Persiapan MPASI Vino

Alhamdulillah, sekitar sebulan yang lalu Vino bisa mulai makan. Dari jauh-jauh hari saya sudah mulai mempersiapkan pemberian MPASI kepada Vino.

Saat mempersiapkan pemberian MPASI kepada Miguel, saya lebih banyak mempersiapkan berbagai peralatan pendukung MPASI/MPASU, mulai dari talenan, saringan, mangkuk kaca, pisau, slow cooker, peralatan makan, sampai high chair. Karena semua peralatan masih saya simpan rapi dan dapat berfungsi dengan baik, jadi saat mempersiapkan MPASI Vino saya hanya membeli beberapa alat makan tambahan.

Persiapan yang lebih menyita pikiran saya menjelang Vino berusia 6 bulan adalah makanan padat pertama apa yang sebaiknya saya berikan. Ada anjuran WHO yang menyarankan makan serealia sebagai makanan pertama dan mulai diperkenalkan pada protein hewani, sayuran pada minggu kedua dengan alasan untuk menutup kekurangan zat besi. Atau pilihan dari Food Combining untuk memberikan buah-buahan saat bayi pertama makan dan baru makan protein hewani saat berusia 8 bulan. Atau Baby-Led Weaning yang tidak memperkenalkan puree sehingga melatih bayi memegang makanannya sendiri dan makan sendiri.

Saya juga membaca-baca thread MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu) ini, berdiskusi dengan teman-teman dari birth club Feb 2014, dan browsing berbagai sumber tentang MPASI. Jujur saja, makin banyak masukan ini malah membuat saya bingung. Akhirnya saya berkonsultasi dengan DSA-nya Vino dan memutuskan untuk memberikan serealia sebagai makanan pertama Vino.

Pada minggu pertama saya memberi Vino bubur beras, beras merah, dan oatmeal dengan campuran ASIP. Dari beberapa kali makan pada minggu pertama ini, terlihat kalau Vino senang makan. Tekstur BAB Vino menjadi lebih padat dibandingkan sebelumnya.

Pada minggu kedua saya mulai memberikan salmon, kaldu tulang, dan beberapa macam sayuran yang dipersiapkan dengan menggunakan slow cooker. Frekuensi makan menjadi dua kali sehari, yaitu buah di pagi hari dan nasi tim di sore hari.

Apa pun pilihan makanan pertama untuk MPASI pastilah sudah melewati pertimbangan yang matang dari para ibu dan itulah yang terbaik bagi si kecil. Masing-masing pasti memiliki alasannya sendiri-sendiri. Urban mama juga tidak perlu khawatir kalau si kecil hanya mau makan 1-3 sendok kecil pada hari-hari pertama MPASI, namanya juga baru belajar makan. ASI juga sebaiknya tetap menjadi makanan utama bayi saat masa MPASI ini.

Selamat memberikan MPASI kepada si kecil, Urban mama!

Sumber: WHO-infant feeding, UNICEF, AAP, dan Forum The Urban Mama.

20 Comments

  1. avatar
    deawanty erland February 12, 2015 9:19 am

    Mbaaaa, newbie nih, mau tanya dong, itu Vino dr 6 bulan udah dikasih salmon ya? gpp itu ya? soalnya sy baca mesti di 8 bulan kalo ikan itu, gmn ya?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel September 20, 2014 11:41 pm

    vinooo..ganteng sekali! kelihatan sudah besar ya, sdh mulai makan mpasi sekarang. ciyuuum:*
    chika mantap sekali persiapannya, ngikutin ig nya juga seneng deh, tiap hari variatif sekali menunya. pasti vino seneng ya belajar makannya. ayo dong chika, share resep2 mpasinya juga :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    golda September 20, 2014 9:35 pm

    stokkenya cantik #spotted!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    theresia valyne September 19, 2014 9:30 am

    Wah...anak sy jg sebentar lg mpasi..bnyak yg hrs disiapkan yah...mulai peralatan masak sampai menu

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ani September 19, 2014 7:56 am

    mom seberapa perlunya sih takahi slow cooker ini? dan dipakai sampai anak brp bulan? makasih

    1. avatar

      As .