Healthy Mama for Healthy Babies

Beberapa waktu lalu, The Urban Mama dan Aqua mengadakan acara Halal Bihalal dengan tema Breastfeeding: Healthy Mama for Healthy Babies. Terima kASIh Ibu!

Pada pagi hari, urban mama sudah mulai berdatangan di The Cone FX Lifestyle X'ntre, f7 Floor.  Jln. Jendral Sudirman Pintu Satu Senayan Jakarta. Senang dan seru sekali rasanya bisa bertemu lagi dengan urban mama semua.

Sesi pertama dimulai setelah CCO The Urban Mama Ninit Yunita menyambut para tamu. Mama Yardian memoderatori sharing session tentang breastfeeding ini. Beberapa poin penting tentang menyusui adalah:


  1. Hormon Prolaktin dan Oksitosin, adalah dua hormon yg harus dijaga agar ASI terus keluar dan berkualitas.

  2. Management Happiness sangat dibutuhkan agar ASI lancar.

  3. ASI = supply and demand. Nurse baby often to increase supply

  4. Yuk, kita jadi  agen ASI! Dukung  dan beri kenyamanan bagi para mama untuk memberikan ASI.


Sesi pertama ini ditutup dengan pemutaran video tentang menyusui yang berhasil membuat para peserta berkaca-kaca karena terharu.

Sesi Kedua adalah sharing session dari dr. Jack Pradono Handojo dari AQUA yang menjelaskan tentang  "The Importance of Healthy Hydration".  Beberapa poin penting yang disampaikan oleh dr. Jack adalah sebagai berikut:


  1. Air putih adalah salah satu cara memperlancar proses laktasi.

  2. Manusia mengeluarkan 1,5 liter urine, dan ada 75% kandungan air dalam otak dan 76% air dalam otot. Setiap hari pria kehilangan 3l air, wanita 2,2l air maka perlu minum minimal 2 liter air per hari ditambah  buah dan makanan.

  3. Syarat air bersih ada tiga: tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, dan mengandung mineral.


Sesi kedua ini ditutup oleh games dan quiz yang didukung oleh para sponsor, di antaranya adalah para shopkeeper dari Mama’s Mall.

Sesi ketiga adalah sharing session bersama Mama Annisa Larasati Pohan Yudhoyono yang dipandu oleh Siska Knoch.

Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Mama Annisa adalah sebagai berikut:


  1. Selama menyusui Almira putri pertamanya, Mama Annisa selalu menyusui langsung tidak pernah diperah. Karena itu, bonding antara Mama Annisa dan putrinya itu sangat kuat.

  2. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kelancaran produksi ASI, Mama Annisa rajin berolahraga. Olahraga yang dilakukannya adalah pilates dan lari.

  3. Proses menyapih Almira relatif cepat, hanya 1 hari dan Almira sendiri yang memutuskan untuk berhenti menyusu. Jadi tidak perlu mengolesi payudara dengan macam-macam, lebih baik biarkan anak yang memutuskan sendiri untuk berhenti menyusu.

  4. Support orang-orang terdekat sangat membantu dalam kegiatan menyusui. Mama Annisa mengisi Me Time dengan sesekali berkumpul dan saling bertukar cerita dengan sahabat-sahabatnya.

  5. Menawarkan untuk membantu saat laktasi pada teman kita yang baru melahirkan adalah salah satu bentuk grup support yang sederhana tapi bermanfaat.


Sesi ketiga ini adalah sesi terakhir dan ditutup dengan acara foto bersama dengan seluruh panitia, pengisi acara dan peserta.

Terima kasih atas kehadirannya di #TUMhalbil dan juga bagi shopkeepers yang sudah berpartisipasi dengan menghadirkan booth-nya. Semoga kita dapat berkumpul lagi di event Halal Bihalal tahun depan!

3 Comments

  1. avatar
    hanana fajar October 24, 2013 11:23 am

    hahahaha niniiiiiiiit:P jadi maluuuuu

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ninit Palupi October 23, 2013 12:00 pm

    Jiye yana.. Mejeng...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    hanana fajar October 23, 2013 11:42 am

    aaaa...acara ini seruuu bangetttt TUM!!!
    daaan ada akuuu plus si kecil ikutan eksis di foto yang bertiga ama mba Annisa hihi...

    Ditunggu Halbil TUM selanjutnya:)

    1. avatar

      As .