It's Pizza Time!

Enji Magetsari A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/

Siapa yang tidak menyukai Pizza? Hidangan khas Italia yang satu ini hingga kini menjadi salah satu makanan favorit di seluruh dunia. Konon pizza sudah ada sejak abad ke-16. Saat itu pizza adalah flat breads sejenis Focaccia yang diberi topping sebelum disajikan.

Salah satu cerita menarik mengenai asal mula pizza Margherita adalah pada tahun 1889, seorang koki Neapolitan bernama Chef Rafaelle Esposito membuat pizza dengan topping tomat, keju mozarella serta daun basil untuk menggambarkan warna bendera Italia. Pizza tersebut dibuat untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy. Sejak saat itu pizza dengan taburan keju menjadi populer hingga saat ini. Pizza isi topping apa yang menjadi favorit Urban Mama dan keluarga di rumah?

Kali ini saya akan berbagi resep adonan pizza yang diberi topping pepperoni, tomat, daun basil, keju mozarella dan buah zaitun (black olives). Untuk untuk menambah wangi dan rasa, Urban Mama dapat menambahkan bumbu khas Italia seperti oregano dan rosemary kering atau bubuk bawang putih ke adonan pizza ini. 

Ajak si Kecil untuk mendesain pizza dengan topping favoritnya membentuk tema Treasure Map dan Flowers Garden ini. Hati-hati saat meletakkan topping sesuai desain pada keju yang masih hangat setelah dipanggang. Selamat mencoba, Urban Mama.

Bahan A:
180 ml air hangat
1/2 sdt gula kastor
7 gram instant dry yeast

Bahan B:
240 gram tepung terigu protein tinggi
3/4 sdt garam
1 sdm gula kastor

Bahan C:
Extra Virgin Olive Oil

Bahan D (topping), potong sesuai gambar untuk desain Treasure Map dan Flowers Garden:
Saus tomat bumbu pizza siap pakai
Tomat cherry
Daun basil

Keju mozarella atau mix pizza cheese secukupnya
Asparagus, potong lalu rebus
Brokoli, potong menyerupai bentuk pohon lalu rebus
Olives hitam tanpa biji, potong-potong
Jamur, iris lalu tumis dengan sedikit margarin
Paprika merah, buang bijinya lalu potong memanjang

Cara Membuat:

1. Aduk rata bahan A dalam wadah, tutup dan biarkan selama 7 menit, larutan ragi berbuih memastikan bahwa ragi masih aktif.

2. Dalam mixer/food processor, masukkan bahan B, aduk merata. Tambahkan bahan A, hingga adonan kalis.

3. Bulatkan adonan, lumuri permukaannya dengan olive oil sampai merata. Masukkan dalam wadah tertutup, diamkan selama kurang lebih 45 menit hingga adonan mengembang dua kali lebih besar dari ukuran sebelumnya.

4. Setelah 45 menit, kempeskan adonan dengan meninju tepat ditengahnya, bagi menjadi dua bagian adonan. Bulatkan masing-masing adonan.

5. Menggunakan rolling pin, bentuk adonan menyerupai persegi panjang, lalu pindahkan dalam loyang yang sudah diolesi olive oil atau gunakan baking paper.

6. Tambahkan topping secara berurutan; saus tomat pizza siap pakai, pepperoni, kemudian keju.

7. Panggang dalam suhu oven 180 derajat Celsius, posisi di rak tengah, api atas dan bawah. Setelah pizza matang, keluarkan pizza dari oven. 

8. Letakkan topping saat keju masih lumer dan hangat (letakkan topping sambil sedikit ditekan), disusun sesuai desain temanya. Sajikan.

Related Tags : ,

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.