Ruang Memerah ASI di Kantor

Sidta

Sebagai seorang ibu menyusui yang juga bekerja, memerah ASI adalah bagian dari rutinitas sehari-hari di kantor. Dulu dalam sehari, minimal tiga kali saya bolak-balik memerah. Apalagi di masa-masa kejar tayang ketika stok ASIP mulai menipis.

Demi menjaga kualitas ASIP, idealnya kegiatan memerah dilakukan di tempat yang terjaga kebersihannya. Syukur-syukur terdapat tempat duduk yang nyaman agar Mama merasa rileks, tidak cepat lelah, agar hasil yang diperoleh pun bisa lebih banyak.

Sayangnya dulu, di kantor tidak ada ruangan kosong yang dapat saya manfaatkan. Sehingga saya terpaksa memompa ASI di meja wastafel toilet. Sebenarnya itu toilet kering yang cukup terjaga kebersihannya serta tidak banyak yang menggunakan (hanya ada sedikit perempuan di kantor). Ada petugas khusus yang ditugaskan untuk membersihkannya beberapa kali dalam sehari. Namun rasanya tetap tidak sreg.

Ingin sekali rasanya memiliki ruang khusus untuk memerah ASI di kantor. Namun sampai Asa tumbuh besar, produksi ASI makin menurun hingga akhirnya saya memutuskan untuk tidak memerah di kantor lagi, impian itu belum juga terwujud.

Hingga beberapa hari yang lalu, saat melewati ground floor menuju tower sebelah, saya melihat tanda ini:

Rupanya, sekarang ada ruangan menyusui di kantor saya. Tidak hanya satu tetapi dua :) . Penasaran, saya pun mengintip masuk, ternyata di dalam disediakan kursi yang nyaman dan juga kulkas.

Langsung terbayang nyamannya memerah ASI di ruangan kecil tersebut, tentunya jauh lebih baik daripada di toilet. Walaupun untuk pengguna breastpump mini elektrik harus agak kreatif karena ruangan ini tidak kedap suara.

Semoga ruangan tersebut semakin memacu semangat para Mama di kantor untuk terus memberikan ASI, walaupun harus bekerja seharian.

25 Comments

  1. sarrah
    sarrah August 6, 2011 at 5:36 am

    wah asiknya mbak…
    di kantor saya di “gedung termiring di jakarta” thamrin belum ada ik…, bingung mau merahnya gimana, minggu besok sudah mulai ngantor lagi…, ada tips gak mbak kalo terpaksa merah terpaksa di toilet atau gudang?, krn ruangan yg tertutup n privat cuma itu…

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 7, 2011 at 1:10 pm

      coba ke thread manajemen ASIP ya .. banyak tips kok. di artikel juga ada mama anggi ‘dadidedo’ yg bagi tips memerah di kubikel

  2. siska.knoch
    Siska Knoch August 6, 2011 at 5:37 am

    Waa management tampaknya mulai ‘aware’ ya, mana disediain kulkasnya lagi, hebat! :) Jadi inget waktu masih ngantor dulu (sebelum hamil migu) para mama yg mau memerah ASI pada ke mushola, secara musholanya terpisah buat karyawan laki-laki dan perempuan. Tfs Sit :)

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 7, 2011 at 1:11 pm

      iyaaa … seneng banget PEMERINTAH mulai aware. ini di sekretariat jenderal kementerian keuangan, gedung djuanda

  3. uminyakiera
    Era August 6, 2011 at 9:18 am

    Salut banget buat kantornya, punya kepedulian yg tinggi. Aplagi ngeliat kulkasnya, bikin ngiri. Secara skrg hasil pompaan ditaro di kulkas mini yang buat satu kantor:(. Seneng banget ngeliatnya:).

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 7, 2011 at 1:13 pm

      wah, padahal disini pun ibu2 tampak lebih seneng nyimpen di kulkas pantry di lantai masing2. soalnya nursery room ini umum banget, siapapun yg kebetulan lagi main ke kemenkeu bs masuk …

  4. siti
    siti August 6, 2011 at 9:42 am

    Waaahhh.. Sekjen bikin.ruang menyusuii…asiknya..gk perlu di toilet or ruang rapat or aula or mushola lg….*moga ada Se-nya jd di kpp jg ad

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 7, 2011 at 1:13 pm

      amiin :D

  5. sondang
    Sondang August 6, 2011 at 1:11 pm

    oooh ini yang dibilang si Mona.keren amat, Sid.
    Perasaan di kompleks Kalibata yang ada banyak banget KPP itu aja gak ada deh nursing room khusus begini.
    Keren keren keren. Bagian Umumnya keren deh ini, bener-bener mikirin kebutuhan anak-anak buahnya.
    *bakal gw kipasin nih yang di kanwil sini*

    1. Sidta
      Dian Arsita Kurniawati August 7, 2011 at 1:14 pm

      eh tar ada yg GR loh .. dibilang keren . hahaa
      iya .. kipasin teruss

  6. Amanda Kania
    Amanda Kania August 6, 2011 at 2:16 pm

    Duhh enak banget ya Mba.. Dulu, pertama2 saya meres di kamar mandi kantor (beneran di WC).. Karena WC cewek cuma ada 3 bilik, yang memerah ASI saat itu ada 3 orang.. Dan pegawai wanita banyak banget.. Akhirnya ada yang lapor ke HRD, baru deh dibikin ruang memerah ASI.. Tp gak khusus sih.. Jd ruang meeting biasa, yang dikasih tirai kayu supaya gak keliatan dr luar.. Yahh lumayan lah.. :)

  7. Honey Josep
    Honey Josep August 6, 2011 at 2:59 pm

    waah, seneng banget ya udah ada nursery room yang bersih, nyaman dan lengkap dengan freezer-nya :)

    Semoga kantor mama Dian bisa jadi contoh buat kantor- kantor lain yg ada di belantara Jakarta ya!

    Tfs mama Dian :)

  8. Davincka
    Jihan Davincka August 6, 2011 at 6:53 pm

    Kalo urusan nursery room bersyukur deh pas punya anak dulu dan masi ngantor, ngantornya di U** hehehehe.. kantornya di Gatsu, sebelah planet hollywood. Caem abis deh nursery room nya. Super cozy, ada kulkas, ada sterilizer, sofa empuk, baby box segala juga ada :D… kalo ibu2 dah ngumpul sambil meres ASI bisa berjam2 baru kelar hehehehehe….

  9. Travinan
    Travina August 8, 2011 at 1:59 pm

    hiqs8 super iri ! masih berjuang pumping di toilet…krik…krik…krik

  10. mimarura
    mimarura August 8, 2011 at 2:24 pm

    saya pumping di mushola kalo ga di pantry… semoga kedepannya kantor saya pny ginian

  11. BUNDA RASYDAN
    BUNDA RASYDAN August 8, 2011 at 2:53 pm

    whooaaa..ada room kaya gitu yaa..
    coba di kantorku ada..
    selama ini pumping di gudang,klo kepaksa ya di toilet.huhu..

  12. nidya
    Nidya August 8, 2011 at 5:38 pm

    ayo mak asa..udah ada nursing room,saatnya kembali jd ibu perah untuk adiknya asa ;;) *kompor*

  13. Mama Athar
    Mama Athar August 9, 2011 at 11:38 am

    Selama seminggu pertama ngantor, saya masih sempat merasakan memerah asi di toilet. (waktu itu belum tau kalau gedung tetangga sudah ada Nursery Room :p). Beruntung pada minggu kedua memerah, kantor saya juga membuka Nursery Room, di Gedung Juanda 2 Inspektorat Jenderal Kemenkeu – Wahidin, meski belum ada kulkas spt punyanya Setjen ^^. Harapan ke depannya moga2 Nursery Room yang ada bertambah fasilitasnya (ex kulkas, sterilizer, dispenser, wastafel, etc hahaha ) spt Nursery Room-nya kantor Indosat yang pernah sy lihat wkt browsing :)

  14. arneetha
    arneetha August 11, 2011 at 8:23 am

    Setjen dan Itjen Kemenkeu uda punya nursery room..yg pajak kapan yaaa??? ^_^

  15. tatabayu
    Pritta Edison August 11, 2011 at 1:29 pm

    dulu aku suka liat temen2 kl memerah asi di toilet, suka kasian gt dgn ke-higienis-an asi yg akan mereka bawa pulang & berikan ke anaknya.. bayangin aja deh kl misalnya temenku lg memerah, eh tiba2 ada yg masuk ke toilet sebelahnya utk pipis ataupun pup… aduuuhhh, sedih bgt liat kondisinya.. Alhamdulillah blm lama ini kantorku renovasi ruangan, jd bikin layout baru, jd sekarang di kantorku juga udh ada nursery room lengkap dgn kursi/sofa & kulkasnya… :) ruangan nursery ini berada milik kantorku, bukan dr pihak gedung yg inisiatif bikin nursery room (maklum gedung lama,heheeh)…

  16. niquen
    Niquen H. Harjo August 11, 2011 at 9:10 pm

    Duh kapan ya kantorku dibuat ruang memompa ASI kayak gitu? Aku kerja di perush penerbitan besaaaar, karyawannya ribuan, dan di gedung editorial tempatku kerja (dan di gedung2 yg lain) banyak ibu2 yang mompa ASI. Tapi sayang manajemen kayaknya gak pernah ‘ngeh’ utk nyediain fasilitas itu. Padahal dirutnya perempuan and a mother of two children. Dan banyak ruangan sisa yg bisa dibikin ruang mompa. Jadilah aku selalu pinjem ruang fotografi, tempat fotografer moto2 buat ilustrasi buku or cover. Ruang ini ber AC, bisa dikunci, n nyaman utk duduk lama. Tapi kalo ruangannya dipake, terpaksa nyingkir ke toilet, duduk di kloset yg ditutup, hiks

  17. nailin
    nailin August 11, 2011 at 10:00 pm

    Hiks…di bapepam-lk blm ada…terpaksa masih pumping di toilet…kalo harus ke gedung djuanda kok jauh ya, harus nyebrang2 pula. Mudah2an ke depannya lbh diperhatikan dg semakin banyaknya ibu2 yang sadar pentingnya ASI…

  18. endahhh
    endah setyorini August 12, 2011 at 10:59 am

    asyiiik… ternyata udah 8bulan ga kekantor banyak perubahan…

  19. dewi.ismail
    dewi.ismail August 20, 2011 at 11:34 pm

    di kantorku pertamina pusat ada, tidak se-comfy di kantormu itu yang pake sofa khusus gitu tapi tiap seat ada tirainya, jadi nggak kayak ngintip-ngintipin hi hi … Alhamdulillah karena pekerja Pertamina makin banyak perempuannya (Dirutnya juga perempuan) kabarnya ruangannya mau digedein … alhamdulillah lerja di lingkungan yang mendukung hak ibu menyusui ya

  20. wijayanti80
    Titik Wijayanti August 24, 2011 at 11:59 am

    Mbak Dian, ini yg gedung juanda I ya? wah senangnya…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.