Unimom Forte

nizam_mommy

Sebenarnya, breast pump (BP) itu cocok-cocokan, sehingga sebelum membaca review saya lebih lanjut saya harus mengingatkan bahwa belum tentu apa yang saya rasakan saat memakai BP A akan sama dengan apa yang akan urban Mama sekalian rasakan saat memakai BP yang sama. Kadang-kadang nyaman atau tidak adalah perkara selera.

Sebagai seorang e-ping (exclusively pumping) mommy, pompa ASI alias breast pump (BP) telah menjadi sahabat setia sejak anak saya lahir empat bulan yang lalu. Dan demi mendapatkan hasil perahan yang optimal, saya rela berganti-ganti BP untuk merasakan mana yang paling nyaman dan terbaik bagi saya. Sebelum berkenalan dengan Unimom Forte, saya sudah mencoba Medela Harmony, Medela Swing, Medela Minel, dan Avent Phillips Manual. Saya juga sebenarnya tidak asing lagi dengan Unimom, karena sejak anak saya berusia sebulan saya sudah memiliki Unimom Mezzo yang merupakan tipe BP manual dari Unimom. Namun karena sejak awal sudah merasa nyaman menggunakan Medela Harmony, maka Unimom Mezzo hanya saya gunakan untuk cadangan.

Saya mendengar tentang Unimom Forte justru dari forum The Urban Mama. Sejak memutuskan untuk e-ping saya sering membuka forum The Urban Mama, terutama thread Breastpump Experience, untuk sekedar membaca review para urban Mama tentang BP yang mereka gunakan. Saat itu saya sudah selesai cuti melahirkan dan ingin memiliki BP yang bisa double pumping agar lebih efisien. Saya sudah browsing beberapa hari, dan merasa kecewa karena untuk BP double pumping Medela harganya sangat mahal (tipe Pump in Style dan Freestyle), sedangkan Avent memiliki Double Electric yang juga mahal dan konon barangnya susah didapat.

Ketika membaca tentang Unimom Forte saya langsung tertarik melihat harganya yang hanya 1,2 juta sudah bisa double pump dan dikatakan memiliki isapan setara hospital grade BP. Saya tidak langsung memutuskan untuk membeli Forte, karena saat itu saya sudah punya Medela Swing dan Medela Mini Electric. Untuk double pumping saya menggunakan Medela Swing dan Harmony. Saya sebenarnya sudah merasa nyaman menggunakan kombinasi Swing-Harmony, tetapi saya memiliki kekhawatiran akan suplai ASI saya yang statis dan tidak bertambah, padahal makin besar anak saya tentu makin banyak pula kebutuhan ASI-nya. Jadi, saya bermaksud membeli BP elektrik yang bisa double pump demi meningkatkan suplai ASI. Tapi, melihat harga Forte yang sedemikian murah jika dibandingkan merek lain, saya jadi khawatir apakah Forte memang sebaik BP dengan merk terkenal lainnya.

Saya memutuskan melakukan riset kecil terkait Forte. Saya langsung browsing review tentang Forte dan menemukan banyak komentar baik terkait performa BP ini di Australia, New Zealand, Filipina, dan Malaysia. Kemudian saya juga berkonsultasi dengan sebuah toko online yang menjual Unimom Forte. Belum puas juga, saya mencari orang yang memiliki Forte dan mau meminjamkannya agar saya bisa mencoba merasakan isapan Forte. Alhamdulillah ternyata ada teman saya yang baru membeli Forte, dan meminjamkannya pada saya selama dua hari.

Besoknya, dini hari, saya mencoba memompa ASIĀ  dengan Forte (biasanya terakhir memompa sekitar pukul 22-23, kemudian saya baru memompa lagi pukul 4-5 subuh). Hasilnya ternyata memang luar biasa, hasil perahan dini hari saya yang biasanya hanya 150-180 cc sekali perah, saat itu bisa mencapai 340 cc. Saya tidak percaya melihatnya. Tapi ketika saya coba lagi memerah pada jam yang sama, ternyata hasilnya menurun hanya sekitar 200 cc. Asumsi saya, saat pertama kali menyicipi Forte bisa dapet banyak karena selama ini Swing tidak pernah optimal mengisap ASI saya.

Berbekal pengalaman mencoba Forte tersebut dan tekad penuh untuk bisa memberikan ASIX untuk anak saya kalo bisa sampe 2 tahun, maka akhirnya saya memutuskan untuk membeli Forte dan menjual Swing. Dan kini setelah menjadi pengguna Forte selama hampir sebulan, saya merasakan ada peningkatan suplai ASI yang cukup lumayan. Jadi menurut saya, Forte cukup andal untuk yang asinya dikit atau marginal, terutama untuk meningkatkan hasil perahan.

Meskipun begitu Forte juga memiliki kekurangan. Pertama, sudah jelas dari ukurannya dan beratnya yang hampir menyamai panggangan roti, Forte tidak bisa dibawa-bawa. Itu sudah saya ketahui sebelumnya dan hal ini dikatakan wajar karena hospital grade BP memang rata-rata berukuran yang jumbo sehingga tidak portable). Kedua, ini kekurangan Forte yang baru saya ketahui setelah menjadi pengguna, adalah ukuran corongnya yang pas-pasan, sehingga sepertinya jika memiliki puting yang agak besar kurang nyaman jika menggunakan Forte. Ini terbukti pada puting kanan saya, yang meskipun inverted nipple tapi ukurannya lumayan saat ditarik BP, mengalami lecet setelah menggunakan Forte beberapa kali karena tergesek perbatasan corong dengan bantalan silicone massager. Sedangkan puting kiri saya yang datar baik-baik saja dan bisa menghasilkan dua kali lipat penghasilan PD kanan dalam sekali pompa jika sedang penuh-penuhnya. Kekurangan yang ketiga, bantalan silicone massager Forte kurang pas dengan corongnya, sehingga ASI banyak yang merembes di antara bantalan dan corong. Hal ini tentu merugikan untuk urban Mama yang suplai ASI-nya pas-pasan.

Namun buat saya pribadi ketiga kekurangan tersebut tertutupi dengan isapan Forte yang kuat namun halus, suara motornya yang lembut sehingga tidak membangunkan orang lain jika memompa dini hari, dan tentu aja hasil perahan yang sangat optimal sehingga PD selalu terasa kosong selesai dipompa.

Jadi, intinya Unimom patut diperhitungkan karena harganya sangat terjangkau di antara merek breast pump yang sudah banyak dipakai para ibu.

 

52 Comments

  1. vee_chan
    vera dp dewi May 31, 2012 at 7:43 am

    Tfs mbak..jadi pengen nyoba forte (aq kirain td merk obat :D)..
    Btw, dgn puting datar n inverted, nyusuin langsung juga gak mbak? Or murni asip aja? Thx

  2. enfi
    enfi May 31, 2012 at 8:18 am

    Wah, pengetahuan baru lg nih untuk merk breastpump yg recommended dipake..makasih infonya mbak :)
    Oh ya, sekedar sharing aja mbak..saya sendiri PD nya juga inverted nipple (malah yg satu tenggelam banget), tp Alhamdulillah bisa menyusui langsung sampe skrng usia anak 23 bln. Awal menyusui sempat 2 mingguan mesti dibantu penyambung nipple shield Medela, cuma kok ya repot..hrs slalu sterilin lg klo mau nyusuin. Dan saya jg percaya klo bayi itu sangat pintar, dia akan bisa beradaptasi dengan bentuk PD ibunya. Akhirnya saya coba akalin dengan cara mimik dulu sekitar 5 menitan dg pake nipple shield, nah pas nipple nya dah keluar karena sedotan bayi saya lepas nipple shield nya dan buru2 disodorkan ke bayinya. Alhamdulillah bayinya bisa jadi mudah latch on nya karena nipple nya sudah ketarik keluar..Dan cuma 1-2 hari latihan seperti itu akhirnya bayi saya jadi bisa menyusu langsung tanpa nipple shield. Sekedar sharing aja,sapa tau bisa buat perbandingan moms yg lain..Tetap semangat ASIX ampe 6 bln dan ASI (klo bisa) ampe 2 thn ya mom :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit May 31, 2012 at 10:41 am

    waaahh.. breast pump experiencenya menakjubkan.. saya dulu selalu keteteran kalo sudah berurusan dengan breast pump. Belum kenal TUM sih.. :(
    Great article. TFS!

  4. nizam_mommy
    Ni Nugroho May 31, 2012 at 2:11 pm

    salam mums semua, pertama kali ni artikelku dimuat….senaaang….:D @vee_chan & enfi: aku murni e-ping, cuma sempet beberapa kali nyobain untuk nyusuin langsung saat anakku belum sebulan. ada pertimbangan sendiri kenapa akhirnya memutuskan e-ping, dan iya kadang ada penyesalan juga tapi berkali2 juga ngeyakinin diri sendiri bahwa this is the best way right now. insya Allah kalo dikasih rezeki dapet anak lagi, aku akan berusaha bisa menyusui langsung. makasih masukannya ya semua. @Kira Kara: salam kenal, sama dulu juga belum kenal TUM waktu hamil, seandainya udah mungkin nggak jadi e-ping deh…. :D

  5. kemuning
    kemuning May 31, 2012 at 4:18 pm

    bun, boleh share ga ukuran forte tuh segede apa ya? klo utk dbawa2 kkantor gmn? berat ny brp?
    aku si skrg pk unimom jg,tp manual mezzo.. lumayan enak si makenya,tp klo krjaan lg bnyak ga enak,pumping ny lama soalnya :(
    lg pingin nyari BP elektrik (klo bisa yg double),tp masi bingung beli yg mana..

  6. chocopinkholic
    Septhia Astriana May 31, 2012 at 6:03 pm

    Tfs, bisa jadi wacana buat anak kedua, aku “baru” punya medela harmony dan electric. Dan masih belum terlalu puas ama hasilnya hehe

  7. nizam_mommy
    Ni Nugroho May 31, 2012 at 8:56 pm

    @kemuning: ukurannya segede panggangan roti, toaster itu loh yang isi dua roti….aku inget jaman sma di rumah ada toaster begitu, kira2 segitulah. beratnya 2-3 kiloan kayaknya, pokoknya nggak cukup enteng untuk bisa dikantongin di coolerbag dan dibawa sambil gelantungan di bus transjakarta…. :D

  8. jusman
    jusman June 1, 2012 at 10:27 am

    bagus ga?

  9. jusman
    jusman June 1, 2012 at 10:27 am

    klw iya pengen cobaaaaaaa

  10. nizam_mommy
    Ni Nugroho June 1, 2012 at 8:44 pm

    @jusman: bagus apa nggak? relatif sih. untuk harga di bawah 1 setengah juta udah bisa double pumping, forte termasuk bagus. tp seperti yang saya tulis dalam review, breast pump itu cocok2an….

  11. asibayi
    asibayi June 2, 2012 at 10:50 pm

    izin nge-link.
    terima kasih

  12. prastawa
    Nita Prastawaningrum June 3, 2012 at 5:20 am

    setujuu..Unimom ini memang merk yg bs dipertimbangan. Aku jg pake combo, walaupun yg manual mezzo bukan yg forte, dg rencana awal sbnrnya si mezzo ini jg back up swing kalo ada apa2. Tapi ternyata malah hisapan mezzo lebih bisa diandalkan drpd swing.

    ikut recommending deh :)

  13. elseria
    elseria June 6, 2012 at 10:19 am

    mksdnya double pumping gmn mba,anakku ga bs dapet asi eksclusive, mg nanti anak kedua bisa, Amin , n minat ganti BP ke unimom forte, tfs mba

  14. nizam_mommy
    Ni Nugroho June 6, 2012 at 4:17 pm

    @elseria: double pumping itu maksudnya mompa dua PD sekaligus….

  15. eksinads
    Eksi Nadiasti June 7, 2012 at 4:14 pm

    Wah mba, saya jadi pengen coba. Kebetulan pasokan ASI saya juga marginal (sekali pompa, 2 PD, 100 – 140ml). Serius ini bisa lebih maksimal ya? Karena skrg pake medela swing + mini electric (berbarengan), saya masih suka merasa PD ada bagian yg keras. Tp karena sudah tidak bisa keluar, jd yasudahlah. Pake forte bisa sampe kempes pes pes ya?

  16. nizam_mommy
    Ni Nugroho June 7, 2012 at 4:51 pm

    @eksinads: anaknya udah berapa bulan mbak? kalo saya sih ngerasanya begitu kalo pake forte, tapi makanya dari awal artikel saya udah kasih warning bahwa breast pump itu cocok2an, jadi ya saya mah nggak bisa guaranteed 100% bahwa kalo mbak pake forte akan meningkatkan suplai asi.

  17. dian.paramita
    dian.paramita June 11, 2012 at 4:39 am

    ikut share nih, saya pake yang manual, unimom mezzo, untuk temen medela swing saya,, enak sih dan hasilnya lbh byk cuma ya itu silikonnya ga rapetjadi kadang asi suka nyangkut di silikonnya T,T

  18. oktaria
    oktaria June 11, 2012 at 2:27 pm

    mau tanya, untuk size bagian nipple yang masuk ke corong, sama ngga antara unimom mezzo dan forte?
    saya punya mezzo, tapi size nipplenya masih kegedean. pengen beli forte, tapi ga tau ukurannya. mohon infonya ya mom :)

  19. nizam_mommy
    Ni Nugroho June 12, 2012 at 12:28 pm

    @oktaria: ukuran corong lebih besar mezzo daripada forte….

  20. deeyn
    deeyn June 17, 2012 at 6:39 pm

    mau nanya ttg BP ini, apa corong/connector nya jg bisa pake parts nya medela swing? soalnya aku punya BP avent yg ISIS dan corongnya (kan sama kyk unimom yg manual ya) kalo dipasang massaging pad nya sakit, plg cocok pake corong silicone nya medela itu. thanks sblmnya kalo bisa bantu..

  21. nizam_mommy
    Ni Nugroho June 19, 2012 at 11:21 pm

    @deeyn: sepertinya gak bisa karena corongnya fix gk bisa dilepas, jdi satu kesatuan seperti corong avent dan mezzo cuman ukuran lebih kecil…

  22. deeyn
    deeyn June 21, 2012 at 12:01 pm

    Guess what. Stlh diutak atik (untung punya bbrp spare parts pump medela hasil coba2 BP *eping mothers, unite!*) aku bs pake konektor medela, corong medela dan segala sesuatunya medela di unimom forte ini. Ujung selang unimom forte disambung ujung selang medela (1 selang ada 2 ujung kan, bisa dipake di kiri n kanan) and voila!

    Puas banget sama si unimom ini, sooooo silent! Cepet pula ngosongin PD. 2nd and 3rd letdown, ga masalah. Money well spent (best value so far drpd BP lain yg udh aku ‘koleksi’).

    1. fitribisatonji
      fitri nurwiyati October 11, 2012 at 11:40 am

      Mbaaak…gimana cara nyambung ujung selang si forte dengan ujung selang medela???
      Aku jadi penasaran niiihhhh sama si forte ini. Aku pake swing, n baru beberapa hari ini beli swing 1 lagi gara2 pengen pake double pump. Tapi memang kurang ngosongin PD…
      Nyesel kenapa buru2 beli swing lagi. Setelah terlanjur pesen eh baru nemu si forte…huhuhu…

  23. bundanyaAlisha
    BundanyaAlisha June 28, 2012 at 8:58 pm

    Well… Rekomendasi breast pump nih… Thx y mbak reviewnya…

  24. eksinads
    Eksi Nadiasti July 10, 2012 at 9:23 am

    @ni uning bayi saya mau 5 bulan. Pengen kasih ASI mininum 1 tahun hehehe
    @deeyn mbaaa, coba jelaskan doong gimana pake corong medelaaa. Saya pengen beli tp udah pake medela, biar ga mubazir trus corongnya lebih gedee hhehhehehw

  25. nizam_mommy
    Ni Nugroho July 10, 2012 at 12:25 pm

    @deeyn setuju sama eksinads, ajarin dong caranya biar corongnya bisa pas…..PM boleh deh…

  26. asibayi
    asibayi July 10, 2012 at 9:16 pm

    @deeyn: eh mbak-nya ada disini. Happy pumping ya. Btw ada stuff yg terbaru dri forte ini loh :)

  27. asibayi
    asibayi July 10, 2012 at 9:18 pm

    sedikit tambahan, utk bagian connector motor ke selang (sebelahnya knop pengaturan min dan maks) itu riskan patah. Sdh ada 2 pengguna yg aku denger. Jdi connector tsb musti dilepas ketika proses travelling (mending dipasang nempel ke selang dripada nempel di motor). Sekilas kayak gak bisa dilepas tapi langsung tarik saja itu bisa terlepas.

  28. asri.ns
    Asri Nurlaela Sari August 30, 2012 at 10:02 am

    biasanya pada beli dimana (daerah bandung).
    Kalau beli online lebih nyaman di toko online apa ya?

  29. BundanyaAira
    BundanyaAira September 13, 2012 at 9:35 am

    @deeyn, mbaaak plis plis plis jelasin gmn si forte ini bisa pake segala sesuatu medela dan tipe apa? pgn beli forte buat power pumping asip yg makin menipis nih, tp klo corong nya sama kyk mezzo mundur deh, corong mezzo kekecilan jd nipple nyangkut, sakiiit.

  30. vdee
    vdee November 19, 2012 at 1:53 pm

    saya pake swing sm unimom mezzo (manual). so far ko ya pake swing lamaaaa banget sampe PD kerasa kosongnya, pake mezzo mayan cepet, tapi kuantitas makin turun nih, pengen ningkatin kuantitas jadinya soalnya hampir 3 bulan ini sy eping (baby hampir 6 bulan). forte beneran enak ya mba? mba kan pake mezzo juga, nah bandingannya si forte sama mezzo ini gimana ya mba? makasih ya mba…

  31. inay
    inay November 30, 2012 at 8:01 pm

    Bunda, yang sekarang infonya forte udah ada versi terbarunya, jadi ga terlalu besar dan kayaknya terlihat mungkin untuk dibawa2, kalo kebanyakan bawa 2 juga bisa cuma pake 1 aja *setelah konsultasi dengan mbak2 OLS nya. Saya sendiri baru review saja via OLS tapi jadi ragu setelah ada info “menyakitkan untuk big nipples”. Ada sharing lain bun? atau mungkin info corong sparepart unimom ada yang bisa disesuakian dengan besarnya nipples ya?

    Thank you :)

  32. nizam_mommy
    Ni Nugroho December 21, 2012 at 11:28 am

    maaf sebelumnya, komen2nya baru pada kebaca….
    @vdee: forte mirip dengan swing sensasinya, tapi kelebihan swing adalah dia corongnya bisa diganti2 ukurannya. nah yang versi baru saya juga belum pernah nyoba, jadi nggak bisa kasih review. kalo dibanding mezzo jauh ya, forte sedotannya keras banget apalagi kalo dipol-in. mezzo mah kayak dikitik2 aja… :D

    @inay: itu dia, konon forte yang baru corongnya seperti corong mezzo, dan kalo memang benar demikian maka jatuhnya lebih gede dari forte yang lama. tapi corong forte baik yang lama maupun yang baru tetep nggak bisa diganti2…..

  33. mamanakeysha
    Mamanya Keysha January 11, 2013 at 2:11 pm

    @Ni Nugroho : makasih bgt info barunya ttg merk BP yg murmer tp tetap recommended. tp mohon info lbh lanjut dong Bun ttg forte ini..
    1. Untuk bersiin ma sterilisasinya gampang ato ribet Bun?
    2. Mgkn bisa diukurin pls tepatnya ukuran corong yg bagian nipplenya brp?? secara takut bgt klo dh keluar 1,2jetian tp akhirnya g kpake krn nipple sy kgolong big nipple :(

    makasih seblumnya infonya.

  34. Syafiqa
    Syafiqa February 16, 2013 at 9:25 am

    Moms,ak mw jual unimom forte ku neh,masih gress baru nyampe kemaren hari rabu,baru dibuka plastiknya aja seh liat bentuknya,ak jual krna baru aja dapet avent electric…
    kalo ad moms yang minat hub aku ya,ak beli 1.200.000 ditambah manual switcnya 120.000 rb jd totalnya 1.320.000,mw ak tawarin 1.200.000 gratis ongkir,kl minat hub ak ya moms ke 087865622224,makasiii….

  35. Dian Sigit
    Dian Sigit February 21, 2013 at 4:27 pm

    Unimom bagus ya? baru kmrin bbm-an sama temen bahas unimom, existing aku pke swing tp nyedotnya kurang kuat, akhirnya ganti yg manual tp pegeelll…thx reviewnya yah jadi pingiiin :D *korek2 dompet*

  36. Debritha Dewi
    Debritha Dewi March 19, 2013 at 1:47 pm

    Bedanya unimom Allegro sm Forte apa ya?..
    Lagi galau milih mo beli yg mana, hehehe..
    Ada mamas yg pernah make Allegro?
    Denger2 kl yg Forte krg support untuk dibawa mobile/ngantor ya krn size-nya yg lumayan gede?
    Tp browsing2 jg Forte yg baru udah ga segede panggangan roti, hihi, cm sekitar 17,3cm x 16,3cm dengan tebel 12,7cm.
    Bisa dibawa 1 aja ga corongnya?
    Mikir jg tasnya mst segede apa kl bw 2 corong plus mesinnya itu, hihi..

  37. nizam_mommy
    Ni Nugroho March 24, 2013 at 9:22 pm

    maaf baru jenguk comment2 lagi nih, @dian sigit: seperti yang sudah2 saya cuman bisa bilang pompa asi itu cocok2an, tapi unimom lumayan bagus untuk kelas harganya, affordable gitu loh dibandingkan medela, @debritha dewi: beda jenis mbak, allegro itu yang tipe portable-nya. kalo forte baru memang agak lebih kecil daripada yang lama, tapi tetep aja kurang portable dan nggak bisa pake batre kalo nggak salah sih. allegro baru batrenya udah lithium, jadi bisa dicharge aja nggak kayak yang dulu harus pake batu batre. forte bisa dipake single pumping kok mb, jadi bisa aja yang dibawa cuman 1 corong aja.
    HTH ya….

  38. devi tan
    devi tan March 25, 2013 at 1:58 pm

    Mba, si forte ini klo distel manual bisa gak ya ? trs pegangan (handle) untuk manual switch nya kompatibel gak sm yg Pigeon manual punya? kebetulan aku udah pnya pigeon manual n baru beli forte 2 hr yg lalu n blm sempet coba2.

  39. yukenny
    yukenny March 31, 2013 at 9:09 pm

    Hi MUM…..
    boleh minta info dan recommendasi untuk beli sparepart Unimom ada dimana?

    Thank you all
    Best regards :D

  40. Jennifer
    Jennifer Yap April 1, 2013 at 12:07 pm

    moms, koq harmony saya bersuara y.. trus oring-nya rusak ne.. di medan susah cari partnya.. terakhir dipinjemin oring, tapi mesti beli baru toh.. cari dimana y? tapi dipake sering bersuara gitu,suara pompa2, selain itu asinya gk maksimal keluarnya…hiks..

  41. nizam_mommy
    Ni Nugroho April 5, 2013 at 4:15 pm

    @devi tan: kalo yang versi lama ini nggak bisa mbak, kalo yang baru katanya bisa dipasangi manual kit yg dibeli terpisah. pigeon manual saya pernah coba juga dan kurang cocok, tapi banyak juga kok yang cocok pake pigeon. @yukenny: bisa coba ke gerai laktasi mb. @jennifer yap: waduh, saya reviewnya forte mbak nanya harmony, hehehe…gpp, kebetulan saya juga pake harmony, kalo online paling lengkap sparepart medela di asibayi.com coba aja diceks….

  42. yukenny
    yukenny April 6, 2013 at 9:30 pm

    @Ni Nugroho : Makasi mom buat info nya :D Unimom allegro aku lagi kekurangan sparepart bagian corong kareng di colong sama tikus :D jadi tidak bisa mompa selama 2 minggu ini :D akhirnya mompa pakai tangan :D

  43. viavia
    viavia May 10, 2013 at 11:09 am

    Forte dgn medela minel.. Corong nya besar mana? Nipleku besar sih..
    Biasanya pake minel.
    Thank ya Mamas

  44. rahmi yk
    Febrina Aulia Rahmi May 21, 2013 at 1:54 am

    moms, tadinya berniat beralih ke medela swing, udah ngebet banget, hbs baca review ini jadi ragu berpindah hati. hhhmmm . . . rada bingung juga jadinya

  45. de_yas
    de_yas September 10, 2013 at 11:15 am

    Forte recomended nih. Asi aku trmasuk minim, pake forte lumayan dptny 80-110cc, kalo pake avent elektrik cm dpt 60-80cc,hiks. Awal2 pake sempet hopeless & nyesel cz cm dpt 50cc,lama2 meningkat pake forte ini

  46. dita_odet
    dita adittya September 15, 2013 at 1:11 am

    terima kasih reviewnya mbak, uda punya mezzo tp penasaran pengen coba forte. awalnya nyewa, tp dr segi praktis di waktu dan tenaga (maklum working mama yg ga punya art) forte membantu sekali. baru nyewa 1hr langsung jatuh cinta. setelah masa cuti habis, langsung cari2. alhamdulillah ada di online shop waktu itu beli mezzo. sekarang babyku uda 4bln forte-nya untuk dirumah dan mezzo-nya u dibawa kerja.

  47. sayang_anak
    Pingkan Everett September 19, 2013 at 3:57 pm

    Halo, mau tanya dong. Itu forte kan ada 2 corong, tp klo pake cuma utk pompa 1 PD aja bisa kan yah? Trus beli unimom di online shop di jkt yg bisa dipercaya olshop apa yah? Ada rekomendasi ga? Soalnya kan harga nya lumayan ga murah. Takut ditipu. Thx in advance

  48. yunaj
    Aisyah Ningtyas October 10, 2013 at 7:03 am

    Mba, suara motor si forte ini kalo dibandingin ama medela swing alusan mana ya? Apa kurang lbh sama? Soalnya kalo mompa malem2 kAsian suami sering keganggu kalo sampai berisik, itu si minel suaranya kencenggg bangettt. Thank youuu

  49. de_yas
    de_yas October 15, 2013 at 9:56 pm

    Bisa beli di asibayi.com or gerai laktasi
    Forte suaranya halus banget

  50. kusumatmadja
    kusumatmadja January 10, 2014 at 1:11 pm

    hii mb.. kbetulan lagi nyari2 bp elektrik ney. sbelumnya pake avent manual cmn ko lama2 cape yak dan akhir2 ini srg gak dapet ldr. hikss.. aq mo nanya ney kalo dari segi hisapan si unimom forte sama allegro gimana yaa? soalnya kalo cuman beda di batre yg portable dan enggak kan mendingan yg allegro aja. makasih..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.