ORI 010 atau KW 010?

Sekarang lagi heboh iklan bank, ramai menjual ORI 010.
Kalau ngobrol sama ibu-ibu gaul, mereka malah pada heboh nanya balik pada saya, “ORI 010 apa KW 010? Kita sih hanya ngerti nya tas ORI :).”

Jadi apa sih sebenarnya ORI 010 itu?
ORI singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia.
010 adalah kali ke-10 sudah obligasi negara ritel ini diluncurkan.

ORI sendiri adalah obligasi (surat hutang) negara yang dijual kepada individu/perseorangan warga negara Indonesia melalui agen penjual (bank) di pasar perdana. Obligasi (surat hutang) negara, minimal pembeliannya adalah sebesar 1M. Nah, ORI ini adalah versi mini-nya, kita bisa beli dengan angka yang lebih kecil karena dijual ritel. Pembelian minimum hanya sebesar Rp 5jt, maksimal Rp 3M (untuk pembelian di pasar perdana). Pasar perdana maksudnya di periode tertentu saat pembukaan awal, untuk ORI 010 pasar perdananya pada tanggal 20 September s/d 4 Oktober 2013. Di periode ini, kita bisa mulai memesan, kepastian dan informasi apakah kita dapat jatah akan diumumkan pada tanggal 7 Oktober 2013. Apabila kita kehabisan jatah, masih bisa membeli ORI 010 ini di pasar sekunder, di Bursa Efek Indonesia namun tentunya dengan harga yang sudah berbeda dengan penawaran di pasar perdana.

Berikut adalah informasi mengenai ORI 010:


    1. Per hari Rabu (18/9/2013) diumumkan bahwa kupon ORI sebesar 8,5% (gross) setelah potong pajak 15% maka nett return adalah 7,23% per tahun.
    2. Jangka waktu 3 tahun.
    3. Minimal pembelian Rp 5jt --- max Rp 3M.
    4. Masa penawaran 20 Sep s/d 4 Oktober 2013, tanggal penjatahan 7 Okt 2013, tanggal settlement 9 Okt 2013.
    5. Pembayaran kupon setiap tanggal 15, pembayaran pertama 15 Nov 2013.
    6. Apa itu kupon? Kupon adalah bunga yang akan dibayarkan per bulan-nya ke rekening pemilik ORI. Misal: membeli ORI Rp 5jt, bunga per thn Rp 361.250, maka kupon/bunga yang dibayarkan per bulan adalah Rp 30.104.
    7. Bank penjual ORI 010 adalah Citibank, ANZ, Bukopin, BCA, CIMB Niaga, Danamon, BII, Mandiri, BNI, OCBC, Panin, BJB, Permata, BRI, UOB, Standard Chartered, HSBC.
    8. Syarat pembelian ORI di setiap bank, berbeda minimal nya. Tapi semua mengharuskan nasabah membuka rekening terlebih dahulu di bank tersebut dan harap membawa KTP dan NPWP saat pembukaan rekening.

Setelah mendapatkan informasi lengkap soal ORI 010 ini, lalu apa yang harus dilakukan? Tentunya setiap produk keuangan memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang terpenting, mengetahui dengan details produk ini seperti apa, risikonya, dan fungsinya dalam rencana keuangan kita, sesuaikan dengan jangka waktu nya juga.

Kelebihan ORI 010:


    1. potongan pajak lebih kecil (15%) dibandingkan deposito (20%).
    2. bunga stabil sampai dengan 3 tahun ke depan.
    3. bunga lebih besar dibandingkan deposito, rata-rata deposito saat ini 6-7% (gross).
    4. dijamin oleh negara, dan pembayarannya sudah dimasukkan dalam APBN setiap tahunnya.
    5. dapat digunakan untuk tujuan finansial jangka pendek (3tahun).

Kelemahan ORI 010:


    1. apabila dijual sebelum jatuh tempo, ada risiko harga turun.
    2. lebih baik disimpan sampai jatuh tempo, yaitu 3 tahun (berarti dana di lock dalam waktu yang cukup lama).
    3. apabila melakukan trading jual beli ORI di pasar sekunder, keuntungan hanya berkisar 3%-5% , ada potensi harga jual di bawah harga beli.

Jadi, sudah lebih paham kan dengan ORI 010 ini? Apabila berminat beli ORI 010, artinya kita turut membantu negara untuk menghimpun dana demi pembangunan. Sehingga pembangunan dapat dilakukan dari dana sendiri, dan ketergantungan kita pada hutang luar negeri dapat perlahan dikurangi. Keren kan?

10 Comments

  1. avatar
    mama Nara February 13, 2014 10:54 am

    bulan ini akan terbit SR006, mohon pencerahannya & apa perbedaannya dengan ORI yah? tks

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Nita Arianti November 13, 2013 1:35 pm

    Bener, Koperasi sangat high risk.. keluarga sudah pernah kena juga, hanya aman 6 bulan, habis itu dana amblas

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    elzahra November 8, 2013 8:55 am

    makasih mba fitriavi informasinya, wah sekolahnya T. pertambangan samaan kita.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    dulida November 8, 2013 7:49 am

    thx sekali infonya. Penjelasannya simple dan mudah dimengerti..
    Kapan kapan bahas tentang reksadana ya mams :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Indri Bracov November 7, 2013 3:40 pm

    Wah, untung ya gabung TUM! Jadi tau variasi investasi. Kalo ga baca ga bakal tahu nih.. Makasih ya fit, menambah pengetahuan ke ibu2 kaya aku yg masih awam banget soal manajemen keuangan mau dikemanain. Ditunggu artikel selanjutnya! :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.