My Kitchen, My Kingdom

sLesTa

Saat kuliah saya tinggal jauh dari orang tua, keluarga, dan tanah air. Akibatnya saya jadi sering menghabiskan waktu di dapur karena kangen masakan rumah terutama masakan mama, dan ingin mencoba membuatnya. Karena masih amatir, jadi waktu di dapur semakin lama. Belum lagi urusan bersih-bersih setelah masak, dapur udah kayak kapal pecah! Padahal hanya bikin satu makanan.

Nah berhubung waktu itu saya tinggal di US, saya selalu memakai Scotch Brite sebagai alat untuk bersih-bersih di dapur. Di US, memang brand ini termasuk brand yang rasanya ‘wajib’ dipunyai. Dan gak hanya untuk bersih-bersih di dapur tapi juga untuk kebutuhan membersihkan satu rumah. Dari sponge untuk cuci piring, pembersih kamar mandi, lap untuk membersihkan dapur, dan sebagainya. Saya selalu puas dengan hasilnya.

Sejak pindah ke Singapura, saya kadang masih tetap memakai barang-barang keluaran Scotch Brite ini karena memang akhirnya terbukti paling tahan lama dan kualitasnya memang lebih bagus. Simpel aja, daripada beli sponge pembersih cuci piring yang satu pak dengan harga lebih ekonomis, saya lebih memilih sponge keluaran Scotch Brite. Awalnya sih sempet mikir, “Ah murahan beli yang ekonomis aja deh!” Tapi ternyata sponge ekonomis ini cepat sekali rusak, sementara dengan satu sponge Scotch Brite bisa bertahan dengan waktu yang sama dengan satu pak sponge ekonomis itu habis. Jadi terbukti memang produk keluaran 3M ini 3x lebih bersih, 3x lebih tahan lama!

Akhir-akhir ini, saya punya satu aktivitas bersama Naia di dapur yaitu… baking session! Jadi setiap akhir pekan, saya akan membuat paling tidak satu jenis makanan bersama Naia, dari cookies yang dibentuk-bentuk lucu dengan cookie cutter, membuat & menghias cupcakes, mencoba berbagai resep muffins, etc. Nah kebayang gak kalo abis selesai acara ini, dapur berantakannya kayak apa? Karena sesi ini memang dibuat sebagai aktivitas bersama Naia, jadi saya tidak mengutamakan dapur harus rapi dan bersih ketika beraktivitas. Yang penting we’re having fun in the kitchen! Walaupun kadang tepung bisa ada dimana-mana atau mentega yang meleleh terinjak-injak, bahkan kadang adonan kue yang tumpah ke oven atau ke kabinet dapur. Ini pun jadi acara untuk mengajarkan bersih-bersih kepada Naia karena seperti yang dulu Mama saya pesan, bahwa seorang pemasak itu harus bisa meninggalkan dapur dengan masakan yang enak dan dapur kembali ke keadaan semula.

Nah disinilah saya berterima kasih sekali dengan sponge & wipes buatan Scotch Brite yang dengan mudah membantu saya membersihkan dapur dan perlengkapannya, termasuk alat masak dan alat makan. Saya ingin menjaga sekali kebersihan dan keawetan kondisi dapur apartemen yang baru saya huni 1 tahun terakhir ini. Karena saya juga memang sering berada di dapur dan memasak makanan favorit keluarga. For me, my kitchen is my kingdom… and it should always be kept clean at all times!

Waktu kemarin saya berlibur ke Jakarta, Mama saya membawakan satu tas penuh berisi barang-barang dari Scotch Brite. Kata Mama, “Coba deh, ini bagus-bagus loh buat ngebersihin dapur! Kan kamu sekarang sering beraktivitas di dapur sama Naia”. Wah, ternyata Mama memang memakai Scotch Brite loh! Dan ini dia yang ada di dalam kantong dari Mama..

a. Sabut Spons Hijau

  • Terbuat dari serat khusus.
  • Mengandung partikel penggosok khusus.
  • Untuk membersihkan peralatan masak (panci, wajan, dll).
  • Bentuk ergonomis s-shape, sehingga gampang dipegang ketika membersihkan.

b. Sabut Spons Putih

  • Untuk peralatan makan.
  • Tidak menggores, sehingga alat makan dan kristal tidak cepat kusam.
  • Anti bakteri, sehingga tidak berbau.
  • Bentuk ergonomis (s-shape).

c. Sabut Spons Biru

  • Untuk peralatan memasak anti lengket seperti Teflon.
  • Tidak menggores, sehingga lapisan teflon tidak mengelupas.
  • Anti bakteri, sehingga tidak berbau.
  • Bentuk ergonomis (s-shape).

d. Sabut Jaring

  • Untuk noda, kotoran maupun lemak yang ringan pada piring dan gelas.

e. Lap Dapur Microfiber

  • Untuk membersihkan area dapur (kompor gas dan bak cuci) – ini favorit saya untuk bebersih di dapur, semua kengkat!.
  • Terbuat dari microfiber.
  • Tidak perlu cairan pembersih.
  • Tidak meninggalkan serat kain.
  • Daya serap tinggi dan mudah dicuci (bisa dicuci di mesin cuci).

Wipes dengan bahan microfiber ini jadi favorit saya karena daya serapnya yang tinggi dan tidak meninggalkan bekas kain ketika digunakan (ini penting banget! soalnya pakai kain biasa sering banget nih kejadian, jadinya bukannya bersih, malah kotor deh). Terbukti, dapur saya tetap kinclong setelah aktivitas memasak bersama Naia! Lalu ada 2 lap dapur lainnya khusus untuk membersihkan kabinet dapur & perlengkapan makan, termasuk untuk gelas & cangkir.


Urban Mama mau mendapatkan Kitchen Products Scotch Brite ini? Yuk, ikuti giveaway dari 3M di twitter @theurbanmama dan facebook fan page.

39 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel March 15, 2011 at 1:05 am

    Wah sama..penggemar scotch brite juga! Malah rencana mau beli alat pel-nya juga nih..
    Btw, bole ikutan kuisnya gak nih? Hihihi..

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 9:03 am

      iyaa alat pel nya juga gue suka bangeeett! microfiber nya itu loh yang bikin gampang buat angkat2 debu dan kotoran.

      *nyuekin pertanyaan eka mau ikutan kuis hihi*

  2. ninit
    ninit yunita March 15, 2011 at 5:55 am

    shin! gw juga pemakai scotch brite! terutama spons-nya. sejak di singapur gw pake ini dan keterusan sampe udah di jakarta. uhmm malah berlanjut ke pel dan sikatnya juga. soalnya ya itu tadi, emang kualitas lebih oke dan tahan lama. kalo beli yg ekonomis, kualitasnya emang beda ya dan jatuh2nya juga ga tahan lama.

    iiih! dapur elo emang keren deh. terawat banget dan bersih! betaaah lama2 di sana :) beneran kinclong deh shin! :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 9:06 am

      gue juga sukaa banget sama sikat kamar mandinya! soalnya tahan lama dan bisa dipake untuk bersiin soap scum yang susah dibersiin. sabut nya itu gak gampang lepas. dan iya emang ada harga ada barang hehe.. tapi setelah gue pikir2 beli yang ekonomis emang murah tapi akhirnya cepet digantinya. ya sama aja dong?

      dapur gue kan masih 1thn umurnya hihi.. makanya mesti dijaga doongg, biar tahan lama. karena nongkrongnya kan di dapur mulu :P

  3. rhisuka
    riska nurmarlia March 15, 2011 at 6:23 am

    *toss* gue juga pengguna scotch brite. Bahkan sampe sikat kamar mandi pun pake scotch brite. Bagus dan awet. Tapi gue baru tau kalo beda warna sabut beda fungsi. Biasanya pake satu aja gitu buat semuanya :p tfs ya shin.. :)

    Setuju sama teh ninit, dapurnya kinclong :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 9:08 am

      ehem.. sebenernya gue juga baru tahu setelah nyokap gue kasih kalo sponge itu beda warna beda fungsi. lebih karena gue iseng ngebacain. selama ini kan kalo beli maen ambil, cemplungin ke box blanjaan, sampe rumah langsung robek. ternyataaaa ada sponge khusus untuk bersiin teflon (penting banget!), soalnya selama ini panci teflon gue jadi pada gores.. huhu..

  4. mommie jeff
    minar tiartha March 15, 2011 at 6:53 am

    waaah…gue juga penggemar scotch brite. memang jauuuh lebih ekonomis dibanding beli merk lain karena awet bgt. tfs ya shin untuk jenis jenisnya..jadi aware…hehe..
    ikutan kuis aaahh…:) kikikikikik…

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 9:08 am

      iya ntar ikutan yaa.. mudah2an menang! :)

  5. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati March 15, 2011 at 7:30 am

    lho ada warna lain to selain hijau ?? beda2 fungsinya pula … mw cari yg biru sm lap microfibernya ah

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 9:12 am

      soalnya kayaknya gak semua supermarket jual yang warna warni. kalo yang biru & jaring gue suka liat sih, tapi kadang emang kita suka ga merhatiin ya. mudah2an jadi tau setelah ini hehe..

  6. niens
    Nina Setyawati March 15, 2011 at 8:25 am

    hihihi…, jadi inget waktu kerja di kantor sebelumnya, kalo stock di rumah abis, tinggal nyomot sample di kantor… tapi gw make scotchbrite bukan krn gratisan aja kok, tapi emang bagus qualitynya. ada harga ada baranglah…

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:08 am

      enak bangeet bisa nyomot sample dari kantor hehhe..

  7. otty
    Pangastuti Sri Handayani March 15, 2011 at 8:27 am

    Dari dulu nyokap gue juga selalu beli produk2nya Scotch Brite, dan kebiasaan itu masih gue lanjutin sampe sekarang.

    Waktu itu pernah kepepet beli merk abal2 karena ga nemu Scotch Brite sementara spons dapur udah harus diganti, ART gue protes katanya “bagusan yang biasa ibu beli” :D Akhirnya sekarang gue jadi menimbun spons, belinya dilebihin dikit buat stock.

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:09 am

      wah nyokap lo canggih juga ya! nyokap gue kayaknya sih udah pake dari dulu juga, gue ga merhatiin. tapi kalo gue emang sejak dulu pake, waktu pindah ke indonesia kan jarang ke dapur, jadi jarang merhatiin heheh..

  8. BunDit
    BunDit March 15, 2011 at 8:30 am

    Hihihi sama nih, baru tahu kalau ternyata scotch brite banyak macemnya. Selama ini cuma pakai yang warna ijo buat semua tujuan alias multifungsi :D . Ikutan kuis ah…biar koleksi scotch brite tidak cuma warna ijo :-)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:12 am

      iya banyaakk banget kok! ini baru kitchen, belom untuk kamar mandi, kamar, etc. banyak banget macemnya.. dan emang mesti teliti baca kegunaannya, ternyata macem2 loh! gue juga sih kadang cukup beli yang sabut warna ijo aja, tapi sekarang mulai pake yang biru, soalnya sayang itu teflon jadi pada kegores semua deh kalo pake yang ijo.

  9. ILDA
    ILDA March 15, 2011 at 9:31 am

    wahhh…. klo dapur dirumah ku sebagus dapur mu mah aku jg bakalan semangad beraktifitasnyaaa… :D

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:13 am

      aiih makasiihhh! maklum masih baru apt nya, aku baru pindahan ke apt ini kira2 1.5thn yang lalu, jadi masih rapi & kinclong. semoga seterusnya deh berkat scotch brite heheh..

  10. cyndewi
    cynthia dewi March 15, 2011 at 9:54 am

    nah kan akhirnya gw dapet ilmu lagi: spons n fungsinya. tx for d review mama :)

    hari selasa waktunya kuis TUM..asiik :D

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:17 am

      sama2. semoga menang kuisnya.. biar bisa nyobain spons2 buatan scotch brite :)

  11. iis sugiyarti
    iis sugiyarti March 15, 2011 at 9:56 am

    Penasaran hasilnya, pingin coba ah

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 10:19 am

      silakaaannn… dijamin puas deh! :)

  12. bisri
    Achmad Bisri March 15, 2011 at 10:19 am

    waaw tante dapurnya bikin pengenn … :) rapi dan bersih

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 11:08 am

      pengen apa kang? pengen masak? pengen bebersih? yuukkk! hehhe..

  13. restya
    Neneng Restiana March 15, 2011 at 10:49 am

    Ampuun deh.. 1.5 tahun wkt yg lamaaa lho Shin! kereen bgt deh dapurnya msh kinclong gitu, pasti krn scotch brite yah ;)

    sama, baru tahu jg klo beda warna beda fungsi, mo cari yg buat bersihin kamar mandi ach, soalnya klo buat suami, kamar mandi bagian yg paling penting,jd harus bersih & wangi.

    tfs Mama Shinta :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 11:12 am

      hahaha neneng bisa aja.. iya dong karena scotch brite. eh itu pas foto dapurnya bukan untuk pencitraan karena mau masuk artikel loh. itu emang bentuk standar dapur kalo lagi ga dipake. padahal itu gue sebenernya lagi masak, lagi bikin donat (liat gak ada bowl gede buat naro adonan?) :P

      dan iya gue juga pake srub nya untuk di kamar mandi. apalagi ada satu tuh yang untuk bersiin toilet. itu juga penting banget dipake, soalnya bisa bener2 untuk bersiin sampe ke lekuk2 dalam.

  14. yustin
    yustin March 15, 2011 at 10:55 am

    gue juga pencinta scotch brite.. dan setuju, dapur Shinta emang kinclong abiss

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 11:13 am

      *toss dulu ah* hehe.. jadi pengen masak gak di dapur gue yus? *ehem*

  15. superpippo
    Astrid Lim March 15, 2011 at 11:15 am

    ahhh, paling suka sama lapnya nih, emang bersih banget dan gampang nyucinya =)
    btw naia lucu banget shin, dikuncir dua gitu..kayanya mau ngikutin jejak mamanya nihhh masak-memasak =D

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 6:11 pm

      iyaa bener, lap2nya emang enak dipake ya? favorite banget tuh yang microfiber.

      iya naia skrg emang standar rambutnya mesti dikuncir dua gitu, kalo gak kriwil2 brantakan deh. gerah gue liatnya. baking sama anak itu emang seruu banget deh! gak sabar naia gedean dikit dan bisa masak dish sendiri, gak cuma ikut ‘ngeberantakin’ doang heheh..

  16. crey
    Chrisye Wenas March 15, 2011 at 11:26 am

    dapurnya kinclong beneeeuurr :D
    iya setuju, scotch brite jaminan mutu banget…
    dulu kalo beli sepaket pernah ada buku petunjuknya yg lucu banget buat nerangin bedanya spons ijo, putih, dll :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 6:29 pm

      makasiihhhh creeeyy!! eh ada ya buku petunjuknya? ga pernah liat..

  17. nyanya
    almaviva landjanun March 15, 2011 at 1:52 pm

    Shin, dapurnya enakeun beneeer. Samaaa..dari dulu belinya scotch brite. TFS mommy Shin :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 15, 2011 at 6:30 pm

      makasih yaaa, mama melon :)

  18. ipeh
    Musdalifa Anas March 15, 2011 at 8:39 pm

    Cita-cita pen punya dapur gede dan luas, dan kinclong pastinya, kek dapurnya mami shinta, bersihhh pulaa.. Penasaran dengan alat pel-nya :)

    Tfs mam :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 16, 2011 at 12:24 pm

      alat pel nya juga bagus loh. tar deh di review juga ;)

  19. okihaerani
    Oki Haerani March 16, 2011 at 7:37 am

    Ada satu lagi dari Stoch brite yang OK banget yaitu: LAP KACAMATA! Asli bikin kaca jadi jernih bgt :) Cuma kayaknya jarang ada, punyaku pun hasil dikasih adek..dan berguna bgt :)

    1. sLesTa
      shinta lestari March 16, 2011 at 12:25 pm

      wah baru denger kalo ini. ini emang lap khusus kacamata yah? mau cari aahhh…

  20. Mama Taruli
    Mama Taruli November 22, 2014 at 11:31 pm

    Cantiknya dapurnyaaa… ♥♥♥

    Pm ya bunda pake jasa kitchen set apa. Pleaseeee ;)
    Sudah 5 bulan wara wiri nyari jasa kitchen set, belum nemu yg cocok jugaaa..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.