Bento Simpel Serba Bintang

Kalau biasanya tutorial bento mengajarkan cara membuat bekal anak dengan sebuah tema tertentu, kali ini saya ingin membagikan tips membuat bento dengan mengandalkan hanya satu alat saja, yaitu satu set cetakan berbentuk bintang.

Cetakan bintang ini mudah dijumpai di supermarket, tidak harus dibeli di toko kue atau toko khusus lainnya. Merknya pun merk lokal dan harganya tidak mahal. Saya memilih bentuk bintang karena cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan.

Lalu kenapa hanya satu set? Karena ibu-ibu kadang malas membuat bento kece karena harus mengeluarkan modal untuk membeli pernak-perniknya, atau malas karena tutorial bento di internet terlihat ribet dan makan waktu. Padahal membuat bento sederhana belum tentu butuh banyak biaya!

Jadi, apa saja yang bisa kita buat dengan cetakan bintang?

1. Homemade frozen food

Menyetok frozen food kayaknya sudah jamak ya dilakukan oleh urban mama. Tapi apakah urban mama pernah coba membuat sendiri? Temukan resep chicken nugget favorit anak-anak lalu cetak dengan cetakan bintang. Saya biasa mencetak dengan ukuran sedang (cetakan warna kuning/oranye).

2. Roti

Roti, bersama nasi, memang makanan yang paling sering dibentuk untuk bento. Mencetak roti bentuk bintang sangat mudah, dan kita bisa berkreasi dengan beragam ukuran cetakan dalam satu bento.

3. Buah

Buah yang mudah dicetak adalah semangka, pepaya, melon, mangga, dan sebagainya yang berdaging lembut. Biasanya saya memakai yang ukuran kecil (cetakan warna ungu kecil).

4. Beef patty

Mencetak beef patty atau daging burger prosesnya mirip dengan mencetak chicken nugget. Urban mama bisa mengerjakannya malam sebelumnya atau saat weekend untuk stok. Biasanya saya menggunakan cetakan ukuran besar (warna hijau/ungu besar).

5. Keju

Mencetak keju ini paling gampang ya, kita bisa membuat satu ukuran atau beragam ukuran dalam satu bento.

6. Nasi

Membuat bekal pastinya belum lengkap tanpa nasi! Semua ukuran cetakan bisa digunakan untuk nasi, bahkan bisa pula digunakan untuk membuat onigiri (nasi kepal Jepang).

7. Telur dadar

Dari semua yang saya coba, mencetak telur dadar adalah yang tersulit, karena keberhasilannya tergantung pada konsistensi ketebalan dan kerapihan si telur dadar. Saya pun mencoba beberapa kali sebelum mendapat hasil yang lumayan.

 

Semua bekal di atas sudah diuji coba oleh anak saya yang berusia TK. Untuk cetakan pelengkapnya urban mama bisa menggunakan mangkuk kecil atau kotak makan kecil apa saja yang tersedia di rumah. Kalau anak-anak menyukai bentuk lain, misal lingkaran, hati, atau bunga, saya pernah lihat dijual juga dalam bentuk satu set seperti ini. Urban mama pasti bisa lebih kreatif dong daripada saya, kalau dilihat jelas bento saya pun tidak rapi-rapi amat karena dibuat kilat di pagi hari.

Prinsipnya satu, maksimalkanlah perlengkapan yang ada di rumah. Selamat berbento!

5 Comments

  1. avatar
    Rizka Hany August 11, 2018 7:17 am

    waaaaahhhh... terima kasih idenya. masak sederhana bisa tampak wah ya dengan hanya bermodal cetakan saja. langsung praktek ah..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Leila Niwanda August 3, 2018 8:21 am

    Waah, iya yaa, dari satu set cetakan ini saja sudah bisa bikin macam-macam ya. Terima kasih idenya, Ma.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi July 26, 2018 7:12 pm

    iya ya dari cetakan bintang bisa jadi macem-macem. Berguna banget nih untuk emak-emak pemalas macam aku ini. Tfs ya mama vibe

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita July 25, 2018 6:52 am

    wowww keren bangeeet! asli gemes! aku aja yang liat seneng banget, gimana anak-anak yaaa... liat ini jadi memotivasi untuk menyiapkan bekal yang menarik jadi bisa menggugah selera.

    TFS mama vibe... semoga bisa mengikuti jejakmuuu.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania July 25, 2018 6:03 am

    Kemarin anak2 liat artikel TUM, trus komen kok aku udah gak pernah di bikinin bento sih? Duuh, mama di sentil, hahaha..

    Peralatan bento yg kupunya itu-itu aja sih, belum niat beli banyak kalau nggak ada diskon. LOL.

    Jadi ya biasanya di maksimalin aja punya cetakan berapa, ya bentuknya itu lagi-itu lagi. Heheh..

    Thanks sharenya mama Vibe

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.