Saus Tomat Buatan Sendiri

Bagi urban Mama yang gigih banget membuat makanan rumahan untuk si kecil, pastinya males banget dong kalo ada bahan makanan yang ada mengandung pewarna, pengawet, dan penguat rasa. Jadi ceritanya saya ingin membuat spaghetti untuk si kecil tapi gak jadi-jadi juga karena saus tomat botolan yang dijual di pasaran mengandung bahan pengawet, pewarna, dan penguat rasa.

Berawal dari tidak adanya saus tomat yang oke (menurut saya), maka saya berinisiatif untuk membuat saus tomat sendiri. Caranya mudah dan rasanya juga enak. Dan yang pasti sehat, higienis, dan tanpa tambahan bahan tidak sehat.

Bahan:


  • 500 gram tomat masak

  • 100 gram strawberry

  • 500 ml air

  • 2 sdm minyak zaitun

Bumbu:


  • 4 siung bawang putih

  • 3 sdt garam

  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat:


  • Rebus air sampai mendidih.

  • Masukkan tomat. Jerang sampai setengah lunak lalu masukkan strawberry.

  • Setelah tomat dan strawberry lunak, angkat dan tiriskan. Sisa air rebusan jangan dibuang.

  • Haluskan tomat dan strawberry.

  • Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai wangi.

  • Masukkan tomat dan strawberry yang sudah diblender dan sisa rebusan air.
    Jerang di atas api kecil sekitar 30 menit sampai mengental. Jangan lupa aduk sesekali.

  • Jika sudah kental, matikan api. Saus tomat siap digunakan.

Saya menggunakan strawberry agar warna merahnya oke dan juga untuk menambah rasa asam manis. Sebenarnya tidak pakai juga tidak apa-apa. Kalau tidak menggunakan strawberry, urban Mama Papa bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon agar sedikit asam.

35 Comments

  1. avatar
    Riskaa February 2, 2016 1:27 pm

    wahhh...mau coba buru2 deh nih :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Tessa July 20, 2015 10:42 am

    Yeay teronakasih.. Udah aku praktekin nih barusan.. Kebetulan anamku suka sekali saos tomat! Jadi solusi bgt nih resep ini drpd beli saos botolan yg pake pengawet

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Megha September 23, 2013 11:04 pm

    coba ahhh

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Izma Yuliansyah May 12, 2013 7:56 pm

    Suka bikin saus tomat sendiri tapi ga kepikir pake strawberry buat merahnya. Biasanya cuma ditambahi lombok besar merah n jeruk nipis aja. Tfs, mama :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Anna November 14, 2012 6:29 pm

    theaaa makasi banget resepnya! Sam (2yo) udah seneng makan yang pakai saus tomat... biasanya kalo bikin pasta pake delmonte, mau ah coba bikin ini.. thanks!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.