Mari menabung!

yanasaphira

Merancang aktivitas yang melibatkan anak setiap akhir Minggu sangatlah menyenangkan.

Tidak jarang saya justru melibatkan anak-anak ke dalam kegiatan “orangtua” atau apa yang kita lakukan sehari-hari untuk pengenalan mereka terhadap dunia luar.

Saya bukan lagi mengajak main masak-masakan, tetapi masak sungguhan sehingga hasil kerja anak dapat dinikmati sendiri oleh mereka.

Kali ini saya akan berbagi tentang kegiatan Nasya (4 tahun), anak saya, menabung.

Sudah sejak setahun lalu Nasya memiliki celengan, setiap ada uang receh Nasya selalu antusias untuk memasukkan ke dalam celengan kalengnya.

Pada akhirnya celengan Nasya penuh, tibalah peran ayah untuk membantu membongkar celengan dan menghitung jumlah uang yang ada. Sambil ayahnya menghitung tentunya Nasya heboh ikut “menghitung”, di sini kita bisa mengenalkan dan mengingatkan kembali tentang angka ratusan dan ribuan seperti misalnya kalau seratus nol nya dua, kalau seribu nol nya tiga, dst.

Saya tidak merasa Nasya perlu membelanjakan uang tersebut sehingga timbul ide untuk mengenalkan Nasya kepada produk perbankan yaitu tabungan.

Untungnya sekarang sudah banyak bank yang beroperasi di beberapa Mal dan biasanya hari Sabtu tetap buka. Cukup dengan menyertakan KTP orangtua dan akte kelahiran anak, si anak akan memiliki kartu atm dan buku tabungannya sendiri.

Agar seru, sengaja saya bawa uang receh Nasya ke bank untuk langsung ditabung, tetapi sayangnya saya lupa memisahkan uang receh tersebut per 20 keping. Jadi urban mama dan papa, belajar dari pengalaman Nasya jika mau membawa uang receh ke bank, harus dipisahkan per 20 keping dan direkatkan dengan selotip.

Sekarang berburu celengan lagi deh… jadi ingat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

9 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw January 14, 2014 at 7:38 pm

    Aihh Nasya keren bangettt..

    Semoga cepet banyak tabungannya ya nakkk, dan selamat berburu celengan!

  2. mirmayf
    mirmayf January 15, 2014 at 9:42 am

    hai kakak nasyaa.. dinda juga sama ni kya nasya. udah dibiasain nabung dari umur 1 tahun. pas umur 2 tahun kemarin akhirnya bobol 3 celengan sekaligus dan buka rekening tabungan juga di BTN Junior. untuk uang recehan yang banyak itu, udah dipisahkan per jenis pecahan Rp.50 (masih ada sejumlah Rp.800 hasil dari belanja ke supermarkeet hahaha..), Rp.100, Rp.200, Rp.500, Rp.1000. selain itu juga sudah dihitung jumlahnya berapa per pecahan. jadi mba tellernya tinggal menjumlahkan saja.
    memang seru yaaa membiasakan anak menabung.. makin rajin nabungnya ya kakak nasya ^^

  3. yulia handayani
    yulia handayani January 15, 2014 at 11:53 am

    Salam kenal kk Nasya.
    Alya juga gtu (3y10m) dibiasakan menabung. sejak umur 2y, asal ada uang receh, selalu menjadi miliknya & dengan semangat masukin ke celengan. Ntar mama papa pulang kerja juga minta buat celengan. Setiap minggu selalu berubah angan2nya, jika tabungan sudah penuh (rada bingung…mo kemana & beli apa ya???). Tapi apapun itu tak masalah, yang penting Alya tau, harus nabung buat beli ini itu, ada perjuangan & usaha untuk mewujudkan impiannya.

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel January 15, 2014 at 10:55 pm

    waah senangnya buka celengan! enzo dante juga seneng banget kalo celengannya sudah penuh, tapi..gak ditabung di bank. koin2nya dituker di alfa midi hihihi..nanti uangnya dipake jajan di alfa midi dan ditabung di tabungan sekolah :D

  5. ninit
    ninit yunita January 16, 2014 at 5:42 am

    wihhh hebat banget kakak nasya… rajin menabung. uangnya banyak banget! :)
    keren nih mama yana, ngasih contoh yang baik :)
    semoga kk nasya makin rajin yaa menabungnya.

    btw, bank yang buka saat weekend itu ngebantu banget yaa…

  6. andrinden
    andrinden January 17, 2014 at 3:48 pm

    Salam kenal kakak Nasya
    kebetulan anak saya, Faiz (3th), celengan uang krincingannya udah mau penuh. jadi terinspirasi untuk mengajak anak ke bank tanpa menukar uang krincingannya itu.
    TFS ya

  7. unie
    Nie Anita January 17, 2014 at 3:50 pm

    hai kak nasya.. jibril (21m) jg udah mulai ak ajarin nabung dari pertama kali kenal uang receh..jd setiap nemu uang receh dia tau nya harus di celengin :D .. dan baru aja kemaren minggu bongkar celengan juga.. lumayan dpt 430.000 .. rencananya mau di bukain tabungan anak juga..

  8. wikit
    wikit January 21, 2014 at 9:41 am

    aw… samaan kaya Danny-boy… sejak usia 1 thn sudah punya celengan sendiri (yg memang khusus diisi coin)^^

    Sebentar lagi akan penuh, jadi mau cari2 info mengenai bank yang menyediakan tabungan u/ anak… :)

    Ada yg mau share kah?

  9. miminiko
    Nine Luthansa February 26, 2014 at 2:22 pm

    Lagi cari info tentang bank dengan tabungan anak juga niiih. Adakah di forum? Bagi link-nya dong moms…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.