Buku Pintar yang Benar-benar Pintar

Sekarang, setiap tahun majalah Time menerbitkan Almanac yang isinya informasi dan fakta terbaru tentang apa yang terjadi di dunia. Untuk versi anak-anaknya Time For Kids juga menerbitkan Almanac tiap tahun, begitu juga National Geographic Kids. Kedua Almanac a.k.a buku pintar ini sangat berwarna dan dilengkapi foto-foto keren. I love it!



Kira-kira sebulan yang lalu, Ayah membelikan kedua Almanac ini untuk Aira, yang edisi 2010. Aira memang senang membaca ensiklopedia (anak-anak) tetapi saat disodori Almanac, awalnya Aira nggak begitu tertarik. Dia lebih senang dibelikan buku-buku cerita fairy kesukaannya. Tapi setelah mulai membuka Almanac yang National Geographic Kids, sekarang dia nggak bisa lepas dari kedua Almanac ini. Jangankan Aira, saya saja senang membacanya. Walaupu pastinya harus minta ijin dulu sama yang punya buku. Ini tugas sulit, karena bagi Aira tidak mudah untuk meminjamkan buku kesukaannya. Alhasil saya hanya bisa membaca di malam hari, kalau Aira udah tidur.


Time For Kids Almanac yang pada cover-nya bertuliskan 'find fast facts up-to-date information and notable news inside' isinya lebih kepada pengetahuan populer. Ada year in review, animals, art, book and literature, building and architecture, dance, games, movies, sport, dan lain-lain. Informasinya lebih banyak berkaitan dengan Amerika.


National Geographic Kids Almanac, yang pada cover-nya bertuliskan fun facts, everything you always wanted to know about everything, khas National Geographic. Isinya ada your world 2010, awesome adventure, amazing animals, culture connection, geography rocks, going green, history happens, wonders of nature, and super science. Informasinya lebih mendunia, walaupun kalau menyangkut sejarah tetap yang dominan sejarah Amerika.

Saya personally dan sepertinya juga Aira, lebih menikmati National Geographic. Pembagian topic-nya lebih sedikit dibanding Time, tapi jadinya lebih mendalam. Layout dan foto-fotoya juga lebih keren! Ada ada banyak fun facts dalam tiap topik, proyek dan kuis atau games yang menarik untuk anak seusia Aira. Baru beberapa hari dibaca Aira, buku ini udah mulai lecek karena dibawa mulai dari ke sekolah, di mobil, jalan-jalan ke mall, kemana-mana!

Aira sekarang senang sekali (dengan muka sok tau) memberi info pada saya, "Did you know bunda, that there are at least 16 known cat words?" atau yang jadi favorit-nya dan selalu diulang-ulang kepada SIAPA SAJA yang kebetulan mau mendengarkan (atau tidak), "Did you know a zorse? the father is a horse and the mother is a zebra!"

Jadi, siapa saja yang punya anak usia SD, buku ini sangat direkomendasikan.


Sebagai informasi, sejak Juni, Almanac 2011 dari National Geographic Kids and Time for Kids juga sudah terbit.


 


 

30 Comments

  1. avatar
    Vanda Hamim July 14, 2010 11:19 am

    TFS mbak..*meluncur langsung ke Periplus*

    Salam sayang juga buat Aira..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    dee_melodia July 14, 2010 7:53 am

    keren bgt, jadi pengen baca jg. TFS mbak.. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Anggie Mutia July 14, 2010 12:07 am

    mba harganya brapaan yiaaaa....^_*

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Puan Dinar Aifa July 13, 2010 11:06 pm

    @all moms: gak papa beli duluu... kalo buku kan gak ada expired date-nya. investment ceritanya. hihi.. ;)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Anggie Mutia July 13, 2010 10:10 pm

    tfs ya puan...jd pengen beliii,meskipun anakQ msh 3,5 mos :p
    byar emaknya dlu dah yg baca :)

    1. avatar

      As .