Kunjungan ke dokter gigi

Minggu lalu saya membuat janji kunjungan ke dokter gigi untuk Kenzie. Beberapa hari sebelum kami mengunjungi dokter, saya sudah mulai sering bercerita tentang bagaimana nanti suasana di dokter gigi, kebetulan Kenzie suka dengan robot, jadi saya cerita di tempat tante dokter nanti ada robot-robotan yang mau lihat ke dalam mulut Zie, nanti di sana mulut Zie dibersihkan oleh robot.


Klinik gigi yang kami datangi memang khusus anak-anak, jadi begitu masuk, suasananya sangat menyenangkan. Kemudian kami pun bertemu dengan dr.Ria yang sudah menyapa di pintu, lalu Zie diajak duduk di kursi hidrolik pasien. Zie bilang itu kursi pesawat :p, kemudian dokter mengenalkan alat-alatnya yang seperti robot, lalu giginya difoto utk dilihat ada tidaknya white spot si cikal bakal karies, kemudian mulai dibersihkan dengan mousse, dan terakhir Kenzie diajarkan sikat gigi yang benar di depan cermin. Lalu saat berpamitan pulang, ibu dokter memberi kenang-kenangan di tangan Zie dengan cap lucu, dan Zie disuruh memilih mainan sebagai oleh-oleh.


Ternyata kunjungan ke dokter gigi tidak menyeramkan seperti yang dulu kita bayangkan. Mungkin kiatnya adalah dengan menceritakan kesenangan-kesenangan apa yang nanti akan ditemui di ruang dokter. Kalaupun anak akan melakukan suatu tindakan yang mungkin akan menyakitkan, tetap harus diceritakan, akan sakit tapi setelahnya pasti gigimu kembali sehat, jadi saat makan nanti jadi menyenangkan.


Kalaupun anak belum butuh suatu tindakan, mengenalkan dokter gigi dengan perawatan seperti ini mungkin akan menyenangkan untuk anak, jadi bila saatnya nanti anak sakit, dia tidak trauma.


Dan sekarang kalo ditanya Kenzie nanti besar mau jadi apa, dia jawab, "Jadi dokter gigi, biar gosokin gigi mamana." :D Amiiin... Semoga terwujud ya, Nak.

Related Tags : ,,

25 Comments

  1. avatar
    Windy Fradani April 10, 2017 7:52 am

    Info buat mommy yg di surabaya, disurabaya ada dokter gigi di daerah pakuwon city laguna yang baik buat anak anak, di daerah san antonio. Coba cek di www.gigisurabaya.com

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Pangastuti Sri Handayani October 15, 2010 4:05 pm

    Dari 2 bulan yang lalu rencana ke dokter gigi sekalian ngajak Nara tapi masih blom kesampean, harus dijadwalin wknd ini atau minggu depan deh. Thanks udah ngingetin :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    D A Anindyajati October 15, 2010 12:22 pm

    wah kenzie hebat ya, bisa duduk tenang, da rencana lama bgt ajak Revo ke dokter gigi, tp ga jadi2, takut ada berantem2nya nih pas didokternya jadi ditunda-tunda terus...hmm..tapi baiklah..harus bulatkan tekat, secara revo da mau 4 tahun blm pernah ke dokter gigi. tfs ya,:)
    btw ada yg punya info di BSD ada dokter gigi anak nda ya?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    D A Anindyajati October 15, 2010 12:19 pm

    wah kenzie hebat ya, bisa duduk tenang, da rencana lama bgt ajak Revo ke dokter gigi, tp ga jadi2, takut ada berantem2nya nih pas didokternya jadi ditunda-tunda terus...hmm..tapi baiklah..harus bulatkan tekat, secara revo da mau 4 tahun blm pernah ke dokter gigi. tfs ya mama indah,:)
    btw ada yg punya info di BSD ada dokter gigi anak nda ya?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Windy October 13, 2010 11:19 pm

    btw ibu-ibu mau share aja..ga semua anak ternyata takut sama bunyi bor loh :D
    coba minta dokternya semprotin bor nya ke tangan anaknya..ternyata angin aja gitu..dan chise kegelian jd ga takut :)
    dia justru suka pura-pura ngebor gigi mamanya dirumah. Mungkin kalau mamanya tidak terlalu deg-deg-an si anak menular kali yaa..hihi..

    1. avatar

      As .