Bangun Malam Untuk Menyusu

Q: Halo Dok,
Saya ingin bertanya, normalnya berapa kali bayi bangun malam untuk menyusu?
Anak saya berumur 1.5 bulan, kadang bangun tiap 2-3 jam, dan kalau bangun langsung saya susui.
Tapi pernah (sudah dua kali) tidurnya nyenyak banget sampe ga terbangun sama sekali. Setelah 4 jam saya bangunkan karena saya pernah baca maximal 4 jam bayi harus diberi susu supaya perutnya ga kosong. Tapi ini ternayata susah sekali. Kalaupun akhirnya bangun, menyusunya hanya sebentar trus tidur lagi. Kalau saya mendekatkan puting ke mulutnya, malah dikatup.

Saya khawatir anak saya jadi kurang menyusu dan perutnya kosong. Selain itu perutnya juga suka bunyi seperti ada angin atau seperti orang lapar. Saya pernah utarakan hal ini kepada DSA-nya waktu kontrol 1 bulan, katanya biasa karena bayi bernafasnya melalui perut.

Mohon pencerahannya, Dok.
Terima kasih banyak sebelumnya.

- Pertanyaan dari Bundanya Afraz

A: Terima kasih bunda Afraz atas pertanyaannya.

Kebutuhan tidur untuk bayi usia 0-2 bulan adalah 10,5-18 jam/hari. Sifat tidurnya tidak teratur (hingga usia 6-8 minggu) dan berhubungan dengan lapar. Pada bayi yang mendapat ASI, karena ASI mudah dicerna sehingga perut bayi lebih cepat kosong (rata-rata perut bayi kosong dalam waktu 3 jam/rentang 2-4 jam), konsekuensinya biasanya bayi yang mendapat ASI lebih sering terbangun. Periode tidurnya multipel baik di siang hari maupun malam hari. Tidurnya pun bersifat aktif, kadang disertai senyuman, badan bergerak-gerak (menggeliat), mulut menghisap.

Bayi usia 2-12 bulan kebutuhan tidurnya mulai berkurang menjadi 14-15 jam/hari, jumlah tidur malamnya mulai bertambah dan pola tidurnya mulai terlihat. Tidur siang yang awalnya 3-4 kali/hari menjadi 1-2 kali/hari menjelang usia 1 tahun, karena aktivitasnya mulai bertambah.

Jadi kalau bayinya terbangun tiap 2-3 jam masih normal dan bila lebih dari 3 jam belum bangun, mungkin dia cukup kenyang sebelum tidur atau mulai mengalami peralihan dan jam tidur malamnya mulai bertambah.

Suara seperti angin atau seperti orang lapar di perut si baby bisa disebabkan karena transient lactose intolerance yang biasanya terjadi pada bayi karena produksi enzim laktase di saluran cernanya (yang memetabolisme laktosa dalam susu) belum sempurna sehingga banyak produksi gas. Kadang ada bayi yang jadi sering kembung juga.

Semoga bisa membantu.

--

if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

Related Tags : ,,

14 Comments

  1. avatar
    Evi Susanti September 10, 2018 5:22 am

    hallo dok,mau tanya donk,bayi Q sebentar lagi tgl 11 september umurnya 2 bulan.dari awal memang agak susah menyusu,nggak langsung disedot putingnya,klo dah masuk mulutnya suka keluarin lagi,baru lama lama mau nyusu beneran.bahkan klo ASI dah mulai keluar,malah dy lepas.kadang dy lanjut menyusu tapi yg lebih sering nggak mau lagi(dilepas).kalau saya paksain dgn cara menahan kepalanya,biar dy tetap menyusu karena ASI'a keluar terus dy malah nangis.4 hari lalu,sampai 6 jam nggak mau nyusu,bobo terus& memang pagi pagi perutnya kembung & muntah.tapi setelah itu dy mau mimik,trus beberapa hari ini,malah dah 3_4 jam nggak mau nyusu,baik formula maupun ASi(ASI saya kurang) padahal seminggu sebelumnya sebentar sebentar dy minta mimik,bahkan malam hari pun sebelum 2 jam dy bangun sendiri minta mimik.skrg udah 2 jam dibangunin susah banget,bisa 1 jam saya ngebangunin,itupun klo bangun sering nggak mau mimik,klo dipaksa masukin puting ke mulutnya,dy kayak marah gitu(nangis).BB baru lahir 3kg,umur 1bulan 4kg,trus kemaren saya timbang lagi karena saya merasa kayak berkurang bobotnya,soalnya pas make'in baju jadi kendor dari sebelumnya tapi tetap naik dari bulan sebelumya jadi 5kg,mohon solusinya dong!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ervine Natalia November 29, 2017 1:47 pm

    Haloo dok. Maaf sebelumnya..saya mau bertanya soal susu dok.. jd gini.. anak sya dr umur 1-3th mnum susu nestle Nan kid PH 3 pro.. knp minum susu itu. Karena dr bayi dr rumah sakit diksih susu ini krna papanya ada riwayat alergii pd obat.. jd jaga2 untuk mengurangi resiko alergi.. tp anak sy tidak alergi dg susu sapi.. karena cocok mnum susu Nan ini jd sy lanjutkan sampai anak sya umur 3th skrg.. tp susu tsb hanya sampai umur 3th dok. Sdangkan skrg anak sy sudah umur 3th. Dan sy bngung untuk ganti susunya dok. Karena anak sy cenderung jd gak suka susu sapi. Beberapa hari kmrin sudah coba ganti susu S 26 susu sapi tp gak cocok. Malah jd buang air trs dan gak nafsu mkn.. kira2 sy cocok untuk ganti k susu apa yah dok? Lanjutan dr nan kid ph pro ini dok. Klo kira2 ganti nutrilon royal 4 soya gmna dok? Atau tetep minum susu nan kid ph pro 3 meski anak sy sudah umur 3th? Makasih dok

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    beenice August 29, 2016 2:35 pm

    halo dok, saya mau tanya , kasus saya hampir sama dengan bunda di atas, tapi kalu anak saya sering nangis dan menyusunyapun cuma sebentar, karena baru menghisap beberapa menit saja dia langsung tertidur dan tak lama kemudian terbangun dan nangis, saya kasih nenen cuma nenen bentar dan kemudian tidur lagi,, begitu seterusnya , kalu dilihat frekuensi bak lebih dari 6x dan bab jg lancar2 saja, kira2 kenapa ya dok ?

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    rharapasaribu February 4, 2016 11:18 am

    Dok bayi saya masih 2 minggu dan klo tidur lelap sekali berjam-jam apalagi dimalam hari. Nah apakah tiap 2-3 jam perlu dibangunin utk nenen apa tunggu dia minta? Terkadang susah sekali bangunin debaynya. Trus klo nenen sambil tidur perlu di sendawakan lagi atau lanjt tidur dalam keadaan miring bu dokter? Terimakasih

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    yessy May 31, 2012 7:38 am

    Dokter,bayi saya skr berusia 4 bulan beberapa hari lagi udah mau 5 bulan.Biasanya klo tidur malem pulas banget.bangun cuman sekali.tapi sudah seminggu lebih ini,tiap setengah jam sekali selalu bangun sambil nangis-nangis.pas diperiksa perutnya emang sedikit kembung.tapi hari-hari sebelumnya,meskipun perutnya kembung tidak pernah menangis dan rewel seperti sekarang.kira" kenapa ya dok?

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.