#TUMLuncheon: Clean House, Happy Family

Hari Sabtu, 29 Oktober 2016 yang lalu, bertempat di The Hook Resto & Cafe, Senopati, Jakarta Selatan, saya menghadiri acara TUM Luncheon yang diadakan oleh The Urban Mama dan Electrolux Indonesia. Tema yang diangkat kali ini adalah Clean House, Happy Family bersama #TUMExpert Diana Pratiwi atau yang lebih dikenal dengan sapaan Mama Montje.

Untuk mengawali sharing kali ini Mama Montje menjabarkan mengenai tipikal ibu zaman sekarang, yaitu progressive mom yang dalam melakukan sesuatu biasanya dilakukan secara bertahap, berkelanjutan serta melakukannya dengan ide atau cara tersendiri yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dan hal ini berpengaruh juga terhadap kebiasaan kita dalam membersihkan rumah.

Kebiasaan membersihkan rumah dapat dibagi menjadi 3 jadwal, yaitu harian, mingguan, dan bulanan. Untuk jadwal harian, kita biasanya membersihkan apa yang terlihat, misalnya menyapu lantai, membersihkan debu di gorden, dan lain sebagainya. Untuk jadwal mingguan misalnya membersihkan toilet, jendela, bedset, dan lain sebagainya. Dan untuk jadwal bulanan misalnya pembersihan secara lebih mendalam atau general cleaning. Bisa menggunakan jasa pembersihan atau melakukan sendiri.

 

Cara membersihkan rumah pada zaman dahulu dan zaman sekarang juga berubah. Zaman dahulu kita biasa membersihkan rumah menggunakan sapu, pada zaman sekarang, cara membersihkan rumah bisa dibantu dengan menggunakan vacuum cleaner yang bisa menghemat tenaga dan waktu kita dalam membersihkan rumah.

Dalam membersihkan rumah, kita harus ingat untuk membersihkan juga sudut-sudut tersembunyi. Misalnya di sudut sofa, karpet, kolong sofa, kolong tempat tidur, dan lain sebagainya. Kenapa? Karena terkadang kita lupa untuk membersihkannya, padahal itu adalah tempat berkumpulnya debu yang dapat menjadi salah satu pencetus alergi dan penyakit.

Cara paling mudah membersihkannya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Dan berbicara mengenai vacuum cleaner, hadir juga mba Marsha TungkaProduct Marketing Manager Small Appliances and Vacuum Cleaner dari Electrolux Indonesia yang akan sharing mengenai vacuum cleaner.

 

Sebetulnya vacuum cleaner memiliki banyak kegunaan, tetapi sayangnya masih banyak pandangan yang salah di masyarakat mengenai penggunaan vacuum cleaner.

 

Fungsi vacuum cleaner adalah untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Dengan menyedot kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner, udara juga bisa menjadi lebih bersih karena vacuum cleaner dapat menyedot juga partikel debu halus yang menyebabkan udara menjadi kotor.

 

Jenis-jenis Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner bisa digunakan untuk menyedot debu dan kotoran dirumah dengan bantuan nozzle yang sesuai dengan permukaan yang akan dibersihkan. Ada perpanjangan juga yang bisa membantu kita menjangkau lokasi yang tinggi.

 

Nah, bagaimana cara memilih Vacuum Cleaner yang sesuai dengan kebutuhan kita?

  • Lihat tipe tempat tinggal Urban Mama.
  • Sesuaikan dengan kebiasaan membersihkan Urban Mama. Membersihkan cepat, membersihkan detail, atau membersihkan secara general.
  • Identifikasi rutinitas membersihkan Urban Mama. Harian, Mingguan, Bulanan?
  • Identifikasi preferensi filter vacuum cleaner
  • Lihat jenis permukaan lantai di rumah.
  • Identifikasi kebutuhan penghuni rumah, termasuk binatang peliharaan.

 

Nah kalau sudah memilih vacuum cleaner yang sesuai, bagaimana cara merawatnya? Merawat vacuum cleaner sangat mudah. Yang pertama rutin untuk membersihkan filternya. Bisa dicuci atau diganti, sesuai dengan tipe filternya. Dan untuk bagian body vacuum cleaner, tinggal dibersihkan saja dengan lap.

Bagi saya, topik hari ini menarik banget karena saya termasuk orang yang memiliki “pandangan salah” terhadap vacuum cleaner. Dan senang sekali hal ini jadi tercerahkan berkat acara #TUMLuncheon.

 

Lingkungan rumah yang bersih akan memberikan kebahagiaan bagi setiap anggota keluarga. Rumah yang bersih dan sehat akan mendukung anak untuk belajar dengan nyaman dan kita sebagai orangtua juga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan menyenangkan.

Terima kasih ya The Urban Mama dan Electrolux Indonesia untuk eventnya.

3 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel November 25, 2016 10:37 am

    Informasinya lengkap banget! Makasih mamir sudah berbagi!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Leila Niwanda November 24, 2016 9:02 am

    Ternyata pandangan saya banyak yang salah juga... *tutup muka*
    Informasinya boleh dijadikan bahan untuk blog competition TUM kah?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita November 23, 2016 7:01 am

    panduan yang penting nih buat urban mama yang mau cari vacuum cleaner! :)
    buat saya punya vacuum cleaner itu wajib karena si anak sulung alergi debu. selain itu membersihkan rumah juga jadi lebih praktis.

    thanks mamir untuk artikelnya :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.