Keterlibatan Ayah

Apa yang terjadi saat para mama berkumpul di acara urban mama? Di belakangnya ada para ayah yang sedang menggendong si kecil, menyuapi makanan, mengajak bermain, atau menenangkan yang menangis. Saat para mama akan berfoto, mereka juga sigap mengabadikannya  walau sambil menggendong bayi.

[caption id="attachment_111820" align="alignnone" width="375" caption="Para urban papa sibuk memotret pada salah satu acara Theurbanmama."][/caption]

Tak dapat dipungkiri lagi di masa sekarang ini ayah menjadi lebih terlibat saat mengurus anak. Siapa pendukung utama para mama mulai dari hamil, melahirkan, menyusui, dan merawat si kecil? Salah satunya adalah para ayah. Mereka sudah tidak terlihat canggung lagi saat harus menggendong bayi atau bahkan memandikannya. Selalu senang melihat foto para urban papa bersama si kecil yang beredar di media sosial.

Sebenarnya saya tidak punya gambaran jelas seperti apa sih peran ayah dalam keluarga. Ayah saya meninggal dunia saat saya baru berusia tiga bulan. Bahkan kalau ditanya gimana rasanya hidup tanpa ayah, saya tidak bisa menjawabnya, karena saya tidak tahu sebenarnya seperti apa sih kalau ada ayah. Rasanya baik-baik saja. Setelah berkeluarga dan punya anak, saya baru sadar betapa besarnya peran ayah saat membesarkan anak.

Saya ingat saat baru melahirkan Albert, yang pertama bisa menggendong dan memandikannya adalah suami saya. Hal itu dilakukan tanpa ragu-ragu. Ketika saya tanya, “Kok langsung bisa?” Ia hanya menjawab, “Mau bagaimana lagi, saat itu tidak ada orang lain yang bisa membantu. Mau tidak mau harus ada yang melakukannya.”

Keterlibatan ayah menjadi makin besar setelah si kecil pulang dari rumah sakit, ikut mengganti popok, mengajari minum ASIP, sampai memberikan waktu agar saya bisa “me time” sejenak. Lagi pula saya pernah membaca kalau ada baiknya anak diberi kesempatan menghabiskan waktu hanya bersama ayah, karena ada perbedaan antara gaya mengasuh seorang ibu dan ayah. Kadang memang ada saja kekurangan yang kita temui saat urban papa mengasuh anak, tetapi bukankah itu keunikannya?

Bulan November ini kita akan memperingati hari ayah nasional. Selamat hari ayah bagi semua urban papa di sini! Terima kasih atas dukungan, kesabaran, dan semangatnya kepada kami para urban mama selama ini. 

9 Comments

  1. avatar
    Leyla Imtichanah November 21, 2015 9:13 pm

    Senangnya bila para ayah mau ikut mengurus anak2 ya, karena anak2 kecenderungannya lebih nurut sama ayahnya :-)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ummi khanza November 14, 2015 3:17 pm

    artikelnya menyentuh sekali. makin sayang sama papa. bahagia sekali papadan mama selalu ada di saat dibutuhkan, semoga panjang umur dan sehat selalu ya pa ya ma... alhamdulillah sekarang saya juga di berikan jodoh oleh Allah sesosok suami yang pecinta keluarga.... terimakasih

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Ayu Utami November 13, 2015 4:04 pm

    Ya Allah... Merinding baca artikel ini, semaikin ke sini semakin terasa banget peran suami untuk mensupport & membantu istri untuk mengurus anak, semakin hari semakin terkesima oleh tulusnya & ikhlasnya suami jadi papa siaga, dan seringnya lebih jago dari istrinya ahahaha... Makasih mbak Ella untuk sharenya, dan selamat hari ayah utk suamiku dan urban papa yang lain^^

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Devi Zulkarnain November 9, 2015 4:05 pm

    Mbak Ella, baca artikel ini plus di luar cuaca lagi mendung,,,syahdu banget, bener deh jadi inget jasa Bapak (lekas sehat, Pak) dan jasa suami T__T

    Selamat hari Ayah untuk Bapak, Yanda dan urban papa semua. Terima kasih untuk cinta tanpa syaratnya!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw November 8, 2015 10:11 pm

    Ellaaaa, artikelnya menyentuh banget, sama dengan beberapa yang lain, jadi inget alm papa juga..

    alhamdulillah suami juga supportif banget dalam segala kegiatan istri dan anak2nya.. selamat hari Ayahhh...

    1. avatar

      As .