Recycling Disposable Diapers

yardian

Disposable diaper yang selama ini dipakai ternyata kulitnya bisa direcycle dan dijadikan alas untuk popok.  Lumayan loh untuk menghemat ongkos popok dan tetap bisa menggunakan cloth diaper.  Karena pemakaian cloth diaper ke bayi akan mengurangi ruam popok dan membuatnya lebih nyaman.  

Konsepnya adalah menggunakan kembali kulit disposable diaper sebagai cover untuk cloth diaper.  Begini step by step nya:

1.  Ambil diaper bekas (atau yang baru juga boleh, tapi namanya jadi gak recycle deh!)

Step 1

2.  Gunting dari ujung, buang lapisan atasnya.  Pelindung bocor yang disamping tidak usah ikut digunting karena masih bisa berfungsi untuk mencegah bocor dari pipis bayi.

Step 2

3.  Buang semua kapas yang menempel di disposable diaper.

Step 3

4.  Bersihkan (siram & kucek dengan sabun)

Step 4

5.  Lipat popok (cloth diaper) seukuran dengan lebar & panjang dispo diaper.  Taruh di atas dispo diaper sebagai pengganti kapas yang terbuang.

Step 5

6.  Siap digunakan.

Step 6

Step 7

 

More Info:
Setelah mencoba berbagai macam merk disposable diapers, ternyata tidak semua merk bisa di-recycle.  Ini list dari hasil experimen saya dengan berbagai merk:

1.  Huggies Ultra Dry Comfort
Gampang mengupas kapasnya dan kulitnya tahan berkali2 dicuci jemur.
2.  Mamy Poko
Sedikit lebih susah mengupas kapasnya, tapi kulit dispo juga tahan berkali2 dicuci jemur.
3.  Huggies Dry
Kulitnya sering robek saat dikupas kapasnya karena kulit sangat tipis.
4.  Goon

Sama seperti Huggies Dry, kulit sering robet saat dikupas kapasnya.
5.  Merk lain seperti Sweety, Fit, Pampers
Bagian lem nya tidak bisa dipakai ulang karena bahan terbuat dari plastik.

Semoga membantu yah, Mamas!  Kalau sudah dicoba, silahkan di share experimennya disini.

 

32 Comments

  1. rhisuka
    riska nurmarlia December 29, 2009 at 8:22 am

    wah wah.. inovatif..

  2. rhisuka
    riska nurmarlia December 29, 2009 at 8:49 am

    wah wah.. inovatif..

  3. yustin
    yustin December 29, 2009 at 9:01 am

    Pampers yg baru yg perekatnya udah pake velcro jg bs sekarang, dan lumayan awet kl dicuci berulang kali

  4. December 29, 2009 at 9:09 am

    wah, awesome DIY, Yardian! suka banget ama ide ini! bisa pake dry insert dari CD gue yang jadul nih. kebetulan ga punya shell luarnya. hmm, mungkin untuk anak berikutnya.

  5. sLesTa
    shinta lestari December 29, 2009 at 9:16 am

    dian, thanks udah share dan bikin DIY nya yah! dan yustin yang punya original idenya. :)

    thalia: asiiikk aina mau punya adek! hihih..

  6. rainiw
    Aini Hanafiah December 29, 2009 at 9:25 am

    wow, kreatif bgt! Bisa jadi penggantinya diaper-cover & anti-bocor jg ya… asiiik, ntar mo dipraktekin ke si baby deh. makasih banget buat tips ini, Yardian :)

  7. December 29, 2009 at 9:33 am

    @shinta – ih jangan bikin gosip dulu ttg adik! >_<

    oh, original ideanya dari Yustin? hebaaaaat!

  8. nyanya
    almaviva landjanun December 29, 2009 at 10:04 am

    Waaah,baru tau.Selalu suka deh ama DIY!Hoiya bener bisa diganti insert CD jg.Artikelnya keren dan sangat berguna buat sayaaa..Kebeneran butuh referensi disposable diapers jg.Thanks yaa..

  9. alin
    alin ramadhan December 29, 2009 at 1:25 pm

    waw yardian… thanks banget artikelnya! meski anak gue udah ga pake diaper, gue bisa kasih tau temen-temen gue ttg artikel ini. thanks yaa the urban mama. artikelnya selalu berguna.

  10. sweichen
    sweichen December 29, 2009 at 2:08 pm

    idenya bagus banget…saya jg blon punya baby *masi berusaha :D*,tar sy share ke temen2,sekalian mendukung anti global warming…hehehe

  11. ninit
    ninit yunita December 29, 2009 at 3:16 pm

    yardian! ok banget idenya :) asik bisa dicoba… gw bisa pake insert yang udah ada dari bumwear. tfs yaa!

  12. fira basuki
    fira basuki December 29, 2009 at 7:30 pm

    wow! good idea, yardian!

  13. G-Mom
    Indah Kurniawaty December 30, 2009 at 10:16 am

    Two thumps up! Kreatif banget. Boleh ditiru niy…

  14. Mommyummy
    della marianka masrah January 1, 2010 at 5:43 pm

    Hmm..kereen..

  15. yardian
    yardian January 2, 2010 at 1:12 am

    @riska : iya nih, idenya emang inovatif banget :)
    ini pun udah dari tahun 2006

    @yustin : bener, diapers dengan pelekat velcro bisa dipake asal bahan lapisannya ga terlalu tipis/gampang robek.

    @thalia : wah iya, gue ga kepikiran bikin insert dari cd jadul. Nice thought.! bisa recycle cd juga nih, hehe.

    @shinta : your welcome, nice it can be useful to other mamas

    @aini, @almaviva, @alin, @ sweichen @indah @mommyyummy: your welcome dear, the credit should goes to yustin :)

    @ninit : iyah, pas bumwear kluar gue mikirnya ini mirip ama idenya yustin loh.

    @fira : it was yustin at the 1st place ;) , i just put it in step-by-step ama trial error beberapa merk dispo diapers biar yg lain bisa nyontek :)

  16. rrraisha
    Raffa Isha January 2, 2010 at 11:16 pm

    waw ngga kepikiran sama sekali.. besok musti langsung dipraktekkan! thanks yaa great idea.. :)

  17. rooslain
    Rosi January 4, 2010 at 11:40 am

    wow idenya keren! bisa lumayan berhemat nih kalau anakku sudah lahir. ditunggu ide2 kreatif lainnya :)

  18. marihuanie
    huanie January 11, 2010 at 2:59 pm

    wew, coba aaah!

  19. irrasistible
    irrasistible January 13, 2010 at 10:51 am

    Yardian, gue sebenernya udah nyontek tips & tricks-lo ini dari tahun kemarin dari blog-lo, tanpa ijin pula, hihihi.. Bahkan, pengasuhnya Nadira udah menularkan metode DIY dispo diapers ini ke adik dan kakaknya yg punya bayi juga. Thanks ya jeng, lumayan buat cutting budget beli pampers euy :-)

  20. funnyfunky
    funnyfunky January 14, 2010 at 11:09 am

    KERENNN!!! nyobain ahhh… ;)

  21. shinod
    Shinto Husnul Khotimah January 14, 2010 at 11:45 pm

    hidup go green! setelah direcycling kayak cloth diaper dong yah
    tp saya ini pemalas utk urusan prakarya -_-

  22. yusnita
    Yusnita mirawati January 15, 2010 at 12:23 pm

    inovatif…tapi ga ruam popok kan????
    pengen dicoba tapi takut ga steril niy….

  23. January 28, 2010 at 3:11 pm

    wah huggies ultra ya yg okeh,..
    coba ah.. :D

  24. nandra
    Nandra Janniata February 3, 2010 at 11:17 am

    kalo recycling gitu gpp ya kuman2 yang berada di pinggiran perekatnya?aman kah?

  25. Mirza Resita
    April 23, 2010 at 10:59 am

    ak udah coba lumayan mengurangi cucian … thx ya info nya. ijin share di fb ya .

  26. Mirza Resita
    October 10, 2010 at 1:12 am

    hehe tak pikir cuma aku tok yg do it……
    pas anaku Aisy bayi (now da 5yrs) ak jg recycling dispo, tujuannya jg biar hemat,kan wkt itu blm kenal clodi.ak pake mamipoko, mamipoko lumayan awet,bahkan bbrp bln lalu wktu ak bersih2 rapiin trnyata msh kusimpen n msh utuh.
    Caranya jg sama kayak yg Yardian bikin, jd pas Aisy kecil tu stock kainku buanyak bgt (kalo pas djemur menuhin jemuran). biasany ak pake kain bekas daster yg g kepake dgunting2 gt, tapi coz lama2 pas dcuci pake mesin jd benangny kmana2 akhirnya kuobras deh biar lbh rapi.
    Unt anak keduaku (faris)ak g pake lagi soalny pipisny buanyaak jd g nampung lagi n kain yg dibutuhin seabrek jd cucian tiap hari g tanggung2 bs 3x putaran. *emang kalo anak cow produksi uriny lbh bnyak ya drpd cew?*
    Untung aja skrg ad dispo clothlike murah macam baby happy and sweety clothlike. and kbetulan bgt faris ni g suka pake diapers, kalo dipakein dilepas2 sndiri kecuali kalo pergi n malam hari pas bobok (malam aj bs habis 3 dispo). pernah bli clodi duh tmbah g mau pake dia mgkin coz tebel pdahal kan ak suka soalny lucu2 n maunya lbh hemat gt. tp ya sudahlah akhirny nyerah berdispo aj

  27. Mirza Resita
    November 11, 2010 at 3:37 pm

    wah, kerenn banget idenya, sempet kepikir sih, tapi boleh dong di share juga gimana cara cuci dispo bekasnya… tks 4 shared…
    -Bubuna Puti-

  28. herlina achmad
    herlina achmad January 28, 2011 at 10:24 am

    huuft, aq joinnya telat….ide yg bagus banget nih. four thumbs up he3x…

  29. yufinats
    yuni yuliawan March 8, 2011 at 12:26 pm

    hihihiihi…baru liat deh, ternyata pemikiran kita sama. Aku juga pernah nyoba beginian tapi, insert clodiku malah kumasukkan ke dalaman popokx setelah kapanya dikeluarin. Lumayan hemaat mat :) TFS ya :)

  30. Kermyth
    Paramita May 20, 2011 at 9:50 am

    kreatif banget idenya! mau coba ahhh…

  31. ubicherry
    citra puri June 19, 2011 at 9:39 pm

    inovatif,kreatif n keren bangeeeeeet….patut dcontoh nih..thx y mam bt tipsny :)

  32. Momma
    Indah Puspita November 5, 2011 at 7:07 pm

    Mam, Pampers itu ada yang pake plastik, ada yg engga. Yg pake plastik itu yg kemasan ekonomis. Mungkin yg ngga pake plastik bisa dicoba?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.