Sogi Indra Dhuaja




Sogi Indra Dhuaja, 30th, adalah anak radio yang kejeblos TV. Orang serius yang dicap pelawak. Sekarang kerja serabutan. Gak pernah baca koran lagi gara-gara twitter (@sisogi). Bercita-cita bikin semacam Zaralde. Dan "Homer Simpson" untuk anak dan istrinya. Menikah dengan Istiqomah Mattjik (Iis) dan dikaruniai seorang anak bernama Sam Ahsan Ogitomo, 9 bulan, yang lahir 11 Mei 2009.




Sejak ada Sam kehidupan rasanya jadi seru banget! Saya sama Iis bisa dibilang jadi makin kompak. Karena urusan ngurus anak ini kayanya butuh kerjasama tim yang luar biasa. Simplenya sih, satu gak tidur yang laen gak tidur juga. Tapi karena Iis kerja, dan saya kadang kerjaannya gak kenal waktu, kami nambah seorang personil lagi buat bantu ngawasin Sam. Tapi jadinya kami suka cemburu, kalo suster keliatan lebih deket sama Sam dan tau segalanya duluan.


Sam punya 6 ibu susu lho, karena ASI ibunya kurang. Kegiatan ngambil susu beku dari donor ASI ini seru, seperti perdagangan organ tubuh gelap. Kadang kita ketemu di parkiran, bawa cooler box  dengan es dan melakukan transaksi. Tapi ini demi ASI eksklusif selama 6 bulan. Dan masih banyak
lagi hal yang terbaik yang pengen kita lakuin sama anak kita. Setuju kan?

Sejak punya anak, selain keseruan, saya sedikit mengenang masa lalu. Karena dulu saya seorang anak, dan sekarang saya jadi orang tua. Dan diperjalanannya kok kayanya saya “tersindir” ya.

Waktu Sam nangis, atau apapun yang menyeret saya ke batas emosi. Saya jadi inget waktu bikin kesel orang tua. Sekarang saya tau perasaan mereka.

Waktu jungkir balik kerja dan inget harus memenuhi kebutuhan Sam. Saya jadi inget waktu kesel sama orang tua karena mereka gak bisa beliin yang saya mau. Sekarang saya tau banget perasaan mereka.

Saya jadi inget waktu saya marah, bohong, dan melakukan semua hal yang nyakitin hati Mamah sama Bapak. Sekarang saya tau perasaan mereka dan bikin saya bilang : “Ya ampun! Sekarang semuanya bisa-bisa berbalik!”. Dan dalam waktu singkat Sam bakal jadi saya beberapa puluh taun yang lalu. Saya takut kena karma! Karena dulu saya bukan anak cukup baik.

Walaupun belum tau harus bagaimana, mulai sekarang saya lagi siap-siap untuk bisa jadi orang tua yang mengerti anaknya dan dimengerti anaknya. Mudah-mudahan bisa ngurangin “gesekan” gak penting antara orang tua dan anak.

Dan saya percaya, salah satu cara ngebales jasa orang tua adalah dengan menjadi orang tua yang lebih baik untuk Sam.

I LOVE YOU, SAM

23 Comments

  1. avatar
    lulu bunaki September 9, 2012 5:16 am

    hebbat bang sogi. rasulullah dulu juga punya ibu susu kan... lebih salut lagi ternyata bang sogi udah mengantisipasi issue 'saudara satu susu'nya sam. Lanjutkan! (^-^)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    tetty K. September 5, 2012 9:46 pm

    Assalamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh
    subhanallaah mas Sogi anaknya punya 6 ibu susuan ya.., sedikit share kalau menurut aturan islam yang saya ketahui berarti anak mas sogi tersebut adalah saudara sepersusuan dari ke 6 anank2 dari ibu susuan anak mas yogi,, harus diperhatikan bahwa nantinya jangan sampai mereka bertemu di dalam suatu pernikahan karena hukumnya mereka adalah saudara.

    bisa jadi sedikit masukan
    terima kasih

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Ananda Ansella July 10, 2012 3:56 pm

    Waaaaahhh....!! Mantap...!!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Santi June 21, 2012 4:13 pm

    wow .. punya 6 ibu susu ... hebring bgt ya segala cara demi asi exclusive ... mantap ... transaksi di parkiran ... jadi membayangkan perdagangan narkoba .. hihihihihi

    dan bener bgt ya, aku juga merasa seperti melihat diriku waktu kecil, jadi tau gmn rasanya jadi orang tua dan anak ... tp segala usaha orangtua, pasti demi anak ...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ridwan Juanta June 19, 2012 2:06 pm

    Thanks mas buat sharing-nya, iya, pas udah jadi orang tua baru kebayang gimana dulu ortu ngebesarin kita yah

    1. avatar

      As .