Menyusui si Kembar Sampai 2 Tahun

tammyo

Pertanyaan pertama yang saya ajukan pada dokter spesialis anak (Dsa) Tristan dan Dimitri adalah, “Dok, apakah bayi kembar bisa mendapatkan ASI Eksklusif?”Jawabannya, “Kalau ibu mau, bisa! Bahkan bisa sampai 2 tahun.”

Jawaban itulah yang amat sangat memotivasi saya untuk bercita-cita memberikan ASI selama 2 tahun kepada si kembar. Alhamdulillah, ternyata cita-cita saya sudah tercapai. Tristan dan Dimitri sudah lulus S3 ASI. Rasa syukur saya yang amat sangat dalam karena telah diberikan ASI yang cukup selama ini.

Berdasarkan apa yang sudah saya alami, ada beberapa faktor elemen pendukung yang sangat berperan untuk menyukseskan memberikan ASI kepada anak kembar selama 2 tahun:

  1. Motivasi. Dibutuhkan motivasi yang sangat kuat untuk dapat ikhlas berkeinginan memberikan ASI selama 2 tahun kepada anak kembar. Jangan dibayangkan repotnya terlebih dahulu, yang namanya punya anak pasti ada masa-masa repotnya. Jalani saja dengan hati senang.
  2. Dorongan atau support. Dibutuhkan tim sukses yang dapat memberikan dorongan kepada Ibu. Dimulai dari ring 1 atau keluarga inti sampai ring 5 atau lingkungan sekitar dimulai dari Suami, Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Mertua, Tante, sahabat, dokter anak sampai teman-teman maupun rekan kerja. Saya sendiri pernah mengalami situasi yang sempat menjatuhkan mental saya dan parahnya hal itu disampaikan dari keluarga dekat saya, tetapi akhirnya saya bisa semangat lagi karena selain motivasi saya cukup kuat, banyak dukungan yang saya dapatkan dari keluarga terdekat. Tidak mudah memang menyusui bayi kembar itu, namun semuanya bermula dari proses, lama-lama pasti bisa.
  3. Pengetahuan yang cukup mengenai: Apa itu ASI, Mengapa ASI perlu diberikan, Apa keutamaan ASI, Bagaimana menyusui bayi kembar, Apa saya yang diperlukan dan yang tidak diperlukan dalam proses menyusui bayi kembar. Sebanyak mungkin informasi saya kumpulkan sejak saya hamil, semuanya dalam bentuk teori. Pada saat praktiknya, memang tidak semudah yang dibayangkan, namanya juga ibu baru, pasti banyak pertanyaan dan penyesuaian akan banyak hal.
  4. Perlengkapan pendukung untuk proses menyusui. Bantal menyusui khusus untuk bayi kembar bagi saya amat sangat membantu, karena saya dapat melakukan menyusui secara berbarengan (tandem nursing), sehingga selain efisiensi waktu yang saya dapat, jam tidur anak-anak dapat dibuat bersamaan, saya dapat memiliki porsi istirahat yang lebih banyak dibandingkan kalau menyusui satu per satu. Baju menyusui, bagi saya benda ini pun sangat berperan mensukseskan proses menyusui, karena dapat menyusui lebih nyaman.

Mudah-mudahan pengalaman saya menyusui Tristan dan Dimitri dapat menginspirasi para calon mama yang akan melahirkan bayi kembar.

29 Comments

  1. Lusi Fransis
    Lusi Daruadji October 1, 2012 at 7:17 am

    salut banget bisa S3 bayi kembar. memberi inspirasi banget. tfs ya mom. itu photo yang terakhir lucuk banget, kayak antri nenen gitu :D

  2. dewiamel
    dewiamel October 1, 2012 at 7:47 am

    Eh ada teh tammy. Salut bisa asix buat bayi kembar. Kiss ah buat atitan & didimi mmmuuuuaaach

  3. suciww
    suci widya October 1, 2012 at 7:48 am

    Ya ampun lucunyaaa.. Hebat deh bisa tandem kembar..
    Gw aja yg tandem selisih 18 bulan rasanya remuk redam..
    SaluuuttTt

  4. mamarafie-riffat
    azizah darmawan October 1, 2012 at 8:48 am

    Wah,jd penyemangat nih ceritanya … Ak jg lg menyusui anak kembarku, Rafie Riffat . 13bln8hr sekarang … Smoga bisa smpai 2thn juga . Amiiin

  5. tammyo
    tammy sofardi October 1, 2012 at 11:40 am

    @mama lusi, hehehe iya..ceritanya lg budayakan nenen ngantri klo lg ngga tandem:)

    @mama dewi: nuhun, wi, Alhamdulillah dikasih asinya cukup..sun balik buat doa jagoannya jg yaah

    @mama suciw: remuk redam tp happy kaaaann?hehheh

    @mamarafie: tetap smangaaaat! Kalau mamanya mau, pasti bisa..insyaAllah…..sbtr lg..ngga kerasa deh nanti tiba2 udah 2 taun aja anak2nya..sun buat si kembarnya yaaa..

  6. teta
    teta October 1, 2012 at 12:55 pm

    pengen koprol sambil bilang WOW :D

  7. crey
    Chrisye Wenas October 1, 2012 at 2:05 pm

    Ini gw harus bilang WOW! kereeenn, mba! :)
    They must be very proud of you…

    Dan itu lucu banget foro terakhir ngantri mo nyusu yaa hihihi…

  8. Kira Kara
    Bunda Wiwit October 1, 2012 at 2:22 pm

    Waaaa… Kereeeenn.. *salut*
    Perjuangan yang sangat tidak mudah memang.. :)

  9. otty
    Pangastuti Sri Handayani October 1, 2012 at 5:22 pm

    Wow hebat bangeeettt!!! Salut! :)

    Setuju sama yang lain, foto terakhir itu lucuuuuuu!!

  10. siska.knoch
    Siska Knoch October 1, 2012 at 7:47 pm

    Tamyooo… ketemu juga akhirnya disini.
    bu ibu.. tammy ini temen dr jaman kuliah saya.. *trus knapa?!*
    yaa ga knapa2, ikut bangga & happy, mama yg satu ini bisa sukses ngasih kembarnya ampe S3 ASI*dua jempol*

    Setuju sama urban mama yg pd bilang foto terakhir cute bgt kayak antri nenen, kiss kiss buat kembar dari tante chika dan salam tos dari Migu. :)

  11. Endang
    Endang October 2, 2012 at 3:50 pm

    Hebat bangett..
    Saya juga punya bayi kembar (co dan ce), ttp hanya mampu memberikan ASI selama 14 bulan, selebihnya kalo siang anak2 dibantu sufor, ttp malam hari setelah saya pulang kantor baru balik ke ASI.

  12. mamanaabel
    nita nita October 2, 2012 at 8:38 pm

    Waaa… Saluttt bngtttt teh.. Jadi malu nih kalau gak nglulusin S3 asi anakku (jd tambah smangattt nich) :))

  13. tammyo
    tammy sofardi October 3, 2012 at 3:43 am

    @mama teta dan @mama chrisye: thank you …hehehe mesti blg WOW yah hihihi

    @mama kira kara: memang tdk akan ada yg bilang proses ini sangat mudah, tetapi dengan perbekalan tempur yg kuat (termasuk elemen2 diatas tadi), akan terasa lebih mudah menjalaninya..:)

  14. tammyo
    tammy sofardi October 3, 2012 at 4:07 am

    @mama pangastuti: sebenarnya bukan hebat mama… saya kan hanya menjalankan kewajiban, heheheh kewajiban tdk layak dapat reward, kalau prestasi…baruu layak..:)

    @sisqoooooooooo….eh…salah ya..kalau disini mama migu :D hehehe..danke…*grouphugsss* n salam tos balik buat migu

    @mama endang: proses menyusui ini situasional dan kondisional mama…yang penting mama endang sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik buat anak2 *hugss*

    @mamaanabel: sangat senang apabila dapat menginspirasi, menimbulkan motivasi, menambah semangat para mama yang baik…tetap smangaatttt! :D

  15. elforeni
    MeLa naiBaHo October 3, 2012 at 1:38 pm

    WOW…keren

    jadi semangat program bayi kembar en ASIX,
    gak mau gagal lagi ASIX

  16. susie
    Suvi Yuriana October 4, 2012 at 3:31 pm

    Salam kenal mama tammy…

    Salut banget bisa asix buat baby kembarnya.

    Mau share jg nih..
    Kebetulan aku jg br punya baby kembar, usia nya 2m3w. Tp dengan sangat menyesal aku gk bs ksh asix ke baby twin ku. Dari lahir sampai skrg aku top up sufor. Cuma makin ke sini sufor makin sedikit. Sejak usia mereka 1,5bulan aku gk menyusui langsung lg karna gk bisa tandem, jd lah ngantri, ujung2 nya yg lg ngantri ngamuk2 kelaperan..jadi aku putuskan untuk pumping saja. Saat ini mereka minum 120cc per sesi, dalam 1 hari 7sesi aku kasih nya.. Asi hasil pumping sehari kurang lebih 1500cc.. Jd masih kurang sekitar 150-200cc/hr jd aku top up pakai sufor..
    Aku jg pakai double pump untuk pumping nya.. Booster asi aku pakai suplemen fenugreek.

    Aku mau ty nih mam, ada tips khusus gk nih biar asi nya makin banyak? supaya baby twin ku bisa full asi tanpa top up sufor lagi??

    Thx..

  17. ainul_masruroh
    ainul masruroh October 4, 2012 at 10:14 pm

    picnya yang terakhir unyu banget, nice… pengalamanya bikin semangat unt tetep ngasi ASI buat Abduh 9 bulan

  18. dyahru
    dyah ru October 10, 2012 at 4:46 pm

    Lam kenal mom tammy. Mom Hebat banget deh. Makasih sharingnya ya mom, bikin tambah semangat ngASI. Ga kebayang kalo lagi growth spurt. Bener2 salut saya mom. Semoga anak saya lulus S3 juga kayak tristan dan dimitri. picnya super cute :)

  19. dewiis
    dewiis October 10, 2012 at 7:19 pm

    hebat skali mb, critany sgt mmotivasi, klo blh tau slm 2thn itu asi ekslusif atao asi dgn mpasi? klo asix smp 2thn gimana cara mngenalkn mkananny mb n tumbang anak gimn? mohon shareny y mb…

  20. mamasha
    mamasha October 13, 2012 at 5:48 pm

    Mom, minta info beli bantal menyusuinya dong. Aku sudah cari2 gak nemu seperti yg digambar. Thx

  21. tammyo
    tammy sofardi October 14, 2012 at 5:52 pm

    @mama susie hi salam kenal juga,
    Kalau saya sendiri sebenarnya tdk ada tips khusus agar asi makin banyak, asal seimbang cukup makan (sayur dan buah wajib), cukup minum (bisa ada selingan susu), cukup istirahat, tdk stress, bs dibantu suplemen jg..apa lg ya mams.. Krn saya sendiri pun tdk pernah pompa asi, karena selalu habis-isi-habis, asi sy tdk berlebihan tp alhamdulillah cukup.
    Untuk secara teknisnya, selain melalui proses trial sendiri, mungkin bisa share dgn konselor laktasi utk tips khususnya mam, dgn perhitungan kebutuhan asi anak2 dgn banyaknya asi dan sufor yg diberikan td. Mdh2an ketemu tips khususnya dan sukses ya mam

    @mama dewiis: setelah 6 bln anak2 mpasi..pas 1 tahun diberi tambahan susu uht dan bertahap dikenalkan berbagai macam makanan yg bergula bergaram… sama spt anak2 bukan kembar lainya kok mam:) . Berat badan mrk berbeda (beda hampir 2kg) krn memang sejak lahir Tristan lbh kecil dari adiknya, Dimitri.

    @mamasha: japri yah..

  22. feriedha septiani
    feriedha septiani October 15, 2012 at 6:08 am

    salut mom buat perjuangan asinya. saat ini sy juga punya bayi kembar usia baru 2 bulan, masih asi full tapi belum bisa tandem nursing. pernah coba beberapa kali, tapi mungkin krn mereka masih kecil sekali size nya saya takut. skg bb bayi nya sudah 5 kg each. sy pgn belajar tandem nursing.
    mohon infonya mom, beli bantal menyusui spt d gambar dimana. thx b4 :)

  23. xivan
    xivan October 16, 2012 at 3:08 pm

    mom tammy: minta info soal bantal menyusui utk bayi kembar juga ya. thanks

  24. audreypatricia
    audreypatricia October 31, 2012 at 12:37 am

    Wah ini pantas disebut superwoman karena saya punya anak kembar dan saat2 saya berjuang full asi (only lasted for 3 months) was like hell to me. Capenya itu ngk nahaaaan, perasaan sehari2 waktu itu kerjanya klo ngk nyusuin ya mompa, teruuuus aja begitu. Tidur aja udah di sofa terus hahahaha (sekarang ketawa, dulu nangis darah hahahaha) bener2 salut saya sama mbak tammy

  25. tammyo
    tammy sofardi November 1, 2012 at 6:48 am

    @mom audrey: hahahahah dulu nangis darah ya skr ketawa2…:) memang sdh pasti 100% tdk akan ada yg bilang proses menyusui anak itu mudah. Apalagi kembar. Memang segala2nya dikalikan 2 (kuadrat). Repot, repot kuadrat. Cape, cape kuadrat. Tp kan senengnya pun, seneng kuadrat..hehehhe. 2 bulan pertama saya hanya tidur skitar 2-3 jam per harinya. Karena saya tdk dipompa (asi sy tdk berlebih, tp cukup), anak2 lsg bergantian menyusui (sblm ada bantal utk tandem nursing), maka kegiatan sehari2 itu didominasi dengan menyusuii anak2, jarang keluar kamarpun, saking kejar tayangnya makan/minumpun (refil asi) sampai di kasur, kadang disuapin..hehehe. Mungkin pengalaman saya berbeda dgn ibu2 kembar lainnya berbeda2. Yg penting bukan bagaimana perjuangannya..Tetapi semua tujuannya pasti satu kok mom..tujuannya sebenernya hanya ingin memberikan yg terbaik buat anak2. Semua ibu2 di dunia jg sama spt itu. Karena anaknya kembar, maka smangatnya mst double juga. Buat mamas2 yg msh menyusui anak kembarnya..tetep smangat yaah!

  26. cynkoirewa
    Cynthia Koirewa November 9, 2012 at 12:56 pm

    Mama Tammy hebat …..
    Mudah2an aq jg bisa kasih ASI eksklusif buat babyku nanti :D

  27. dyah.yunistina
    dyah.yunistina December 7, 2012 at 5:36 pm

    mom tammy, salam kenal. aq jd makin semangat utk bisa ngasi ASIX ke twins baby ku nanti. pls info dong, bantal menyusui yg spt itu belinya dimana ya, apakah ada di indonesia jg? thx

  28. yuri37
    yuri37 November 28, 2013 at 8:37 pm

    saluut sama mom tammy..
    minta infonya jg ya mom dpt bantal menyusui bayi kembarnya dimana? tq

  29. dyene gmp
    dyene gmp December 23, 2013 at 2:30 pm

    Mom tammy.. Bagi info bantal menyusui nya jg yaa tq

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.