Family Day At Museums

Beberapa bulan lalu, sepupu saya yang tinggal di London post beberapa foto dia, baby, dan para sahabatnya saat sedang melakukan museum trip. Terlihat menyenangkan, terang benderang, dan yang penting kids friendly. Jadi inget sendiri dengan Museum trip yang pernah saya lakukan ketika SMP di Bandung. Penerangan temaram, barang display yang kurang terawat, dan cerita mistik dibalik barang displaynya. Spooky!

Rasa penasaran saya untuk melakukan museum trip bersama keluarga akhirnya membuahkan informasi bahwa museum di Indonesia (terutama di Bandung) sekarang sudah mengalami perubahan dan jauh dari image spooky. Adalah Museum Geologi Bandung dan Puspa IPTEK Kotabaru Parahyangan yang akan menjadi museum trip Hafidzar.

Ternyata museum trip kali ini nggak hanya Hafidzar yang pergi karena sepupu Hafidz yang tinggal di Palembang dan Bogor pun ikut.

Day 1: Kami meluncur ke Museum Geologi bersama Yangpap, Bubun, Hafidz (22mos), Umi, Fidel (2y6mos), Ibuih, dan Maliq (4y3mos).


Foto kiri: Yangpap, Maliq, Hafidz, Fidel, Umi, Ibuih. | Foto kanan: Yangpap, Maliq, Hafidz, Fidel, Umi, Bubun.

Mulai dari halaman depan sudah terdapat beberapa display yang menarik. Batu-batu besar dan sebuah alat penyulingan minyak yang bergerak seolah-olah sedang benar-benar menyuling. Reaksi Hafidzar saat melihatnya, "Bun, Ade takut mau pulang aja!". Hafidz memang sedang banyak berimajinasi dengan suara dan baru mengenal kata & rasa takut.

Di dalam banyak sekali display yang menarik, apalagi di wing sebelah kanan yang berisi benda-benda prasejarah. Karena banyak kakak-kakak yang sedang karyawisata, awalnya agak crowded tapi tidak lama waktu kunjungan mereka selesai dan suasana kembali lengang. Anak-anak senang melihat T-rex, Mammoth, sampai Pitecantropus Erectus dalam bentuk tulang belulangnya. Fidel tertawa geli melihat tengkorak manusia yang giginya masih lengkap. Teringat sesi gosok gigi tiap pagi dan malam hari.

Pindah ke wing sebelah kiri berisi display batuan-batuan serta gunung-gunung berapi. Terdapat display informasi interaktif tetapi sayang kurang menarik untuk anak-anak. Setelah klak klik beberapa kali menggunakan mouse-nya, Maliq pun bosan.Disini saya juga mengingatkan Hafidz tentang pekerjaan almarhum datok nya dulu yang seorang Geolog (walaupun Hafidz pasti masih kurang mengerti apa itu Geolog dan saya juga tidak sempat ketemu almarhum bapak mertua, tetapi tidak ada salahnya diperkenalkan kan?).

Naik ke lantai atas tema displaynya adalah hasil bumi dan cara memperolehnya. Ada miniatur pertambangan, rig lepas pantai, alat-alat penelitian dari jaman dulu, segala jenis minyak bumi sampai ada display barang-barang yang hancur terkena awan panas ataupun lahar. Anak-anak suka bagian ini karena terdapat miniatur pesawat, helikopter, dan mobil.

Masuk ke Museum Geologi ini gratis. Hemat bermanfaat. :)

Day 2: Meluncur ke Puspa IPTEK Kotabaru Parahyangan. Kali ini Yangpap nggak ikut, jadi kami diantar Yangmam dan um Aa.

Puspa IPTEK bangunannya sekilas mirip perahu layar. Ternyata bentuknya adalah Jam Matahari (Sundial) yang sangat besar. Sayangnya saat kami kesana langit agak mendung sehingga tidak bisa observasi jam besar tersebut.

Kami disambut oleh Mr. Einstein di pintu depan. Baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan yang terdiri dari 2 lantai dan satu lantai lagi untuk ruang observasi Sundial itu banyak sekali display ragam teknologi dilengkapi penjelasan lengkap cara menggunakannya juga ada beberapa orang kakak yang siap membantu kita menjelaskan dan mempraktikkan alat-alat tersebut.

Ada Parabola penangkap suara yang membuat Maliq tercengang (um Aa yang bicara di Parabola di sebrang seperti ada di sebelah Maliq saja). Ada meja yang bagian bawahnya seperti kosong, kata Maliq, "Badan Bubun ilaaaang!". Ada cermin yang bisa membuat kita seperti melayang. Ibuih dan saya juga sempat menaiki sepeda di atas sebuah tali dengan ketinggian sekitar 3-4m. Saya berteriak paling heboh dan stuck di tengah-tengah tali nggak berani maju ataupun mundur, didorong pulang deh akhirnya. Untung sedang sepi, jadi yang mentertawakan saya hanya keluarga saja. :)

Masih banyak lagi alat peraga yang kami coba. Maliq yang paling bersemangat mencoba semua sambil terus diawasi karena ada alat peraga yang memakai ataupun menghasilkan listrik dan alat peraga yang terdapat alat pecah-belah.

Tiket masuknya hanya Rp 10.000/ orang dan gratis untuk anak di bawah 3 tahun.

Benar-benar liburan kali ini kami isi dengan sesuatu yang bermanfaat dan tentu saja hemat!

20 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel June 6, 2011 10:37 pm

    bbrp wkt yg lalu juga sempet ke kotabaru, tapi krn waktunya yg cuma bentar dan ujan rintik2, jadinya ke bale pare nonton teater 4D sekalian makan siang.
    dan senengnya ke daerah padalarang itu ga macet ya, paling bentar doang di pintu keluar tol.
    hihi, seru ya yg badan bubun ilang itu, jd pengen masuk ke kolong meja juga deh, hihihi...

    1. avatar
      dewi amelia June 6, 2011 11:22 pm

      kita malah gak sempet ke bale pare.
      yang meja itu, begitu anak2 tau trik nya, susah banget ngajak mereka keluar :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    fifi wicaksono June 6, 2011 8:09 pm

    museum sekarang udah gak 'menyeramkan' spt dulu emang,, bner tuh umi akhtar,, ntar klo di ajak ke mall teyus,, klo kata temenku ngajarin anak jd 'hedonis',, heuheuheu,,,
    tfs ya bun,, inspiring banget,,, :)

    1. avatar
      dewi amelia June 6, 2011 11:25 pm

      kalo ke mall gak bisa hemat hehehehe

      1. avatar
        fifi wicaksono June 8, 2011 11:39 am

        hahahhaaa,,, iya bner2,,
        yg suka ngiler liat barang2 bagus nih,,, :p

      2. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Ifit Marlianingsih June 6, 2011 2:50 pm

    Setuju... kayaknya emang harus digalakkan nih mengisi liburan ke museum..(gak mall melulu :D)..

    * Seneng foto kepala di atas meja ;)

    1. avatar
      dewi amelia June 6, 2011 11:24 pm

      betul, nge-mall buat belanja aja deh jangan buat liburan :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Chrisye Wenas June 6, 2011 11:28 am

    wahh seruuu dan muraahh...
    itu foto kepala di atas meja lucuu ahahah..
    mau ah kesini nanti :)
    tfs bubun hafidz :D

    1. avatar
      dewi amelia June 6, 2011 1:05 pm

      iya yg meja cermin itu, begitu anak2 tau trik nya langsung berebut ke kolong meja dan muncul sambil ketawa2 ^_^

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Astrid Lim June 6, 2011 9:23 am

    Terakhir ke Museum Geologi jaman SD, suram gitu tempatnya. Sementara Puspa IPTEK malah baru denger! hehe, thanks ya infonya, yang naik sepeda sepertinya seru banget deh =D

    1. avatar
      dewi amelia June 6, 2011 10:09 am

      saya terakhir SMP ke museum Sribaduga, bener2 sereeeeem :p

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .