Menyusui Dengan Satu Payudara

mama shofia_aly

Sejak menikah saya baru menyadari adanya perbedaan di kedua payudara saya (sebelumnya saya tidak pernah memerhatikan hal ini). Payudara yang kanan memiliki puting yang melesak ke dalam dan jika diraba di bagian bawahnya seperti ada benjolan yang saya rasa tidak normal. Memang saya belum pernah memeriksakan secara khusus ke dokter spesialis bedah, tetapi dulu sewaktu hamil dan periksa ke obgyn kata dokter obgyn jika puting masuk ke dalam bisa disiasati dengan pemijatan di daerah sekitar puting (waktu itu kebetulan saya sedang hamil tua).

Perawatan payudara pun saya lakukan dan bahkan setelah melahirkan saya melakukan berbagai cara agar puting di payudara kanan tersebut keluar, dengan pompa dengan spoit yang ujungnya dipotong sehingga bisa menarik-narik puting, tapi tetap saja masuk ke dalam. sehingga anak saya jika saya susui dengan payudara kanan selalu menangis dan saya hampir frustasi. Akhirnya saya pun hanya menyusui anak saya dengan satu payudara saja, meski kerap saya ragu apakah dengan hanya satu bisa mencukupi? Saya berusaha percaya kalau ASI itu jika sering dikeluarkan maka akan sering pula diproduksi (sama seperti sapi jika sering diperah maka produksi susu akan lebih tinggi-kebetulan saya lulusan produksi peternakan).

Anak saya (Shofia) pertumbuhannya normal dan baik, meski tergolong mungil karena BB saat lahir 2,5kg (ibu-bapaknya pun kecil). Saya hamil kembali saat usia anak pertama 7 bulan.

Saat kehamilan anak kedua, saya ingin anak kedua saya bisa menyusu dari 2 payudara, maka saya browsing alat yang bisa “memunculkan” puting, dan saya pun mencoba nipple former saat usia kehamilan saya 7 bulan. Memang sepertinya puting saya jadi tertarik keluar, tapi jika saya lepas alatnya dan tidak saya pakai selama beberapa hari puting masuk lagi. Hingga saya melahirkan saya masih tetap memakai nipple former. Payudara saya memang besar sebelah (kiri lebih besar) dan karena payudara kiri putingnya normal jadi saat saya susui anak ke2 saya dengan payudara kanan dia sering rewel dan menangis. Air susu pun sering tertampung dalam nipple former karena payudara kanan saya sering mengeluarkan ASI dengan sendirinya.

Akhirnya saya menyerah menggunakan nipple former dan menyusui anak saya (sekarang umurnya 2 bulan) hanya dengan payudara kiri saja dan saya tidak memberi tambahan lain. Pernah saya pompa tapi yang keluar sedikit dan saat saya berikan pada anak saya (dengan sendok) anak saya menolaknya. Sepertinya dia tidak suka dan ataukah karena saya kurang berusaha jadi saya tidak pernah memompa lagi payudara yang kiri tersebut hingga akhirnya ukurannya mengecil. Jika saya coba ASI nya pun rasanya asin berbeda dengan ASI dari payudara kanan yang manis.

Ingin sekali saya mengunjungi klinik laktasi (terutama St.Carolus) untuk berkonsultasi tentang masalah payudara saya dan cara menyusui. Suami saya memang mendukung sekali pemberian ASI tetapi terkadang saya down karena pihak keluarga yang lain (juga tetangga) yang mengetahui saya menyusui hanya sebelah payudara saja menganjurkan untuk memberi bayi saya sufor dan pisang. Jelas saya dan suami tidak setuju.

Melihat perkembangan anak saya yang kedua ini (namanya Aly-laki-laki) yang sewaktu lahir beratnya 2.5 kg dan umur 35 hari 3.2kg, semoga ASI saya mencukupi baginya.

Sebisa mungkin saya hindari stres dan pikiran negatif. Saya pasti bisa meski hanya sebelah. Memang jadi besar sebelah tapi demi anak saya akan lakukan dan berikan yang terbaik.

33 Comments

  1. tisyonk
    tisa 'tisyonk' June 1, 2011 at 12:46 am

    What a great story!! Coba kunjungi klinik laktasi bu..mnrt gw worth to try.
    Tetap semangat y.. :)l

    1. mama shofia_aly
      tia irmayanty amalia June 2, 2011 at 9:52 am

      trims bunda…yup..smangat..^^

  2. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly June 1, 2011 at 12:59 am

    mbaaaak.. KEREN BANGET!!!!
    Terus SEMANGAT YAAA!!!!
    Aku juga sedang masa menyusui Lian..

    1. mama shofia_aly
      tia irmayanty amalia June 2, 2011 at 9:52 am

      iya, jadi tambah SEMANGAT…mudah2an aly bisa lulus s2 asi..

  3. myson
    myson June 1, 2011 at 1:12 am

    tetep semangat ya, mama shofia_aly! pengalaman mirip2, jadi semoga tidak merasa sendiri… semangat!

    1. mama shofia_aly
      tia irmayanty amalia June 2, 2011 at 9:54 am

      dengan share di TUM,,jd merasa banyak yang mendukung..dulu sempet hopeless..tapi sekarang, semangat menyusui..

  4. bunda aqila pawpaw
    Rika Cahya Oktaviana June 1, 2011 at 1:41 am

    semangat terus mba walaupun hanya dg satu payudara…dg kegigihan dan kesabaran pasti ada jalan keluar yg terbaik.jangan denger opini org lain kecuali dokter dan praktisi laktasi.AYO BISA!!!!!

    1. mama shofia_aly
      tia irmayanty amalia June 2, 2011 at 9:59 am

      iya mba rika..sedih jadinya kalo dari neneknya sendiri yang nyuruh cucunya dikasih tambahan sufor..padahal, saya yakin, susu saya yang terbaik dan saya keukeuh, selama asi saya bisa keluar, hanya itu yang diminum anak saya..

  5. mama_riggy
    mama_riggy June 1, 2011 at 6:00 am

    you’re not alone!
    pas anak pertama saya lahir posisi puting saya dua2nya masuk,butuh perjuangan keras dan bercucuran keringat(kadang2 sampe suka frustasi klo mau nyusuin…) sampe akhirnya bisa menyusui.karena sering disusui akhirnya putingnya keluar sendiri yang sebelah kanan, tapi klo yang kiri keluar klo disusui tapi masuk lagi klo ga disusuin. Terasa sakit putingnya bila menyusui dengan yang kiri dan produksinya lebih sedikit, akhirnya saya lebih sering menyusui dengan yang kanan.tapi alhamdulillah.. walaupun hanya sebelah saya bisa menyusui sampe anak saya yang pertama umur dua tahun.
    pas anak kedua (beda 5 tahun ma yang pertama) posisi putingnya masuk lagi (…fuhhhhh). sebulan pertama benar2 perjuangan, setiap menyusui sakitnyaaaa luarrr biasa. bukan karena posisi perlekatannya yang salah, tapi proses ketika putingnya bisa keluar itu yang bikin sakiiiiittt banget.setiap mau menyusui..saya sudah takut duluan krn membayangkan sakitnya, dan produksinya juga blm byk sehingga masih campur dengan sufor.skrg anak saya udah 3 bulan, lagi2 si puting kiri hanya keluar klo disusui dan masih terasa sakit setiap disusui sehingga (lagi2) saya hanya menyusui dengan yang kanan (yang kiri hanya sehari dua kali ketika sdh penuh sehingga tdk terasa sakit). tapi alhamdulillah produksinya lancar, sehingga walaupun sebelah sekrang saya bisa beri full asi tanpa bantuan sufor.semoga anak saya yang kedua bisa dapet ASI sampe dua tahun juga seperti kakaknya.

  6. trias.kelly
    trias kelly June 1, 2011 at 7:48 am

    Semangaaat, u are a tough mama
    Salut jg dengan mama_riggy yg bisa menyusui sampai 2 tahun dgn hanya 1 payudara

  7. rima virgina
    rima virgina June 1, 2011 at 7:53 am

    Saya juga punya pengalaman yang sama tentang puting yg tdk keluar,puting sebelah kanan saya dulu sampai sekitar satu bulan,saya terus mencoba meski keringat bercucuran,suami dan nenek dr anak saya ikut kerja keras mengupayakan agar anak saya mau nenen yang kanan. Sempet frustasi juga tiap denger tangisan yg kenceng bgt saat anak saya haus dan kesulitan bgt ngepasin puting sama mulutnya.

    Saya coba cara yg sama kayak bunda,spuit buat tarik puting&saya keluarkan sedikit ASI lalu saya oles2kan di sekitar puting biar pas dia kesusahan cari puting agak mudah krn bau ASI tercium oleh anak saya. Alhmdllh sebulan berlalu dg penuh perjuangan,akhirnya anak saya bisa.

    Bunda,mengasuh anak memang butuh perjuangan. Anak memiliki keunikan masing2. Jadi bunda,jangan menyerah ato sedih hati apalagi bila denger kata orang lain yg kurang enak didengar. Yg penting orng terdekat mendukung.

    Cerita dr mama saya dulu bahwa saya juga cuma nenen 1 PD sampai umur saya 2th. Jd tetap semangat ya bun,bunda nggak sendirian.

  8. yolla
    yolla June 1, 2011 at 7:54 am

    Kebayang susahnya kalo cuma 1 pd. Apa selain nipple former pernah coba yang lain juga? Seperti contact nipple shield dari medela? Maaf, Bukannya ngiklan ya, tapi dulu pernah beliin buat teman dan dia berhasil menyusui dengan lancar.

  9. mamashofi
    mamashofi June 1, 2011 at 8:08 am

    Mama Shofia_Aly, semangat mom!!! Salut dengan perjuangannya…
    Demi anak tercinta, jadilah pejuang ASI sampai tetes ASI terakhir…
    Dan keluarga terutama suami memang pendukung utama

    sama dengan trias kelly, salut kepada Mama_riggy karena dengan satu payudara bisa menyusui sampai 2 tahun

  10. aQeeLa
    Astari Kurniaputri June 1, 2011 at 8:19 am

    Ternyata banyak ya yang senasib dgn saya *group hug*
    Paska melahirkan anak ke2, saya bertekad untuk bisa menyusui dgn kedua payudara (payudara yg kanan putingnya cenderung rata). Tapi tampaknya anak saya prefer yg sebelah kiri, mungkin karena mulutnya masih kecil jd agak susah kalo harus menjangkau seluruh aerola (dengan puting yg datar).

    Saya tetep kekeuh, dengan semangat 45 harus sukses menyusui dengan PD yg kanan. Kekeuh disini berarti tetep menyodorkan PD yg kanan walaupun Rara sudah meronta2, hiks. Keringat bercucuran, bingung, panik, suami juga mondar mandir gak tega liat anaknya nangis kenceng banget.

    Bisa menyusui dengan PD kanan 1x sehari aja sudah merupakan suatu prestasi :) hihihi

    Dan lambat laun pertahanan saya juga goyah. Gak tega juga harus liat Rara nangis sampai berlinangan air mata hanya untuk minum ASI. Sudahlah, menyusui dengan PD sebelah kiri saja saya yakin bisa, krn ASI kan supply-nya mengikuti demand.

    Dan menginjak di usianya yg 2 bulan saya jaraaaaang sekali menyodorkan PD saya yg kanan. PD kiri dinenen langsung, PD kanan cukup di pompa saja supaya produksinya gak berkurang drastis.

    Ketika Rara udah semakin besar (udah mulai MP-ASI) iseng2 saya sodorin PD yg kanan. Lah, kok mau??? Wuiiihhh, seneng banget rasanya :) Mulai saat itu frekuensi nenen PD kanan saya tingkatkan.
    Dan alhamdulillah di usia Rara yg hampir 15 bulan ini, dia gak pernah nolak PD kanan lagi. Cm terkadang kalo bobo malem Rara nuding2 PD yg kiri (ketika sedang minum PD yg kanan) hehehe…

    P.S: dan puting saya yg kanan pun sekarang sudah menonjol, sama seperti yg kiri :)

  11. rynz June 1, 2011 at 8:24 am

    hai mom shofia..
    saya juga ngalamin hal yg sama, menyusui hanya dengan satu PD meskipun kedua putingnya normal. PD saya yg sebelah kiri ada benjolan dekat ketiak dan saya pikir mungkin karena adanya benjolan tsb jadi rasa ASInya berbeda cenderung gak enak! terlihat dari anak saya yg tadinya mau menyusu lalu beberapa menit kemudian dia gak mau lagi…walhasil PD saya sekarang gede sebelah! gak enak diliat kalo pake kaos ketat :) yah mau gimana lagi masih mending sebelah dari pada dua-duanya…tetap harus disyukuri! karena anak saya sekarang 8mos BB 9kg ASIX meskipun cuma sebelah..so mom shofie tetap semangat yah!!

  12. teeka
    ariantika June 1, 2011 at 8:32 am

    wow… trnyata saya tak sendiri. :)
    saya jg menyusui hnya 1PD saja. Tp bukan krn bmasalah sm puting,,tp krn setiap menyusui dr kanan,,Maika kliatan gak nyaman. suka usrek2 dw. Pdhl uda bs latch on. Krn akhirnya sya sndiri jg ribet ngatur posisi,n Maika uda nangis kehausan,lsg ganti nyusu dr kiri. Dan keterusan smp Maika usia 3bln, dia sm skli menolak nyusu dr kanan. Sll nangis2. Akhirnya smp skrg Maika 1thn,,dia sll nyusu dr kiri. Pnah PD kanan aku kasih,,dia mau tp cm sbntr2 aja. Aku jg rutin merah PD kanan krn takut penytumbatan.

    Aku percaya aja sm teori supply n demand ASI. Jd tetep pede meski nyusuin dr 1 PD aja, Insya Allah akan berjuang smp titik ASI penghabisan.
    Yg bikin sedih adalah….ukuran PD kanan-kiri yg njomplang. Klo pake baju polos,kliatan bedanya. :(

    Semoga nanti klo dkasih amanah anak k2, bs lbh sabar nyusuin dr 2 PD,,biar ukurannya bs balik normal. :)

    Cemunguuuudhhhh….. :))

  13. crey
    Chrisye Wenas June 1, 2011 at 8:38 am

    wow, salut ternyata banyak ya mama2 yang berjuang menyusui dengan 1 PD *peluk satu2*
    Tetaaaapp semangaaatttt, your kids so gonna be proud of you :)

  14. Melody
    evie mustikasari June 1, 2011 at 9:00 am

    masalah sy sm, menyusui hanya dgn 1 payudara..puting pd payudara kiri sy msk ke dalam..slma ms hamil udh sering sy pijat” sampai puting mau keluar. tp bbrp saat kemudian putingnya kembali masuk. wkt pertama menyusui, sy paksa anak sy menyusu dgn payudara kiri..sy paksa jg putingnya agar keluar. tp setiap mau diemut sm anak sy, putingnya kembali masuk. akhirnya anak sy menangis krn ga prnh berhasil emut putingnya.lama” sy menyerah jg & menyusui hanya dgn payudara kanan.
    Pd wkt anak sy umur 8bln’an, iseng” sy keluarkan puting sblh kiri & tnyta msh keluar air susunya. sy cb berikan k anak sy & dya menikmatinya. tp sy yg menyerah krn ga tahan sakitnya wkt dsusuin, lagipula anak sy udh ga bs diem kl lg nyusu. jd setiap dya bergerak putingnya terasa sakit lg.
    Akhirnya dgn kejadian itu sy berpikir, kl qta telateni dr awal menyusui mgkn bs keluar jg putingnya, krn terbukti stlh dsusui k anak sy pd umur 8bln itu, putingnya bs keluar (asalkan sering disusuin,kl tdk putingnya akan masuk lg)
    Semoga anak kedua sy nanti bs menyusui dgn 2 payudara.

  15. dekania
    Dewi Kania June 1, 2011 at 9:08 am

    Aku juga menyusui dgn PD kiri aja, yg kanan sejak awal menyusui Talita kurang nyaman & sepertinya produksi ASI tidak selancar yg kiri. Jadilah aku sampai skrg (Talita 7.5 bln) lebih sering menyusui dari PD kiri, tapi kuusahakan setiap hari minimal sekali menyusui dari kanan. Akibatnya spt mom yg lain, gede sebelah, ibaratnya kanan 34, kiri 38 :(
    Tapi aku selalu berusaha think positive & tdk termakan omongan orang yg comment cara menyusui nya salah lah, ASInya kurang lah, alhamdulillah suami selalu mensupport dlm setiap proses menyusui.
    Sama dgn mom Shofia, aku jg pengen bgt ke klinik laktasi. Kalau ada yg pernah ke klinik laktasi dg masalah serupa ditunggu sharenya yah ! :)

  16. Putri Listyasari
    Putri Listyasari June 1, 2011 at 9:37 am

    mommy shofia… what a great and encourage story… good luck ya, mom dengan kedua anaknya… salut! :)

  17. Fransiska Setijono
    Fransiska Setijono June 1, 2011 at 9:53 am

    @aQeeLa: hahaha.. berkat anak, yang kanan jadi ikutan menonjol sekarang.. ga sia2..
    hebat nih perjuangan si mama2 ini.. bravo !

  18. riananda
    Rieka Riananda June 1, 2011 at 10:01 am

    Hoaa mommy shofia semangat yaaa…
    Saya jg punya masalah yg sama dgn PD kanan, si puting yg ke dalam dan adanya benjolan kecil bikin saya parno takut ada apa2.. Dr hsl browsing2 saya ketemu sama Elling Bra, saya pake bbrp wkt tnyata cukup membantu masalah puting…

    Stelah kalya lahir, saya jg ga pede dgn PD kanan yg saya rasa produksi ASInya lbh dikit, dan kalo bengkak si benjolan malah jd kentara… Belum lagi kalo menyusu dr PD kanan kok kayaknya kalya ga puas… Sampai suatu wkt saya dipijat suster, dia bilang jaringan susu kedua PD saya bagus, malah dia bilang yg kanan terasa lbh banyak… Entah krn sugesti dr si suster, esoknya saya pompa produksi yg kanan jauhhh lbh banyak dr yg kiri… Sejak itu saya lebih pede menyusui dr kedua PD…

    Oh ya, sekarang saya malah ga ngerasain si benjolan kecil di PD kanan.. Ada yg bilang memang kalo menyusui bs menghilangkan benjolan di PD, smoga ya…

    Semangat mommy shofia!! InsyaAllah bs menyusui dari kedua PD dgn lancar.. ^^

  19. eka
    Eka Wulandari Gobel June 1, 2011 at 10:44 am

    mama Shofia,
    Salut atas perjuangannya. Tetap semangat & percaya diri ya. Ayo mama2 yg lain juga bila memiliki masalah dengan menyusui, berkonsultasi dengan konselor laktasi. Konsultasi bisa via telepon dulu, lalu dengan kunjungan KL ke rumah bila mama memang sulit untuk meninggalkan rumah. Setelah konsultasi, akan dibimbing untuk menyusui. Tapi bila memang ada alasan medis, maka mama harus berkonsultasi dgn tenaga kesehatan.
    Ayo ma, jangan menyerah. Menyusui hal yg mulia, pasti akan selalu dimudahkan jalannya.
    Semangat ya Ma, dan semoga selalu sehat…
    *hugs*

  20. ifa
    ifa June 1, 2011 at 1:13 pm

    dulu anakku jg lahir 2,7 dan sempet turun pas pulang k rmh jd 2,3 sgt mungil.. waktu awal lahiran bs menyusui dari kedua PD, tp saat pulang ke rumah entah knp jd hanya bs menyusui sebelah sampai 1 bln.Tapi dengan tekad kuat Alhamdulillah di bulan ke-2 sudah bs memberi asi dari kedua-PD dengan hasil asi keluar yg sama:)kyny mmg hrs terus dicoba :D ayo semangat mama sofia_aly.. tp btl kata eka klo ada masalah medis sebaiknya tanya dg yg ahli. tfs smg sehat selalu..

  21. Minski
    Dewi*Minski*Mindasari June 1, 2011 at 3:08 pm

    wiiih semangat terus ya mama shofia_aly!
    Mertuaku cerita, beliau juga menyusui hanya dengan satu payudara, padahal anak-anaknya ada 4 dan kalau tidak salah ga pake sufor.
    Terus berpikir positif ya!

  22. NurieLubis
    Nurie Lubis June 2, 2011 at 9:59 am

    Waw.. salut banget untuk semua mama yang sukses menyusui dengan 1 PD. ga ada komen lain, selain HEBATT!! *jempol jempol*

    untuk mama sofia, kau jadi keingetan perkataan salah seorang temanku. dia bilang “untuk jadi pejuang ASI memang harus modal TEKAD yang NEKAD” hehehe… ga usah dengerin pendapat orang lain (apalagi yang negatif) mam. aku percaya Tuhan kasih kemampuan lebih untuk semua Ibu. dan semua Ibu tau yang terbaik untuk baby-nya. TETAP SEMANGAT. dimana ada kemauan, di situ ada jalan \(^_^)/

  23. mama shofia_aly
    tia irmayanty amalia June 2, 2011 at 10:09 am

    mamas semuanya…terimakasih…
    terimakasih atas semua dukungan, saran, dan share pengalamannya..
    dulu saya pikir, hanya saya saja yang seperti ini dan rada parno dengan adanya benjolan (aku pikir ini FAM-fibriadenomamae) n jadi takut mau perikasa ke dokter bedah..
    tapi suami, selalu mendukung,katanya asi yang terbaik..dan tidak masalah kalo istrinya PD nya besar sebelah (-_-)

    yup..harus tetep semangat n berpikir positif..

  24. finika
    Finika June 3, 2011 at 5:57 pm

    mom shofia… Tetep smgat y…
    Aku dl jg sama cm bs nyusuin sblh aja… Cm bs sblh kanan… Sblh kiri putingny g mncl wlpn dah usaha berbagai cara… Tp alhmdlh sy berhasil menyusui Rakha dgn 1 PD slama 2 thn… Dan alhmdlh gak ad mslh dgn BB dan tumbuh kembangnya koq… Tetep smgt y mom,wlpn cm sblh yg brfungsi,pst bs lulus ASI 2 thn… U can do it! ;)

  25. Devina
    Devina June 6, 2011 at 1:01 pm

    salut sm mama-mama yg menyusui dgn 1 PD. Dl puting sy jg kecil n kdlm, krn anak pertama n blm paham soal menyusui, pdhl byk yg mengingatkan hrs ditarik2 putingnya selama hamil tp sy anteng aj, begitu Attila lahir dan mencoba menyusui, benar saja, perih sekali rsnya dgn puting yg kecil, sy jg susah sekali latch on dgn PD kanan, lama2 saya paksakan walaupun dgn posisi yg aneh, tangan kanan megang PD tangan kiri megang kepala Attila, aneh dan tdk nyaman, tp alhamdulillah Attila mw menyusui walo sy tiap mw menyusui di PD kanan rsnya malas dan kebayang sakitnya.

    Sampai pernah bengkak memerah krn tdk sy kasih2, untung blm sampai mastitis, sy kompres air hangat lalu dipompa, namun sy tw satu2nya cara utk mengurangi bengkak adl disusui langsung pd bayi, mlmnya ketika Attila bangun sy bertekad menyusui dr PD kanan, dgn dukungan ibu sy yg mengatakan hrs dicoba disusui dgn latch on yg normal, maka sy pun trs berusaha mencoba, dan syukur alhamdulillah lama2 tidak ada masalah menyusui lg walo emg lbh nyaman menyusui latch on PD kiri hehehe

    Tfs y mom, memang selagi mampu memberikan yg terbaik utk anak qt, knp enggak?

  26. AiKun
    Elita Erdian June 6, 2011 at 3:14 pm

    senang sekali baca share mama shofia_aly dan dari bunda sekalian.. cerita ini membesarkan hati saya “i’m not alone”
    saya juga mengalami hal serupa, puting kiri saya melesak ke dalam, walau sudah berbagai cara pulling sudah dilakukan sampai dengan memaksa baby Ai ku nenen langsung tapi tetap tidak berhasil. Tapi syukurlah aku bisa kasi ASI exclusive sampai 5 bulan , dari awal PD kiri yang tidak di susui langsung aku selalu perah ga peduli walah awalnya cuman bisa dapat 5ml sehari. Lama2 bisa sampai 50ml/hari itu hal yang sangat menakjubkan buat aku. Saya suka minder kalo di kantor pada nyimpan asi perah sampai ber botol2 sedangkan saya max hanya bawa pulang 300ml hanya dengan 1 PD yang bisa maksimal dan 1 PD lagi max 50ml. Tapi saya tetap bangga bisa kasi ASI ke anak saya walau dengan menyusu dari sebelah PD sampai hari ini. Ukuran PD berbeda? pastinya .. tp ga masalah katanya nanti kalau sudah tidak menyusui bisa kembali lagi kalau rajin olah raga juga.
    Go Go Moms tetap semangat!!

  27. Eyangnya Yasmin
    Eyangnya Yasmin June 7, 2011 at 10:40 pm

    Sangat senang dan terharu membaca semangat Ibu-ibu untuk menyusui. Izinkan saya menyampaikan bahwa untuk nutrisi bagi bayi, satu payudara cukup. Bayi akan tumbuh normal. Tetapi sebaiknya diusahakan kedua payudara digunakan, karena risiko kanker payudara pada payudara yang tidak disusui. Datanglah ke klinik laktasi sedini mungkin. Klinik Laktasi RS Carolus buka tiap hari kerja, Klinik Laktasi RS Bunda Menteng buka tiap hari kerja, Klinik Laktasi Kemang Medical Care, jl Ampera Raya no 34 buka tiap hari kerja jam 9 sampai 16, juga Klinik Laktasi RSIA Lestari, jl Cirendeu Indah III no 37, selasa dan kamis jam 9 sd 12. Dan Klinik Laktasi lain yang terdekat. Salam untuk Ibu-ibu menyusui dimanapun, dari saya Eyangnya Yasmin alias dr Asti Praborini SpA, IBCLC

  28. yn3marchelino
    Yentri Marchelino June 14, 2011 at 5:51 am

    subhanallah… berjuang terus ya mba. Semoga lancar semuanya. Salam kenal :)

  29. errytrina
    errytrina December 11, 2011 at 2:04 am

    Subhanallah..
    Iseng2 googling krn blm bs tidur akibat sdg flu.. Eeee ketemu forum yg lg ngebahas menyusui hnya dg 1 pd.

    Senangnya.. Tnyata banyak teman seperjuangan saya.. :)
    Selama hampir sthun saya mencoba confident dg hanya memberi asi dg 1 pd.
    Akhirnya skrg makin confident deh.. Thank’s a lot ya bunda2 sdh share pengalamannya.
    Anak saya afzelya (11bln, berat lahir 4,1kg, pnjg lahir 51cm)) sejak lahir kesulitan utk nen di pd kanan.
    Puting kanan mmg tdk sebesar yg kiri, shga afzel lbh gampang menyusu dr pd kiri.
    Sudh saya coba stiap hari utk selang-seling nen nya. Tp afzel psti jengkel, kesal dan akhirnya menangis bila nen dr pd yg kanan.
    Usia 1bln afzel sdh benar2 tdk mau mhisap pd yg kanan.
    Alhamdulillah afzel ASIX smp skrg msh ASI full (no sufor) + mpasi dan bbnya 9,8kg (mggu lalu smpt 10kg, tp baru2 ini demam shg turun).

    Yg mau sy tanyakan, wkt sy msh jd WM, pd kanan sll sy pumping dkantor, pd kanan-kiri msh srg rembes , bengkak dan terasa penuh , smp usia afzel 1,5 bln . Diusia afzel 1,5bln itu sy resign, dan frekwensi pumping pd kanan pun jd bkurang, smp skrg bnr2 tdk prnh lg dipumping. Skrg pd kanan sy lbh kecil dr pd kiri, dan pd kanan sdh tdk prnh lg rembes dan terasa bengkak/penuh, malah cenderung lembek2 aja.
    Apakah ini normal bunda? Apakah kl sy rajin pumping lg, asinya sdkit demi sdkit akan produksi lg? Kalo tdk, apakah ada tehnik relaktasi lainnya ?
    Dan bahaya kah bg ibu, efek dr menyusui 1pd ini di kemudian hari?

    Hidup ASI!!!! *Walaupun hnya dg 1 PD* :)
    Salah Hangat buat moms semua.t

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.