Happy Mom

eka natassa sumantri

Ibu, lebih dari indah.
Menjadi ibu adalah sebuah keistimewaan.

Semua wanita yang melahirkan seorang anak, bahkan mereka yang ‘hanya’ membesarkan juga terlahir menjadi Ibu, Mama, Bunda, Mommy, Mimi, Emak, Mamak, Mbok dan berbagai sebutan lainnya. Kata ‘ibu’ selalu akan mengingatkan betapa repot menjadi dia. Tidak peduli apakah mereka adalah wanita karir, ibu rumah tangga yang bekerja di rumah atau tidak. Pentingkah label tersebut? Seringkali wanita karir dinilai cuek, kurang memiliki waktu untuk anak sedangkan ibu rumah tangga tidak berpenghasilan dianggap santai, malas-malasan, selalu bersantai, dapat uang tanpa kerja dan lain-lain. Sebenarnya itu pendapat yang kurang tepat. Padahal, keputusan bekerja, tidak bekerja atau kerja di rumah diambil pastilah dengan segala konsekuensinya. Walaupun begitu benar kata Fita dalam buku ini, harus ada keseimbangan untuk menjadi ibu impian.

Bab selanjutnya penulis membahas beberapa tantangan menjadi ibu yang mungkin pernah teman-teman rasakan, diantaranya terlalu banyak yang dikerjakan, terlalu sedikit waktu, selalu khawatir berlebihan, tuntutan menjadi supermom, rasa bersalah dan hilangnya diri ibu ‘yang dulu’. Ya, terus terang itu pernah terjadi juga pada saya. Bagaimana mengatasi semua itu? Apa yang diperlukan ibu? Tentunya ibu membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, aktualisasi diri dan perasaan dicintai dan dihargai agar bisa merasakan bahagia.

Membaca buku ini seperti membuka pintu-pintu dalam sebuah rumah. Oh ternyata ibu perlu terlebih dahulu menjalin hubungan hangat dengan anak dan pasangan. Bagaimana caranya? Punya one on one time dengan anak-anak, berbagi tugas dan waktu bersama pasangan dulu deh. Nanti baca juga sharing seorang ayah yang beristrikan 100% ibu rumah tangga. Mereka saling bekerja sama menjalankan kehidupan sehari-hari dengan lima anak, tanpa pembantu! Betapa sabarnya sang istri yang saking rajinnya menjaga kebersihan rumah sampai menyapu 17 kali sehari! Dan tulusnya sang suami membantu istrinya mengerjakan pekerjaan rumah tangga (menyetrika, membersihkan kamar mandi dll) di akhir pekan. Kok bisa, kok mau? Bagaimana caranya? Tips berkomunikasi dengan baik dibahas di bab ini.

Pernah merasakan kelelahan luar biasa dan keteteran dalam mengelola waktu? Lantas bawaannya pengen ngomel, marah-marah nggak jelas, rambut kusut, muka jerawatan, kulit kasar, merasa tidak cantik lagi? Berarti Mama perlu perbaikan manajemen waktu, bagaimana caranya mengelola stress, menjadwalkan me time dibahas juga di buku ini!

Sharing sejumlah ibu dan ayah bertebaran di setiap bab disertai pembahasan yang disajikan ringan. Tips menjadi ibu bahagia di buku inipun bisa diaplikasikan dengan mudah.

Sadar atau tidak, peran sebagai ibu sering membuat banyak perempuan tidak siap dengan perubahan. Buku ini menyadarkan bahwa menjadi ibu adalah proses pembelajaran tiada henti sekaligus memotivasi kita untuk terus berusaha dan memilih untuk bahagia; apapun kondisinya,” (Dyah Pratitasari, jurnalis, penulis buku)

Sebagai catatan, Fita Chakra, penulis buku Happy Mom adalah lulusan jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dan magister manajemen UGM, mengurus sendiri ketiga putrinya (Keisya dan si kembar Kiera dan Kiara), mengelola bisnis, pernah menjadi PemRed majalah Gaia, pemenang berbagai lomba menulis bergengsi dan menulis belasan buku antologi, buku kesehatan dan kehamilan, banyak buku anak-anak, kontributor majalah Parenting Indonesia, penulis lepas di berbagai majalah dan surat kabar.

10 Comments

  1. fitachakra
    fitachakra July 24, 2011 at 7:38 am

    Wow, mbak eka tengkyu reviewnya… :) semoga buku ini bisa menghangatkan hati ya

  2. nanad
    swastikha nadia July 24, 2011 at 9:17 am

    wow..kaya’nya lengkap banget ya pembahasan semua hal yg dialamin ibu beserta tetek bengeknya,hehe…

    hmm,masuk daftar belanjaan buku nih! :D

    tfs mb eka… :)

  3. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly July 24, 2011 at 2:34 pm

    waaah tfs ya mbak eka.. kayanya aku mesti beli buku ini deh.. lg ngalamin banget sekarang.. dari lahiran sampe Lian umur 9 bulan ini.. kliatannya aku masih belum nemuin diriku yg dulu lg.. atau memang sudah saatnya aku menemukan diriku yg baru.. huhuhu #curcol :p

  4. ietoh aditya
    ietoh aditya July 24, 2011 at 8:23 pm

    lengkap banget isinya. jadi pengin buru2 beli biar bisa terus happy jadi ibu. makasih udah berbagi mba eka

  5. siska.knoch
    Siska Knoch July 26, 2011 at 7:49 am

    suka baca reviewnya, lengkap banget, tfs mama eka :)

  6. dinda permata
    dinda permata sumantri July 26, 2011 at 9:05 am

    waww resensi mbakku sayang masuk juga, baguuuusss bukunya!

  7. Honey Josep
    Honey Josep July 26, 2011 at 5:57 pm

    another must have book :)

    tfs mama Eka :)

  8. ryadhey
    ryadhey July 27, 2011 at 4:22 pm

    wah subhanallah, moga saya sebagai calon ibu yang masih baru ini bisa dapat banyak ilmu dan strategi selanjutnya :)

  9. Ratna Faudji
    Ratna Wulandari July 29, 2011 at 9:17 am

    thank you for sharing, mba eka! a must read book buat para mommies yaaaah :)

  10. titiestiti
    titi esti August 2, 2011 at 1:46 pm

    tengkyuu… kayaknya musti diburu nih buku

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.