Imunisasi Terlambat

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Q:  Halo Dok,
Saya baru pindah kota dan cukup kelelahan sehingga saya benar-benar lupa kalau anak saya belum imunisasi. Sehingga anak saya terlambat imunisasi 4 bulan dari jadwal yang ditetapkan. Apakah berbahaya, Dok? Apakah boleh imunisasi jika sudah terlambat seperti anak saya?

Mohon pencerahannya, Dok.
Terima kasih.

- Pertanyaan dari Alin.

A: Terima kasih Mama Alin atas pertanyaannya.

Imunisasi terlambat diberikan dari jadwal tidak akan mengurangi efektivitas vaksinasi untuk membentuk imunitas tubuh, hanya saja selama jangka waktu tersebut antibodi terhadap penyakit itu sudah berkurang, sehingga memungkinkan untuk terkena penyakit itu. Imunisasi yang terlambat tersebut dapat tetap diberikan.

Semoga mencerahkan.

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

8 Comments

  1. trias.kelly
    trias kelly January 5, 2011 at 7:11 am

    Baru mau menanyakan hal yg sama, soalnya naldi udh telat hampir 2 bulan untuk imunisasi Thypoid sama Hep A-nya. Hrs ASAP dilakukan ni

  2. ardianingms
    ardian mommynya hagan January 6, 2011 at 8:12 pm

    Dok,bagaimana dengan imunisasi yang terlewat? Jadi dulu BCG 0hari belum diberikan sedangkan bayinya sudah berumur 2bulan (sudah melakukan imunisasi Polio 1,dll).

  3. Dr. Eva Devita H
    Eva Devita Harmoniati, dr. January 8, 2011 at 10:28 am

    Utk ardian mommynya hagan, imunisasi BCG dpt diberikan mulai usia 0-3 bulan, jadi tdk terlambat atau terlewat. Memang kalau diberikan diatas usia 1 bulan responnya akan lebih baik. Kalau diatas usia 3 bln blm diberikan harus dilakukan mantoux test dulu utk melihat apakah sdh terpapar dgn kuman tbc atau blm. Semoga pertanyaannya terjawab ya

  4. Rapunzel
    Rapunzel March 30, 2011 at 12:16 am

    Dok, nyambung soal BCG, kemarin Dio juga baru imunisasi BCG diumur 2M3W, jd imunisasi yg seharusnya dilakukan bulan ke-2 (dtp+polio+hib+pcv) menurut daftar imunisasi IDAI, di pending.. Yg mau saya tanyakan, kapan bisa dilakukan imunisasi tersebut (dtp+polio+hib+pcv) ya dok? Apa harus menunggu 1 bulan setelah imunisasi BCG? makasi :)

  5. ai
    ai September 20, 2011 at 3:55 pm

    dok sy mau tnya apakah imunisasi harus semuanya kita laksanakan? diluar imunisasi yg diwajibkan tentunya.. krn begitu bnyk cerita ibu2 mengenai efek negatif dr beberapa imun yg ada dan itu membuat sy takut untuk melakukan imun utuk putri sy. thanks

  6. mamashanice
    mamashanice November 7, 2011 at 10:53 am

    dok, saya juga mau tanya berkaitan dengan imunisasi. ini ttg imunisasi Hib, dok. anak saya kan sudah harus suntik yang ke 4 , sepertinya kalau gak salah (usia 16 bln), pertanyaan saya adalah…apabila ganti dokter, tidak masalah gak ya? apakah seri Hib itu harus satu merk? karna kalau ganti dokter, ada kemungkinan beda merk. Tidak apa-apa gk ya, dok?
    Lalu…, bagaimana dengan imunisasi-imunisasi yang lain…, kalau beda merk saat booster gk papa, gak ya dok?
    Mohon pencerahannya donk…tks

  7. swastu ayu
    swastu ayu April 24, 2013 at 9:58 am

    dokter tolong jawab pDERG
    63333332\233.
    I L,LL [,;
    ‘-V==[‘==69563

  8. swastu ayu
    swastu ayu April 24, 2013 at 10:02 am

    dokter tolong jawab pertanyaan saya ya,anak saya usia 8bln baru imunisasi dpt 1 n polio 1 .Apakah sisa imunisasinya masih bisa dilanjutkan sblm usia 1th? tolong d jawab ya dok,terima kasih

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.