Hidung Tersumbat

Dokter Eva,
Mengapa bayi saya yang berumur 3.5 bulan hidungnya selalu tersumbat hanya pada malam hari? Segala cara sudah saya lakukan seperti meninggikan posisi tidur, menyemprot hidung dengan larutan saline, membersihkan rongga hidung sampai memberi uap minyak kayu putih.

Hal tersebut membuat tidurnya tidak bisa panjang pada malam hari. Mohon bantuannya. Terima kasih.

Rooslyn.

---
Terima kasih Mama Rooslyn atas pertanyaannya.
Bayi usia 3,5 bulan hidungnya selalu tersumbat hanya pada malam hari, apakah sebelumnya juga pernah seperti ini?

Bayi-bayi muda, biasanya masih sensitif dengan perubahan suhu, cuaca, debu, bau, dan asap. Salah satu respon yang ditunjukkan adalah pembengkakan kelenjar dalam rongga hidung (concha nasal) karena hidung merupakan tempat udara yang terhirup dilembapkan sehingga hidung seperti tersumbat atau buntu (rhinitis vasomotor).

Hal-hal yang sudah Mama Rooslyn lakukan benar, namun perlu ditambah juga tindakan untuk mencegah hal tersebut berulang yaitu dengan menyingkirkan kemungkinan penyebabnya seperti:


  • Suhu AC yang terlalu rendah, setting suhu AC di kamar bayi paling rendah 25-26 C.

  • Debu di kamar dan sekitar tempat tidurnya: debu di boneka-boneka bulu, debu di selimut, debu di tirai, dan debu di karpet.

  • Asap: rokok, obat nyamuk bakar.

  • Bau: obat nyamuk elektrik atau obat nyamuk semprot yang menyebabkan bau yang menyengat.

Biasanya semakin bertambah usia, dia sudah mulai bisa beradaptasi kecuali ada faktor lain yang menyebabkan hidungnya buntu seperti alergi. Hidung tersumbat karena faktor alergi (rhinitis alergi) biasanya lebih lama hilangnya dan sebaiknya konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak yang merawatnya.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab ya Mama.

Related Tags : ,

10 Comments

  1. avatar
    Nurman Sah August 8, 2018 12:55 pm

    Assalamualaikum dokter, anak saya juga mengalami kurang lebih sama dgn comment2 di atas, anak saya udh 7 harian ini sering grok2 dan sesekali menahan nafas nya.... Mgkin krna tersumbat dgn dahak nya dok, lalu saya bawa berobat ke DSa, dan katanya tergejala inspeksi paru2 dok, dan penyebab nya bisa jadi sensitif debu, dgn kejadian itu saya langsung membeli AC utk supaya Tdk menggunakan kipas angin lagi yg menyebabkan banyak nya debu. Tpi setelah itu, saya langsung baca2 artikel ttg gejala2 inspeksi paru2.... Tapi tidak ada yg terlihat Kpd anak saya, selain tersumbat pernapasan.... Dsa nya menyarankan minum obat cefixime SYR dan obat batuk dan pilek. Mnrt dokter apa bnr anak saya tergejala inspeksi paru2 dok?? Dan saran dokter utk anak saya apa?? Tanpa obat minum,krna kasian anak saya Bru berusia 4 bulan sudah banyak obat minum selama 5 hri ini, mksh sebelumnya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ivana_jason January 10, 2014 4:03 pm

    dear dr eva
    anak saya sekarang umur 9 bulan... wkt umur 2 bulan sdh ketahuan kalau alergi susu sapi dan soya sehingga minum susu neocate sampai skrg... gejala nya sering batuk pilek, ada ruam di punggung tapi kalau pas kepanasan, umur 2 bulan tidur ngrok2 sehingga saya uap kan ke rumah sakit mitra keluarga.. lalu saya periksakan ke prof ariyanto ahli alergi.. wkt di dokter ariyanto ada salah satu pasiennya juga alergi truss di beri propolis sekarang nyariss sembuh alergi nya... apakah vitamin propolis dan gamat gold g boleh buat bayi 9 bulan ?
    terima kasih

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ROOSLYN CAHYANI April 29, 2013 8:00 pm

    bubu_nabila
    waktu itu anak aku 4,5 bulan diresepin epexol - interhistin - ctm - salbutamol - cetinal

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Fitria Farhatin Nisa April 27, 2013 11:59 am

    anakku juga sama,,setiap malam menjelang pagi suka susah tdr gara2 hidung tersumbat,ayahnya sih punya alergi udara,,apakah kemungkinan alerginya menurun dok?..btw mw nanya itu dari dsa nya dikasih obat anti alergi apa yah?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ROOSLYN CAHYANI January 25, 2013 1:04 pm

    Wah makasih dok akhirnya pertanyaan sama dijawab juga hehehe ...

    Sekarang baby ku sudah 5.5 bulan dah sudah ngga pernah buntu lagi hidungnya kalau malam.

    saya coba bawa ke dua dsa yg berbeda ... dsa pertama tidak berhasil
    dsa kedua agak berhasil ...

    jadi kesimpulan saya mungkin waktu itu organ pernafasannya belum terbentuk dengan sempurna + masih adaptasi sama cuaca di Manokwari - Papua (baby saya dari lahir - 2 bulan di surabaya trus 2 bulan sampe skrg di Papua)


    waktu itu saya coba ganti susunya dengan susu kedelai trus susu HA juga tdk ada perubahan sih ...

    tapi setelah ke dsa yg kedua dan diberi resep anti alergi agak membaik sih.

    sekarang ac sedingin apapun baby saya tidak pernah buntu lagi hidungnya.

    Terima kasih atas penjelasannya dok :)

    1. avatar

      As .