Printable Decor for Birthday Cake

ozel

Ryu berulang tahun keenam dan ia ingin ulang tahunnya dirayakan di sekolah. Salah satu permintaannya yang membuat saya agak pusing adalah kue ulang tahunnya. Memang sekarang sudah banyak yang menjual kue yang lucu-lucu dengan hiasan yang keren-keren. Tapi harganya tidak ramah di kantong. Untuk undangan dua kelas TK yang berjumlah 32 orang, saya harus menyediakan kue yang besarnya minimal kotak 24 cm. Setelah dibandingkan, harga kuenya masih lebih ekonomis jika beli di toko kue terkenal, tapi tanpa dekorasi yang macam-macam sesuai keinginan anak.

Saya lalu mendapatkan ide untuk membeli kue di toko kue terkenal, lalu mencoba menghiasnya sendiri. Awalnya karena saya membuat kartu terima kasih untuk dipasang di goody bags. Saya membuatnya sendiri dengan memanfaatkan gambar-gambar Ninjago yang ada di internet. Ternyata hasilnya lumayan bagus. Dari situlah saya mendapatkan ide untuk menghias kue dengan hasil print gambar-gambar Ninjago.

Malam sebelumnya saya lembur untuk membuat hiasan kue. Bermodalkan gambar-gambar dari internet, gunting, double tape, tusuk gigi, selotip, dan kardus bersih. Kue red velvet polos 20 x 30 cm berubah menjadi Ninjago Red Velvet.

Apa saja yang saya lakukan?

  • Mainan Ninjago dapet beli di asemka, agar bisa berdiri tegak, pada kakinya saya pasang tusuk gigi ditempel selotip supaya tertusuk kuat di kue.
  • Pin lingkaran di depan, gambarnya dapat di internet, dicetak di glossy photo paper, dipasangkan beberapa tusuk gigi yang sudah dibengkokkan, lalu diselotip di belakang gambar. Tinggal tusuk ke lapisan kue.
  • Background. Image dasar dari internet, diprint pada glossy photo paper, digunting-gunting, lalu disusun-susun. Awalnya saya kurang percaya diri dengan background ini, soalnya setelah jadi layoutnya keliatan “letoy”, mana bisa berdiri.  Dengan bantuan suami,  ia menempelkan layout yang sudah jadi di atas karton tebal yang bersih. Pada bagian bawah karton ditempelkan beberapa tusuk gigi lagi agar bisa berdiri di atas kue dengan mantap.
Ryu bangga sekali saat teman-temannya memuji kue itu. Yang jelas saya jadi senang sekali.

7 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw May 11, 2013 at 1:46 am

    Keren banget! wajar dong temen2nya Ryu muji..
    Jadi dapet ide nih buat ultah anak bontot gw bulan depan. Dia suka banget sama Thomas & Friends dan niatnya kami juga cuma mau beli kue dan tiup lilin, gak pake acara macem2 krn dia msh kcl.
    Makasih idenya ya Ozelll..

  2. ninit
    ninit yunita May 11, 2013 at 5:04 pm

    seru bangeeet! idenya keren banget deh. jadi kue dengan dekor yang bagus. alde juga suka banget nih sama ninjago.

    ryu pasti senang banget yaaa… :)

  3. ozel
    ozel May 13, 2013 at 9:05 am

    makasih… senang kalo infonya bermanfaat ^_^…

  4. inme
    inme May 15, 2013 at 1:19 pm

    kreatif bgt mom.. demi anak tercinta ^-^b

  5. desei
    desei May 16, 2013 at 10:24 am

    kayaknya emang bener ya artikel yang aku baca di salah satu majalah. bahwa menjadi ibu bisa meningkatkan kecerdasan. hihihiii.
    idenya lucu. happy birthday yah, Ryu.

  6. Iwidya
    Ine Widyayanti May 17, 2013 at 8:31 pm

    Two thumps up mom… Idenya sangat inspiratif!

  7. novi rio
    novi rio December 3, 2013 at 11:52 am

    mau coba di ultah rio berikutnya aaahhh…trimikiciii yaaa

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.