Martabak Manis

sefa

Untuk urban Mama yangg tinggal di luar negeri dan kangen martabak manis (terang bulan), nggak usah sedih. Membuatnya gampang banget kok, gak perlu pake ragi segala dan bisa pake teflon biasa.  Pas banget di bulan Ramadhan ini bisa jadi pilihan untuk jadi penganan berbuka.  Yuk cobain!

Martabak Manis (Indonesian Style Sweet Thick Pancake)
Recipe by Stella through Nining, slightly modified by me (serving 3 using Ø20 cm cast-iron pan).

Ingredients:
Sweet Martabak (Pancake):

  • 250 gr all-purpose-flour.
  • 400 ml fresh milk.
  • 1 egg (medium size).
  • 30 gr granulated sugar.
  • ½ tbsp salt.
  • ½ tsp baking soda.
  • Granulated sugar for drizzling, as needed.


Filling:

  • Rice chocolate (meisjis)
  • Chopped almond.
  • Grated Gouda cheese (or any fav cheese of yours).
  • Condensed milk.
  • Butter for spreading.

Method:

  1. Combine all the ingredients except baking soda in a bowl. Mix using whisker until well dissolved. Sieve if there are still lumps in the batter. Rest for an hour and more in a room temperature.
  2. Heat the pan over medium heat. Add baking soda and whisk. Pour the batter over the pan. Cook over small heat until the surface dry up and consist pores. Drizzle small amount of sugar over the pancake and cover the pan and let it cook until set.
  3. Transfer martabak into a flat plate or cutting board. Spread pancake with butter. Add your desired filling (even you can combine the filling) and pour condensed milk over. Fold the pancake and spread again with butter. Cut as desired.
  4. Serve warm or cold.

23 Comments

  1. August 27, 2010 at 2:51 am

    Glek *telen ludah*
    Ngiler lgs malem2 pas bgt udah lama ga makan martabak :p
    Tfs, sefa..

  2. Liz
    Liz August 27, 2010 at 3:34 am

    Sama…. Ngga tahannn. Thx Sefa!

  3. nyanya
    almaviva landjanun August 27, 2010 at 3:43 am

    Ngeliat fotonya langsung..aaah..ini pasti kerjaannya Sefa nih bikin kita pd ngileeer.Btw,gue suka deh yg kulitnya ga gitu tebel kaya itu. TFS ya.

  4. Mirza Resita
    August 27, 2010 at 4:07 am

    huaaa ngeces…
    bikin ini ga pnh berhasil, malah keras kulitnya @_@

  5. Mirza Resita
    August 27, 2010 at 4:58 am

    aku dah pernah praktekin…
    sebelum ramadhan sih. suami agak pesimis sih waktu aku bilang mo bikin martabak manis, pake acara whisker-ku protol2(lepas2),langung dibeliin lagi sama suami whisker baru :)
    stelah jadi…hhmm…top lah… ternyata jadinya lumayan banyak…aku bikin isiannya antara lain pake keju,pisang,coklat dan susu kental manis….
    Suami langsung minta dibikinin kopi susu,buat nemenin sama martabak manisnya… :)
    TFS ya mbak sefa

  6. ninit
    ninit yunita August 27, 2010 at 5:31 am

    pas di singapur pernah nyoba resep sefa ini… top banget! kangen makan martabak manis langsung terobati :)

    yummy!

  7. thelilsoldier
    inga August 27, 2010 at 10:20 am

    aduuuh ngiler banget. kalo gue mah beli aja deh

  8. yositako
    yositako August 27, 2010 at 10:56 am

    Waaa, makasih banget resepnya. Kebetulan si Abang & Dede dua2nya penggila martabak manis. Nanti coba bikin aaaah. Thanks again! :)

  9. Mirza Resita
    August 27, 2010 at 11:52 am

    mba Sefa, ini g perlu pake ragi y cos aku pernah bkn yg pake ragi nyontek resepnya di salah satu tabloid tp malah baunya kyk apem pdhl tampilan foto di tabloid ok bgt :(

  10. ario121
    ario121 August 27, 2010 at 12:06 pm

    @slesta : mau.

  11. sLesTa
    shinta lestari August 27, 2010 at 12:39 pm

    @ario121: eh ada yang pesan sponsor disini! iya udah mau dicoba dr kemaren, blom sempet.

  12. sLesTa
    shinta lestari August 27, 2010 at 12:40 pm

    eh sampe lupa komen ke sefa.. thanks for sharing the recipe yah! tuh udah ada yang minta bikinin hihi..

  13. August 27, 2010 at 7:04 pm

    LOL… kocak baca ario & shinta.

    nyam, ngiler banget liat fotonya. kapan2 coba ah… isi pisang dan keju…. mmmm….

  14. CNAP
    Intan CnaP August 27, 2010 at 7:12 pm

    Haha lol…
    Shinta sm ario lucu yah..hihi

    sefa,thanks ya, patut dicoba!
    *nelen ludah*

  15. winD
    Winda Deftiani August 27, 2010 at 7:16 pm

    waaahhh….*maauuu*
    *langsung menuju dapur bikin untuk bukaan*
    makasih mbak Sefa….

  16. ninit
    ninit yunita August 27, 2010 at 7:26 pm

    adeeeuh shinta sama ario… romantis deh ih :) ayo bikin berdua yaa martabaknya :)

  17. eka
    Eka Wulandari Gobel August 27, 2010 at 11:22 pm

    @slesta: mau juga doong.. *nimbrung aja*

    @sefa: photonya itu lho, bikin terbayang2… dan iya.. setuju sama inga, beli aja ah.. ;p

  18. yositako
    yositako August 30, 2010 at 9:51 am

    Udah nyobain resep ini weekend kemaren buat buka puasa. Hasilnya: enak, gampang dan jadinya sesuai foto disini! Thank you again :)

  19. Mirza Resita
    August 30, 2010 at 3:09 pm

    Whisker itu apa ya?Mixer kah?

  20. yoreney
    Reny Lenzo August 31, 2010 at 6:56 am

    gw pernah coba bikin, tp kok kyk krg kering pdhl bwhnya udh coklat. pdhl apinya udh kecil (pk kompor listrik nih). apa emg bwhnya biarin rada angus ya?

    eh iya, ini kok ga pk ragi?

  21. sefa
    Sefa Firdaus September 6, 2010 at 1:28 pm

    @all maaf ya telat bales komen-komennya udah semingguan sakit kena radang tenggorokan dan batpil, rombongan aja ya balesnya
    selamat mencoba buat yg mau nyoba, buat yg udah nyoba dan sukses, alhamdulillah.. ikutan seneng

    @feti: whisker itu kocokan kue yg manual itu loh..

    @yorenai: bawahnya gak dibiarin hangus, jadi pastiin wajannya panas dulu baru dituang adonan martabaknya.. trus jangan lupa dikecilin apinya
    kalo pake kompor listrik biasanya saya pake yg nomor 1 (paling kecil)

    ini memang gak pake ragi, krn berdasarkan wawancara temenku (yg punya resep), abang-abang yg jualan dipinggir jalan juga gak pernah pake ragi (kebayang sih, kalo pake ragi bakalan basi itu adonan mereka)

  22. dhira rahman
    dhira rahman September 12, 2010 at 6:38 pm

    haduuuuuuh………
    akan segera dicoba nih, semoga ntar tampilannya secantik hasil masakan sefa hihihi

  23. herlina achmad
    herlina achmad January 20, 2011 at 1:01 pm

    kalo ini dah sering buat. walaupun mungkin tampilannya ga secantik kalo beli di luar, tp jgn khawatir…rasanya sama enaknya kok ^^

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.