Mengenalkan Buku pada Anak

gabriella

Sejak dinyatakan hamil, salah satu hal pertama yang saya pikirkan adalah saya ingin mengenalkan buku sedini mungkin pada bayi saya. Karena itulah saya sudah mulai membacakan buku sejak Albert masih dalam kandungan. Sulit bagi saya yang “kurang cerewet” ini untuk mengajak bayi saya mengobrol, maka saya memutuskan untuk membacakan buku saja. Bersama suami, secara rutin setiap malam kami membacakan buku bagi calon bayi kami.

Setelah Albert lahir, ternyata kami bertiga butuh waktu untuk menyesuaikan diri terlebih dahulu. Sejenak kami sempat meninggalkan rutinitas membaca bersama di malam hari, sampai saat Albert mulai memberikan respons. Ternyata bayi suka diajak ngobrol dan bercanda, tapi sayang, saya sering tidak punya ide, tidak seperti suami saya yang selalu bisa menarik perhatian Albert. Sampai pada suatu hari saya memutuskan untuk membacakan buku. Ternyata Albert menyukainya! Dan mulai detik itu, rutinitas membaca buku pun dimulai kembali.

Albert dan

Buku-buku pertama Albert adalah boardbook dengan warna-warna cerah, yang tak terhitung sudah berapa kali saya bacakan. Salah satu bukunya yang berjudul “Little Puppy” masih menjadi buku favoritnya sampai sekarang. Kalau dulu saya yang bercerita, sekarang dia sibuk ngoceh bagaikan bercerita kepada saya.

Saat sendirian, Albert suka terlihat sedang membaca buku

Memang Albert tidak selalu memerhatikan saat dibacakan cerita. Tapi hal itu tidak menjadi masalah, karena sebenarnya ia mendengarkan. Awalnya seperti tak peduli, lama-lama tertarik, dan akhirnya ia ikut aktif serta merespons positif saat dibacakan buku. Bahkan sekarang, Albert selalu meminta dibacakan buku sebelum tidur dan membaca bersama jadi kegiatan favorit kami bertiga jika sedang bermalas-malasan di kamar. Anehnya, walaupun Albert suka merobek-robek tisu atau koran, dia hampir tidak pernah merobek buku-bukunya.

Albert dan board book

Kemudian kami mulai mengenalkan berbagai jenis buku kepada Albert, seperti boardbook, clothbook, bathbook, books with flaps, books with magnets, play a sound books, dan lain-lain. Tidak semua jenis buku itu langsung disukai oleh Albert, kadang ada yang dibiarkannya teronggok di sudut kamar, tapi biasanya setelah beberapa lama ia akan terlihat menikmati buku-buku itu. Saya juga tidak terbatas membacakan isi buku itu, tapi juga mengenalkan benda-benda yang ada di gambar, mengenalkan warna, mengenalkan angka dengan mengajak Albert menghitung gambar tertentu, dan sebagainya.

Ternyata perjuangan saya mengenalkan buku kepada Albert tidaklah sia-sia. Sekarang tiada hari tanpa sesi membaca buku bersama, bahkan bisa sampai berulang kali. Jika sudah lelah berlari-lari, menyanyi dan menari bersama, biasanya Albert mengajak saya ke kamar, beristirahat sejenak sambil meminta dibacakan buku.

Bahkan sekarang ini, banyak anak-anak tetangga tertarik dengan koleksi buku yang dimiliki Albert. Setiap sore, berkumpul lah bocah-bocah teman bermain Albert untuk membaca bersama di rumah kami.

20 Comments

  1. puspita_jewel
    Sitha May 7, 2010 at 1:13 am

    Nice story. Hava a nice reading, Albert!

    Estelle jg suka bgt sama buku. Kdg suka ngambil buku cerita punya kakaknya, trus dibuka2, ditunjuk2, sambil celoteh panjang… Pdhal buku cerita kakaknya itu ngga ada gambar, tulisan semua ^_^ Jadi geli deh ngeliatnya…

    Baca bareng yuk, Albert… *kata Estelle*

  2. myson
    myson May 7, 2010 at 1:24 am

    waaa albert manisnyaaa, bisa diem konsen dengerin cerita. sejak toto sudah bisa mobile, story time jadi kayak boxing time. bantal dan guling tampaknya lebih asik diajak gulat daripada dengerin saya cerita. tfs, saya mau coba lagi :)

  3. eka
    Eka Wulandari Gobel May 7, 2010 at 3:31 am

    nice writing, gaby!
    anak yg kenal buku memang akan memperlakukan buku dengan baik; sebagai temannya. Gitu jg dgn Baby Al yg pinter banget ga pernah merobek buku :-)
    Tfs, gaby!

  4. Liz
    Liz May 7, 2010 at 4:05 am

    Pinterrrr baby Al kelihatan seneng baca tuh dari bayi. Ini manfaat dari bacaan buku sejak hamil kali ya Gab?

  5. ipeh
    Musdalifa Anas May 7, 2010 at 5:43 am

    Senang ya Gaby kalo liat Albert senang baca buku, pinternya Albert. Btw foto ke 3 tanggal 14 Desember 2008 ya, tanggal lahirnya Lana :)

  6. thelilsoldier
    inga May 7, 2010 at 7:02 am

    seneng deh liat Albert serius baca buku. semoga terus cinta buku ya.. nice story, Gaby!

  7. superpippo
    Astrid Lim May 7, 2010 at 8:01 am

    hebaaat, anteng banget albert =) i love books too, and hopefully yofel could be like albert yah someday…kalo sekarang bukunya masih digigitin mulu, hihi…akhirnya kadang mamanya ngarang cerita aja tanpa buku.btw yang the explorer bible bagus ya kayanya, jadi pengen =)
    thx for share!

  8. gabriella
    Gabriella Felicia May 7, 2010 at 8:15 am

    wah, ceritaku dipasang… senangnya… hehehe…

    @sitha: ayuk estelle, kita baca buku bareng… jawab albert…

    @toto: emang pas seumuran toto ya gitu bukunya diajak berguling2, tapi jangan menyerah… coba terus… baru sekarang2 ini dia mulai perhatian lagi…

    @eka: memang itu harapanku… thanks for comment eka!

    @liz: mungkin ya… gak tau deh, tapi memang aku pernah baca, mulailah membacakan buku sejak hamil…

    @musdalifa: wah, bisa pas gitu ya…

    @inga: wah itu harapanku juga…

  9. sukie
    Sukma Pertiwi May 7, 2010 at 8:29 am

    waaa inspiring banget Gabriella! :)
    lucu banget sih si kecil, tertarik banget bacanya..

  10. mommyaira
    jarvi kurnia lestari May 7, 2010 at 8:34 am

    walaaahhhh mbk ella eksis juga di sini…with the new nick name…gaby???? wkwkwkwk….
    iya nih…Aira sekarang juga udah mulai tertarik sama buku…emang kuncinya adalah jangan menyerah yaaa….lmyn…walau rentang nya masih pendek, tp setiap aku bukain buku mukanya udah semangat sekaleeeee….dipegang2 bukunya…gk sabar buat liat halaman berikutnya :)…kayanya sedikit banyak anak kita kebawa kerjaan mama2nya ini kali yaaa…dari dalem perut udah diajarin di mana meletakkan titik-koma yg benar…wkwkwkwk….baca lagi yuuukkkk…..

  11. ninit
    ninit yunita May 7, 2010 at 9:03 am

    gaby, hebat banget yaaa albert suka baca. keliatan deh seneng dari foto2nya. keren!
    suka banget sama tulisan ini. TFS ya gaby :).

  12. mila
    Mila I'anawati May 7, 2010 at 10:24 am

    ya ampun Albert.. serius bener bacanya :)
    seneng deh liat ekspresi mukanya. kayaknya bener2 seru yah bukunya :)

    Aqeela juga setiap mo tidur minta dibacain cerita, dari buku ato ga. berhubung lagi hamil, jadi sekalian bacain buat adeknya Aqeela juga. sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui hehe…

  13. May 7, 2010 at 11:08 am

    wah asik banget! albert dari kecil banget udah seneng baca buku :)

  14. meralda
    meralda May 7, 2010 at 11:30 am

    hai albert! kapan2 baca buku bareng gilby yaa.. gilby loves books too :D

  15. otty
    Pangastuti Sri Handayani May 7, 2010 at 11:36 am

    Albert pinter ya, dari kecil udah serius baca buku :)

    Harus lebih telaten bacain buku buat Nara nih…

  16. gabriella
    Gabriella Felicia May 7, 2010 at 11:51 am

    @sukma: thank you…

    @jarvi: halah kiki, lo kayaknya gak seneng ya gue dapet nickname baru… LOL… jadi ngaku deh, panggilnya ella aja, aneh juga dengernya gaby gitu… hehehehe

    @ninit: thanks ya…

    @mila: moga2 nanti kakak beradik itu juga suka baca…

    @thalia: bener banget… sekarang sehari gak cukup 10 kali sesi baca buku…

    @meralda: ayo gilby, kita baca buku bareng…

    @otty: ayo bersabar terus bacain buku buat nara…

  17. aindah
    ayutri indah May 7, 2010 at 12:17 pm

    hi Albert.selamat membaca yaa..pintarnya..:D

  18. rozalina
    Rozalina L Zulkarnain May 7, 2010 at 12:55 pm

    Wah….hebatnya baby Albert :) Dulu anak pertama juga aku kenalkan buku di usia dini mbak. Akibatnya…sekarang lebih suka baca dan otomatis pengetahuannya juga berkembang. Alhamdulillah..

    Tfs yaaa

  19. Mirza Resita
    May 7, 2010 at 6:48 pm

    Mbak Gabriella, inspiratif banget! aku soalnya kan bukan tipe ‘cerewet mom’, jadi kadang bingung gimana mau komunikasi sama anakku. moso cuman jadi mom yang fungsinya breastfeeding doank. :D

    abisan anakku kayaknya koq klo dibacain or ditunjukkin sesuatu yang lucu, kayaknya no response gitu.

    tp ini jadi memicu semangatku. mungkin harus gigih dan dicoba berulang2 sampai anakku tertarik dengan sendirinya ya.

  20. Mirza Resita
    May 12, 2010 at 1:20 am

    Nice posting, buk.
    Setuju banget kalau anak diperkenalkan buku sejak dini. Anakku sekarang 2,5 tahun, tapi dia udah bisa mengenali berbagai macam benda, ya dari baca buku.
    Saya mending keluar uang buat beli buku anak2 daripada buat beli mainan mahal2.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.