Kapan Bayi Bisa Digendong Samping?

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Q:  Halo Dokter Eva…
1. Kapan bayi laki-laki sudah bisa digendong samping/ dipekeh?
Bayi saya berumur 8 bulan 10 hari.

2. Anak saya belum mau makan nasi tim. Maunya bubur halus. Kenapa ya, Dok?

Terima kasih sebelumnya ya, Dok. 
– Pertanyaan dari Bunda Linda Eko Fatmayanti. 

A: Terima kasih atas pertanyaannya Mama Linda.

1. Bayi sudah mulai dapat digendong “dipekeh” (menghadap ke depan) bila kepalanya sudah kuat (tidak ada head lag) dan mampu untuk didudukkan walaupun masih goyang kanan kiri.

2. Bayi usia 8 bulan, semestinya sudah diperkenalkan dengan makanan yg lebih padat dari bubur susu, seperti tim saring (lebih halus dari tim tapi masih ada tekstur kasarnya). Ini untuk membantu bayi mengenal perubahan tekstur dan juga untuk merangsang pertumbuhan giginya. Bila bayi menolak, tidak apa-apa dan bisa dicoba lagi keesokan harinya. Ini bukan berarti dia tidak bisa atau tidak mau. Bayi masih belajar makan, jadi perlu perlahan-lahan diperkenalkan dengan hal-hal yang baru termasuk juga berbagai variasi rasa agar dia tidak bosan.

Selama bayi tidak muntah bila makan makanan yang lebih padat, tandanya saluran pencernaannya tidak ada masalah. Hanya masalah keterampilan dia untuk makan makanan yang lebih padat yang masih perlu dilatih.
Semoga pertanyaannya terjawab ya.

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

8 Comments

  1. herliana85
    September 28, 2010 at 9:13 am

    apa bener kalau gendong bayi di samping dgn posisi kaki ‘ngangkang’ (mengapit pinggul ibu) itu kurang disarankan karna bisa menghambat pertumbuhan tulangnya? apa iya moms?

  2. Dr. Eva Devita H
    Eva Devita Harmoniati, dr. September 28, 2010 at 10:51 am

    Menurut dokter ahli bedah tulang anak di rscm, posisi menggendong dengan kaki mengangkang (monkey position/abduction ternal rotation) adalah posisi yang bagus, sebab dalam posisi kaki mengangkang kepala panggul si bayi masuk ke dalam mangkok sendi panggul. Tentunya asalkan tidak ada kelainan bentuk panggul atau cacat bawaan, sebab bila terlalu lebar malah akan merusak kepala panggul si bayi dan membuat kondisi kelainan bertambah parah. jadi selama leher dan punggung bayi telah kuat dan tidak ada kelaianan bentuk tulang belakang maupun panggul, posisi menggendong dengan kaki mengangkang aman saja. tidak ada hubungan antara posisi menggendong dengan pertumbuhan tulang atau bentuk kaki anak.

  3. herliana85
    September 28, 2010 at 11:09 am

    ah..ngerti sy sekarang. terimakasih atas penjelasan dokter Eva :)

  4. mommyaira
    jarvi kurnia lestari September 29, 2010 at 9:26 am

    hmmm, ini berdasarkan pengalamanku ya… kalo kata orgtua dulu… bayi baru boleh dipekeh kalo dia udah merangkak..(asumsikan dengan kepala sudah kuat dan sudah bisa didudukkan menurut dokter eva)…yang biasanya terjadi saat anak berusia 6-8bln…nah pada kasus anakku, usia 8 bulan dia blm merangkak..pikirku dia blm bisa dipekeh, tapi ternyata dia mengalami gangguan motorik karena prematuritasnya sehingga otot2nya pada kaku…yang justru walopun dia blm bisa merangkak tapi harus selalu digendong pekeh untuk melenturkan otot2 paha dan panggulnya. Kasus lain, temen anakku yg umurnya sekitar 2 tahun mengalami Cerebral Palsy. Untuk dia ternyata otot2nya jadi lemes sehingga, misalnya, otot2 pahanya terlalu “mbuka” sehingga dia gk boleh dipekeh kalo nggendong. Mungkin per case kali ya…

  5. Dr. Eva Devita H
    Eva Devita Harmoniati, dr. September 30, 2010 at 10:40 am

    yang saya sampaikan diatas adalah dalam kasus bayi atau anak yang perkembangan motoriknya normal, kalau ada keterlambatan atau tidak normal tentu harus diperlakukan berbeda dan harus mendapatkan assessment dari dokter sebelumnya supaya tidak salah.

  6. herliana85
    September 30, 2010 at 7:54 pm

    kalo utk gendong duduk depan ato menghadap ke ibunya dengan menggunakan alat bantu sperti sleepywrap itu usia brp bulan ya dok?
    thanx

  7. Dr. Eva Devita H
    Eva Devita Harmoniati, dr. October 2, 2010 at 10:26 am

    untuk posisi gendong duduk depan atau menghadap ke ibunya dengan menggunakan sleepwrap sebaiknya setelah kepala bayi sudah kuat untuk tegak dan punggungnya cukup kuat, sekitar usia 4-6 bulan.

  8. mvrmw
    Ratna M Widharna May 21, 2012 at 11:11 am

    Dok, kalau baby digendong dengan ergo baby atau sleepy wrap, menghadap ibu (metode hug the baby),kaki mengangkang kiri kanan, apakah tidak akan membuat baby nya nanti jalannya mengangkang? saya ingin gendong baby saya pakai sleepy wrap/ergo baby posisi itu, tapi babysitter saya selalu marah-marah, katanya harus di atas 9 bulan. baby saya saya sekarang umur 7 bulan 5 hari (berat 6,21 kg). Mulai kapan baby boleh pakai sleepywrap atau ergo (dengan posisi mengangkang)? Makasih

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.