Diary ASIP

Saya merasa sangat lega bisa menuntaskan niat memerah ASI di kantor sampai Raffa berusia dua tahun. Untuk meningkatkan semangat, saya sengaja membuat catatan setiap hari, sejak cuti melahirkan berakhir sampai tanggal 10 Januari 2014 lalu. Selama periode itu saya berusaha untuk bisa memerah ASI tiga kali sehari dan diusahakan pada jam yang sama.

Diary ASIP yang saya buat itu seperti ini:

Diary ASIP ini saya buat agar bisa lebih mudah memantau stok yang saya miliki. Kelihatannya memang merepotkan mencatat seperti ini, tapi lama-kelamaan saya menikmatinya. Rasanya ada yang kurang kalau tidak mencatat. Uniknya, kalau pada suatu hari pendapatan ASIP saya berkurang, saat sampai di rumah saya dapat laporan kalau si kecil yang biasanya minum tiga botol ternyata hanya minum dua botol. Jadi saldo harian bisa balance terus. Dan kejadian seperti ini tidak hanya sekali saja, melainkan beberapa kali. Dengan catatan seperti ini, saya juga bisa tahu misalnya hasil perahan banyak karena habis makan apa, jadi saya bisa tahu jenis ASI Booster macam apa yang cocok untuk saya. Hal ini juga berlaku jika terjadi reaksi alergi.

Related Tags : ,,

19 Comments

  1. avatar
    amaliya May 27, 2015 3:25 pm

    ide yg menarik buat new mom spt sy, salut semangat Dan ketelatenannya.. makasih sharingnya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    rinny lenggo September 25, 2014 11:51 am

    Ratnasari: minta caranya dong bisa dapat segitu banyaknya Utk Sekali pump.. Aku plg bnyk 60ml.. Help me dunks mom.. Mana Udah mau masuk kerja lagi hikss hikss sedih

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    frisca amanda putri June 18, 2014 2:28 pm

    jam pumpingnya harus sama ya moms?soalnya aq di kantor kn gak ada ruangan yg tersembunyi gitu selain musholah sama ruang meeting jadi klo pumping nunggu gak ada orang dulu.jadi ya gitu gak bisa sama waktunya.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Fitri anita June 18, 2014 8:19 am

    @Wenny Maulana=wah itu banyak sekali mom...
    @Veedy=frekwensi perahnya coba ditambah mom..yakin aja pasti cukup.
    @carolinedenanc,
    @ochyn
    @Asshowaiq
    =Sama-sama

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Wenny Maulana June 17, 2014 5:09 pm

    Moms, kalo aku sekali pumping bisa sampe 340ml itu banyak gak ya?

    1. avatar

      As .