Menyusui Dengan Satu Payudara

Sejak menikah saya baru menyadari adanya perbedaan di kedua payudara saya (sebelumnya saya tidak pernah memerhatikan hal ini). Payudara yang kanan memiliki puting yang melesak ke dalam dan jika diraba di bagian bawahnya seperti ada benjolan yang saya rasa tidak normal. Memang saya belum pernah memeriksakan secara khusus ke dokter spesialis bedah, tetapi dulu sewaktu hamil dan periksa ke obgyn kata dokter obgyn jika puting masuk ke dalam bisa disiasati dengan pemijatan di daerah sekitar puting (waktu itu kebetulan saya sedang hamil tua).

Perawatan payudara pun saya lakukan dan bahkan setelah melahirkan saya melakukan berbagai cara agar puting di payudara kanan tersebut keluar, dengan pompa dengan spoit yang ujungnya dipotong sehingga bisa menarik-narik puting, tapi tetap saja masuk ke dalam. sehingga anak saya jika saya susui dengan payudara kanan selalu menangis dan saya hampir frustasi. Akhirnya saya pun hanya menyusui anak saya dengan satu payudara saja, meski kerap saya ragu apakah dengan hanya satu bisa mencukupi? Saya berusaha percaya kalau ASI itu jika sering dikeluarkan maka akan sering pula diproduksi (sama seperti sapi jika sering diperah maka produksi susu akan lebih tinggi-kebetulan saya lulusan produksi peternakan).

Anak saya (Shofia) pertumbuhannya normal dan baik, meski tergolong mungil karena BB saat lahir 2,5kg (ibu-bapaknya pun kecil). Saya hamil kembali saat usia anak pertama 7 bulan.

Saat kehamilan anak kedua, saya ingin anak kedua saya bisa menyusu dari 2 payudara, maka saya browsing alat yang bisa "memunculkan" puting, dan saya pun mencoba nipple former saat usia kehamilan saya 7 bulan. Memang sepertinya puting saya jadi tertarik keluar, tapi jika saya lepas alatnya dan tidak saya pakai selama beberapa hari puting masuk lagi. Hingga saya melahirkan saya masih tetap memakai nipple former. Payudara saya memang besar sebelah (kiri lebih besar) dan karena payudara kiri putingnya normal jadi saat saya susui anak ke2 saya dengan payudara kanan dia sering rewel dan menangis. Air susu pun sering tertampung dalam nipple former karena payudara kanan saya sering mengeluarkan ASI dengan sendirinya.

Akhirnya saya menyerah menggunakan nipple former dan menyusui anak saya (sekarang umurnya 2 bulan) hanya dengan payudara kiri saja dan saya tidak memberi tambahan lain. Pernah saya pompa tapi yang keluar sedikit dan saat saya berikan pada anak saya (dengan sendok) anak saya menolaknya. Sepertinya dia tidak suka dan ataukah karena saya kurang berusaha jadi saya tidak pernah memompa lagi payudara yang kiri tersebut hingga akhirnya ukurannya mengecil. Jika saya coba ASI nya pun rasanya asin berbeda dengan ASI dari payudara kanan yang manis.

Ingin sekali saya mengunjungi klinik laktasi (terutama St.Carolus) untuk berkonsultasi tentang masalah payudara saya dan cara menyusui. Suami saya memang mendukung sekali pemberian ASI tetapi terkadang saya down karena pihak keluarga yang lain (juga tetangga) yang mengetahui saya menyusui hanya sebelah payudara saja menganjurkan untuk memberi bayi saya sufor dan pisang. Jelas saya dan suami tidak setuju.

Melihat perkembangan anak saya yang kedua ini (namanya Aly-laki-laki) yang sewaktu lahir beratnya 2.5 kg dan umur 35 hari 3.2kg, semoga ASI saya mencukupi baginya.

Sebisa mungkin saya hindari stres dan pikiran negatif. Saya pasti bisa meski hanya sebelah. Memang jadi besar sebelah tapi demi anak saya akan lakukan dan berikan yang terbaik.

Related Tags : ,

33 Comments

  1. avatar
    Mama Afzelya December 11, 2011 2:04 am

    Subhanallah..
    Iseng2 googling krn blm bs tidur akibat sdg flu.. Eeee ketemu forum yg lg ngebahas menyusui hnya dg 1 pd.

    Senangnya.. Tnyata banyak teman seperjuangan saya.. :)
    Selama hampir sthun saya mencoba confident dg hanya memberi asi dg 1 pd.
    Akhirnya skrg makin confident deh.. Thank's a lot ya bunda2 sdh share pengalamannya.
    Anak saya afzelya (11bln, berat lahir 4,1kg, pnjg lahir 51cm)) sejak lahir kesulitan utk nen di pd kanan.
    Puting kanan mmg tdk sebesar yg kiri, shga afzel lbh gampang menyusu dr pd kiri.
    Sudh saya coba stiap hari utk selang-seling nen nya. Tp afzel psti jengkel, kesal dan akhirnya menangis bila nen dr pd yg kanan.
    Usia 1bln afzel sdh benar2 tdk mau mhisap pd yg kanan.
    Alhamdulillah afzel ASIX smp skrg msh ASI full (no sufor) + mpasi dan bbnya 9,8kg (mggu lalu smpt 10kg, tp baru2 ini demam shg turun).

    Yg mau sy tanyakan, wkt sy msh jd WM, pd kanan sll sy pumping dkantor, pd kanan-kiri msh srg rembes , bengkak dan terasa penuh , smp usia afzel 1,5 bln . Diusia afzel 1,5bln itu sy resign, dan frekwensi pumping pd kanan pun jd bkurang, smp skrg bnr2 tdk prnh lg dipumping. Skrg pd kanan sy lbh kecil dr pd kiri, dan pd kanan sdh tdk prnh lg rembes dan terasa bengkak/penuh, malah cenderung lembek2 aja.
    Apakah ini normal bunda? Apakah kl sy rajin pumping lg, asinya sdkit demi sdkit akan produksi lg? Kalo tdk, apakah ada tehnik relaktasi lainnya ?
    Dan bahaya kah bg ibu, efek dr menyusui 1pd ini di kemudian hari?

    Hidup ASI!!!! *Walaupun hnya dg 1 PD* :)
    Salah Hangat buat moms semua.t

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    yn3marchelino June 14, 2011 5:51 am

    subhanallah... berjuang terus ya mba. Semoga lancar semuanya. Salam kenal :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eyangnya Yasmin June 7, 2011 10:40 pm

    Sangat senang dan terharu membaca semangat Ibu-ibu untuk menyusui. Izinkan saya menyampaikan bahwa untuk nutrisi bagi bayi, satu payudara cukup. Bayi akan tumbuh normal. Tetapi sebaiknya diusahakan kedua payudara digunakan, karena risiko kanker payudara pada payudara yang tidak disusui. Datanglah ke klinik laktasi sedini mungkin. Klinik Laktasi RS Carolus buka tiap hari kerja, Klinik Laktasi RS Bunda Menteng buka tiap hari kerja, Klinik Laktasi Kemang Medical Care, jl Ampera Raya no 34 buka tiap hari kerja jam 9 sampai 16, juga Klinik Laktasi RSIA Lestari, jl Cirendeu Indah III no 37, selasa dan kamis jam 9 sd 12. Dan Klinik Laktasi lain yang terdekat. Salam untuk Ibu-ibu menyusui dimanapun, dari saya Eyangnya Yasmin alias dr Asti Praborini SpA, IBCLC

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    AiKun June 6, 2011 3:14 pm

    senang sekali baca share mama shofia_aly dan dari bunda sekalian.. cerita ini membesarkan hati saya "i'm not alone"
    saya juga mengalami hal serupa, puting kiri saya melesak ke dalam, walau sudah berbagai cara pulling sudah dilakukan sampai dengan memaksa baby Ai ku nenen langsung tapi tetap tidak berhasil. Tapi syukurlah aku bisa kasi ASI exclusive sampai 5 bulan , dari awal PD kiri yang tidak di susui langsung aku selalu perah ga peduli walah awalnya cuman bisa dapat 5ml sehari. Lama2 bisa sampai 50ml/hari itu hal yang sangat menakjubkan buat aku. Saya suka minder kalo di kantor pada nyimpan asi perah sampai ber botol2 sedangkan saya max hanya bawa pulang 300ml hanya dengan 1 PD yang bisa maksimal dan 1 PD lagi max 50ml. Tapi saya tetap bangga bisa kasi ASI ke anak saya walau dengan menyusu dari sebelah PD sampai hari ini. Ukuran PD berbeda? pastinya .. tp ga masalah katanya nanti kalau sudah tidak menyusui bisa kembali lagi kalau rajin olah raga juga.
    Go Go Moms tetap semangat!!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Devina June 6, 2011 1:01 pm

    salut sm mama-mama yg menyusui dgn 1 PD. Dl puting sy jg kecil n kdlm, krn anak pertama n blm paham soal menyusui, pdhl byk yg mengingatkan hrs ditarik2 putingnya selama hamil tp sy anteng aj, begitu Attila lahir dan mencoba menyusui, benar saja, perih sekali rsnya dgn puting yg kecil, sy jg susah sekali latch on dgn PD kanan, lama2 saya paksakan walaupun dgn posisi yg aneh, tangan kanan megang PD tangan kiri megang kepala Attila, aneh dan tdk nyaman, tp alhamdulillah Attila mw menyusui walo sy tiap mw menyusui di PD kanan rsnya malas dan kebayang sakitnya.

    Sampai pernah bengkak memerah krn tdk sy kasih2, untung blm sampai mastitis, sy kompres air hangat lalu dipompa, namun sy tw satu2nya cara utk mengurangi bengkak adl disusui langsung pd bayi, mlmnya ketika Attila bangun sy bertekad menyusui dr PD kanan, dgn dukungan ibu sy yg mengatakan hrs dicoba disusui dgn latch on yg normal, maka sy pun trs berusaha mencoba, dan syukur alhamdulillah lama2 tidak ada masalah menyusui lg walo emg lbh nyaman menyusui latch on PD kiri hehehe

    Tfs y mom, memang selagi mampu memberikan yg terbaik utk anak qt, knp enggak?

    1. avatar

      As .