Mata Tidak Simetris

dr ferdiriva hamzah
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr. Ferdiriva Hamzah, SpMPendidikan: dokter spesialis mata lulusan FKUI

Saat ini ia praktik di iCare LASIK & Cataract Center, Jakarta.

Q: Halo Dokter Riva, anak saya matanya agak kurang simetris. Yang kiri lebih kecil dari yang kanan. Terus kadang kalau diperhatikan bola hitam matanya yang kanan dan yang kiri suka tidak sama. Mohon penjelasan ya, Dok.

Terima kasih
-Pertanyaan dari Almaviva.

 

A: Hi Mama Almaviva,

Pada bayi, binokularitas atau koordinasi penglihatan akan terbentuk sempurna pada usia 6 bulan. Jadi biasanya kalau 2 bulan agak sedikit juling, masih normal.

Kemungkinan lain adalah yang disebut pseudo-strabismus atau mata juling palsu. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah pertumbuhan wajah bayi ibu yang belum sempurna. Seperti batang hidung yang masih agak lebar, sehingga berpengaruh pada kelopak mata dan terlihat mata kiri lebih kecil dari kanan, namun sebenarnya bukan matanya yang lebih kecil dari yang satunya, melainkan kelopaknya belum terbentuk sempurna (epicanthus).

Semakin bertambahnya usia kelopaknya akan terbentuk sempurna dan kedua mata akan terlihat kembali simetris.

Walaupun begitu, sebaiknya Mama bawa untuk diperiksa spesialis mata. Jangan lupa dibawa foto anak Mama yang saat ‘tampak’ tidak simetris ya. Ditunjukkan ke dokternya nanti akan berguna.

Semoga membantu :)

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

6 Comments

  1. nyanya
    almaviva landjanun September 7, 2010 at 8:07 am

    Waaa..baru nyadar saya pernah nanya ini ke TUM.Dan ga nyangka oleh TUM ditanyakan langsung ke pakarnya.Keren! Thanks penjelasannya dr.Riva. Alhamdulillah sekarang anak saya matanya sudah terlihat simetris.Saya sampe ga inget kpn perubahannya itu,padahal itu dulu sempat membuat saya khawatir banget. Senang deh bisa sharing di TUM. Semua kekhawatiran saya selalu terjawab di sini. Thanks TUM & dr.Riva :)

  2. ninit
    ninit yunita September 7, 2010 at 8:38 am

    terima kasih dr riva atas penjelasannya. seneng deh dokter bergabung di sini. menambah pengetahuan para urban mama.

    thanks dok! :)

  3. sLesTa
    shinta lestari September 7, 2010 at 11:15 am

    hmm.. gue baru tau kalo mata anak kemungkinan tidak simetris. dulu ga pernah merhatiin. good to know that mostly it’s normal.

    @nyanya: yay, matanya rie ternyata gapapa kan?

  4. September 7, 2010 at 11:00 pm

    ah iya, dulu aina juga matanya keliatan kecil sebelah dan miring. sering juling pulak… tapi emang bener kata dokter. lama2 kelopak matanya lebih keliatan normal dan ga juliang2 lagi.

  5. Jolin
    Jolin February 2, 2014 at 11:19 am

    anak saya uda 2,5th mata nya msh terlihat juling :( mau bawa periksa dimana n dktr siapa ya yg recomended? sy dijkt. thx

  6. Vina Londang
    Vina Londang July 4, 2014 at 3:26 pm

    @Jolin: kebetulan anak saya (22m) yang terindikasi lazy eyes sejak usia 5m saya periksakan ke dr. Florence Manurung di JEC. bu dokter ini sangat komunikatif dan santai,salah satu dr. mata anak yang banyak direkomendasikan dsa. Alhamdulillah putra saya banyak perkembangan positif.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.