“Support Group” Itu Penting!

hestia

Keberhasilan menyusui itu bukan hanya dari ibu semata. Kita semua tahu itu. Ada peran ayah di sana. syukur-syukur ada peran para kakek-nenek juga. Lalu siapa lagi?

Saya ingin berbagi satu elemen penting lagi dalam keberhasilan menyusui. Teman-teman. Ya, sesama ibu menyusui. Di antara teman-teman dekat, saya adalah yang pertama menikah, melahirkan, dan menyusui. Mereka pasti mendukung saya 100 persen untuk memberikan ASI untuk Safina, putri pertama saya, dan “keponakan” pertama di geng saya ini. Tapi mereka hanya bisa mengangguk-angguk kalau saya cerita atau berkeluh kesah soal menyusu.

Ditambah lagi dengan pindah kerja setelah cuti melahirkan, jadilah saya makin merasa sendirian ketika memasuki kantor baru dengan seperangkat alat pompa. Nanti nursery room-nya seperti apa ya? Apa saya bisa meluangkan waktu untuk pumping? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang berkelibat di benak saya.

Masuklah saya ke nursery room di hari pertama di kantor baru, sebuah perusahaan telekomunikasi. Ruangannya dulu kecil, sekitar 2×3 meter, dengan dua kursi, sebuah meja, dan sebuah kulkas. Di sanalah saya menemukan teman-teman baru saya.

Pada waktu itu, ada lebih dari sepuluh orang ibu menyusui. Jadi pada “prime-time” atau sekitar pukul 10.00 dan 16.00, nursery room bisa sangat ramai. Karena tidak pakai bilik atau tirai, jadilah pemandangan ibu-ibu memompa ASI memenuhi ruangan itu. Namun hampir tidak ada yang risih demi menabung ASIP untuk si kecil. Karena tanpa sekat, mau tidak mau kita mengobrol satu sama lain. Mulai dari seputar masalah ASI, tumbuh kembang anak, gosip di kantor, sampai gosip selebriti yang tidak penting.

Suasana yang ramai, riang, dan menyenangkan, membuat perjuangan breastpumping di kantor menjadi tidak sesulit yang saya duga, bahkan terkadang saya nantikan. Di saat-saat hasil pumping seret, kami saling menyemangati. “Nggak apa-apa… Besok banyak lagi!” Begitu selalu terdengar setiap hari.

Pengalaman minim saya karena baru anak pertama tidak membuat saya khawatir. Bingung MPASI pertama? Lempar saja topik di BBM group busui kantor, pasti banyak yang kasih masukan dan saran. Butuh referensi dokter anak? Tanya saja di BBM group. Mau beli sepeda roda tiga untuk si kecil? List tempat, model, dan harga akan dilontarkan oleh teman-teman ini.

Senangnya lagi, persahabatan kami tidak hanya berlangsung “sebatas tirai” nursery room saja. Secara rutin kami suka makan siang bareng. Acaranya dari yang serius seperti “Year-end Lunch” yang lengkap dengan tukar-kado sampai yang “suka-suka” seperti “Makan Siang Sebelum Tanggal 22”. Kantor kami gajian setiap tanggal 22, jadi kalau ada “Makan Siang Sebelum Tanggal 22”, itu berarti makannya di warung tenda saja.

Tak terasa hampir setahun saya berbagi suka duka dengan teman-teman busui di kantor. Dan merekalah salah satu alasan saya sukses memberi ASI untuk Safina selama 15 bulan and still counting :) Terima kasih, ibu-ibu. I love you so much!

23 Comments

  1. Sidta
    Dian Arsita Kurniawati July 30, 2012 at 6:40 am

    kompak bgt seneng liatnya :D

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 2:40 pm

      Thanks, Mbak, kalau soal menyusui dan makan-makan, kita memang kompak :D

  2. ninit
    ninit yunita July 30, 2012 at 7:35 am

    setuju banget! support group itu penting banget :)
    kereeen! kompak banget!

    lovely pic :)

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:27 pm

      Thanks, Teh :) I’m lucky to have them :p

  3. f1gurl
    Riga Saleh July 30, 2012 at 9:51 am

    Selamat untuk artikel perdananya, Hes.
    Sampai jumpa di nursery :)

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:27 pm

      See you, Mbak Rigs! Sampai jumpa juga di luncheon berikutnya :D

  4. rachanlie
    mira a July 30, 2012 at 11:23 am

    Ihiiiyyy.. Ayo Safina.. Lanjut terus sampai 2 tahun yaaaa… *cium pipi gembil Safina* :-*

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:28 pm

      Aamiin YRA! Thanks, Tante Mira :D Mohon doanya, hihihi…

  5. Honey Josep
    Honey Josep July 30, 2012 at 12:04 pm

    wuih temen kantornya keren- keren ya!

    2 tahun bisa! *kayak kampanye cagub*

    tfs Hesti :)

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:29 pm

      :D Betul, Mbak, 2 tahun bisaaa! Semangaaattt!

  6. Davincka
    Jihan Davincka July 30, 2012 at 2:37 pm

    Jadi inget dengan “support group” zaman masih bekerja dulu hehehe. Malah kami dianugerahi dengan nursing room yang sangat nyaman. Ukurannya luas, lengkap dengan kulkas yang cukup besar, dan ada sofa nyaman buat tidur-tiduran hehehe.

    Prime timenya adalah selepas makan siang. Heboh banget, deh. Sampai-sampai banyak juga yang sebenarnya sudah melepaskan titel sebagai ibu menyusui masih suka menyusup ke dalam dan ikut bergosip ahahahahaha.

    Thanks for sharing ;). Salam kenal ^_^

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:30 pm

      Hihihi, memang seru yah :) Kalau kita masih berlanjut dengan makan-makan :D Salam kenal juga ;)

  7. Listya Nurina July 30, 2012 at 9:57 pm

    Aku punya bbgroup ibu2 tak dikenal yg berhasil dikumpulkan dari milis asi for baby, dan hasilnya memang bener2 positif. Mereka sangat support terhadap pertanyaan seputar asi, meskipun ada dari mereka anak2nya sudah besar, mereka ga pernah lelah berbagi ilmu. Support mereka tidak pernah padam meskipun sama2 dari ibu2 yg tidak saling kenal. So aku mendukubg banget forum support untuk asi dan bayi.

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:32 pm

      Aku juga ikutan milisnya. And yes, they’re very helpful :)

  8. bundanayasmin
    ika fitriana July 31, 2012 at 12:27 am

    setuju….ngerasain banged waktu pertama kali ngantor setelah cuti bersalin di surabaya…nursery room yg cuma 2x2m dan gak ada penyekat justru bukan halangan..malah tempat seru dan saling menyemangati buat asi plus segala obrolan seputar emak2..dari kerjaan, anak, art, sampai gosip2 seleb..pumping time is so fun…=)

    1. hestia
      Hestia Amriyani July 31, 2012 at 3:33 pm

      Yes, it’s really fun, indeed! :)

  9. neena_ardyanti
    neena August 1, 2012 at 6:13 pm

    Senengnya baca artikel ini,semoga nanti di kantor bisa punya temen2 kaya Hestia jg..
    Sekarang udah mulai bikin group whatsapp dari birth club agustus 2012 di TUM,semoga bisa saling support seterusnya bukan cuma pas hamil aja.. :)

    1. hestia
      Hestia Amriyani August 2, 2012 at 2:10 pm

      Hi, Neena, iya, semoga nanti teman-teman di kantor juga suportif ya :) Kalaupun tidak, masih banyak lho support group dari komunitas TUM atau milis. Pasti banyak yang mau share dan membantu. Semangattt! :D

  10. dina noermadi prastyawan
    dina prastyawan September 12, 2012 at 10:30 am

    seneeeng baca artikelnya…perasaannya sama persis kayak aku yg menemukan support grup dari birthclub june 2012.
    karena ndak ada busui lain di kantor jadi setiap pumping time aku selalu sambil chat di bb group dengan ibu2 birthclub june 2012 :)

    1. hestia
      Hestia Amriyani September 12, 2012 at 3:34 pm

      Support group memang bisa kita temukan di mana aja ya. Pasti banyak yang mau sharing dan membantu, bahkan yang tidak kenal tatap muka sekalipun! Hebat ya para ibu ini :)

  11. Liza_rifai
    icha September 12, 2012 at 2:57 pm

    ikut seneng baca artikelnya.apalagi kalo bs beneran pny support grup kyk mom hesti,wah psti bakalan seru bgt.sygnya ak single fighter di kantor.jd ya cm menyemangati diri sndr aja smbl gabung di milis asi for baby :) tetap semangaaatt

    1. hestia
      Hestia Amriyani September 12, 2012 at 3:35 pm

      Mudah-mudahan nant ada teman seperjuangan di kantor ya. Meanwhile, tetap semangaaattt! :D

  12. Fajrin Dina
    Fajrin Dina July 24, 2015 at 7:56 am

    nice post, seperti di tempat kantor saya, bedanya cuman yg dipake ruangan bukan nursery room, tp memang ruangan yg tidak terpakai saja

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.