My Kitchen, My Kingdom

Saat kuliah saya tinggal jauh dari orang tua, keluarga, dan tanah air. Akibatnya saya jadi sering menghabiskan waktu di dapur karena kangen masakan rumah terutama masakan mama, dan ingin mencoba membuatnya. Karena masih amatir, jadi waktu di dapur semakin lama. Belum lagi urusan bersih-bersih setelah masak, dapur udah kayak kapal pecah! Padahal hanya bikin satu makanan.


Nah berhubung waktu itu saya tinggal di US, saya selalu memakai Scotch Brite sebagai alat untuk bersih-bersih di dapur. Di US, memang brand ini termasuk brand yang rasanya 'wajib' dipunyai. Dan gak hanya untuk bersih-bersih di dapur tapi juga untuk kebutuhan membersihkan satu rumah. Dari sponge untuk cuci piring, pembersih kamar mandi, lap untuk membersihkan dapur, dan sebagainya. Saya selalu puas dengan hasilnya.

Sejak pindah ke Singapura, saya kadang masih tetap memakai barang-barang keluaran Scotch Brite ini karena memang akhirnya terbukti paling tahan lama dan kualitasnya memang lebih bagus. Simpel aja, daripada beli sponge pembersih cuci piring yang satu pak dengan harga lebih ekonomis, saya lebih memilih sponge keluaran Scotch Brite. Awalnya sih sempet mikir, "Ah murahan beli yang ekonomis aja deh!" Tapi ternyata sponge ekonomis ini cepat sekali rusak, sementara dengan satu sponge Scotch Brite bisa bertahan dengan waktu yang sama dengan satu pak sponge ekonomis itu habis. Jadi terbukti memang produk keluaran 3M ini 3x lebih bersih, 3x lebih tahan lama!

Akhir-akhir ini, saya punya satu aktivitas bersama Naia di dapur yaitu... baking session! Jadi setiap akhir pekan, saya akan membuat paling tidak satu jenis makanan bersama Naia, dari cookies yang dibentuk-bentuk lucu dengan cookie cutter, membuat & menghias cupcakes, mencoba berbagai resep muffins, etc. Nah kebayang gak kalo abis selesai acara ini, dapur berantakannya kayak apa? Karena sesi ini memang dibuat sebagai aktivitas bersama Naia, jadi saya tidak mengutamakan dapur harus rapi dan bersih ketika beraktivitas. Yang penting we're having fun in the kitchen! Walaupun kadang tepung bisa ada dimana-mana atau mentega yang meleleh terinjak-injak, bahkan kadang adonan kue yang tumpah ke oven atau ke kabinet dapur. Ini pun jadi acara untuk mengajarkan bersih-bersih kepada Naia karena seperti yang dulu Mama saya pesan, bahwa seorang pemasak itu harus bisa meninggalkan dapur dengan masakan yang enak dan dapur kembali ke keadaan semula.

Nah disinilah saya berterima kasih sekali dengan sponge & wipes buatan Scotch Brite yang dengan mudah membantu saya membersihkan dapur dan perlengkapannya, termasuk alat masak dan alat makan. Saya ingin menjaga sekali kebersihan dan keawetan kondisi dapur apartemen yang baru saya huni 1 tahun terakhir ini. Karena saya juga memang sering berada di dapur dan memasak makanan favorit keluarga. For me, my kitchen is my kingdom... and it should always be kept clean at all times!

Waktu kemarin saya berlibur ke Jakarta, Mama saya membawakan satu tas penuh berisi barang-barang dari Scotch Brite. Kata Mama, "Coba deh, ini bagus-bagus loh buat ngebersihin dapur! Kan kamu sekarang sering beraktivitas di dapur sama Naia". Wah, ternyata Mama memang memakai Scotch Brite loh! Dan ini dia yang ada di dalam kantong dari Mama..

a. Sabut Spons Hijau


  • Terbuat dari serat khusus.

  • Mengandung partikel penggosok khusus.

  • Untuk membersihkan peralatan masak (panci, wajan, dll).

  • Bentuk ergonomis s-shape, sehingga gampang dipegang ketika membersihkan.


b. Sabut Spons Putih

  • Untuk peralatan makan.

  • Tidak menggores, sehingga alat makan dan kristal tidak cepat kusam.

  • Anti bakteri, sehingga tidak berbau.

  • Bentuk ergonomis (s-shape).


c. Sabut Spons Biru

  • Untuk peralatan memasak anti lengket seperti Teflon.

  • Tidak menggores, sehingga lapisan teflon tidak mengelupas.

  • Anti bakteri, sehingga tidak berbau.

  • Bentuk ergonomis (s-shape).


d. Sabut Jaring

  • Untuk noda, kotoran maupun lemak yang ringan pada piring dan gelas.


e. Lap Dapur Microfiber

  • Untuk membersihkan area dapur (kompor gas dan bak cuci) - ini favorit saya untuk bebersih di dapur, semua kengkat!.

  • Terbuat dari microfiber.

  • Tidak perlu cairan pembersih.

  • Tidak meninggalkan serat kain.

  • Daya serap tinggi dan mudah dicuci (bisa dicuci di mesin cuci).

Wipes dengan bahan microfiber ini jadi favorit saya karena daya serapnya yang tinggi dan tidak meninggalkan bekas kain ketika digunakan (ini penting banget! soalnya pakai kain biasa sering banget nih kejadian, jadinya bukannya bersih, malah kotor deh). Terbukti, dapur saya tetap kinclong setelah aktivitas memasak bersama Naia! Lalu ada 2 lap dapur lainnya khusus untuk membersihkan kabinet dapur & perlengkapan makan, termasuk untuk gelas & cangkir.


Urban Mama mau mendapatkan Kitchen Products Scotch Brite ini? Yuk, ikuti giveaway dari 3M di twitter @theurbanmama dan facebook fan page.

39 Comments

  1. avatar
    Mama Taruli November 22, 2014 11:31 pm

    Cantiknya dapurnyaaa... ???

    Pm ya bunda pake jasa kitchen set apa. Pleaseeee ;)
    Sudah 5 bulan wara wiri nyari jasa kitchen set, belum nemu yg cocok jugaaa..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Oki Haerani March 16, 2011 7:37 am

    Ada satu lagi dari Stoch brite yang OK banget yaitu: LAP KACAMATA! Asli bikin kaca jadi jernih bgt :) Cuma kayaknya jarang ada, punyaku pun hasil dikasih adek..dan berguna bgt :)

    1. avatar
      shinta lestari March 16, 2011 12:25 pm

      wah baru denger kalo ini. ini emang lap khusus kacamata yah? mau cari aahhh...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas March 15, 2011 8:39 pm

    Cita-cita pen punya dapur gede dan luas, dan kinclong pastinya, kek dapurnya mami shinta, bersihhh pulaa.. Penasaran dengan alat pel-nya :)

    Tfs mam :)

    1. avatar
      shinta lestari March 16, 2011 12:24 pm

      alat pel nya juga bagus loh. tar deh di review juga ;)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Almaviva Landjanun March 15, 2011 1:52 pm

    Shin, dapurnya enakeun beneeer. Samaaa..dari dulu belinya scotch brite. TFS mommy Shin :)

    1. avatar
      shinta lestari March 15, 2011 6:30 pm

      makasih yaaa, mama melon :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Chrisye Wenas March 15, 2011 11:26 am

    dapurnya kinclong beneeeuurr :D
    iya setuju, scotch brite jaminan mutu banget...
    dulu kalo beli sepaket pernah ada buku petunjuknya yg lucu banget buat nerangin bedanya spons ijo, putih, dll :)

    1. avatar
      shinta lestari March 15, 2011 6:29 pm

      makasiihhhh creeeyy!! eh ada ya buku petunjuknya? ga pernah liat..

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .