Buka Puasa Bersama TUM-Surabaya

Tahun ini The Urban Mama mengadakan acara buka puasa bersama di empat kota, salah satunya di Surabaya. Acara buka puasa yang diadakan di Mal Ciputra World kali ini berlangsung seru dan meriah, pasalnya peserta bukan hanya disuguhi hidangan buka puasa bersama saja, namun juga dapat menambah pengetahuan parenting bersama Bunda Mierrina S.psi, M.psi dari Cangkru’an Parenting Surabaya. Selain itu ada juga acara fashion show dari Mothercare.

Kemeriahan dimulai ketika Mothercare mulai menampilkan beberapa koleksinya dan memberikan product knowledge untuk beberapa koleksinya yang sedang booming. Antara lain adalah New Silvercross Stroller 2014 yang ultra-ringan dan ringkas, cocok dibawa untuk mudik lebaran dan liburan bersama si kecil.

Tak lengkap rasanya acara buka puasa bersama tanpa tambahan sharing pengetahuan. Untuk itu The Urban Mama bekerja sama dengan Cangkru’an Parenting Surabaya menghadirkan Bunda Mierrina untuk berbagi ilmu mengenai pola asuh anak. Dengan menghadirkan tema 'Anakku bukan Bonekaku', bBunda Mierrina berbagi bagaimana mengasuh anak sesuai karakter dan mengenali minat dan potensi anak sejak dini. Adakalanya orangtua lalai kalau anak memiliki keinginan, mimpi, bakat, dan minatnya sendiri. Tak jarang anak menjadi objek untuk cita-cita, impian dan harapan besar orangtua. Jika mimpi dan harapan orangtua berbeda dengan cita-cita dan mimpi anak, tentu akan membuat anak tertekan. Demi ambisi orangtua, banyak anak yang dipaksa mengikuti kegiatan, les, dan ekstrakurikuler yang tidak sesuai minat dan bakatnya. Kegiatan yang menyita waktu anak tanpa diimbangi oleh keinginan anak sendiri hanya akan membuat masa emas anak sia-sia. Apalagi kalau diperburuk dengan label-label negatif dari orangtua, sikap orangtua yang otoriter serta suka membanding-bandingkan.

Menurut Bunda Mierrina, jika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda sulit konsentrasi, pola tidur berubah, menjadi lebih sensitif dan pemarah, dan sering mimpi buruk, ada baiknya orangtua patut instropeksi dan waspada. Kemungkinan si anak mengalami gejala stres dini. Orangtua wajib menyadari bahwa bakat, minat, kemampuan, kelebihan, dan kekurangan setiap anak itu berbeda-beda. Orangtua seharusnya mempelajari anak sebagai individu yang lengkap dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Bunda Mierrina menyarankan agar orangtua mulai meluangkan waktu secara intensif untuk berkomunikasi dengan anak. Berkomunikasi adalah salah satu cara orangtua belajar mengenali karakter dan potensi anak. Dimulai dari meja makan, menemani dan mendampingi anak ketika bermain dan belajar, mengobrol di waktu luang, lalu menjadi penanya dan pendengar yang aktif, orangtua akan tahu keinginan dan cita-cita anak. Bersikaplah terbuka dengan cara memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya sesuai rasa ingi tahunya dan komunikasikan segala perubahan dan hal baru yang terjadi. Mempersiapkan mental anak untuk memahami, mengenali dan menghadapi perubahan akan dapat mengurangi stres dini pada anak. Jangan emosional ketika menemui kesalahan atau kelalaian anak, tanggapi secara bijak, karena anak adalah manusia yang sempurna dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Antusiasme mengikuti talkshow parenting ini bukan hanya ditunjukkan dari member The Urban Mama saja, namun juga dari banyaknya pengunjung mal yang ikut mendengarkan penjelasan yang diberikan Bunda Mierrina. Kesempatan tanya-jawab pun tak ingin disia-siakan oleh pengunjung, terbukti urban papa pun tak mau ketinggalan berpartisipasi.

 

Menjelang Adzan maghrib, peserta ngabuburit bersama di restoran Omnivoro. Kali ini Pak Syaiful dari Cangkru’an Parenting Surabaya memberikan kesempatan bagi urban mama yang membawa buah hatinya untuk mengikuti fingerprint analysis untuk membantu memetakan kemampuan dan bakat anak. Seluruh peserta berbincang dan berdiskusi seperti keluarga besar. Antusiasme yang luar biasa dan berkat kesabaran Pak Syaiful dan Bunda Mierrina menemani berbincang, acara yang harusnya selesai pukul 18.30 ini jadi berlanjut hingga pukul 20.00. Ketika anak-anak sudah mulai mengeluh mengantuk dan capek, dan satu-per satu peserta sudah mulai izin pulang, mau tak mau kami pun turut beranjak pulang.

Terima kasih kepada Mothercare yang telah mensponsori acara #TUMBukBerSBY kali ini. Tak sabar rasanya menanti acara seru selanjutnya dari The Urban Mama. Sampai jumpa di acara seru yang lainnya ya!

5 Comments

  1. avatar
    WiwiT July 26, 2015 1:38 pm

    Fajrin, Soon!! Stay tune yaa!! Nanti dicolekin.. :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Fajrin Dina July 25, 2015 11:36 pm

    Kapan nih event berikutnyaa? Pengen ikutan

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    vita amanina August 5, 2014 11:18 pm

    Aku juga nunggu event berikutnya mbaaak ^^

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Ani August 4, 2014 10:16 am

    huaahhh..sayangnya uda pindah ke Madiun,,,jadi gag bisa ikutan *mewek*

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania July 28, 2014 12:16 pm

    Acaranya seruuu..suka sama topik dan cara penyampaian dari Bunda Mierrina dan kak Saiful.

    Makanannya enak,urban mamasnya juga asik2 semuaa.. aku nunggu event berikutnya yaa :D

    1. avatar

      As .