DIY Busy Board Untuk Si Kecil Yang Serba Ingin Tahu

“Jangan mainin lampu, Nak! Bahaya nanti kesetrum!

Jangan mainin pintu, Nak! Nanti kejepit!

"Aduhh, itu dispenser jangan dipencet terus, airnya tumpah nanti kamu kepeleset!"

 

Susah ya, berkata 'jangan' kepada si kecil yang serba ingin tahu. Maksudnya baik karena ingin menjaga keselamatannya, tetapi malah jadi 'membunuh' rasa ingin tahunya. Saat si kecil berusia 18 bulan, ia sedang “lucu lucunya” mengeksplorasi segala barang yang ada di rumah. Seringkali ini membuat saya bingung, mainan apa yang dapat memfasilitasi rasa ingin tahu si kecil namun tetap aman?

Setelah googling sana-sini, munculah suatu solusi: membuat busy board. Saya baca baik-baik mengenai apa dan manfaat busy board, nampaknya sangat tepat menjawab masalah ini. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu dimana dapat membeli atau memesan busy board, dan wow, saya ternganga sendiri. Mainan busy board ternyata harganya cukup mahal, rata-rata dimulai dari Rp200.000 (untuk ukuran kecil) hingga diatas Rp500.000. Setelah saya bicarakan dengan suami, akhirnya kami sepakat membuat DIY project busy board untuk anak kami.

Bagi Urban Mama dan Papa yang belum tahu, busy board sebenarnya adalah papan yang isinya berbagai permainan stimulasi untuk merangsang panca indera si kecil. Busy board juga dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dengan tangan, serta mengasah keterampilan motorik si kecil dalam beraktivitas sehari-hari seperti membuka pintu, memasukan barang ke keranjang, dan sebagainya.

DIY Busy Board

Membuat busy board ini memang tidak semudah yang dikira, karena ada saja halangan dalam menyelesaikannya, terutama masalah waktu. Untuk mengumpulkan bahan-bahannya sih relatif mudah, kami memanfaatkan beberapa barang yang ada di rumah. Akan tetapi semuanya terbayar saat melihat anak kami yang senang sekali memainkan busy board ini, bahkan tak beranjak dari busy board.

Jika Urban Mama dan Papa ingin membuat busy board, berikut beberapa tips dan saran:

  1. Siapkan bahan dasarnya: papan. Tak harus beli papan khusus, Urban Mama dan Papa dapat memakai papan bekas lemari atau laci yang sudah tidak dipakai. Tinggal tepian papannya diperhalus saja menggunakan amplas, agar tidak meninggalkan serat kayu yang berbahaya tajam saat dipegang.
  2. Kalau mau mempercantik tampilan papan dasar busy board, Mama-Papa bisa mengecat kayunya dengan cat yang tidak berbau dan tidak beracun.
  3. Selanjutnya siapkan bahan-bahan berikut: lem kayu, sekrup kecil, obeng, kalau ada bor lebih menghemat tenaga.
  4. Siapkan list 'menu' permainan apa saja yang hendak 'disajikan' pada busy board. Ini dia bagian yang paling seru! Di sini Mama dapat bebas intip-intip referensi busy board di internet, dicatat dan pilih-pilih barang apa saja yang dapat ditemukan di rumah dan apa saja yang harus dibeli. Mama juga bisa berkreasi dengan pilihan warna permainan yang hendak digunakan. Saya sengaja memilih mainan yang warna-warni, jadi sekalian mengajarkan warna.
  5. Tidak perlu semua mainan isi busy board-nya dibeli lho. Mama dapat menggunakan ragam barang yang sudah ada di rumah, seperti mainan bekas, bola pingpong, bunga imitasi, kain dengan berbagai tekstur, tempelan velcro, dan sebagainya. Berikut beberapa barang yang kami sajikan di busy board yaitu papan (bekas lemari), alat musik mainan xylophone, telepon mainan, saklar lampu, roda kursi, kunci pintu, tuas dispenser, pipa, kalkulator bekas, bola bekas, sempoa, pot bekas, serta gantungan boneka bekas.
  6. Setelah semua alat dan bahannya lengkap, Mama dan Papa dapat langsung mengatur penempatan mainan-mainan isi busy board agar mudah dimainkan si kecil. Pasang mainan-mainan tersebut dengan dibor (pastikan terpasang kencang, tidak mudah longgar), ditempel dengan lem, dan jadi deh!

Tidak hanya teamwork Mama dan Papa yang semakin terasah, si kecil juga senang karena punya mainan baru, dan tentunya karena dibuat sendiri maka harganya lebih terjangkau. Bagaimana Urban Mama dan Papa, tertarik mencoba membuat busy board ini kan? Selamat mencoba!

6 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel June 7, 2018 8:27 am

    Wah keren bgt busy boardnya! Selalu salut deh sama para orangtua yg semangat bikin2 buat anaknya.

    1. avatar
      lizta permata June 7, 2018 11:22 am

      Halo Mama Eka Gobel
      Salam kenal
      :)

      Terimakasih banyak Mama!
      Semangat juga yaa buat Mama bikin barang2 DIY buat si kecil..
      :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania June 5, 2018 3:46 pm

    keren banget busy boardnya bikin sendiri. selama ini cuma lihat di toko online aja, dan harganya bikin mundur teratur. hihihi..

    kalau bikin sendiri ternyata lebih seru yaa

    1. avatar
      lizta permata June 7, 2018 11:23 am

      Halo Mama Cindy!
      Salam kenal yaa
      :)

      Hihi iya Mama,
      Karena ngeliat harga di OL Shop yang ga masuk di kantong,
      Akhirnya bikin sendiri aja deh
      Seru kok Mama!
      Apalagi bagian berhematnya hihihihihi..

      Selamat mencoba yaaa
      :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi June 5, 2018 3:39 pm

    Wahhh seru nih bikin sendiri dan bisa bikin bareng anak-anak. TFS ya mama

    1. avatar
      lizta permata June 7, 2018 11:24 am

      Halo Mama Dieta!
      Salam kenal yaa..


      Bener banget!
      Pasti seru kalau buat bareng anak-anak dengan pilihan mainan mereka..
      Selamat mencoba ya Mama!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.