Kunjungan ke dokter gigi

nandra

Minggu lalu saya membuat janji kunjungan ke dokter gigi untuk Kenzie. Beberapa hari sebelum kami mengunjungi dokter, saya sudah mulai sering bercerita tentang bagaimana nanti suasana di dokter gigi, kebetulan Kenzie suka dengan robot, jadi saya cerita di tempat tante dokter nanti ada robot-robotan yang mau lihat ke dalam mulut Zie, nanti di sana mulut Zie dibersihkan oleh robot.

Klinik gigi yang kami datangi memang khusus anak-anak, jadi begitu masuk, suasananya sangat menyenangkan. Kemudian kami pun bertemu dengan dr.Ria yang sudah menyapa di pintu, lalu Zie diajak duduk di kursi hidrolik pasien. Zie bilang itu kursi pesawat :p, kemudian dokter mengenalkan alat-alatnya yang seperti robot, lalu giginya difoto utk dilihat ada tidaknya white spot si cikal bakal karies, kemudian mulai dibersihkan dengan mousse, dan terakhir Kenzie diajarkan sikat gigi yang benar di depan cermin. Lalu saat berpamitan pulang, ibu dokter memberi kenang-kenangan di tangan Zie dengan cap lucu, dan Zie disuruh memilih mainan sebagai oleh-oleh.

Ternyata kunjungan ke dokter gigi tidak menyeramkan seperti yang dulu kita bayangkan. Mungkin kiatnya adalah dengan menceritakan kesenangan-kesenangan apa yang nanti akan ditemui di ruang dokter. Kalaupun anak akan melakukan suatu tindakan yang mungkin akan menyakitkan, tetap harus diceritakan, akan sakit tapi setelahnya pasti gigimu kembali sehat, jadi saat makan nanti jadi menyenangkan.

Kalaupun anak belum butuh suatu tindakan, mengenalkan dokter gigi dengan perawatan seperti ini mungkin akan menyenangkan untuk anak, jadi bila saatnya nanti anak sakit, dia tidak trauma.

Dan sekarang kalo ditanya Kenzie nanti besar mau jadi apa, dia jawab, “Jadi dokter gigi, biar gosokin gigi mamana.” :D Amiiin… Semoga terwujud ya, Nak.

24 Comments

  1. Liz
    Liz October 12, 2010 at 2:37 am

    waduuuuh belum ajak CĂ©lia ke dr gigi… besok ambil RDV deh

  2. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 3:30 am

    boleh tau kliniknya dimana yah? rencana mau bawa maika juga ke dokter gigi

  3. amnah atisah
    amnah atisah October 12, 2010 at 6:28 am

    Wow..kenzie keren..bisa “pasrah” gitu..salutttt :)

  4. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 7:06 am

    Mba… mau info klinik giginya dong… Soalnya klo dilihat dari pengalaman ke pedodontist kemarin, kyknya Bagas bakal ogah klo diajakin ke dokter gigi lg. Thank you.. :)

  5. gabriella
    Gabriella Felicia October 12, 2010 at 7:26 am

    Jadi inget mesti ngajak albert ke dokter gigi… TFS ya…

  6. Mamabelle
    Mamabelle October 12, 2010 at 7:52 am

    beberapa minggu lalu juga perdana bawa Amabelle ke dokter gigi tp lupa foto-in saking papa mamanya terlalu konsen :P TFS…

  7. October 12, 2010 at 8:16 am

    Wah pas bgt articlenya, baru aja ada planning mau ngenalin atha utk ke dokter gigi mumpung sepupunya lg perawatan gigi. TFS :)

  8. riansr
    Rianasari October 12, 2010 at 8:33 am

    klinik giginya dimanakah?

  9. vanshe
    riska tania October 12, 2010 at 8:53 am

    kliniknya di smile centre bukan? hihi, aku lagi perawatan nih di sana. and i’m definitely gonna take my son there to have his teeth examined for the first time, kind doctors, cozy place, jauh dari kesan ‘horor.’

  10. SakirunS
    SakirunS October 12, 2010 at 8:57 am

    sama kyk yg lain..mau tau dong dmana kliniknya..lg cari jg nih yg ok bwt anak ;) thx!!

  11. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 9:08 am

    TFS mam, saya juga rencana mau bawa Dita ke drg. Masalahnya kok susah ya cari drg khusus anak. Biar anak juga merasa nyaman gitu. Share ya mam mengenai lokasi drg khusus anak itu :-)

  12. nandra
    Nandra Janniata October 12, 2010 at 9:27 am

    Dental klinik Kids&Family di sektor 3, ruko Victorian no BB 18, Bintaro

  13. sLesTa
    shinta lestari October 12, 2010 at 9:47 am

    kenzie hebat banget! jagoan deh… gue juga belom ngajak naia ke dokter gigi. in fact gue aja baru ke dokter gigi minggu lalu setelah 3thn lebih gak mampir ke dokter gigi. rencananya kalo gue udah baru gue mau ngajak naia :)

  14. October 12, 2010 at 10:51 am

    waaah, kenzie hebat mau duduk sendiri dan ga berontak2…

    minggu lalu baru aja ngajak aina pertama kali ke dokter gigi. pulang2nya dapet stickers. emang bukan dokter gigi anak2 sih, ikutan nebeng ama dokter gigi ibunya, hehe… tapi mesti dipangku, ga kayak kenzie yang udah kayak anak gede… *thumbs up!*

  15. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 11:03 am

    Oh ya mau nanya mam, di Dental Clinic 4 kids itu semua peralatannya didesign khusus buat anak gak ya? Saya pernah baca kalau di drg khusus anak itu, bor gigi nya pun didesign khusus yang tidak mengeluarkan bunyi mendesing dan memancarkan air dengan rasa yang disukai anak2 :D . Apa sama juga dengan di drg Pedodonsi (Spesialis Gigi Anak)yang ada di rumah sakit? Ada yang punya pengalaman ke drg Pedodonsi di RSIA Hermina Bekasi kah? Atau RS lain? Share pls. Thanks.

  16. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 11:15 am

    Oh ya mau nanya mam, di Dental Clinic 4 kids itu semua peralatannya didesign khusus buat anak gak ya? Saya pernah baca kalau di drg khusus anak itu, bor gigi nya pun didesign khusus yang tidak mengeluarkan bunyi mendesing dan memancarkan air dengan rasa yang disukai anak2 :D . Apa sama juga dengan di drg Pedodonsi (Spesialis Gigi Anak)yang ada di rumah sakit? Ada yang punya pengalaman ke drg Pedodonsi di RSIA Hermina Bekasi kah? Atau RS lain? Share pls. Thanks.

  17. G-Mom
    Indah Kurniawaty October 12, 2010 at 11:21 am

    Nandra,
    Wah Zieboy hebat! berani ke dokter gigi. Ganesh dari kemaren gak dapet mulu jadwal dokternya di hari Sabtu.

    BunDit,
    Coba drg.Rachmatiah, SpKGA deh di RSIA Hermina Bekasi. Banyak direkomendasi ibu-ibu kok. Itu juga salah satu pedodontist pilihan Ganesh. Tapi aku masih penapsaran pengen coba sama drg.M.Fahlevi di RSPI ato RS Islam Cempaka Putih. Hihihi

  18. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 11:38 am

    Mom Indah, thanks infonya. Nanti kalau Ganesh jadi ke pedodontist, share d blog ya. Hihihi kok penasaran kenapa mom, drg nya ganteng ya?? ups… sorry OOT :D .

  19. Mirza Resita
    October 12, 2010 at 12:17 pm

    Kenzie hebat banget udh berani yaa! Anteng lagi di kursi pesawat.. Umurnya berapa sii Kenzie?

  20. anggita
    anggita andrian October 12, 2010 at 6:27 pm

    waduuuuuh Zieboy kamu luthu sekaliiiii!!
    untuk seumurannya Zie kayanya dewasa ya Nay?
    pengen juga ih ngajak darin ke dokter gigi, kayanya pake acara brantem deh hehe. ada ga ya di bogor yang child friendly kaya begini?

  21. weendee
    Windy October 13, 2010 at 11:19 pm

    btw ibu-ibu mau share aja..ga semua anak ternyata takut sama bunyi bor loh :D
    coba minta dokternya semprotin bor nya ke tangan anaknya..ternyata angin aja gitu..dan chise kegelian jd ga takut :)
    dia justru suka pura-pura ngebor gigi mamanya dirumah. Mungkin kalau mamanya tidak terlalu deg-deg-an si anak menular kali yaa..hihi..

  22. Mirza Resita
    October 15, 2010 at 12:19 pm

    wah kenzie hebat ya, bisa duduk tenang, da rencana lama bgt ajak Revo ke dokter gigi, tp ga jadi2, takut ada berantem2nya nih pas didokternya jadi ditunda-tunda terus…hmm..tapi baiklah..harus bulatkan tekat, secara revo da mau 4 tahun blm pernah ke dokter gigi. tfs ya mama indah,:)
    btw ada yg punya info di BSD ada dokter gigi anak nda ya?

  23. Mirza Resita
    October 15, 2010 at 12:22 pm

    wah kenzie hebat ya, bisa duduk tenang, da rencana lama bgt ajak Revo ke dokter gigi, tp ga jadi2, takut ada berantem2nya nih pas didokternya jadi ditunda-tunda terus…hmm..tapi baiklah..harus bulatkan tekat, secara revo da mau 4 tahun blm pernah ke dokter gigi. tfs ya,:)
    btw ada yg punya info di BSD ada dokter gigi anak nda ya?

  24. otty
    Pangastuti Sri Handayani October 15, 2010 at 4:05 pm

    Dari 2 bulan yang lalu rencana ke dokter gigi sekalian ngajak Nara tapi masih blom kesampean, harus dijadwalin wknd ini atau minggu depan deh. Thanks udah ngingetin :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.