Puzzle Multifungsi

Kira Kara

Siapa yang belum mengenal puzzle? Permainan anak ini sangat mudah dijumpai, memiliki banyak jenis dan manfaatnya. Puzzle dapat membantu melatih koordinasi tangan dan mata bagi batita. Selain itu anak yang berusaha memasang kepingan puzzlenya juga akan berlatih sabar, menggunakan logikanya untuk menyusun kepingan puzzle dan mendapatkan bentuk gambar yang utuh.

Puzzle juga dapat dimainkan untuk anak usia berapa pun, bahkan hingga dewasa. Melatih bermain mulai dari 1 keping dengan potongan sederhana, meningkat menjadi 2 keping, 4 keping dan seterusnya sesuai perkembangan motorik dan minat anak.

Mengetahui begitu banyak manfaat puzzle, saya pun berniat membelikan puzzle untuk Kira dan Kara. Beruntung seorang sahabat mengirimi saya puzzle metamorfosis katak dari Erlangga for Kids ini.

Puzzle yang kemudian menjadi mainan favorite Kira dan Kara ini benar-benar multifungsi. Selain berfungsi melatih koordinasi tangan dan mata, puzzle ini juga menyisipkan pesan pengetahuan. Dengan puzzle ini saya dapat bercerita tentang proses pertumbuhan katak.

Karena salah satu keunikan puzzle ini adalah memiliki 4 step penyusunan yang menunjukkan proses metamorfosis katak. Step ini juga berfungsi melatih anak tentang kesabaran secara bertahap, mulai dari menyelesaikan puzzle 1 keping meningkat 2 keping dan 4 keping.  Melalui puzzle ini, dengan bahasa yang sederhana saya ingin mereka tahu bahwa semua mahluk hidup itu tumbuh dan berkembang.

Puzzle ini melengkapi tentang kriteria permainan yang saya cari, yaitu permainan yang bukan hanya dapat membantu melatih motorik anak, melatih sabar dan logika, namun juga berisi pengetahuan dan pesan moral yang dapat disisipkan ketika bermain.

Dan saya merekomendasikan puzzle ini sebagai “must have toys” untuk anak.

gambar diambil dari www.erlangga.co.id

5 Comments

  1. cindy
    cindy vania April 6, 2013 at 5:32 pm

    waah,puzzle nya kereeen!! baru tahu loh ada puzzle yang multifungsi gini. dan potonganya pas ya buat anak2 yang baru belajar main puzzle :)

  2. ninit
    ninit yunita April 7, 2013 at 5:34 am

    ihhh bagus banget puzzlenya :)
    erlangga emang top deh!

  3. almostabum
    citra kusumaninghati April 8, 2013 at 10:49 am

    syddra juga suka bgt maen puzzle bun kirakara, tapi di tablet, kira2 fungsinya sama ga ya sm puzzle beneran kayak gini? jadi tertarik pengen beliin yg kyk gini.

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit April 9, 2013 at 2:51 pm

    @cindy: iya.. keren ya puzzlenya.. :D

    @Ninit: Erlangga emang top. Aku juga naksir puzzle profesi yang kayak punya teh Ninit ituu..

    @Citra: Puzzle di tablet sama puzzle bentuk asli sepertinya sedikit berbeda ya. Kalo puzzle asli kan anak bisa memegang teksturnya. Dan memasang kepingan-kepingannya juga diperlukan ketelatenan yg berbeda dengan di tablet. kalo tablet kan tinggal pencet, berbeda dengan puzzle asli yang masangnya musti tepat.. hehe.. boleh dicoba lho.. :)

  5. priciliamerdekawati
    priciliamerdekawati May 6, 2013 at 9:31 pm

    bagus yaaa puzzlenya btw boleh tau bunda kalo di webnya di katalog apa y?soalnya aq search no found..thx b4 ^_^

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.