Salad Day

Ide ini awalnya tercetus ketika saya membawa salad sebagai sarapan ke kantor. Awalnya saya membuat salad hanya untuk dinikmati sendiri dan jika ada yang berminat, teman-teman di kantor bisa mencobanya. Jika biasanya hanya kebiasaan green smoothies yang saya coba tularkan ke teman-teman kantor, maka ide menularkan kebiasaan membawa dan makan salad sepertinya akan menjadi hal yang menyenangkan. Akhirnya saya pun mengajak beberapa teman di kantor secara bergiliran membawa salad dan dinikmati bersama-sama.

Kurang lebih ada tujuh orang, kami pun menjadwalkan dalam satu minggu akan ada dua orang yang bergantian membawa salad. Dalam beberapa bulan kebiasaan membawa salad secara bergantian pun menjadi rutinitas bagi kami. Hal yang menariknya adalah salad yang dibawa dalam porsi cukup banyak ini pilihannya menjadi lebih variatif, dan dinikmati bersama-sama menjadi penyemangat tersendiri untuk terus melanjutkan kebiasaan sehat ini.

Kebiasaan “Salad Day” di kantor pun menuai banyak pertanyaan dari berbagai teman-teman lainnya, apakah kami melakukannya untuk diet atau anti terhadap makanan-makanan lainnya. Pada dasarnya tujuan utama kami tentunya dengan saling berbagi saat makan salad seperti itu membuat cara memakan sayur menjadi menyenangkan. Terlebih lagi asupan sayuran yang kami makan mungkin belum cukup, maka salah satunya dengan salad day seperti itulah frekuensi mengkonsumsi sayuran akan bertambah. Selain itu menurut saya dengan mengisi dua hari makan salad, maka kita memberikan perut kita istirahat dengan tidak bekerja ekstra keras dalam mencerna makanan yang masuk ke perut.

Di dalam salad yang saya dan teman-teman buat, biasanya sayuran-sayuran hijaulah yang menjadi wajib untuk selalu ada. Sayuran hijaunya bisa kale, lettuce (selada), caisim, brokoli, kemudian pelengkap lainnya kami memasukkan tomat, jagung, mentimun, kentang, paprika, okra, kol ungu, edamame, kacang merah dan sebagainya. Selain sayuran dan buah, kami juga menambahkan protein seperti tuna, salmon, atau telur. Salad sendiri tanpa berbagai macam dressing tentunya akan lebih baik, namun untuk membuat salad lebih enak maka kami tetap menambahkan dressing yang membuat makan salad menjadi lebih dinikmati.

Sharing membuat salad bisa juga dilakukan tidak hanya dengan teman-teman kantor, tapi bisa juga ketika sedang berkumpul dengan teman-teman urban mama lainnya atau bisa juga menjadi ide potluck ketika ada acara berkumpul bersama dan mulai dengan membawa berbagai variasi salad. Disini beberapa salad yang pernah saya coba buat. Selamat mencoba, urban mama semua! 

6 Comments

  1. avatar
    Mama Windy August 16, 2017 9:09 am

    waaaah... keceee...
    iya ni, di kantor kan suka potluck bawa2 makanan macem2 gitu dan makan bareng2, belom pernah kepikiran bawa salad, seger kayanya ya... :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania August 15, 2017 9:58 pm

    Huwooo keren banget inii! Biasanya kan kalo di kantor sukanya jajan-jajan gitu yaa, kalo ini asli keren banget! Salad day di kantor!
    Jadi sehat semua deehh.

    Kepikiran buat masukin salad day ke sekolah the boys nih, soalnya udah SD, banyak banget kan abang2 jualan depan sekolah.
    TFS ya mama Yanaa :*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi August 9, 2017 12:08 pm

    huwaaa asyik banget ada salad day di kantor. biasa nya kan gorengan day ya tiap hari haha. Bener nih, biar bisa makan sayur dan enak harus dibuat semenarik dan seenak mungkin ya. buat gw yg ga suka sayur, salad ini salah satu yg bisa gw makan loh, enak soalnya haha. Ihh jadi pengen makan salad hihi.

    1. avatar
      hanana fajar August 9, 2017 2:33 pm

      hahaha...justru itu diet, gorengan day always, makanya dikasih istirahat makan salad deh hehe... Bener banget diet, gue jg susahhhh banget dulu makan sayur, makin kesini *baca=usia haha, butuh asupan ijo2 lebihhh euy hehe...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Musdalifa Anas August 9, 2017 8:50 am

    yaan, seru banget sih sampai ada salad day di kantor, selain seru, senang dan sehat pula ya.
    Aku masih bagian smoothies nih yan di pagi hari, baru bisa melakukan itu. Lama-lama pengen deh cobain menu salad siang hari, suami suka banget makan salad soalnya.

    TFS ya yan artikelnya, jadi terinspirasi.

    1. avatar
      hanana fajar August 9, 2017 11:48 am

      ipehhh..hihi iyaa..yang pasti tiap orang yang liat kita di kantin pasti komen dan suka cobain ikutan, dan bilang enakk hehe.. wahh ipeh keren smoothies tiap pagi... iyaa cobain ajaa, salad pas aja mau makan pagi siang sore... Sama-sama peh... Alhamdulillah :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.