Trading Itu Mudah

fioney sofyan
Fioney Sofyan, S.Ked., RFA., Wealth Assets Management. Lulusan S1 Fakultas Kedokteran UKI, Jakarta.
Website: http://fioneysofyan.com/
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Hampir 100% dari teman atau klien atau kenalan yang saya temui, selalu beranggapan kalau trading itu ada susah, ribet dan lain-lain. Tidak ada yang memberikan reaksi positif kecuali teman-teman dan kenalan saya yang berkecimpung di dunia trading dan sekuritas.

Padahal secara sederhana, trading itu apa sih?
Trade atau dagang artinya membeli dengan harga rendah untuk dijual dengan harga tinggi. Bahkan di beberapa kondisi trading, kita bisa memasang harga ‘jual’ karena kita tahu harga akan turun, sehingga keuntungan justru akan didapat pada saat kita menutup profit di harga ‘beli’ yang rendah.

Namun hal ini hanya berlalu pada trading forex, index atau gold. Topik lain yang akan saya bahas pada lain kesempatan.

Kembali ke trading.

Dalam suatu pembicaraan santai dengan beberapa teman di sekuritas, keluar angka-angka fantastis seperti: di Singapura, 40% masyarakatnya memiliki atau juga melakukan trading saham, Malaysia, 30%, sementara Indonesia… kemudian hening… :)

Sangat minim sekali pengetahuan dan sosialisasi yang ada mengenai trading saham. Padahal, beberapa universitas sudah memberikan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan dasar sebagai pilihan mata kuliah di semester akhirnya.

Kalau kemudian kita memutuskan untuk membeli satu lot saham dan mendiamkannya selama bertahun-tahun, itu bukanlah keputusan yang buruk. Bahkan kebijakan itulah yang dilakukan oleh Warren Buffett.

Warren tidak akan pusing dengan harga saham yang naik turun per hari, per minggu bahkan per bulan. Ia memperhitungkan investasinya secara jangka panjang, karena ia tahu, saham-saham pilihannya adalah saham-saham dengan fundamental yang baik. Dan Warren juga tidak akan membeli saham, kalau portofolio company yang dipilihnya belum berusia lebih dari 100 tahun.

Jadi sebagai manapun bagusnya saham Apple atau Facebook milik Mark Zuckerberg, Warren tidak akan membelinya. Sesederhana demikian, “Saya tidak mengerti tentang Apple dan Facebook.”

Warren mungkin seorang konservatif jadul yang unik. Tapi jelas justru pola pemikirannya yang sederhana itu, menjadikan ia orang terkaya no. 4 di dunia.

Kalau kita tidak mau tertinggal lagi dengan negara-negara tetangga, ada baiknya kita mulai berhenti komplain dan bantu negara kita dengan memperbaiki perekonomian dengan trading. Ada 2 keuntungan yang bisa kita peroleh di sini:
1. Meningkatkan income kita tanpa menambah kerja ekstra yang berlebihan sehingga masa depan finansial kita bisa lebih secure.
2. Meningkatkan perekonomian negara. Masyarakat yang makmur, mengarah pada peningkatan kemakmuran negara juga bukan?

Jadi mari kita mulai trading demi Anda dan demi negara :)

Kalau saya bisa mengajarkan my 11 years old boy tentang trading, dan urban Mama Papa bisa melihat wajahnya pada saat ia membaca charting dan menentukan saham apa yang akan ia jual atau beli, bayangkan apa yang saya bisa ajarkan dan lakukan untuk urban Mama Papa. Dan bukan mustahil pula urban Mama Papa bisa menjadikan income dari trading, sebagai income utama. Dan pekerjaan yang urban Mama Papa lakukan sekarang, itu adalah hobby sampingan yang menyenangkan.

Dan Farhan tidak trading setiap hari. Dia sekolah layaknya anak SD kelas 6 biasa. Ia hanya trading setiap Jumat, seminggu sekali. Kadang bahkan setelah market tutup, ia memperhatikan chart lalu berdiskusi dengan saya dan ia bisa menentukan saham apa yang akan ia beli dan ia jual hari Senin. Sebelum berangkat sekolah Senin pagi, ia memasang pilihannya.

If you love your work, then everyday is a holiday. :D

Trading itu sederhana, kalau kita mau meluangkan sedikit waktu untuk mempelajarinya.

37 Comments

  1. ninit
    ninit yunita September 9, 2014 at 8:57 am

    wowww farhan keren banget sih udah trading. thanks mbak oney, artikelnya menginspirasi untuk mengenalkan anak dengan uang.

  2. ayami_89
    nur rahmayanti September 10, 2014 at 2:43 pm

    thumbs up buat farhan n mamanya. aku sampe sekarang aja masih maju mundur mau trading hehe..

  3. ichaaa
    ichaaa September 10, 2014 at 5:02 pm

    malu sama Farhan, aku masih buta banget tentang trading, ada rekomendasi bacaan untuk memulai mengikuti jejak Farhan? :)

  4. mbaknyonyik
    anindya chandra astri September 10, 2014 at 5:05 pm

    Waaaw, TUM bikin trading workshop dong biar mama mama jadi pinter dan ga maju mundur utk trading :)
    Kalo mba oney bisa ajarin farhan, ajarin mama mama pasti gape juga nih,,,,

  5. mrs doyi
    indah nildha September 11, 2014 at 8:06 am

    Farhan keren ih… uda trading teratur… mbak oney hebat deh, bisa memperkenalkan trading beserta risk benefitnya ke anak… thanks for share mbak oney… love the article… :)

  6. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 11, 2014 at 9:34 am

    Farhan Kereennnn… Jadi inget mau top up RD.. haha :D

  7. kabochacake
    kabochacake September 11, 2014 at 2:07 pm

    Waw, farhan pinteer, tantenya ini ketinggalan jauh hihi. Thanks for inspiring article mom, langsung mau dijajal wiken ini :)

  8. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 11, 2014 at 2:34 pm

    Mba Ninit, terima kasih yaaa atas kesempatannya :)

    Mba Nur,kalau masih ragu, baiknya cari informasi dulu. Karena ga harus kita yang trading, bisa dititipkan ke broker.

  9. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 11, 2014 at 2:37 pm

    Mba Ichaa.. sebenarnya artikel ini ada lanjutannya, judulnya “Cerita tentang Farhan, bagaimana mengajarkan anak usia 11 tahun berinvestasi” di artikel ini saya kasih 2 rekomendasi buku. Kalau ga salah akan dipublish juga di sini?

  10. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 11, 2014 at 2:39 pm

    Mba Anindya, dengan senang hati saya mau kok sharing ilmu tentang trading ke mamah mamah :) betul.. ke Farhan saja bisa, apalagi ke Mamah mamah :D

    Mba Indah, terima kasih :)

    Bunda Wiwit, terima kasih :)

  11. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 11, 2014 at 2:40 pm

    Mba Kabochacake, terima kasih :) baiknya kenali terlebih dahulu profile resiko kita, apakah kita bisa berinvestasi di pasar modal. Kalaupun tidak, dijalankan juga ga apa karena toh akan banyak guidance dan orang-orang yang nantinya akan membantu mengajarkan :)

  12. ninit
    ninit yunita September 12, 2014 at 9:39 am

    yuk ah bikin luncheon dengan mbak oney… bahas ttg trading ;)

  13. ipeh
    Musdalifa Anas September 12, 2014 at 10:15 am

    yuk, mau daftar duluan kalau ada TUMluncheon dgn topik Trading, gak mau kalah sama Farhan :)

  14. gabriella
    Gabriella Felicia September 12, 2014 at 10:42 am

    Wah, Farhan keren. Jadi pengen belajar lebih banyak ttg trading nih…

  15. Sri Hastuti Bur
    Sri Hastuti Bur September 12, 2014 at 2:45 pm

    Saya juga mau daftar mba ipeh kalau ada luncheon bahas trading, dari level basic yach….hihihi

  16. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 12, 2014 at 3:33 pm

    Mba Ninit, Mba Ipeh, hayuk aja ^_^

    Mba Gabriella, Mba Sri, pastinya mulai dari pengertian dasar dari trading dan cara mudah investasi saham. Pengertian yang salah selama ini mikir trading itu susah, padahal anak usia 11 tahun saja bisa, apalagi kita bukan? :)

  17. momom keane
    momom keane September 16, 2014 at 10:38 am

    Saya juga mau ikutan dunk.. belajar dari basic banget ya ma..

  18. Wita Sekar
    Wita Sekar September 16, 2014 at 5:28 pm

    Setuju bgt kalo ada workshop ttg trading, info dr jauh hari yaa. Biar bs prepare cuti ;)
    Biar mama2 bisa cari penghasilam dr rmh ajaa :D

  19. fioney sofyan
    Fioney Sofyan September 19, 2014 at 11:23 am

    Senangnya kalau bisa bermanfaat. Soal workshop, bisa di sesuaikan sama Mba Ninit, dan Mba Ipeh. Saya ngkuts aja (^_^)

  20. ZataLigouw
    Zata Ligouw September 24, 2014 at 1:32 pm

    waaa gak sabar nunggu workshopnya :D *colektehninitdanipeh*

  21. mithazadit
    mithazadit October 13, 2014 at 9:34 pm

    Bener banget mbak.. ini info yang baik..semoga secepatnyaada workshop ttg trading dr level basic.. biar bisa diikuti…

  22. fioney sofyan
    Fioney Sofyan October 13, 2014 at 9:47 pm

    Sepertinya kalau langsung level Basic agak terlalu cepat. Baiknya saya perkenalan dulu tentang investasi di saham, itu bagaimana mudahnya,dan apa saja yang bisa kita lakukan untuk investasi di pasar modal sebagai bagian perencanaan keuangan. Jadi kulit luarnya dulu biar ga langsung pada shock dan takut ya :)

  23. suasti
    eni suastini October 15, 2014 at 9:31 am

    hi mbak, aku sudah pernah baca artikel ini di web yg mba kelola, dan memacu semangatku belajar tentang saham, tp aku ga trading, beli dan simpan saja, ilmu masih cupu, masih kalah sama farhan, semoga suatu saat nanti bisa mengikuti jejak farhan dan mbak oney, thank u for sharing, sering2 ya mbak :)

  24. fioney sofyan
    Fioney Sofyan October 15, 2014 at 10:05 am

    Hi Mba Eni, terima kasiihhh .. ^^) senang rasanya kalau bisa bermanfaat. Sebenarnya apa yang mba lakukan sudah sangat benar sekali kok. Karena Warren Buffett juga melakukan apa yang mba lakukan, beli dan simpan saja. Dan sekarang beliau orang terkaya no 4 di dunia kan? :)

  25. smilingboy
    Frans Winarta November 9, 2014 at 3:24 am

    Wah keren banget. Andai saya punya mama yang ajarkan trading dari kecil seperti Mbak Fioney. Sikapi uang dengan bijak, seperti slogan OJK. Hehe..
    Tapi diluar trading saya bercita-cita juga untuk ajarkan anak berinvestasi di sektor riil. Alias belajar jadi pengusaha. Mengingat era yang sudah berubah. Era Indonesia menuju ke entrepreneurship. Sama seperti US dulu, ketika ekonomi dan politik sudah lebih stabil, dimulai era entrepreneurship. Sebelumnya rakyat cenderung risk averse dengan bekerja di sektor pemerintahan (PNS). Tapi saat ini mindsetnya sudah berubah.
    Saya lagi cari-cari di bagian finance kolom entrepreneurship. Tapi ga ketemu euy. Mungkin bisa diusulkan dong Mbak.. Kebetulan saya sekarang terjun di industri mainan anak-anak. Biar sekalian sharing dengan ibu-ibu semua. Hehe..

  26. mama embun
    mama embun November 19, 2014 at 12:59 pm

    mb oney,sebaiknya buat yang sama sekali belum ngerti saham belajar mulai darimana ya?

  27. fioney sofyan
    Fioney Sofyan December 2, 2014 at 7:22 pm

    Pak Frans: kalau bicara entrepreneurship itu luas banget. Karena kita bicara brand, packaging dll, termasuk kenapa kita melakukan ini, tujuan, visi, misi, dll semua ada ‘jurusnya’ . Belum termasuk marketing dan sales. Sebenarnya banyak, salah satunya acara reguler dari Entrepreneurs Festival, di situ bisa belajar banyak. Coba aja di google Entrepreneurs Festival 2014. Lihat pembicara dan pengajarnya orang-orang luar biasa seperti Sandiaga Uno dll.

    Mama Embun: belajarnya sama saya.. Hahahaha.. atau kalau boleh promosi, silahkan lihat-lihat blog saya seputar investasi http://www.fioneysofyan.com disini saya ga cuma bicara ttg investasi pasar modal tapi juga yang lainnya. semoga bermanfaat. ^^)

  28. .viena.
    .viena. January 11, 2015 at 8:04 pm

    Hai Mbak oney, Mbak kl ada TUM belajar trading aku ikutan yah. Oh BTW, domain webnya ud expired aku td visit gbs masuk.

    Thanks ya mbak

  29. fioney sofyan
    Fioney Sofyan January 12, 2015 at 1:20 pm

    Hi Mba Viena, terima kasih atas komennya ^^)/ iya.. sayangnya website saya sedang dalam proses perpanjangan. Inshaa Allah dalam 1-2 hari ini normal kembali. Kalau untuk kelas TUM trading saya serahkan ke Mba Ninit, Mba Zata dan Mba Ipeh saja :D

  30. yayadiyono
    yayadiyono March 12, 2015 at 8:26 pm

    Mba fioney, kalau kita tertarik mau ikutan trading, belinya kemana ya? Prosedur nya gimana ya?

  31. fioney sofyan
    Fioney Sofyan March 12, 2015 at 10:01 pm

    Dear Mba/Mas Yaya,
    Bukan beli ya. Tepatnya kita harus memiliki akun sekuritas terlebih dahulu, jadi ada wadah dan tempat melakukan on line trading untuk transaksi jual beli kita di pasar modal.

    Sistem atau mekanismenya bagaimana, pernah saya tulis di beberapa artikel saya di http://www.fioneysofyan.com

    Mungkin untuk detailnya bisa menghubungan Mas Arantan Saranto di 0823016868801, bisa diinfokan kalau tahunya dari saya.

    Terima kasih.

  32. fioney sofyan
    Fioney Sofyan March 12, 2015 at 10:05 pm

    Maaf ralat.. di 0823-16868801

  33. khairunisafathonah
    khairunisafathonah May 4, 2015 at 9:24 am

    Terinspirasi dengan bacaan ini.. tks mb

  34. fioney sofyan
    Fioney Sofyan May 5, 2015 at 10:12 am

    Terima kasih Mba Khairunisa,
    Saya akan ada di acara Wise Woman di Gandaria City tgl 9 Mei besok, jadi salah satu pembicara. Mungkin Urban Mama n Urban Papa yang ada di sana bisa ngobrol-ngobrol lebih lanjut tentang investasi di pasar modal. The Urbanmama juga salah satu supportnya.

  35. Ira Soediantoro
    Ira Soediantoro June 10, 2015 at 8:39 am

    Pengen bisa trading, gimana caranya sebagai pemula saya hanya tau klo trading bisa memberikan keuntungan finansial yang lebih. Dibanding uang hanya ditaruh di deposito. Investasi saya sejauh ini berupa asuransi untuk spouse (saya dan suami) dan kedua anak saya. Selanjutnya investasi lainnya adalah berupa rumah yang dikontrakkan dan uang hasil kontraknya ini didepositokan.

    Jadi sd.saat ini,investasi saya disimpan dalam bentik deposito. Sempat kepikiran untuk beli logam mulia atau obligasi. Tapi belum dilakukan karena kepincut ikut trading.

    Ajari dong..gimana caranya?

  36. dektite
    dektite February 12, 2016 at 8:57 am

    Luar biasa.. anak 11 tahun udah mahir baca chart buat trading di preopening week. woww.. salut deh mama nya pinter ngajarinnya.
    Yukk kita semangat wahm by trading..

  37. fioney sofyan
    Fioney Sofyan February 12, 2016 at 1:27 pm

    Dear Mba Ira Soediantoro, bisa dilihat di website saya kok di http://www.fioneysofyan.com

    Dear Mama Dektite, sekarang Farhan udah mau 15 tahun usianya :) Insya Allah dia sudah bisa membiayai kuliahnya sendiri sekarang :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.