan juga udah ada merah-merah. Dan di lipatan kaki (dekat pergelangan kaki) itu kulitnya keriiiiing sekali; sampe merah dan bersisik :(

    Huhuhuhu, mungkin ini sebabnya Wira kalo malem bobonya suka ga enak ya :( Bisa mendadak nangis kesel.

    Bener-bener terima kasih ya mommies buat entri ini :) *peluk semua mommies*

  17. bundawinny
    bundawinny November 15, 2012 at 5:58 pm

    sama2, mom Retno. iya, anak dengan eczema bs terbangun 2-3 kali tiap malam karena gatal, effort yg besar untuk mama/papanya untuk merawat nih. mudah2an baikan ya. *hugs juga*

  18. Alink
    Alink April 19, 2014 at 9:30 pm

    Dear mommies, saat ini anak saya umur 4 taon sedang mengalami eksim yg parah karena suda menjalar keseluruh bagian tubuhnya dan yg paling parah di jari-jari nya sebagian kuku-kukunya pada copot di kedua kaki nya juga kulitnya merah2 dari paha atas sampai betis sekarang menjalar ke bagian mukannya kejadian ini terus berulang hampir 2 taon sudah berobat ke beberapa dokter tapi sembuh saya sementara kemudian kambuh lagi dan sekarang bertambah parah. Rencana saya mau bawa berobat ke general hospital di singapore tapi saya bingung karena tidak rekomendasi dokter yg bagus. Tolong bantu diinfo atau referensi dokter yg bagus utk anak laki-laki saya ini. Terimakasih banyak atas infonya mommies :)

  19. amayas
    amayas October 12, 2015 at 2:24 pm

    satu tahun sudah bergelut dengan eczema, hiks.. perjuangan belum usai :(

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.