Berikan Sentuhan Cinta untuk Bayi dengan Pijatan

Memiliki empat orang anak tak lantas membuat saya menjadi ahli dalam mengurus bayi. Saya masih rajin mencari info mengenai cara memandikan, merawat tali pusat, dan juga tentang teknik memijat bayi. Saat anak pertama lahir, saya selalu memijatnya di tempat khusus bayi. Anak kedua lahir, saya memanggil ibu pijat ke rumah sambil mengamati. Baru setelah anak ketiga lahir, saya diajarkan cara memijat oleh bidan yang membantu saat melahirkan. Sejak saat itu saya merasakan betapa menyenangkan sesi memijat bayi sendiri, karena kami bisa bertatap mata sambil berbicara dan bercanda.



Memijat bayi dapat dilakukan sejak baru lahir usia 0-3 tahun, dengan catatan bayi dalam kondisi sehat dan stabil dalam medis. Orangtua juga harus siap dalam melakukan pijatan karena #PijatBayi pada dasarnya merupakan rangsangan stimulasi taktil dan kinestetik yang disertai komunikasi verbal, jadi bisa untuk bonding antara anak dan orangtuanya melalui #SentuhanCinta. Memijat bayi dapat dilakukan 2x sehari sebelum mandi, pagi dan sore. Selain itu, sebaiknya pijat bayi dilakukan pada 6-7 bulan pertama untuk membantu tumbuh kembang bayi. Pijat bayi memberikan banyak manfaat yang bagus untuk tubuh bayi, beberapa di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan sistem imunitas pada bayi
  • Membantu bayi belajar rileksasi
  • Meningkatkan kualitas & kuantitas tidur bayi
  • Menurunkan hormon stress bayi dan orangtua
  • Meningkatkan bonding orang tua dan bayi
  • Menenangkan dan mengurangi frekuensi menangis
  • Memperlancar pencernaan, mengurangi gas dan sembelit bayi
  • Membantu meningkatkan berat badan bayi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan otot bayi
  • Meningkatkan kognitif, kewaspadaan, serta konsentrasi saat bayi tumbuh
  • Membantu peredarah darah yang sehat
  • Meningkatkan kepercayaan diri orangtua saat memegang bayi
  • Membantu orangtua mengetahui isyarat non verbal dari bayi
  • Meningkatkan komunikasi orangtua dan bayi.

Saat bayi baru lahir, berikan sentuhan dan usapan lembut di kulitnya, namun jangan terlalu lama berfokus pada satu titik. Bayi baru lahir pasti akan sering merasa over-stimulated di minggu-minggu pertamanya, maka dari itu ia akan nyaman dalam dekapan orangtuanya dan menginginkan usapan lembut.

Perlu Mama ingat bahwa bayi baru lahir cenderung lebih sensitif dibanding bayi usia enam bulan ke atas dan anak-anak usia balita, maka pemijatan selama 10 menit sudah cukup untuk menstimulasi bayi baru lahir. Bayi yang lebih tua dapat menikmati pemijatan selama 20 menit. Namun para orangtua dan perawat harus selalu waspada dan belajar untuk merespon kebutuhan bayi dan tanda-tanda yang diberikan bayi pada saat dipijat.

Untuk memberikan suasana yang nyaman dan tenang, memijat bayi dapat dilakukan di ruangan yang hangat dan tidak berisik. Ingat selalu ya Mama, untuk mencuci tangan dan memotong kuku terlebih dahulu agar kulit bayi tidak terluka. Pastikan pula untuk menggunakan baby oil atau lotion untuk membantu sesi pijat bayi. Memijat bayi bisa dilakukan saat bayi dalam keadaan sehat. Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan sebelum memijat bayi:

  • Tidak memijat bayi saat sedang kenyang
  • Tidak membangunkan bayi yang sedang tidur
  • Tidak memijat saat bayi sedang sakit
  • Tidak memaksakan bayi pada posisi tertentu
  • Tidak memijat bayi dengan paksa
  • Perhatikan respon bayi saat dipijat.



Langkah-Langkah Memijat Bayi
Urban Mama dapat memijat bayi di rumah. Pijat bayi bisa dilakukan dengan cara mudah sehingga orangtua dapat mengingat teknik-teknik sederhana pijat bayi dan bayi tetap merasakan sentuhan cinta yang nyaman dan bermanfaat untuknya. Beberapa teknik-teknik sederhana pijat bayi dapat Urban Mama pelajari dalam video mengenai tutorial stimulasi pijat bayi.

Teknik stimulasi pijat bayi terdiri atas enam rangkaian. Setiap rangkaian memiliki beberapa gerakan berbeda:

1. Pijatan Wajah
Sentuhan Cinta
Pijatan Daerah Alis
Pijatan Memutar Membentuk Lingkaran
Senyuman
Pijatan Daerah Belakang Telinga

2. Pijatan Dada
Pijatan Kupu-kupu
Pijatan Menyilang

3. Pijatan Perut
Mengayuh
Bulan Matahari
I Love You
Pijatan Jari-jari Berjalan
Gerakan Relaksasi

4. Pijatan Tangan
Pijatan Memerah: a. Milking India (Perahan India) dan b. Milking Swedia (Perahan Swedia)
Pijatan Menggulung
Pijatan Memeras
Pijatan Telapak dan Punggung Tangan
Pijatan Memutar Pada Telapak dan Punggung Tangan
Pijatan Pada Jari
Gerakan Relaksasi

5. Pijatan Kaki
Pijatan Memerah
Pijatan Memeras
Pijatan Telapak dan Punggung Kaki
Pijatan Memutar Telapak dan Punggung Kaki
Pijatan Pada Jari
Gerakan Relaksasi

6. Pijatan Punggung
Pijatan Maju Mundur
Pijatan Meluncur
Mengayuh
Pijatan Melingkar
Menggaruk

Agar semua langkah teknik stimulasi pijat bayi bisa dipelajari dengan mudah, Mama dapat menonton video tutorial teknik stimulasi pijat bayi sambil langsung dipraktekan.



 

Tentang Kampanye Sentuhan Cinta Johnson’s Baby
JOHNSON’S® dan The Urban Mama kembali menggelar acara Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil pada tanggal 6 April 2019 lalu di Ibis Style Hotel Surabaya. Sentuhan Cinta merupakan program JOHNSON’S® yang berfokus pada edukasi pijat bayi. Sentuhan Cinta diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000 dengan peluncuran buku panduan pijat bayi JOHNSON’S® yang bekerja sama dengan dokter anak Indonesia. Sejak itu, JOHNSON’S® terus melakukan edukasi pijat bayi terhadap ahli kesehatan dan para ibu baru di seluruh Indonesia.




Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, di mana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode tumbuh-kembang berikutnya sampai anak beranjak dewasa.

Johnson’s Baby mendorong ibu-ibu Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi yang bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama bayi dalam periode emas tersebut. Program Sentuhan Cinta dibuat untuk memperkuat komitmen JOHNSON’S® dalam meningkatkan kualitas hidup bayi.

Dalam menjalankan kampanye Sentuhan Cinta, JOHNSON® bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Adapun kita bisa turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk Johnson’s Baby sebagai berikut:

  • Setiap pembelian produk JOHNSON’S® di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp25.000
  • Setiap pembelian JOHNSON’S® oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta. Dari transaksi tersebut di atas,Urban Mama secara otomatis dapat menyumbangkan Rp500 (Lima ratus rupiah) guna membantu pembangunan Posyandu di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Tentunya JOHNSON’S® tak langsung berhenti, karena ingin memastikan bayi-bayi di Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik dan mendukung pertumbuhan bayi secara optimal. Oleh karenanya, JOHNSON’S® melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional.

Jika ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, Urban Mama dapat mengunjungi situs web Sentuhan Cinta dan akun media sosial resmi JOHNSON’S® Indonesia di instagram @JohnsonsBaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia. Semoga ilmu yang saya dapatkan ini dapat berguna untuk para Mama yang sedang menyerap banyak informasi mengenai bayi baru lahir. Semoga nanti Mama juga dapat mengikuti pelatihan pijat bayi yang akan diadakan di kota-kota berikutnya ya.

5 Comments

  1. avatar
    Tyara Maryam April 29, 2019 7:57 pm

    bagusnya campaign Johnson's sentuhan cinta ini ya. Salut!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    mama_ningsih April 23, 2019 9:05 am

    Thanks moms Cindy tulisannya, aku suka pijatin baby setelah dia mandi pakai baby oil johnsons baby. Dulu pernah diajarin pijat bayi pas di rumah sakit.
    Selalu suka kampanye Johnsons Baby, selalu peduli dengan bayi bayi di sekitar kita. Tahun kemarin aku ikut juga yang pemecahan rekor muri di senayan.

    1. avatar
      Cindy Vania April 24, 2019 8:08 pm

      Kampanye Johnsons baby yg di Senayan itu keren banget ya. Sampai jadi rekor muri

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    May Sukmasari April 22, 2019 5:37 am

    Jadi ingat ketika Dhira masih bayi, takut banget buat mandiin, apalagi pijat, karena mungkin kurang pengetahuan juga dan belum pernah ikut workshop seperti ini. Insya Allah nanti kalau anak kedua lahir mau belajar pijat bayi sendiri. Manfaatnya banyak banget dan mama Cindy lengkap share tutorialnya. Terima kasih ya Mam.

    1. avatar
      Cindy Vania April 24, 2019 8:09 pm

      Kembali kasih mama May. Semoga artikelnya bermanfaat ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.