Bayi Hebat

Selasa tanggal 13 November 2012 saya harus menerima kenyataan pahit bahwa janin saya harus lahir prematur karena ketuban saya rembes duluan. Waktu itu umur kehamilan saya baru 33 minggu (HPL saya 27 Desember). Malam hari saya USG, Obgyn bilang bahwa bayi saya sungsang (karena memang belum masuk panggul), berarti saya harus menjalani operasi sesar. Sepanjang malam itu saya menangis.

Selalu ada hal baik dari setiap hal buruk, untunglah kandungan saya berhasil dipertahankan 1 minggu. Selasa (20/11) saya menjalani operasi sesar pada umur kehamilan 34 minggu. Dan bayi saya laki-laki, serasa mimpi rasanya, jujur saya ingin anak laki-laki (sebelumnya USG berulang-ulang Obgyn bilangĀ  janin saya perempuan). Sayangnya saya tidak bisa langsung melihat bayi saya karena mungkin kondisi bayi saya yang tidak memungkinkan.

Alhamdulillah bayi saya lahir dengan dengan panjang 44 cm dan berat 2,25 kg. Walaupun kecil, Hideo tak perlu masuk inkubator (karena lebih dari 2 kg). Tetapi Hideo harus pakai oksigen, sonde, dan infus. Ia juga sempat disinar biru karena bilirubinnya agak tinggi, rata-rata bayi prematur memang pernah kuning. Saya baru bisa melihatnya setelah 3 hari, dan saya baru bisa menyentuhnya 7 hari kemudian. Saat itu saya diberitahu bahwa saya boleh belajar menyusui bayi saya di kamar NICU (sebelumnya hanya mengirim ASI saja).... Senang sekali rasanya, berdebar-debar karena akan bertemu bayi kami langsung, tanpa kaca.

Saya selalu membayangkan dan yakin kalau menyusui itu mudah. Kenyataannya saya salah besar. Hideo belum bisa mengisap dan puting saya tenggelam. Perawat NICU memberi tahu saya "Harus sabar ibu, karena bayi prematur memang seperti ini, mereka belum punya naluri untuk menyusu." Ya saya harus sabar... Sabar sekali....

Hari berikutnya berjalan seperti ini, semua serasa berjalan lambat. Perawat NICU lain memarahi saya karena tidak menarik puting saat masih hamil. Saya bilang tidak (teman-teman saya di kantor yang sebagian besar bidan, melarang saya untuk menarik-narik puting karena bisa menyebabkan kontraksi, saya pernah mengalami abortus dengan pendarahan sebelumnya, jadi saya sangat berhati-hati untuk kehamilan setelahnya). Seiring waktu berjalan, saat waktunya menyusui (peraturan rumah sakit mengatakan jam menyusui 05.30, 08.30, 11.30, 14.30, 17.30, 20.30 dan 23.30 sebagai jam terakhir menyusui). Seminggu belajar menyusui rasanya membingungkan. Bagaimana tidak, di antara jam-jam menyusui saya harus memerah ASI. Begitu terus sepanjang waktu. Jika waktu setengah jam menyusui bayi tidak efektif, maka ia harus disuapi dengan asi yang diperah sebelumnya menggunakan sendok. Benar-benar membuat saya sangat stres sehingga kadang ingin menyerah. Tapi saya tetap bertahan karena ingat Hideo. Bayi hebat kami.

Bagaimana dia tidak hebat? Saya sempat mengalami flek saat hamil tujuh minggu. Kemudian saat hamil 13 minggu saya ikut pelatihan di Solo selama tiga hari. Saat hamil 15 minggu saya diare dan keracunan makanan. Kemudian saat hamil 20 mingug saya dan suami jatuh dari motor. Dan saat saya hamil 26-29 minggu, saya harus diklat selama tiga minggu di Semarang. Terakhir, ia harus lahir prematur.

Pada hari ke-15 Hideo boleh dibawa pulang. Semua memang tidak mudah. Pelan-pelan kami mengajarinya untuk langsung menyusu lewat payudara. Awalnya puting saya disambung dulu dengan nipple (seperti dot, tapi berwarna cokelat), walaupun kadang hanya diisap sebentar-sebentar. Lama-kelamaan ia bisa menyusu langsung. Sekarang Hideo sudah 5 bulan, biarpun waktu terasa merayap, yang penting ia sehat dan makin pintar. Semoga kelak ia menjadi anak yang hebat.

Related Tags : ,

18 Comments

  1. avatar
    umi farhat July 14, 2013 11:03 am

    Slm kenal bunda hideo. Ceritanya sangat memotivasi sy utk ttp optimis. Tfs.
    Skrg sy hamil 30 w dan lg jalanin perawatan kontraksi. Janin baru 1.5kg dan sungsang. Kt dokter blm blh dilahirin. So, skrng dtahan di dlm setidaknya sampe janin 2kg.. Sy minum obat penguat rahim dan antikontraksi 2x sehari, bedrest total. Tp tetep, sampai td mlm msh kontraksi dan keluar air. Mhn doanya dr moms smg saya dan janin bs kuat sampai waktu lahiran.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dhewee zhoe May 20, 2013 10:40 am

    terharu baca semua pengalaman bunda...alhamdulillah 2x hamil dan melahirkan saya dan baby tidak pernah mengalami hal yang buruk,two tumb buat semua bunda dan bayi hebatnya :*

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    hetti ageru May 19, 2013 7:06 pm

    wah senang rasanya bisa share ya bund.. sebagai bunda dengan bayi prematur memang kita harus saling suport, karena di luar sana kita tidak sendirian.. jadi tambah semangat neh.. dulu waktu hamil muda saya selama 2 bulan kerja lapangan dari pagi, kadang maghrib baru pulang. mungkin saya..kecapekan kali ya???

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Aniflakitnac May 18, 2013 12:18 pm

    Slm hebat buat kakak hideo...dari baby chalief 3,5mos...sht trs ya nak..sst baju nya sama ma baby chalief loh :P

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Anjani May 17, 2013 6:21 pm

    hay baby hideo,

    hampir sama ya,, dlu aq jg hamil tanpa disadari, tau2 hamil padahal aq sempet datang bulan looh,, certa nya pulang kerja aq pingsan d angkutan umum mampir dibawa deh k rs terdekat,kta dokternya aq hamil,tp di tespek pun negatif sempat ga percaya krna aq bru aja datang bln krg lbh 2minggu yg lalu *masa iya hamil, tetep cuek tetep melanjutkan kontrol gigi *ktnya klo lg hamil gigi sering sakit makanya gigi yg bermasalah d atasi, 2kali cabut gigi,1x bersihin karang dan 2x nambel gigi slama 1bln lbh menjalanin periksa gigi. certa trnyata slma aq menjalanin periksaan gigi sm kjadian pingsan itu aq ternyata hamil beneran loh hnya saja d tespek tetep negatif, penasaran aq ke RSIA muhamdiyah tmn puring kontrol abs d blng hamil,pas d USG jg kosong ga ada tanda2 hamil
    ya sudah akhirnya aq urut deh dtukang urut langganan kt dy yuuups bener aq hamil, hnya saja blum terdeteksi krna msh muda kira2 aq sdh hamil 6minggu, ktnya dsuruh nunggu smpe bln dpan bener sj tau2 khamilanku sdh 10minggu, stlh tw hamil aq extra hati2,,tp malah aq kepleset d kamar mandi, H2C deh gara2 jatuhnya lmyan sakit euy,
    dtng lg k RSIA BUHA ciputat lgsng kontrol stlh jatuh, alhamdullh sehat tdk knp2
    sampai skrg baby adrian sehat trus, walaupun mommy nya selebooor hahahaaa
    salam kenal baby hideo

    1. avatar

      As .