Idealkah BB Anak Saya?

Dokter Eva,

Saya baru mempunyai anak, baby Khansa 10 bulan 2 minggu. Saat ini BBnya 7,7 kg
Khansa lahir 35w dengan BB 2,5 kg secara SC karena KPD.

Berikut data berat badannya:
1m3w 3,5kg
2m2w 4,6kg
3m2w 5,3kg
4m2w 6kg
5m2w 6,5kg
6m2w 7kg
9m2w 7,7kg

Apakah ideal/normal berat badan anak saya karena melihat growth chartnya seperti gagal tumbuh. Khansa ASI s/d 3bln kemudian ditambahkan formula karena ASI perah saya tergolong sedikit, mulai MPASI usia 5m2w dimulai dengan pure buah dll, saat ini MPASI dua kali makan nasi tim saring (pagi & sore), dua kali makan buah (siang dan malam) dan masih suka diselingi camilan, ASIP dan PASI kurang lebih 450-500cc 10-11jam sy bekerja (saat ini lebih suka makan dibanding minum susu, butuh kesabaran extra untuk menghabiskan 90-120cc PASI).

Saya ibu baru yang masih dan terus belajar mengenai tumbuh kembang anak, dengan membaca artikel-artikel TUM banyak membantu saya dari mulai breastfeeding, MPASI, dan hal lainnya. Untuk itu mohon advisenya Dok mengenai pertanyaan saya.

Terima Kasih
Tri Puspiyani
[email protected]

---

Terima kasih atas pertanyaannya Mama Khansa.
Pertambahan berat badan memang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia baby. Kenaikan paling banyak memang di 3 bulan pertama, setelah itu mulai berkurang dan pada usia 6-9 bulan kenaikan berat badan rata-rata 300-500 mg/bulan, 9-12 bulan rata-rata 100-300 mg/bln. Jadi kalau dilihat pertumbuhan Khansa dari usia 6-9 bulan kurang sedikit saja. Tapi kalau lihat berat badannya waktu lahir tidak terlalu besar, berat badan saat ini masih cukup, Ma. Mungkin karena frekuensi makan besarnya yang masih 2x sehari.

Untuk usia 9 bulan keatas sudah harus 3x makan besarnya (nasi tim), buah cukup 1x, 1x lagi snacking yang lain (biskuit, puding dll). Frekuensi minum susu pasti berkurang tapi minimal masih bisa 3-4x sehari. Mudah-mudahan dengan jadwal makan seperti ini, berat badannya bisa naik sesuai target.

7 Comments

  1. avatar
    umi umar December 15, 2014 12:50 pm

    mam bagai mana dengan pemberian susu bantuan bersaam dengan asi??

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    siti jamilah July 8, 2014 1:14 am

    maaf ibu2 saya telat gabung nih, sempet adem2 aja tp lama2 agak khawatir juga..
    anak saya perempuan umur sekarang 3thn 7bln..
    anak saya waktu lahir beratnya cuma 1,7 kg..
    pertumbuhannya sekarang beratnya ga lebih dr 10kg dan tingginya ga lebih dr 70cm..
    minta saran dong dr ibu2 atau mungkin klo dokter ada yg berkenan kasih solusi buat tumbuh kembang anak saya..
    klo soal kecerdasan otak rasanya sih ga ada ada masalah, soalnya sudah hapal beberap lagu dan doa2 pendek..
    mohon sarannya ya bu..
    terima kasih...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    rani kusuma arbi May 2, 2014 10:11 pm

    mba..mba..anak sy anak asi n tmasuk bb ga bgt besar tp msh normal..sy pernah konsultasi ke dr u mslh itu krn bingung jg khawatir kurang gizi..saat sy tanya perlu ga sufor dok..dr hanya menggelengkan kepala n bilang..tetap asi n tambah porsi makannya..dr sana sy tambah porsi makannya mba..alhamdulillah bb nya makin naik..mungkin bisa dcoba dl mba u/hal tsbt..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ratna wira March 29, 2014 11:07 pm

    ud dpt second opinion, Janeeta gak perlu di frenotomi karena tidak ada masalah dalam menyusui. Yang jadi masalah adalah asupan susu yang kurang. Sama dsa sih disarankan menambahkan susu dalam makanannya dan bikin bentuk makanan yang bervariasi yang bikin dia tertarik makan. Dikasih semacam vitamin juga. Jadi sekarang peernya adalah gimana caranya biar dia mau mengkonsumsi susu dalam bentuk lain. Tadi udah sempat dicoba nambahin susu di biskuit camilannya dan hasilnya masih nol, dia lebih suka makan langsung daripada dicampur susu. Smoga besok besok besoknya lagi bisa nemuin cara buat dia mau susu.Go Janeeta sehaaat...<3

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Mrs.p March 20, 2014 10:53 am

    Halo mba Ratna,my baby juga di frenotomi usia 2 bulan..kenapa harus di frenotomi? karena BB bayi saya kurang. Setelah frenotomi & relaktasi,ada perubahan..asi saya semakin banyak (tdk banyak jg sih, tp msh mending daripada setetes2..meskipun saya juga dibantu donor asi) dan baby saya bisa memasukkan puting dan areola saya...sebelum frenotomi dia kesulitan untuk memasukkan puting ke mulutnya..Oya,setelah frenotomi, saya diajarkan senam lidah yang harus di lakukan 5xsehari ke baby, dengan tujuan agar lidahnya jadi luwes dan tali lidah yang terpotong tidak tersambung lagi...tapi memang harus tanya second opinion mba...karena baby mba sudah besar yah..

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.