Mooncup

thalia

Sudah tiga bulan saya menggunakan Mooncup yang katanya “convenient, safe, and eco-friendly”. Hasilnya? I’m a happy customer!

Untuk sedikit ulasan, Mooncup adalah salah satu brand dari Menstrual Cup, alternatif dari pembalut wanita yang berbentuk seperti bell terbalik berukuran 5 sentimeter, terbuat dari karet silikon yang lembut. Cara pemakaiannya: Mooncup dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung cairan menstruasi.

Convenient:
Sebenernya, saya perlu waktu sekitar 6 bulan untuk menimbang-nimbang sebelum membeli Mooncup, karena waktu melihat fotonya, saya jadi ragu-ragu untuk beli. Kok besar banget ya ukurannya? Nanti kalau nyangkut dan tidak bisa keluar, bagaimana dong?

Ternyata, tidak sesulit itu kok pemakaiannya. Di bulan pertama, memang agak awkward. Saya perlu latihan beberapa kali untuk membiasakan melipat dan mengeluarkan. Tapi dari pertengahan bulan ke 2, saya sudah mulai terbiasa. Di bulan ketiga ini, rasanya sudah kaya pro saja.

Memang penggunaan Mooncup ini sangat memudahkan: saya tidak perlu membawa pembalut atau tampon extra di tas. Ketika traveling, koper tidak penuh dengan satu kotak pembalut. Satu pouch kecil seperti gambar diatas sudah cukup.

Karena kapasitas Mooncup lebih besar daripada pembalut dan tampon (mampu menampung antara 4-8 jam), saya jarang membersihkan Mooncup di tempat umum. Kalaupun harus, membersihkannya juga mudah: tinggal dibilas air saja. Kalau sedang berada di mall atau tempat umum lainnya, tinggal bawa botol air ke WC untuk membilas Mooncup. Biasanya, saya baru cuci pakai sabun kalau menstruasi sudah selesai.

Tidak seperti pembalut, Mooncup dipakainya di dalam tubuh. Karena itu, tidak keliatan dan tidak berasa sama sekali ketika dipakai. Mooncup bisa dipakai disaat olahraga, termasuk tiga olahraga yang saya kerjakan hampir setiap hari: berenang, bersepeda, dan lari. Belum pernah bocor pada saat beraktivitas.

Nah, tentang bocor, saya akui, pernah kejadian sekali. Waktu itu pas di hari kedua cycle menstruasi dimana memang saat heaviest flow-nya saya. Ketika baru bangun tidur, saya lupa mengosongkan Mooncupnya. Sepuluh menit kemudian, bocorlah si Mooncup. Sejak saat itu, saya tidak pernah lupa mengosongkan Mooncup sebelum tidur dan saat bangun pagi.

Safe:
Saya kebetulan agak alergi dengan disposable pad. Kulit yang menyentuh permukaan pad sering iritasi. Jadi, untuk saya, Mooncup ini pas sekali karena dibuat dari non-allergic sillicone, bukan karet, jadi aman untuk orang-orang yang alergi pada latex (seperti saya, contohnya).

Katanya, cara Mooncup menangani menstruasi lebih natural dan lebih sehat. Karena pembalut dan tampon dibuat dari bahan yang menyerap, mereka dapat menyebabkan kekeringan dan perubahan di natural pH balance di tubuh kita. Mooncup menampung cairan yang memang perlu dibuang oleh tubuh, dan meninggalkan natural moisture yang memang diperlukan tubuh.

Yang menarik, menstrual cramp saya hilang sama sekali setelah pakai Mooncup. Entah ada hubungannya atau tidak. Tapi setelah membaca beberapa testimonial dari pemakai Mooncup, memang banyak yang berhenti mengalami menstrual cramp setelah mulai memakainya, biarpun Mooncup sendiri tidak pernah menyebutkan ini salah satu dari benefit Mooncup.

Eco-Friendly:
Kalau yang ini, keliatannya cukup jelas ya. Dengan Mooncup, jumlah sampah menjadi sedikit, terutama dari plastik-plastik di pembalut disposable dan bungkusannya yang tidak bisa diurai oleh alam.

Katanya kalau dirawat dengan baik, bisa dipakai selama 10 tahun!

Pro:

  • Cuma perlu satu dan bisa dipakai berulang-ulang.
  • Lebih sehat daripada tampon dan pembalut.
  • Mudah dibersihkan.
  • Enak dipakai (comfortable), kalau cara pemakaiannya benar.

Con:

  • Bentuknya intimidating, tapi asal mengikuti cara pemakainannya, tidak susah kok.
  • Buat orang yang jijik atau takut darah, sebaiknya jangan pakai produk ini, soalnya agak “messy”.
  • Tidak bisa dipakai saat masa nifas.
  • Harganya tidak murah: Rp. 375.000,00. Tapi karena bisa digunakan bertahun-tahun dan hanya perlu satu buah, sebenarnya sih Mooncup investment yang baik.

Ada Promo Spesial dari MomSelect untuk member The Urban Mama, lho! Selama bulan April 2011, pembelian Mooncup diskon 10% + free ongkos kirim NKRI. Caranya? Sila kirim email ke MomSelect email address yang tertera di atas disertai member name TUM.

53 Comments

  1. tisyonk
    tisa 'tisyonk' March 31, 2011 at 3:31 am

    TFS Jeng Thalia.
    Penasaran euy gmn rasanya kalo si mooncup lg ‘nongkrong’ di ‘dalam’.. :P

    1. March 31, 2011 at 10:55 am

      ga ada rasanya, tis, kalo udah nongkrong di dalem… kayak ga pake apa2 aja. makanya buat gue sih comfortable banget, ga merasa lagi ‘dapet’, hehe.

  2. trias.kelly
    trias kelly March 31, 2011 at 7:34 am

    Bener bentuknya intimidating bgt…

    1. March 31, 2011 at 10:56 am

      iya, emang bentuknya serem, hihihi.

  3. SunShine
    Fitria Adriadi March 31, 2011 at 7:43 am

    TFS mbak Thalia…review-nya mantap bener…seriously, berenang-sepedaan-lari??
    kalau aerobik/yoga? kalo pas tidur, ada posisi tertentu yg ‘aman’ ga?
    hehe..maap nanya borongan…penasaran nih, pengen nyobain…

    1. March 31, 2011 at 11:00 am

      serius dong… aerobik & yoga juga sama aja kok, ga ada posisi2 tertentu. sama juga ama tidur. kalo make menstrual product yang dipakenya di dalem, posisi2 ga ngaruh… itu cuma ngaruh untuk yang dipakenya di luar, kayak pads. kalo yang dipakenya di dalem (kayak tampon, sponge atau cup), selama cara masangnya bener, kalo bocor ya artinya udah penuh aja… hehe.

  4. imelnyamira
    Mira Handayani March 31, 2011 at 8:32 am

    kalo buat yg pake kb iud, ada pengaruhnya gak y? kebayang kayanya bakalan crowded bgt didalem “sana”, hehehe…

    1. March 31, 2011 at 10:58 am

      kata websitenya sih, pake IUD ga papa, asal masangnya bener (mooncup dipakenya dideket luar, jangan diteken jauh ke dalem). tapi gue emang ga pake IUD sih, jadi ga bisa kasih testimonial ttg ke-crowded-annya… heheh.

      btw, ini FAQnya ttg IUD: http://www.mooncup.co.uk/advice-centre/faqs.html#602

  5. LESTARI YUDIASTUTI
    LESTARI YUDIASTUTI March 31, 2011 at 8:39 am

    aku baru tau produk ini , belum bisa ngebayangin gimana pakainya, penasaran banget, agak ngeri karena harus dimasukkan vagina…….apa nggak sakit ya..hem…apa bisa bersih kalau hanya disiram air kemudian dipakai lagi ya …gimana rasanya…mungkin harus di coba……

    1. March 31, 2011 at 11:04 am

      honestly, waktu bulan pertama, karena blum gape cara masukinnya, emang rada nyeri dikit… tapi pas udah di dalem sih ga ada rasanya… tapi sekarang, setelah udah bisa masukinnya, ga berasa sama sekali.

      untuk ngebersihin, sebaiknya pas selesai menstruasi, si mooncup dibersihin thoroughly. bisa disabunin doang (pake mild soap), atau disteril… sebenernya sih bisa pake alat steril botol susu, tapi kok jijik ya… kalo gue sih, pake tablet steril aja skitar 3 bulan sekali.

  6. March 31, 2011 at 9:16 am

    Sumpah penasaran, tapi udah 10 bln blom mens;p

    1. March 31, 2011 at 11:04 am

      hahaha, beruntunglah elo, pam!

  7. risnaps
    risna permatasari March 31, 2011 at 9:47 am

    baru tau ada produk ky bgini.. TFS yahhhh

  8. rachanlie
    mira a March 31, 2011 at 10:20 am

    Wah.. Ada inovasi lagi nih.. Baru tau ada produk begini.. Bener bgt liat bentuknya kok intimidating banget. Tapi mungkin karena dari silikon nantinya ngikut struktur tubuh kita kali yah.. Penasaran tapi masih agak serem.. Dan juga udah mau 17bln blom dateng bulan.. Hehehe.. :D

    1. March 31, 2011 at 11:06 am

      iya mir, karena silikon, jadi bisa dilipet2… cara masukinnya aja dilipet. trus karena dimasukinnya dalam keadaan basah, jadi licin.

      sebenernya, yang tricky ama benda ini tuh cara ngeluarinnya, hehehe.

  9. sLesTa
    shinta lestari March 31, 2011 at 10:36 am

    penasaran deh sama mooncup. idenya bagus krn ini selain save money juga save the environment. pas ama tema go green! hehe.. tapi gue masih belom yakin mau nyobain krn pake tampon aja gue males.

    tapi kayaknya mesti ngeberaniin diri kali yaa.. hihi.. mumpung lagi ada diskon nih dari mom select! :P

    1. March 31, 2011 at 11:08 am

      skip tampon aja, shin… ga worth it, kalo dibandingin ini (gue ex pemakai tampon). sama2 ada learning curve, trus tampon suka bikin sakit perut (eh, tapi elo ga sakit perut ya kalo lagi dapet), dan ada resiko TSS… jangan lah. kalo mau, langsung coba ini aja. tapi ya investasi awalnya gede… jadi kalo ga cocok, rada rugi, hehe.

  10. eka
    Eka Wulandari Gobel March 31, 2011 at 10:50 am

    eiya bentuknya nakutin hihihi..
    tapi pengen nyoba juga, penasaran. kalo cocok kan lumayan pengiritan :)
    btw kalo dipake lari si mooncup ini bisa lepas gak? hihihi..

    1. March 31, 2011 at 11:10 am

      engga kok, ka… gue kan lari 5+km ampir tiap hari, di luar pulak. ga pernah ada problem kok. dia dipegangin ama vagina muscle :) sering2 kegel exercise aja biar musclenya kuat :D

  11. nanad
    swastikha nadia March 31, 2011 at 11:16 am

    eeww…pertama kali baca rasanya geli bgt ngebayangin mooncup ada di dalem,masukin n ngeluarinnya gmn y,di ubek2 biar cari posisi pewe-nya gitu ya?*masihngebayangin*hehe….
    Mungkin agk susah ya awalnya setelah sekian puluh tahun pake pembalut biasa,tp penasaran juga si… :)
    thalia,rasanya gimana si klo si cup ini ada di dlm,ganjel2 gitu gak?.. (maapkeun bahasanya) :)

    1. March 31, 2011 at 11:45 am

      engga, kalo udah dimasukin, ga ada rasanya sama sekali… kayak ga pake apa2…

      tapi emang bener lho, pas awal2, mo ngeluarinnya emang rada “ngubek2″ gitu. hehe. emang ada learning curve-nya sih ini. makanya gue baru berasa jago setelah bulan ke-3… hihihi. buat gue sih, worth it lah… 2 bulan belajar, buat ngirit selama bbrp tahun kedepan :D apa lagi, kebetulan cocok buat gue :)

  12. amie kumala
    Hutami Kumala March 31, 2011 at 11:31 am

    serem ih liat bentuknya…ngeri gak bisa keluar kalo udah dimasukin ke dalem. thalia gak takut ada side effectnya ya kalo pake silikon yang cuma di cuci tanpa sabun selama masa menstruasi? atau emang itu bener2 aman?…maap ya, abis ga pernah pake tampon *itu aja takut makenya apalagi ini…* hehe

    1. March 31, 2011 at 11:47 am

      kalo pas lagi ngeluarin, emang cuma dicuci pake air doang… soalnya langsung masuk lagi… kan dia diluar ga sampe semenit.

      tapi diantara datang bulan, emang gue bersihin sih… pake sabun atau di sterilize.

  13. lovely_eve
    lovely_eve March 31, 2011 at 11:42 am

    Pengen nyoba, udah dipikirin sejak baca ulasan diforum, tp ms rada gimana..gitu :). Dipikiran gw bukan cara masukinnya tp gmn lepasinnya, apa ga ceceran??? (Maap bahasanya) hehheheee

    1. March 31, 2011 at 11:49 am

      berceceran!! makanya pas ngelepasnya mesti either di WC atau jongkok di kamar mandi… hehhee… dan seperti yang gue tulis, kalo takut darah atau jijik, mending jangan pake ini, soalnya beneran berceceran! dan kita mesti bersihin dulu sebelum dimasukin lagi… hehe.

      1. lovely_eve
        lovely_eve April 6, 2011 at 9:27 am

        wew… berceceran yah … duh serasa gmn gitu deh sekarang :)
        keinginan nyoba tetep tinggi sambil bayangin pas ngelepasnya, heheheeeee

  14. Honey Josep
    Honey Josep March 31, 2011 at 12:13 pm

    hihihihi, si moon cup ini bentuknya kayak kondom :D

    pengen nyoba ah, promo sampe akhir April kan… nunggu rapelan gaji masuk aah…

    lebih baik lagi klo ada open PO di The Urban Mama buat si moon cup ini… kayak yg Rescue Remedy… :)

    1. March 31, 2011 at 3:08 pm

      hehe, tapi kaku gitu kok. dan dipasangnya kebalik. lebih mirip diaphragm kali ya?

  15. evi_widjaja
    evi_widjaja March 31, 2011 at 1:09 pm

    baru ngerti ada produk kayak gini :)
    ngebayangin pake, kayaknya gimanaaaa gt…
    gak bisa ngebayangin gimana pakenya :D

  16. IntanDian
    Dian Sarwono March 31, 2011 at 2:04 pm

    hmmm… gw juga sensitif sama pembalut, cuma bisa pakai 1 brand. Dan bener2 bisa save environment ya..
    Thal, itu di foto ada yang A dan B, bedanya apa ya?

    1. March 31, 2011 at 3:12 pm

      yang A itu ukurannya lebih kecil, untuk yang umurnya dibawah 30 tahun dan blum pernah melahirkan normal.

      kalo yang ukuran B itu, untuk yang umurnya diatas 30 tahun atau udah pernah melahirkan normal.

      btw, iya, gue juga dulu cuma bisa pake pembalut satu brand doang. itu pun mesti seriiiiing banget gantinya.

      1. March 31, 2011 at 10:17 pm

        eh, maap… kebalik deng. A yg ukuran lebih gede, utk 30+/normal delivery, B buat yang dibawah 30 thn & blum pernah normal delivery.

  17. crey
    Chrisye Wenas March 31, 2011 at 5:12 pm

    Thal, nyambung pertanyaannya dian:
    jadi kalo belum pernah melahirkan normal, mending pake A ya? Elo pake A juga?
    Tfs ya :)
    Gw setelah pake IUD, asli setiap mens buanyak banget dan jadi sering ganti deh… Mmmh, mempertimbangkan ini tapi takuuut hiiii *masih bergidik* :p

    1. March 31, 2011 at 6:57 pm

      gue udah jauh diatas 30 taun, crey, hehehe…. jadilah yang B. gue blum pernah liat yang A sih, katanya lebih kecil. tapi yang B juga ternyata bisa kok, kalo dilipet2 pas masukinnya…

      1. March 31, 2011 at 10:18 pm

        eep, salah. maksud gue, gue pakenya yang A… barusan kebalik :P

  18. eva linda
    eva linda March 31, 2011 at 5:25 pm

    tertarik sih … tapi sama seperti yang lain juga, masih agak gimana gitu … ngebayangin kalo lagi ngeluarin .. bisa tahan gak ya ….hi..hi..
    o ya kalo lagi pake ini, aktifitas yang lain spt buang air kecil ngaruh gak ya?
    soal ukuran, kalo uda diatas 30 tapi belum pernah melahirkan pakainya yang mana ya ?

    1. March 31, 2011 at 6:59 pm

      ga ngaruh kok. pokoknya, selama si mooncup lagi di dalem, semua aktifitas bisa dikerjain seperti ga lagi mens.

      gue diatas 30 tahun, dan melahirkannya ceasarian… dan gue pake yang B.

      1. March 31, 2011 at 10:20 pm

        eh maap, maksudnya gue pake yang A. tadi kebalik :P

  19. mamanya orion
    Fajar Indah Permatasari Tanip April 1, 2011 at 8:35 am

    Bener2 intimidating..huhuhu..ngebayangin susah makenya trs nyuci di mall?huaaaaaa..tidaaakkkkk…ntr darahnya kepegang2..#pingsan

  20. dewiamel
    dewiamel April 2, 2011 at 11:10 pm

    saya sempet lihat di youtube… gak kebayang gimana pas make nya hihihih

  21. imazra
    fatimah April 4, 2011 at 11:29 am

    Aku pemakai IUD dan Mooncup juga. Alhamdulillah ga ada masalah kok :)

    1. April 5, 2011 at 11:03 pm

      oh, ternyata emang beneran ga masalah ya kalo pake IUD?

  22. Alderina
    Alderina Gracia April 5, 2011 at 3:01 pm

    Sebagai yang belum pernah menikah, sumpah ini nakutin banget :))) Tapi mungkin kalau udah menikah bakal beda ya…

    1. April 5, 2011 at 11:05 pm

      kalo kata websitenya sih, sebaiknya kalo mau mempertahankan selaput dara dengan komplit, mending jangan pake mooncup (atau tampon, pokoknya semua yang dipakenya di dalem).

      dan honestly, kayaknya kalo gue blum kawin, bakal ga punya nyali juga sih buat pake mooncup, hihihi :P

  23. LilAngel
    Sagita Zakiah Putri April 16, 2011 at 11:56 pm

    duh jadi pengen cobaaaaa… tapi gak bisa buat nifas ya mbak? gak bisa nya kenapa tuh mbak? karna darah nifas lebih banyak dari mens normalkah?

    1. April 17, 2011 at 11:52 pm

      oh bukan! soalnya, pada waktu masa nifas, daerah vagina kemungkinan masih banyak lukanya (dan mungkin jahitan2 juga, kalo digunting). kalo aku sih ga kebayang make barang yang perlu dimasukin ke dalam vagina pas di masa nifas… haduh perihnya… hu hu hu.

  24. nanaazzahra
    nanaazzahra November 17, 2011 at 7:10 pm

    mau mbak. gimana cara dapat barangnya….??skalian nanti kursus private makenya biar nyaman yaaa….

  25. buikadmar
    buikadmar January 1, 2012 at 6:08 am

    Met tahun baru mamas smua, ikut nimbrung ya..
    Jd bener ga mslh pake iud, pengen nyoba meski takut tp nunggu beberapa bln kedpn kyknya coz babyku baru 4 bulan blm “dpt” lagi

  26. ninit
    ninit yunita January 20, 2015 at 4:22 pm

    udah pakeee… dan menyesal kenapa ngga dari dulu pake mooncup :)

  27. Arshy fidelia
    Arshy fidelia July 12, 2015 at 12:19 pm

    Ini gimana caranya beli ya mbak?

  28. ninit
    ninit yunita July 27, 2015 at 2:04 pm

    arshy: coba di OLS di artikel ini deh.

  29. Siti Ruqoyyah
    Siti Ruqoyyah August 10, 2015 at 8:21 pm

    Bunda cantik yg sudah byk pakai moon cup. Saya mau tanya kalau pipis d lepas tidak moon cupnya ? Mohon replanya ya Bunda ☺️

  30. jessmite
    jessmite September 10, 2015 at 7:02 am

    Mahal banget harganya sekarang ya…. mana ga ada promo lagi!
    Kalau saya udah 2 tahun pakai menspad dan puas banget.. cuma kadang males nyucinya heheh…
    Kayaknya mooncup adalah my answered prayer. Nyucinya gampang dan ga perlu di jemur kayak menspad di jemuran soalnya kan malu kalau diliat orang menspadnya kayak undies gitu apalagi kalau sampai ilang!

    Oh ya mbak Thalia.. tablet sterilisasi itu bisa dibeli dimana? Apa ya merk dagangnya? Bersihin mooncup pakai cairan antiseptik seperti dettol bisa nggak?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.