Aksesoris Batik untuk Anak


Pagi-pagi setelah anak saya yang besar berangkat sekolah dan adiknya sudah asyik sendiri main dengan mainannya, saya iseng membuka komputer dan melihat-lihat foto lama. Kemudian saya menemukan foto-foto kreasi kalung dan gelang batik untuk batita yang pernah saya buat sekitar 2 tahun yang lalu. Aksesoris itu sangat mudah dibuat dan hasilnya pun bagus, pasti anak-anak akan senang diajak membuatnya bersama. Sekaligus memperkenalkan kain batik kepada anak-anak.



Kalung

Alat dan bahan:


  1. Pita satin lebar 3 – 5 mm dengan panjang sekitar 12 cm

  2. Mutiara plastik bekas ukuran besar kira-kira 6 buah

  3. Benang dan jarum untuk menjahit

  4. Kain batik bekas, ukuran 70 x 10 cm

  5. Lem kain


Cara membuat:

  1. Lipat kain batik dengan posisi memanjang (bagian dalam di luar), kemudian jahit ujungnya kira-kira 0,5 cm dari ujung kain. Setelah dijahit, balik kain. Potong 10 cm untuk menutupi sambungan nanti.

  2. Ikat ujung kain batik kira-kira 7 cm dari ujung.

  3. Masukan bola mutiara pertama, lalu ikat kain supaya mutiara terkunci dengan rapi di dalamnya. Masukkan bola mutiara berikut, dan ikat lagi kainnya sampai habis.

  4. Ujung kain batik yang masih terbuka dilipat dua supaya rapi, lalu sambungkan dengan pita satin dengan cara dijahit. Begitu juga dengan ujung yang satu lagi, dengan ujung pita satin yang masih lepas.

  5. Supaya lebih rapi, sisa kain yang 10 cm tadi dipotong lagi jadi 2 bagian. Lalu lem dengan posisi horisontal di atas sambungan pita dan kain yang dijahit.


 

Gelang

Alat dan bahan:


  1. Gelang plastik elastik ukuran kecil

  2. Kain batik bekas, ukuran 50 x 10 cm


Cara membuat:

  1. Lipat kain batik dengan posisi memanjang (bagian dalam di luar), kemudian jahit ujungnya kira-kira 0,5 cm dari ujung kain. Setelah dijahit, balik kain. Potong 10 cm untuk menutupi sambungan nanti.

  2. Lem ujung gelang, lalu tempelkan kain batik (bagian yang dijahit dibagian dalam). Pegang dengan jari agak lama sampai kain menempel dengan kuat.

  3. Setelah kain menempel dengan kuat, lilitkan kain batik ke sepanjang gelang sampai habis.

  4. Supaya lebih rapi, sisa kain yang 10 cm tadi dipotong lagi jadi 2 bagian.

  5. Masukan ujung gelang ke dalam lubang kain batik, dilem sedikit. Lalu tekuk dan rapikan dengan sedikit lem supaya menutup bagian ujung yang berantakan.


Bagaimana, mudah kan? Pasti anak-anak senang dan bangga kalau mereka bisa membuat aksesoris sendiri.

10 Comments

  1. avatar
    ninit yunita November 29, 2012 5:58 am

    lucu bangeeet! keren! jadi pengen bikin buat sendiri.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    rini November 24, 2012 4:34 pm

    Mama, kain 10 cm itu dibagi 2 lagi, masing2 untuk menutupi sambungan antara ujung kain batik dan pita satin yg dijahit, supaya lebih kelihatan rapi :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    sukie November 23, 2012 6:43 pm

    lucunya :)) bakal praktek nih. TFS yahhh. Ditunggu DIY yang lain-lain *maruk* :d

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    rini November 23, 2012 4:06 pm

    Hai mama Shinta dan mama Thalia :) Terima kasih ya! Ayo bikiiiin....seru banget deh, gampang lagi... anakku seneng banget masuk - masukin bola mutiaranya, dan sampe sekarang kalungnya masih sering dia pake :))

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    shinta lestari November 23, 2012 1:03 pm

    ihh keren bangett!! gue selalu suka nih kalung2 model gini, dan ternyata gampang banget bikinnya yaa...

    tapi berhubung kurang kreatif, kayaknya bakal lama sampe kebikin deh nih.

    thal.. nebeng bikinin dong! *halah* :P

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.